alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c53fd53b840885725369ec2/tips-cara-merawat-joran-pancing-agar-tidak-mudah-rusak
Lapor Hansip
01-02-2019 15:03
Tips Cara Merawat Joran Pancing Agar Tidak Mudah Rusak
Past Hot Thread
Untuk para pemancing, joran atau stik pancing merupakan suatu barang yang sangat penting, karena akan selalu digunakan ketika hendak memancing di alam liar ataupun di pemancingan. Akan tetapi tahukah anda jika pada umumnya joran terbuat dari fibet yang kuat apabila tidak dirawat secara baik maka akan mudah keropos dan rusak.

Tips Cara Merawat Joran Pancing Agar Tidak Mudah Rusak!


Tips Cara Merawat Joran Pancing Agar Tidak Mudah Rusak


Sebagai piranti utama, diperlukan perawatan agar joran yang kita punya selalu awet dan berfungsi maksimal apabila akan digunakan. Berikut ini Tips Cara Merawat Joran Pancing Agar Tidak Mudah Rusak:

Perhatikan Tempat Menaruh Joran

Perawatan joran dimulai dengan hal-hal yang sepele salah satunya yaitu bagaimana cara kita menaruhnya. Sewaktu menaruh joran dilantai sebaiknya dilakukan secara hati-hati. Letakkan pada lokasi yang jarang dilewati orang. Kecerobohan menaruh joran ditempat ramai merupakan resiko terinjak secara tidak sengaja bisa terjadi, akibatnya akan menjadi rusak. Untuk menghindari kejadian fatal, taruh joran pada rak joran.

Saat menaruh joran diatas kapal pun dengan mempertimbangkan tempat. Buatlah penaruh joran diatas kapal yang tidak memakan tempat seperti di bagian atap atau rod holder yang tidak menghalangi orang lewat. Tempat penyimpanan joran sebaiknya dilengkapi dengan bantalan karet atau busa agar joran tidak cacat.

Menaruh joran di mobil sewaktu berangkat atau pulang mancing pun harus dilakukan secara hati-hati. Jangan sampai joran ditaruh secara menekuk atau terjepit pintu dan kaca. Ingatlah bawah ujung joran merupakan bagian paling mudah untuk patah. Agar joran tidak tertekuk atau terjepit sebaiknya tempatkan joran pada pipa paralon.

Cucilah Dengan Benar

Perawatan yang selanjutnya adalah sewaktu anda mencuci joran. Cucilah joran dengan sabun dan disikat, lakukan secara perlahan-lahan agar joran tidak patah atau cincin atau mamaritnya tidak terlepas. Lalu siran dengan menggunakan air hangat. Joran yang sering digunakan mancing di laut beresiko terkena penjamuran air garam semakin besar. Apabila tidak segera dibersihkan maka joran akan cepat rusak. Bagian yang perlu diperhayikan saat mencuci adalah dudukan reel serta “kolongan” joran.

Perhatikan Cara Membersihkan “Kolongnya”

Bersihkan “kolongan” joran (cincin joran) dengan menggunakan cutton bud. “Kolongan” joran adalah bagian yang sangat vital. Apabila bagian ini tidak pernah dibersihkan bisa menjadi berkarat. Kenur yang selalu melewati kolongan berkarat akan menjadi cacat, akibatnya kenur bisa putus.

Lakukan Pencegahan Penjamuran

Setelah semua bagian dicuci hendaknya disemprotkan dengan cairan anti karat seperti WD 40, RG 80 atau STP. Penyemprotan dengan zat anti karat akan lebih baik apabila dilakukan pada saat hendak berangkat memancing untuk mencegah penjamuran pada joran.

Itulah beberapa Tips Cara Merawat Joran Pancing Agar Tidak Mudah Rusak yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat, selamat mencoba SALAM STRIKE!!



0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Lapor Hansip
12-02-2019 08:36
ane coba nanti deh
0
Lapor Hansip
13-02-2019 08:20
mancing keributan yg bisa emoticon-Big Grin
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.