autom942Avatar border
TS
autom942
Benelli Motobi 200 EVO, Cruiser Retro asal Italia


AGG- Motor Retro akhir-akhir ini semakin merajalela di Indonesia. Terlihat banyak sekali perusahaan yang ramai-ramai membuat desain motor retro untuk mendapatkan keuntungan. Seperti contohnya PT. Benelli Anugerah Motor Pusaka ( Benelli Indonesia ) yang telah secara resmi meluncurkan motor cruiser retro pada ajang GIIAS 2018 yang diberi nama Benelli Motobi 200 EVO.

Motor yang hadir pada kelas motor cruiser retro ini memiliki tampilan yang sangat menawan, dimana ciri khas motor Eropa sangat melekat pada motor baru Benelli ini.

Motor cruiser ini pun diklaim sebagai salah satu motor anti-mainstream dan memiliki keistimewaan tersendiri, sebab motor gagah ini telah berhasil menggabungkan antara konsep modern dengan retro klasik yang membuatnya semakin terkesan elegan.

Jika dilihat sekilas dari desainnya, memang Benelli Motobi 200 EVO ini memiliki tampilan moge jaman dulu, hanya saja beberapa bentuknya kini sudah lebih disesuaikan dengan konsep modern.
 

 
Desain jadul dipadukan dengan modern terlihat pada bagian headlamp yang dibuat membulat dengan rangka Bassinet yang membuatnya tampil begitu gagah dan macho. Dan jika berbicara mengenai dapur pacunya motor ini sudah dibekali dengan mesin injeksi EFI yang berkapasitas 197cc silinder tunggal dengan gearbox transmisi hingga 5 percepatan.
 
Bahkan menurut CEO dari Benelli Indonesia sendiri menyebutkan motor ini bukan untuk kebut-kebutan, tapi jika untuk jalan menanjak maka motor inilah jagoannya. Hal tersebut disampaikan lantaran motor ini memang sangat spesial dan rasanya juga tidak cocok jika dibawa kebut-kebutan.
 
Berikut adalah spesifikasi daripada Benelli Motobi 200 EVO : 
 
SPESIFIKASI BENELLI MOTOBI 200 EVO
 

MESIN

  • Tipe Mesin : 197cc, 1-silinder / 4-stroke/ 2-katup
  • Kapasitas : 197cc
  • Diameter x Langkah : 63.5 x 62.2mm
  • Jenis Penggerak : Chain Drive
  • Pipa Knalpot : Single Exhaust
  • Torsi Max : 13,9 Nm / 6000 r / mnt
  • Pendingin : Liquid Cooled
  • Sistem Bahan Bakar : Injeksi Bahan Bakar Elektronik
  • Jenis Bahan Bakar : Bensin
  • Starter : Elektrik & Kick Starter
  • Transmisi : Final Drive Chain , 5 percepatan

DIMENSI

  • Panjang : 2.140 mm
  • Lebar : 800 mm
  • Tinggi : 1.050 mm
  • Berat : 156kg
  • Jarak Sumbu Roda : 1.440mm
  • Jarak Terhadap Tanah : 150mm
  • Tinggi Jok : 715mm
  • Kapasitas Bahan Bakar : 11,8 Liter

RANGKA & KAKI-KAKI

  • Tipe Rangka : Tipe Bassinet
  • Rem Depan : Cakram 280mm
  • Rem Belakang : Cakram 240mm
  • Ban Depan : 90/90-17 (Tubeless)
  • Ban Belakang : 130/90-15 (Tubeless)
  • Suspensi Depan : Telescopic Forks
  • Suspensi Belakang : Telescopic coil spring oil damped

Dilihat dari sektor dapur pacu motor cruiser buatan Benelli yang satu ini membawa sejumlah susunan komponen mesin yang terbilang cukup handal. Dimana dalam hal ini Benelli Motobi 200 EVO mengusung mesin silinder tunggal 4 langkah dengan kapasitas 197cc yang mana nantinya akan digabungkan dengan transmisi Gearbox 5 percepatan.




