Karburator pada sepeda motor merupakan suatu komponen yang bertugas untuk mencampur pasokan udara dan bahan bakar serta sebagai pengatur Rpm mesin
. Umumnya karburator dipakai pada sepeda motor yang bisa dikatakan jadul, karena dijaman sekarang semua produk sepeda motor telah memakai sistem
PGM FI(Programmed Fuel Injection)atau biasa disebut injeksi, sebagai ganti karburator.
Namun hal ini tidak menyurutkan niat banyak orang untuk memiliki sepeda motor yang masih memakai sistem karburator, hal ini dikarenakan cara perawatan mudah dan harga spart part yang murah. Memang setiap produk memiliki kekurangan dan kelebihan nya masing-masing terutama untuk karburator, pada sistem karburator ada satu jenis kerusakan yang sangat sering di alami oleh pemilik nya yakni kebocoran bensin atau biasa disebut dengan istilah banjir.
Biasanya jika karburator banjir dampak yang sangat sering di timbulkan ialah mesin akan susah untuk dinyalakan. Selain mesin susah untuk menyala
ada beberapa dampak lain yang di timbul kan oleh banjir nya karburatorantara lain sebagai berikut:
Quote:
1. Saat mesin dalam keadaan langsam atau RPM normal, mesin akan cenderung mati.
2. Dari asap hasil pembakaran, akan tercium bau bensin.
3. Bensin terasa lebih boros.
4. Bensin menetes dari saluran ventilasi karburator.
5. Ada rembesan pada sambungan selang udara pada karburator.
Dari 6 dampak diatas yang ditimbulkan oleh banjir nya bensin pada karburator, ada baik nya sobat semua tahu penyebab karburator banjir, agar nantinya sobat semua dapat melakukan perbaikan. Berikut ini saya akan menjelaskan penyebab karburator banjir:
Quote:
Jarum pelampung karburator
Jarum pelampung karburator atau needle valveberfungsi untuk membuka dan menutup saluran bahan bakar masuk dari tangki, jika bahan bakar di dalam karburator telah penuh maka pelampung dengan otomatis akan bergerak naik sehingga jarum yang melekat pada pelampung karburator juga ikut bergerak untuk menutup jalur masuk bahan bakar, dan begitu juga sebaliknya nya jika bensin masih kosong. Dikarenakan cara kerja jarum yang naik turun untuk menutup jalur masuk bahan, jarum akan rentan habis oleh gesekan.
Quote:
Jadi dari penjelasan diatas ialah jika jarum pelampung yang terbuat dari bahan karet tersebut sudah tidak rata atau Aus, maka pada saat jarum pelampung ingin menutup jalur masuk bahan bakar, bensin akan terus mengalir dari sela-sela jarum pelampung yang tidak rata sehingga menyebabkan bensin keluar dari dalam karburator.
Demikianlah artikel mengenai penyebab karburator banjir, semoga artikel ini dapat memberikan pelajaran untuk sobat semau.
Sekian dan terimakasih.