Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
18
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c6e5c3aa2d19514350352a2/membersihkan-kamera-dengan-mudah-dan-praktis-ini-caranya
Agan dan Sista sering banget nggak sih setelah cekrek-cekrek pakai kamera lalu meninggalkannya begitu aja? Atau malah sembarangan meletakannya dimana aja gitu, dan nggak ada perawatan yang cukup berarti. Bagi Agan dan Sista yang hobi dengan kamera dan fotografi, merawat kamera itu wajib banget lho hukumnya. Apalagi setelah selesai menggunakan kamera. :motret
Lapor Hansip
21-02-2019 15:07

Membersihkan Kamera dengan Mudah dan Praktis. Ini Caranya!

Past Hot Thread
Agan dan Sista sering banget nggak sih setelah cekrek-cekrek pakai kamera lalu meninggalkannya begitu aja? Atau malah sembarangan meletakannya dimana aja gitu, dan nggak ada perawatan yang cukup berarti.

Bagi Agan dan Sista yang hobi dengan kamera dan fotografi, merawat kamera itu wajib banget lho hukumnya. Apalagi setelah selesai menggunakan kamera.

emoticon-Motret

Membersihkan Kamera dengan Mudah dan Praktis. Ini Caranya!

Pasti Agan dan Sista sering banget ngerasa ragu untuk membersihkan kamera karena adanya berbagai komponen yang rapuh dan takut rusak kalau mau mencoba membersihkannya sendiri. Kalau udah kayak gitu, pasti solusinya adalah dengan mempercayakan pembersihan kamera kepada toko kamera atau service center resmi. 

Tapi sekarang Agan dan Sista nggak perlu khawatir lagi karena ada cara yang mudah banget untuk membersihkan kamera kesayangan. Cekidot!


Quote:
Cara membersihkan kamera mudah dan praktis dapat dilakukan sendiri kok di rumah, terutama dengan menggunakan cleaning kit. Dengan cleaning kit, pastinya membersihkan kamera menjadi lebih cepat dan mudah, karena semua peralatan telah disediakan. Ada berbagai macam paket pembersih kamera yang bisa kamu pilih, seperti 7-in-1 dan 9-in-1 cleaning kit, dan sudah lengkap dengan instruksi perawatannya. Agan dan Sista juga bisa gunakan lenspen, alat modern berbentuk seperti pena yang mempermudah proses pembersihan lensa.

Membersihkan Kamera dengan Mudah dan Praktis. Ini Caranya!


Cara lainnya apabila Agan dan Sista masih merasa kurang percaya dengan cleaning  dan ingin membeli peralatan pembersih secara terpisah, salah satu yang wajib digunakan adalah alat pembersih terutama kain microfiber. Kain tersebut memiliki tekstur khusus seperti kain yang digunakan untuk membersihkan kacamata. Selain itu, jangan lupa untuk siapkan blower tangan. Alat ini adalah alat tiup khusus untuk berbagai elemen statis. Yang pasti adalah, Agan dan Sista jangan pernah membersihkan kamera dengan cara meniup dengan mulut, karena memungkinkan menempelnya air liur yang dapat memberikan dampak buruk pada alat fotografi milik Agan dan Sista.


Selain itu, jangan menggunakan sembarang tissue dan cairan pembersih ya! Karena peralatan elektronik sangat rentan rusak. Sebisa mungkin gunakan perlengkapan pembersih dengan tekstur yang lembut dan statis sehingga tidak merusak mesin dalam, seperti kuas dengan ujung bulu yang lembut serta kuas statis, dan cotton bud halus untuk menjangkau tempat-tempat yang sulit diraih.




Quote:
Selanjutnya adalah cara membersihkan kamera mudah dan praktis. Bisa dimulai dari bagian paling depan yaitu lensa kamera. Pertama-tama, Agan dan Sista harus membuka tutup lensa dengan posisi lensa menghadap ke atas. Jika menggunakan tisu khusus dan lenspen, selalu bersihkan searah jarum jam. Bersihkan dengan lembut dan berhati-hati, jangan terlalu ditekan atau meletakkan tangan di sekitar lensa. Hindari membersihkan di tempat yang sama karena Gan Sis hanya akan memindahkan kotoran dari satu bagian ke bagian lain. Buang tisu setelah digunakan. Jika menggunakan cairan pembersih khusus, jangan semprot langsung ke lensa tapi gunakan media lain seperti kain microfiber.

Membersihkan Kamera dengan Mudah dan Praktis. Ini Caranya!


