mthayayayaAvatar border
TS
mthayayaya
Orang Indonesia Sering Banget ke Singapura, Agan Juga Nggak?


Industri Pariwisata Singapura kembali mengalami pencapaian yang luar biasa pada 2018 kemarin dengan terciptanya rekor baru dalam jumlah devisa pariwisata maupun kunjungan wisatawan selama tiga tahun berturut-turut Gan. Kinerja positif terjadi pada sektor utama industri pariwisata yaitu BTMICE, Perhotelan, dan Kapal Pesiar.

Chief Executive Singapore Tourism Board (STB) Keith Tan dalam siaran pers yang diterima KASKUS mengatakan, “Kami sangat senang bahwa sektor pariwisata Singapura berkinerja baik meskipun ada sejumlah ketidakpastian ekonomi. Kami beruntung berkat dampak positif dari sejumlah faktor, seperti masih kuatnya kebutuhan perjalanan (travel demand) Asia Pasifik, meningkatnya konektivitas penerbangan ke Singapura, dan digelarnya berbagai ajang penting. Ikut menggembirakan kami juga, bahwa upaya pemasaran dan kolaborasi dengan mitra industri akhirnya membuahkan hasil.”

Devisa pariwisata Singapura sendiri tumbuh 1,0 % menjadi S$ 27,1 miliar, terutama berkat pertumbuhan kunjungan wisatawan dari hampir 15 negara utama penyumbang wisatawan ke Singapura dan juga belanja yang lebih tinggi oleh wisatawan dari lima pasar utama penyumbang devisa pariwisata. Rekor pertumbuhan jumlah wisatawan dari 8 negara mendorong kenaikan jumlah kunjungan wisata sebesar 6,2% menjadi 18,5 juta.

Indonesia sendiri masuk ke dalam daftar lima negara penyumbang devisa pariwisata terbesar bagi Singapura di 2018 selain China, India, Australia dan Jepang.

Indonesia jadi pasar terbesar kedua

Dari Januari sampai September 2018, devisa pariwisata dari wisatawan Indonesia tumbuh 8% dan melampaui pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan Indonesia yang mencapai 2 %. Ini membuat posisi Indonesia bertahan sebagai penyumbang devisa pariwisata terbesar kedua setelah China.

Di antara lebih dari 3 juta wisatawan Indonesia yang datang ke Singapura, jumlah kunjungan wisatawan yang berasal dari kota luar Jakarta mengalami pertumbuhan yang lebih pesat dibandingkan yang dari Jakarta. Tren ini sesuai dengan pertumbuhan kelas menengah serta kenaikan jumlah perjalanan ke luar negeri dari seluruh wilayah Indonesia.

Raymond Lim, Direktur Area STB untuk Indonesia mengatakan Pasar Indonesia masih tetap kuat di 2018 di tengah nilai tukar Rupiah yang sempat bergejolak.

“ Meskipun mata uang rupiah melemah, namun kami senang dengan masih tumbuhnya belanja para wisatawan Indonesia. Ini sesuai dengan strategi kami dalam mengejar Pariwisata Berkualitas dan menegaskan kembali tentang masih kuatnya daya tarik Singapura sebagai salah satu tujuan utama perjalanan luar negeri bagi warga Indonesia. Fokus kami dalam mendorong pertumbuhan wisatawan dari luar Jakarta juga menunjukkan hasil, terutama dengan keputusan untuk membuka kantor regional STB kedua di Surabaya pada Oktober 2017,” katanya.

Jumlah penumpang kapal pesiar dari Indonesia juga memberi kontribusi signifikan pada pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan secara keseluruhan. Tersedianya rencana perjalanan kapal pesiar selama setahun penuh dan semakin banyaknya kapal pesiar dengan kapasitas lebih besar yang singgah di Singapura membuat jumlah penumpang dari Indonesia pada 2018 bisa mengalami kenaikan 69% dibanding tahun sebelumnya. Lonjakan ini terjadi baik di segmen pesiar rekreasi atau kelompok korporat yang menyelenggarakan Pertemuan dan program Perjalanan Insentif di kapal pesiar.



Tujuan wisata yang ramah bagi Muslim jadi salah satu daya tarik

Singapura sebagai tujuan wisata yang ramah bagi Muslim juga menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan. Di tahun 2018, Singapura telah dinobatkan sebagai tujuan wisata paling ramah Muslim di antara negara-negara non Muslim lainnya oleh Mastercard-Crescent Rating Global Muslim Travel Index. Ini adalah gelar keempat kalinya secara berturut-turut.

Gelar ini diperoleh terutama karena Singapura sangat memperhatikan aspek di mana pelancong Muslim mendapatkan lingkungan yang aman, ragam pilihan makanan halal dan kemudahan akses tempat ibadah yang semuanya ada di Singapura.

Berhasil tarik perhatian lewat kemitraan pemasaran kreatif

Kemitraan strategis antara Singapore Tourism Board (STB) dengan afiliasi di Indonesia seperti kemitraan pemasaran kreatif seperti bersama merk Muslim Zoya; program Hijab Hunt oleh Sunsilk; kemitraan bersama Urban Sneakers Society dalam menampilkan merek-merek streetwear terkemuka Singapura yang menyasar kalangan milenial dan golongan Socialiser Passion Tribes; dan kerjasama dengan Kumparan dalam merampungkan serial web romantis untuk memperkuat brand PMP juga menjadi hal yang krusial untuk menjamin kesuksesan kampanye pariwisata global Passion Made Possible Singapura di Indonesia.



Optimis tetap ramai di tahun 2019

STB memperkirakan devisa pariwisata yang diraih di 2019 berada di kisaran S$27,3 hingga S$27,9 miliar (tumbuh +1 sampai +3%) dan jumlah kunjungan wisatawan internasional antara 18,7 sampai 19,2 juta (tumbuh +1 sampai +4%).

Meski banyak tantangan di depan seperti volatilitas politik dan ekonomi global serta persaingan pariwisata yang lebih ketat, STB tetap optimis dan mengharapkan pertumbuhan sektor pariwisata terutama dari negara-negara yang selama ini menjadi asal utama wisatawan ke Singapura termasuk Indonesia.

Untuk mencapai pertumbuhan sektor pariwisata ini, STB akan terus mengembangkan sektor pariwisata dengan penawaran baru dan konsep yang disegarkan untuk memastikan Singapura tetap jadi tujuan wisata yang menarik.

“Untuk pasar Indonesia, kami akan berupaya menjaga pertumbuhan yang kuat dari belanja wisatawan dengan pertumbuhan yang cukup dari sisi jumlah kunjungan wisatawan. Bandara Jewel Changi yang segera dibaru dan Design Orchard yang baru dibuka pada Januari 2019 berupa kawasan belanja yang menampilkan lebih dari 60 merek lokal merupakan modal bagi kami untuk semakin mendorong devisa dari belanja wisatawan. Memanfaatkan pertumbuhan olahraga Esport, mempromosikan beragam paket tur jalan kaki, dan kerja sama dengan pemain e-commerce merupakan fokus lain yang juga kami kejar demi tercapainya Wisata Berkualitas,” kata Raymond.

emoticon-Cool

Agan sendiri sering jalan-jalan ke Singapura nggak Gan?
3
1.1K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.