alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c8167e2018e0d3b586b4f3e/explore-kulon-progo-jangan-lewatkan-serunya-camping-di-waduk-sermo
Lapor Hansip
08-03-2019 01:50
Explore Kulon Progo! Jangan Lewatkan Serunya Camping Di Waduk Sermo
Kulon Progo adalah sebuah kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Siapa yang tidak tahu jika Kulon Progo memiliki sejuta pesona alam yang menakjubkan. Seperti Kali Biru yang menjadi magnet dan icon kota tersebut. Keindahannya tak kalah populer dengan Kabupaten lainnya di Jogjakarta.

Selain Kaliburu, Kabupaten ini juga terkenal dengan wisata bendungannya Waduk Sermo. Luasnya diperkirakan mencapai 157 hektar. Waduk ini terlihat sangat menarik jika melihatnyanya dari perbukitan (Kaliburu). Selain untuk tempat wisata, tempat ini juga dimanfaatkan sebagai sumber air bersih oleh perusahaan PDAM dan untuk air irigasi.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan, seperti memancing, mengelilinginya dengan perahu, spot selfie dan jadi tempat anak muda menghabiskan malam dengan cara berkemah.

Jika berencana mengeksplore Kulon Progo, Jangan lewatkan serunya camping di Waduk Sermo. Berikut ulasannya!

Camping Di Waduk Sermo, Biaya Liburan Jadi Lebih Irit
Explore Kulon Progo! Jangan Lewatkan Serunya Camping Di Waduk Sermo
Pict By IG @natmutsaqib

Sebagian orang menilai liburan dengan pemandangan cantik pasti membutuhkan banyak duit. Tunggu dulu! Semua bisa diatasi jika pintar mensiasatinya. Tidak perlu menyewa hotel ataupun vila, cukup membawa peralatan kemah sudah bisa untuk menghemat biaya. Jangan lupa juga membawa perlengkapan logistik.

Memutuskan camping di Waduk Sermo adalah pilihan tepat. Selain berhemat, kamu juga mendapatkan banyak pengalaman seru. Dijamin bisa bikin betah berlama-lama dan enggan beranjak pulang. Kegiatan berkemah memang sangat direkomendasikan jika merencanakan mengeksplore Kulon Progo dengan biaya irit.

Camping Di Waduk Sermo, Spot Terbaik Menikmati Matahari Terbit Dan Terbenam Di Kulon Progo
Explore Kulon Progo! Jangan Lewatkan Serunya Camping Di Waduk Sermo
Pict By IG @hendra_kusuma112

Menantikan matahari terbit atau Sunrise adalah satu moment seru menyambut pagi dan mengawali hari. Disini kamu juga bisa menyaksikan langsung matahari terbit loh! Pada umumnya kebanyakan orang menantikan matahari terbit atau terbenam dari puncak gunung atau di bibir pantai. Menyaksikan matahari terbit dari Waduk Sermo tak kalah indahnya kok, dijamin akan membuat mata terpana.

Apalagi bukit-bukit yang mengelilinginya menjadikan pemandangan semakin indah. Tak hanya menantikan matahari terbit saja, menantikan sang surya tenggelam juga terlihat cantik. Pokoknya jika cuaca cerah dan mendukung, camping di Waduk Sermo semuanya dapat. Sunrisenya dapat, sunsetnya juga dapat.

Camping Di Waduk Sermo, Bisa Sambil Mancing! Liburan Jadi Semakin Menarik
Explore Kulon Progo! Jangan Lewatkan Serunya Camping Di Waduk Sermo
Pict By IG @rezkypangestu_

Sudah lama tempat ini merupakan salah satu lokasi favorit bagi penggila hobi memancing. Pada umumnya ikan Nila menjadi target ikan yang diburu. Bayangkan ikan hasil dari pancingan bisa dinikmati sambil berkemah. Sungguh pengalaman yang luar biasa bukan! Camping sambil memancing, liburan jadi semakin menarik.

Selain ikan Nila masih banyak ikan yang hidup di perairan Waduk Sermo. Salah satunya ikan Gabus, ikan Sidat dan ikan Grasscarp. Konon ikan tersebut memiliki bobot seperti monster, ukurannya bisa mencapai 15 kilogram. Tak heran, Waduk Sermo kerap disebut sebagai surga air tawar dikalangan pecinta hobi memancing.

Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Waduk Sermo
Explore Kulon Progo! Jangan Lewatkan Serunya Camping Di Waduk Sermo
Pict By IG @nukedewisarah

Adapun fasilitas yang dapat ditemui dilokasi ini antara lain, Villa, Warung makan, Toilet umum, Rumah Jamur, Rumah Panggung, Penyewaan Perahu. Fasilitas tersebut dapat digunakan dengan biaya yang tidak sampai menguras kantong. Contohnya fasilitas perahu, bisa menyewa perahu untuk berkeliling Waduk dengan biaya sewa sebesar 30 ribu saja.

Selain fasilitas, terdapat juga retribusi yang harus dibayar oleh pengunjung guna perawatan fasiltias waduk. Harga tiket masuk sebesar Rp. 5.000 saja, sedangkan untuk parkir motor 2 ribu, parkir mobil 3 ribu, parkir bus 10 ribu. Ada fasilitas spot foto yang dapat digunakan dengan menyewa tempat spot seharga 10 ribu saja.

Cara Menuju Waduk Sermo
Explore Kulon Progo! Jangan Lewatkan Serunya Camping Di Waduk Sermo
Pict By IG @opiaidris

Rutenya cukup mudah, dari kota Yogyakarta silahkan ambil arah Wates. Kemudian ikuti jalan hingga sampai patung kuda barat alun-alun, dari situ lokasi sudah dekat. Aksesnya jalannya sangat mulus, waktu tempuh dari kita Yogyakarta ke Waduk Sermo kurang lebih 1 sampai 1.5 jam.

Alamat Waduk Sermo : Sremo Lor, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jadi bagaimana? Tertarik menikmati alam Kulon Progo! Jangan lewatkan ya, serunya camping di Waduk Sermo.

Sumber : kemana-lagi.com





Diubah oleh RumiLag1
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.