Untuk bagian cara membersihkan body kamera, Agan dan Sista dapat menggunakan berbagai alat pembantu seperti kuas dan cotton buds. Lebih baik jika Gan Sis menggunakan peralatan baru yang berbeda dari peralatan pembersih sebelumnya, untuk memastikan tidak ada partikel-partikel kotoran yang masuk. Usapkan secara kering ke bagian yang memiliki kompartemen penyambung seperti tempat lensa, port untuk kartu SD dan USB, layar, tombol, dan lainnya. Bagian sempit dapat kamu jangkau dengan bulu-bulu halus dari kuas, ataupun cotton buds. Hindari penggunaan cairan pembersih lensa secara berlebihan, karena kemungkinan dapat masuk ke sela-sela yang dapat berbahaya.


Jika menggunakan blower tangan pada proses pembersihan kamera, sebisa mungkin arahkan hembusan angin keluar dari arah kamera agar kotoran bisa keluar dan tidak kembali menempel lagi.




Gimana Gan Sis, nggak terlalu sulit kan untuk membersihkan kamera sendiri? Setelah membaca cara membersihkan kamera mudah dan praktis tadi, apakah Agan dan Sista jadi penasaran untuk mencoba sendiri proses pembersihan kamera ini? Dengan membersihkan kamera sendiri, pastinya Agan dan Sista bisa merasa lebih mengenali peralatan fotografi pribadi.

emoticon-Motretemoticon-Motret

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Membersihkan Kamera dengan Mudah dan Praktis. Ini Caranya!
24-02-2019 02:07
Om admin numpang nitip link

Teman2 yg punya anjing pom join yuuk ke grup whatsapp
Kita bisa sharing2

https://chat.whatsapp.com/Cy7njW1XDQ42hNRWPFa6vO
1 0
1
Membersihkan Kamera dengan Mudah dan Praktis. Ini Caranya!
24-02-2019 08:48
siyap nanti dicoba
1 0
1
Membersihkan Kamera dengan Mudah dan Praktis. Ini Caranya!
24-02-2019 10:37
Siapa tau nanti ane punya kamera jadi tau gimana caranya emoticon-Big Grin
1 0
1
Membersihkan Kamera dengan Mudah dan Praktis. Ini Caranya!
24-02-2019 19:47
Mantep tipsny om
emoticon-Shakehand2


bata ganemoticon-Blue Guy Bata (S) tx
0 0
0
Membersihkan Kamera dengan Mudah dan Praktis. Ini Caranya!
25-02-2019 07:24
nais tritnya tapi sayang belom punya kameranya emoticon-Malu
Diubah oleh atocraft
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Membersihkan Kamera dengan Mudah dan Praktis. Ini Caranya!
06-06-2019 05:17
Numpang tanya nih gan, kalau keseringan ngebersihin lensa bisa bikin lecet / kusem ga?
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Membersihkan Kamera dengan Mudah dan Praktis. Ini Caranya!
24-05-2020 19:58
ini berlaku kamera hape gak gan?
0 0
0
Membersihkan Kamera dengan Mudah dan Praktis. Ini Caranya!
24-05-2020 20:40
terimakasih gan atas informasnyaa yang sudah di berikan
0 0
0
Membersihkan Kamera dengan Mudah dan Praktis. Ini Caranya!
24-05-2020 21:23
Mksih gan ats tipsnya cra mrwat kamera.
0 0
0
Membersihkan Kamera dengan Mudah dan Praktis. Ini Caranya!
25-05-2020 01:20
sip.....mksih bnyak infony gan
0 0
0
Membersihkan Kamera dengan Mudah dan Praktis. Ini Caranya!
25-05-2020 12:32
slama tau teknik pembersihannya sbenernya gk sulit sih.. nice info gan
0 0
0
Membersihkan Kamera dengan Mudah dan Praktis. Ini Caranya!
25-05-2020 14:10
terimakasih tipsnya gan. lama ane g bersihin kamera ane yg bener nih gan
0 0
0
Membersihkan Kamera dengan Mudah dan Praktis. Ini Caranya!
25-05-2020 16:58
info kaya gini nihh yang ane butuhinn pasti keren banget kan kalo kamera ane bersih dan terawat wkwk mantap gann
Diubah oleh margareth23
0 0
0
Membersihkan Kamera dengan Mudah dan Praktis. Ini Caranya!
25-05-2020 16:59
doain ane nih bisa nabung buat bisa beli kamera yang lebih keren lagi gan siss, semoga aja bisa jadi fotografer profesional kan hehe wkwk
0 0
0
Membersihkan Kamera dengan Mudah dan Praktis. Ini Caranya!
25-05-2020 16:59
mantap gann bakal ane rekomendasiin nih buat banyak temen temen ane yang suka fotografi juga gan siss makasih banyakk
0 0
0
Membersihkan Kamera dengan Mudah dan Praktis. Ini Caranya!
25-05-2020 21:13
wahh thankns gan ini oke banget apa lg ane mulai takut nih kamera ane jamuran lama gak dipake?
0 0
0
Membersihkan Kamera dengan Mudah dan Praktis. Ini Caranya!
25-05-2020 22:31
ane kg punya kameraaa tp tengs bet ni inpo bergunaaa
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia