alexa-tracking
Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.5 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c5ad3d182d4956e1d44f31e/review-huawei-mate-20-by-kumara
Lapor Hansip
06-02-2019 19:32
[Review] Huawei Mate 20 by K.U.M.A.R.A as a Daily Driver
Past Hot Thread
Quote:
PROLOG


Akhirnya ane sempet juga bikin review nih HP emoticon-Metal
Ane ikut PO periode pertama di Lazada karena emang udah ngebet banget nungguin nih HP dari awal launching emoticon-Hammer
Dateng pas sebelum tahun baru, tanggal 31 Desember 2018, lumayan deh bisa tahun baruan ngutak-atik HP baru emoticon-Embarrassment

Langsung aja deh bahas nih HP emoticon-Belo
Ane baru bisa menyimpulkan setelah make nih HP sekitar 1 bulan lebih sedikit jadi daily driver ane emoticon-thumbsup



Quote:
DESAIN


Skor: 9/10


Nyaris sempurna menurut ane, komposisi dan penempatan posisi kamera belakangnya unik dan anti-mainstream, simetris, belum ada yang menggunakan komposisi semacam ini, unik! Andai saja tersedia yang warna Midnight Blue mungkin bisa ane kasih nilai 10 nih.

Mate 20 Twilight by K.U.M.A.R.A


Awalnya ane kecewa sih karena ketika rilis di Indonesia, Huawei Mate 20 hanya menyediakan opsi warna Twilight saja, padahal ane sangat mengincar warna Midnight Blue dengan tekstur kasarnya itu, karena selain keren juga sangat tahan goresan (cek video di bawah). Hanya Mate 20 Pro saja yang tersedia dalam warna Midnight Blue. Payah bener dah, tapi ya sudah lah, masa cuma gara-gara warna ane batal beli nih HP inceran sejak awal, makanya tetep ane beli nih HP dengan warna Twilight (yang kekinian itu, cuma entah kenapa ane malah berasa rada kaya cewek alay pake warna beginian).

Jerry Rig Everything




Quote:
DISPLAY

Skor: 9/10



Sejujurnya, untuk ukuran display yang mencapai 6,53" dan "hanya menggunakan" panel IPS LCD FHD+, ketajaman dan kecerahan display Mate 20 ini sudah melebihi harapan ane. Tadinya ane berpikir akan berasa downgrade di sektor display ini, karena sebelumnya ane adalah user LG V30+ yang displaynya lebih kecil dan punya resolusi QHD. Tapi setelah menggunakan Mate 20 beberapa lama, kok sepertinya tidak berbeda jauh juga ya. Untuk kecerahan display di bawah sinar matahari berani diadu kok dengan LG V30+ yang secara resolusi lebih tinggi dan menggunakan panel P-OLED. Cuma untuk urusan kontras dan warna hitamnya memang harus diakui bahwa V30+ masih sedikit lebih unggul.



Quote:
PERFORMA

Skor: 10/10


Kirin 980 rasanya masih yang terbaik ya di dunia SoC Android, sebelum Exynos dan Snapdragon terbaru keluar rasanya kok ke"ganas"an Kirin 980 ini masih belum ada tandingannya. Karena agak susah pengukurannya, biarkan skor benchmark dan adu speed test yang berbicara deh ya:


Benchmark



Speed Test:


Untuk penggunaan sehari-hari jangan ditanya deh, dijamin super mulus. Gaming apa aja juga ane jamin bakal dilibas habis. Selama 1 bulan lebih ane pake ini juga bisa dibilang tidak ada kendala apapun masalah performa, semua berjalan super mulus seperti angka benchmark yang ditunjukkan di atas.



