Penelitian Tindakan Sekolah dikalukan oleh kepala sekolah dalam tugasnya memenuhi tugas dan tanggung jawabnya di sekolah. Dalam peningkatan kebersihan sekolah oleh para guru dan seluruh warga sekolah.
Kegiatan semacam ini diperlukan dalam pembinaan yang terstruktur dan berkesinambungan. Salah satu mekanisme yang diperlukan adalah dengan mencari pokok permasalahan yang ada yang berkaitan tentang sulitnya menjadikan sekolah bersih.
Untuk menemukan kondisi riil di lapangan diperlukan, kegiatan permulaan berupa Penelitian Tindakan Sekolah. Sejumlah penelitian permulaan dapat dilakukan dengan memberikan angket kepada seluruh warga sekolah.
Berikut penulis mencoba berbagi contoh kuesioner dalam melakukan penelitian tindakan sekolah pada tahap pendahuluan.
Spoiler for Format Isian:
1. Apa yang kamu rasakan saat berada di sekolah?
a. Bangga menjadi bagian dari sekolah ini
b. Menyenangkan
c. Biasa saja
d. Membosankan
2. Kondisi kebersihan sekolahmu dengan sekolah lain yang kamu ketahui?
a. Lebih bersih
b. Sama saja
c. Lebih kotor
d. Tidak tau
3. Kondisi lingkungan sekolahmu saat ini?
a. Sangat Bersih
b. Bersih
c. Biasa saja
d. Kotor
4. Kondisi kelasmu saat ini?
a. Bersih dan menyenangkan
b. Bersih
c. Biasa saja
d. Kotor
5. Kondisi ruang sekolah lain (perpustakaan, lab. IPA, lab. Bahasa, musholla) saat ini?
a. Bersih dan menyenangkan
b. Bersih
c. Biasa saja
d. Kotor
6. Kondisi Toilet/Wc di sekolahmu?
a. Bersih
b. Biasa saja
c. Kotor
d. Tidak peduli
7. Ketersediaan air di sekolahmu?
a. Berlimpah
b. Cukup
c. Kurang
d. Tidak memperhatika
8. Bak Sampah yang tersedia di sekolahmu?
a. Banyak
b. Cukup
c. Kurang
d. Tidak terpikirkan
9. Lingkungan sekolah yang kamu harapkan?
a. Bersih, indah, dan sejuk
b. Bersih, indah
c. Biasa saja
d. Tidak peduli
10. Kondisi kelas yang kamu harapkan?
a. Bersih dan menyenangkan
b. Bersih
c. Biasa saja
d. Tidak peduli
11. Kondisi ruang sekolah lain (perpustakaan, lab. IPA, lab. Bahasa, musholla) yang kamu harapakn?
a. Bersih dan menyenangkan
b. Bersih
c. Biasa saja
d. Tidak peduli
12. Kondisi Toilet/WC yang kamu harapakn?
a. Bersih
b. Biasa saja
c. Kotor
d. Tidak peduli
13. Ketersediaan toilet/Wc di sekolahmu?
a. Melebihi
b. Mencukupi
c. Kurang
d. Sangat kuran
14. Ketersediaan air yang kamu harapkan di sekolahmu?
a. Berlimpah
b. Cukup
c. Kurang
d. Terserah
15. Ketersediaan alat kebersihan di sekolahmu?
a. Banyak dan terawat
b. Banyak dan tidak terawat
c. Sedikit dan terawat
d. Tidak ada
16. Ketersediaan alat kebersihan di kelasmu?
a. Banyak dan terawat
b. Banyak dan tidak terawat
c. Sedikit dan terawat
d. Tidak ada
17. Ketersediaan alat kebersihan di toilet/WC?
a. Banyak dan terawat
b. Banyak dan tidak terawat
c. Sedikit dan terawat
d. Tidak ada
18. Apa yang membuatmu peduli pada kebersihan lingkungan sekolah mu?
a. Menjaga bersama-sama
b. Nasihat dan teguran teman
c. Nasihat dan teguran guru
d. Biarkan sesuai apa adanya
19. Apa yang harus dilakukan agar sekolahmu bersih?
a. Berusaha membuang sampah pada tempatnya
b. Memungut sampah yang dilihat dan membuang pada tempatnya
c. Mengingatkan teman-teman agar membuang sampah pada tempatnya
d. Belum terpikir
20. Apa yang harus kamu lakukan agar kelasmu bersih?
a. Berusaha membuang sampah pada tempatnya
b. Bersungguh-sungguh mematuhi dan melaksanakan piket kebersihan kelas
c. Menegur teman yang mencoba mengotori kelas
d. Belum terpikirkan
21. Apa yang harus kamu lakukan agar ruang sekolah lain (perpustakaan, lab. IPA, lab. Bahasa, musholla) selalu bersih?
a. Masing-masing menjaga kebersihan bersama
b. Bergotong-royong setiap ada kesempatan
c. Dibentuk piket kebersihan ruang lain bagi seluruh siswa
d. Belum terpikirkan
22. Setelah menggunakan toilet/Wc, apa yang kamu lakukan?
a. Membersihkan sebersih mungkin, bahkan lebih bersih dari sebelum digunakan
b. membersihkan
c. Meninggalkan begitu saja
d. Tidak sempat terpikir
23. Apa yang harus kamu lakukan agar persediaan air di sekolahmu tetap tercukupi?
a. Menggunakan air sesuai keperluan
b. Menggunakan air secara berlebihan
c. Air di sekolah tidak akan habis
d. Tidak sempat terpikirkan