Quote:
KAMERA BELAKANG:

Skor 9,5/10


Biar hasil foto yang berbicara deh:


Mate 20 Photo by K.U.M.A.R.A


Portrait Mode Photo by K.U.M.A.R.A


Macro Mode by K.U.M.A.R.A


Night Mode by K.U.M.A.R.A


Overall bisa dibilang ini HP dengan kamera terbaik yang pernah ane pake, P20 Pro pun untuk urusan macro ane tes tidak bisa sebaik Mate 20 ini, begitu pula dengan Galaxy Note 9 yang hasil fotonya tetap di bawah Mate 20 terutama ketika low-light, jadi urusan kamera ini bisa ane simpulkan nyaris sempurna. Kenapa nyaris? Karena tidak ada OIS-nya, tidak berpengaruh besar sih, tapi ketika ane melihat dari viewfinder di display HP akan berasa sangat shaky, walaupun setelah dijepret hasil fotonya tetap tajam. Oh iya, untuk kamera depan ane sengaja tidak bahas karena ane sangat jarang selfie/ wefie, sehingga kamera depan sangat jarang ane pake dan ane kurang bisa menilai perihal hasil foto dari kamera depan, sebab beberapa pengguna ada yang suka dengan kamera depan yang hasil fotonya bisa membuat muka menjadi sangat halus dan mulus, bahkan sampai tidak menyerupai (maaf) wajah aslinya, tapi ada yang menyukai hasil foto natural apa adanya. Jadi untuk urusan kamera depan ini ane skip saja, yang jelas kalo dibanding LG V30+ ane jelas bagusan kamera depan Mate 20 kemana-mana, iya lah, kamera depan V30+ kan ancur!



Quote:
BATERAI:

Skor: 10/10


Harus diakui, performa baterai Mate 20 ini luar biasa! Ane tidak menyangka smartphone kelas flagship dengan display sebesar ini bisa memiliki daya tahan baterai yang sedemikian awet, ditambah dengan pengisian daya yang juga cepat. Dengan penggunaan gaya ane, Mate 20 ini bisa selalu bertahan dengan SOT minimal 9 jam, bahkan kadang tembus 10 jam dengan standby time sekitar 24 jam, gile!


Battery Usage


Penggunaan ane rata-rata sih memang cuma untuk sosmed, chat, dan telepon urusan pekerjaan. Kadang gaming ringan seperti C.A.T.S atau Angry Birds dan kadang untuk foto-foto dan mendengarkan musik. Mungkin jika dipersentasekan penggunaan ane 40% chat dan sosmed, 20% main game, 10% telepon, 10% mendengarkan musik, 10% foto-foto, 10% lain-lain. Pengisian daya dari 10% sampai dengan 100% juga biasanya hanya memakan waktu sekitar 90 menit, tidak sampai 120 menit pastinya. Mantap!




Quote:
SOUND:

Skor: 8,5/10


Saat memutuskan membeli Huawei Mate 20 ini salah satu alasan dan prioritas ane adalah karena masih teredianya jack 3.5mm, dimana ane tidak mau ribet dan tinggal colok headphone ane saat ingin mendengarkan lagu. Untuk masalah DAC sih harus diakui bahwa LG V30+ masih lebih oke, walaupun ane bukan audiophile, tapi dari telinga awam ane pun terasa perbedaannya, ane pake headphone Marshall Major II, dan ketika memainkan lagu secara keseluruhan suara yang dihasilkan V30+ lebih nendang bass-nya dan lebih jernih, walaupun perbedaannya tidak signifikan (atau telinga ane yang nggak sensitif, anek urang tahu). Tapi ketika lagu dimainkan melalui loudspeaker sih anehnya justru sebaliknya, suara dari Mate 20 ini lebih jernih dan keras, sedangkan di V30+ ane suaranya terasa pelan dan kurang jernih.



Quote:
AFTERSALES:


Ini kali pertama ane menggunakan smartphone dari brand Huawei, dan selama menggunakan ane juga tidak pernah mengalami masalah apapun, jadi ane tidak pernah mendapat keempatan "mencicipi" pelayanan service center dari Huawei. Jadi ane belum bisa berkomentar apapun mengenai aspek aftersales ini.



Quote:
SKOR OVERALL: 93/100


Apakah worth it buat dibeli? Jelas!
Performa juara, kamera handal, batere super awet, pengisian daya cepat, desain anti-maistream, anti air, jack 3.5mm, display besar dan bening! Dengan harga di bawah 10 juta, rasanya ini smartphone paling layak dibeli, bahkan menurut ane berani diadu dengan saudaranya (Huawei Mate 20 Pro), Samsung Galaxy Note 9, atau bahkan Pixel 3/ 3 XL yang tidak resmi masuk ke Indonesia.

Jadi, buat yang belum beli atau masih ragu-ragu sama HP ini, jangan buang-buang waktu deh. Menurut ane di harga 9 juta, HP ini masih opsi yang terbaik buat kalian semua, bahkan yang punya dana lebih dari 10 juta pun rasanya smartphone ini juga masih sangat layak buat dipertimbangkan.



emoticon-Angpauemoticon-Matabelo emoticon-2 Jempol



Sumber: Pengalaman ane, youtube, GSMarena
Diubah oleh K.U.M.A.R.A
10
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 7
Lapor Hansip
06-02-2019 20:29
mantap, tp kudu siapin budget 9jeti

kapan yak bisa beli hp kayak gini emoticon-Matabelo
1
Lapor Hansip
06-02-2019 20:51
coba ulas ui & ux nya juga dong..
gw sekarang user hp kentang dengan rom lineageos, udah bosen ngerom-ngerom dan pengen kamera yg rada mendingan, tapi jijik sama majelis ulama indonesia
ui non stock yg paling bisa gw toleransi cuma samsung experience (nougat & oreo), jadi kalo bisa ada perbandingannya sama itu.

nais ripiu btw.
-1
Lapor Hansip
07-02-2019 08:58
tapi ane kurang suka sama dengan konsep kameranya, gak tau kenapa aneh aja menurut ane wkkw
1
Lapor Hansip
07-02-2019 09:54
Quote:Original Posted By 5ushibear
tapi ane kurang suka sama dengan konsep kameranya, gak tau kenapa aneh aja menurut ane wkkw


Penempatan letak kameranya maksudnya?
Selera sih kalo itu, bisa dibilang agak aneh/ unik, hahaha..
emoticon-nyantai
1
Lapor Hansip
07-02-2019 10:39
Balasan post K.U.M.A.R.A
yang seperti 4 mata kotak gitu haha, iyaa tergantung selera sih haha
1
Lapor Hansip
07-02-2019 13:32
Setelah menyimak nice review suhu jadi penasaran sama Huawei mate 20 series ini,
ane memang gak familiar dengan huawei.

bagaimana dengar service centernya, maklum pengalaman dgn LG sebelummnya beberapa kali display retak karena kecerobohan ane yang ini itu emoticon-Frown

Diubah oleh bramz.ne0x1z
1
Lapor Hansip
07-02-2019 13:41
nice review, gan emoticon-Recommended Seller
1
Lapor Hansip
07-02-2019 21:03
Paling worth it utk saat ini mate 20 ya gan? Bahkan dibanding note 9 pun ya? Note 9 kuat seharian ga ya dgn pemakaian fullsosmed tanpa game?
1
Lapor Hansip
07-02-2019 21:08
layar masih lcd yaa. harga segitu klo menurut ane minimal harus oled lah.. biar bisa always on display..

btw nice review agan kumara..
1
Lapor Hansip
07-02-2019 22:40
Kenapa pilih mate 20 dibanding yang mate 20 pro selain dari segi harganya gan?
1
Lapor Hansip
08-02-2019 01:42
Quote:Original Posted By anggridiaksha
layar masih lcd yaa. harga segitu klo menurut ane minimal harus oled lah.. biar bisa always on display..

btw nice review agan kumara..


Setubuhhh
1
Lapor Hansip
08-02-2019 07:40
Quote:Original Posted By bramz.ne0x1z
Setelah menyimak nice review suhu jadi penasaran sama Huawei mate 20 series ini,
ane memang gak familiar dengan huawei.

bagaimana dengar service centernya, maklum pengalaman dgn LG sebelummnya beberapa kali display retak karena kecerobohan ane yang ini itu emoticon-Frown


Kebetulan sesuai review ane di atas, belum pernah ada pengalaman dengan pelayanan aftersales dari Huawei. Cuma menurut beberapa reviewer yang sudah ada pengalaman kok bagus ya pengalaman mereka, cuma ane belum bisa mengambil kesimpulan bulat sih, karena belum pernah mengalami sendiri juga (dan moga-moga nggak sih).
emoticon-Malu

Quote:Original Posted By pakaskusan85
Paling worth it utk saat ini mate 20 ya gan? Bahkan dibanding note 9 pun ya? Note 9 kuat seharian ga ya dgn pemakaian fullsosmed tanpa game?