24. Berapa banyak sampah yang kamu hasilkan dari kegiatan sehari-hari saat berada di sekolah?
a. Lebih dari 3 buah
b. 3 – 1 buah
c. Lupa
d. Tidak terpikirkan
25. Ketersediaan Bak sampah yang kamu harapkan di sekolahmu?
a. Banyak dan tersebar merata di semua tempat
b. Banyak dan ada di depan kelas
c. Seperlunya saja
d. Terserah
26. Pada saat kamu mau membuang sampah dari kegiatanmu, apa yang terpikirkan olehmu?
a. Mencari bak sampah dan membuang di tempat sampah
b. Membuang sampah di tempat yang kurang terlihat
c. Membuangnya sampah di sekitar kamu berada
d. Belum sempat memikirkan
27. Pada saat kamu melihat temanmu membuang sampah sembarangan, apa yang kamu lakukan?
a. Menegurnya dan menyuruh membuang sampah pada tempatnya
b. Memperhatikan saja dan berusaha tidak ikut membuang sampah sembarang
c. Memperhatikan saja, karena bukan urusanmu
d. Membiarkan saja dan pura-puta tidak melihat/tidak peduli
28. Apa yang harus dilakukan sekolah agar lingkungan sekolahmu tetap bersih?
a. Menetapkan peraturan tentang kebersihan
b. Menunjuk petugas kebersihan khusus
c. Melengkapi dan memperbaiki sarana dan prasarana
d. Membiarkan saja
29. Apa yang harus dilakukan sekolah agar ruang kelas tetap bersih?
a. Menetapkan peraturan tentang kebersihan
b. Menunjuk petugas kebersihan khusus
c. Melengkapi dan memperbaiki sarana dan prasarana
d. Membiarkan saja
30. Apa yang harus dilakukan sekolah agar Toilet/WC tetap bersih?
a. Menetapkan peraturan tentang kebersihan
b. Menunjuk petugas kebersihan khusus
c. Melengkapi dan memperbaiki sarana dan prasarana
d. Membiarkan saja
31. Apa yang harus dilakukan gurumu agar lingkungan sekolahmu tetap bersih?
a. Memberikan contoh menjaga kebersihan
b. Ikut mengawasi siswa
c. Memberikan teguran pada siswa
d. Membiarkan saja
32. Apa yang harus dilakukan gurumu agar ruang kelas tetap bersih?
a. Memberikan contoh menjaga kebersihan
b. Ikut mengawasi piket siswa
c. Memberikan teguran pada siswa
d. Membiarkan saja
33. Apa yang harus dilakukan gurumu agar Toilet/WC tetap bersih?
a. Memberikan contoh menjaga kebersihan
b. Ikut mengawasi piket siswa
c. Memberikan teguran pada siswa
d. Membiarkan saja
34. Apa yang harus dilakukan temanmu agar lingkungan sekolah tetap bersih?
a. Memberikan contoh menjaga kebersihan
b. Ikut mengawasi siswa
c. Memberikan teguran
d. Membiarkan saja
35. Apa yang harus dilakukan temanmu agar ruang kelas tetap bersih?
a. Memberikan contoh menjaga kebersihan
b. Ikut mengawasi piket siswa
c. Memberikan teguran pada siswa
d. Membiarkan saja
36. Apa yang harus dilakukan temanmu agar Toilet/WC tetap bersih?
a. Memberikan contoh menjaga kebersihan
b. Ikut mengawasi piket siswa
c. Memberikan teguran
d. Membiarkan saja
37. Apa yang harus kamu lakukan agar lingkungan sekolah tetap bersih?
a. Memberikan contoh menjaga kebersihan
b. Ikut mengawasi siswa
c. Memberikan teguran
d. Membiarkan saja
38. Apa yang harus kamu lakukan agar ruang kelas tetap bersih?
a. Memberikan contoh menjaga kebersihan
b. Ikut mengawasi piket siswa
c. Memberikan teguran pada siswa
d. Membiarkan saja
39. Apa yang harus kamu lakukan agar Toilet/WC tetap bersih?
a. Memberikan contoh menjaga kebersihan
b. Ikut mengawasi piket siswa
c. Memberikan teguran
d. Membiarkan saja
40. Bagaimana cara meningkatkan kebersihan lingkungan sekolah secara menyeluruh?
a. Diadakan diskusi antar siswa, antar guru, dan dirumuskan bersama-sama.
b. Dirumuskan bersama seluruh warga sekolah dalam sebuah pertemuan
c. Dirumuskan antara kepsek dan Guru/TU
d. Dibuat kebijakan oleh kepala sekolah
Demikian kuesioner yang dibuat oleh kepala sekolah dalam mencari data awal guna melakukan Penelitian
Tindakan Sekolah. Setelah data hasil kuesioner tersebut didapatkan kemudian dilakukan analisis sederhana.
Sehingga kebutuhan Supervisi yang diperlukan terhadap guru dan warga sekolah dapat diketahui secara rinci.
Disamping itu, hanya dengan mengisi kuesioner ini seluruh warga sekolah mengetahui apa yang seharusnya dilakukan selama berada di sekolah.
Demikian contoh kuesioner dalam rangka Penelitian Tindakan Sekolah oleh Kepala sekolah berkaitan dengan Kebersihan sekolah.