Kalo menurut ane sih Mate 20 ini salah satu yang paling layak beli ya di harga segini, bahkan sampai harga 11 juta sekalipun. Note 9 kebetulan sodara deket ada yang pake & pernah minjem, kalo dengan pola penggunaan ane sih nggak bakal bisa bertahan seharian. Tapi bisa jadi pengalaman tiap user berbeda ya, yg jelas kalo daya tahan baterai tetep lebih unggul Mate 20 ini.
emoticon-Salaman

Quote:Original Posted By playmaker10
Kenapa pilih mate 20 dibanding yang mate 20 pro selain dari segi harganya gan?


Pertanyaan bagus gan, ada beberapa alasan yang menurut ane penting & justru di Mate 20 ini lebih unggul (menurut pendapat pribadi ane):
1. Jack 3.5mm, ane bisa dibilang sangat sulit lepas dengan jack ini.
2. Notch. Sejak awal nggak pernah suka dengan "notch tradisional" yang sangat lebar, dilihat jelek dan tidak fungsional, notifikasi yang ditampilkan jadi sedikit dan tidak fungsional menurut ane.
3. Baterai bagaimanapun juga tetep lebih awet di Mate 20 karena resolusi displaynya lebih rendah.
4. Kamera. Bagusan Mate 20? Jelas tidak. Tapi setelah ane baca review keduanya, ternyata perbedaan keduanya tidak signifikan, jadi ya menurut ane tidak worth it.
5. Display melengkung di Mate 20 Pro bikin susah cari tempered glassnya, pengalaman beberapa smartphone terakhir pake display lengkung, akhirnya ga pernah pake tempered glass & agak was-was makenya, akhirnya cuma pake Kristall Liquid saja.
emoticon-nyantai
2
Lapor Hansip
08-02-2019 15:18
Huawei memang uokeh....!
ane belum sanggup beli oom....
emoticon-Frown
1
Lapor Hansip
08-02-2019 15:26
Balasan post K.U.M.A.R.A
Mantaff suhu, alasan yang clear dan logic...
0
Lapor Hansip
08-02-2019 15:32
mirip lg x-cam ya, memang betul buat apa hp ganas tp batre lemas. mungkin sebagai obat rindu yg aman krn pixel ndak masuk resmi. nice reviuw om.
0
Lapor Hansip
08-02-2019 16:00
Quote:Original Posted By anggridiaksha
layar masih lcd yaa. harga segitu klo menurut ane minimal harus oled lah.. biar bisa always on display..

btw nice review agan kumara..


Ah, ane beberapa kali terakhir pake display OLED dengan fitur AOD juga malah tidak pernah pake fitur tersebut, malah selalu ane non-aktifkan fitur AOD tersebut. Tergantung user dan kebutuhannya masing-masing sih gan. Menurut ane pribadi sih ini fitur yang paling mubazir, buat apa display aktif terus padahal tidak dilihat, buang-buang daya percuma. Ane lebih ke "power user" mungkin ya, jadi hal semacam ini malah mengganggu ane.
emoticon-Salaman

Quote:Original Posted By amorry
mirip lg x-cam ya, memang betul buat apa hp ganas tp batre lemas. mungkin sebagai obat rindu yg aman krn pixel ndak masuk resmi. nice reviuw om.


Setuju gan, malah menurut ane lebih worth it Mate 20 dibanding Pixel, karena alasan baterai tentunya. Cuma kalo urusah kamera dalam kondisi low-light sih nampaknya memang night-sight Pixel belum bisa terkalahkan.
emoticon-nyantai
1
Lapor Hansip
09-02-2019 11:04
Quote:Original Posted By K.U.M.A.R.A
emoticon-Angpauemoticon-Matabelo emoticon-2 Jempol



Sumber: Pengalaman ane, youtube, GSMarena


Bisikin harga nett-nya, mod. emoticon-Malu
1
Lapor Hansip
09-02-2019 11:04
Ane cuma bisa bantu jadiin HT ya, mod.. [Review] Huawei Mate 20 by K.U.M.A.R.A
2
profile picture
Lapor Hansip
09-02-2019 11:05
widi 9 jeti
harga hp makin lama ngalahin leptop
0
Lapor Hansip
09-02-2019 11:16
wah 9 juta yak...
boleh lah
nunggu yg enih rusak dulu.
0
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.