Dengan mesin yang dibawanya tentu dipastikan bahwa motor ini akan sanggup mengeluarkan tenaga yang cukup mumpuni dengan torsi maksimum 13.9 Nm per 6000 rpm, dengan kata lain motor ini masih akan sangat nyaman dikendarai dalam kecepatan yang rendah sekalipun.


Sensasi berkendara yang nyaman akan sangat tergambarkan pada motor ini, posisi berkendara yang santai khas motor cruiser ditambah lagi dengan performa mesin yang mumpuni membuatnya sangat nyaman dikendarai dengan kecepatan rendah maupun tinggi. 


Disisi lain, dalam sektor mesin pacunya pun sudah dilengkapi sistem injeksi dengan sistem pembakaran EFI yang mana akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih stabil dan efisien. 


Beralih ke sektor desain daripada motor ini akan memang mengusung konsep yang begitu menarik, unik, dan tentu saja anti-mainstream. Dikarenakan Benelli Motobi 200 EVO mengusung konsep retor-modern yang begitu kental dan menyatu dalam kondisi satu kombinasi yang seimbang. 




Aura klasiknya pun tampak sangat jelas sekali, bisa dilihat pada sisi depan bagian headlampnya yang mengusung Headlamp Bulb berbentuk bulat dengan lampu sein disamping kanan dan kirinya. 


Jika melihat bagian tangki, maka aura jadulnya semakin kental dengan bentuk layaknya model tangki motor jaman dulu, yang mampu menampung bahan bakar hingga 11.8 Liter. Pada bagian bawah tangki tersebut tersusun mesin yang begitu rapi dengan konstruksi rangka Semi Double Cradle sebagai penyangganya. 


Layaknya motor cruiser pada umumnya, Foot Control juga diletakkan di bagian depan cradle yang membuat pengendara bisa memposisikan kakinya ke depan.


Pada bagian jok juga terlihat bahwa jok pengendara terlihat cukup rendah berbeda dengan jok penumpang yang diposisikan lebih tinggi, model jok Dual Stepped ini akan memberika pengalaman berkendara yang begitu nyaman dan aman meskipun menempuh perjalanan jauh. 




Disisi belakang terdapat Stoplamp Bulb yang didesain dengan begitu atraktif tanpa menghilangkan kesan retronya. 




Berlanjut pada bagian speedometer yang tak kalah menarik yaitu berdesain bulat, sehingga aura retro motor ini sangat terasa. Beberapa informasi yang diperlihatkan adalah kecepatan x 1000rpm, trip meter, jarak tempuh, kecepatan km/jam, panel indikator bahan bakar dan lampu netral. Speedometer bulat ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pengendara motor ini.


Berbicara mengenai dimensi daripada motor ini tak lepas dari rangka yang digunakannya. Rangka yang digunakan pada motor ini berjenis Bassinet yang begitu kokoh namun ringan dengan panjang 2140mm, lebar 800mm dan tinggi 1050mm dengan jarak sumbu roda 1440mm dan motor ini memiliki berat hingga 156 kg.


Ground Clearance pada motor ini setinggi 150mm dengan tinggi jok setinggi 715mm yang semakin membuatnya tampak sangat berkelas serta elegan.




Untuk kaki-kaki yang digunakan motor ini sudah jelas menggunakan kaki yang berkualitas tinggi. Dari bagian depan motor ini tersematkan suspensi tipe Telescopic Forks travel 120mm dan dibagian belakang tersemat juga suspensi bertipe Telescopic Coil Spring Oil Damped travel 55mm. 


Dengan adanya kedua suspensi tersebut akan membuat pengendara motor semakin nyaman melewati jalanan yang tidak rata karena kedua suspensi tersebut mampu menahan goncangan atau getaran saat berkendara.


Ban yang digunakan pada motor ini pastinya menggunakan ban Tubeless serta velg yang tidak kalah menarik dengan ukuran 90/90-17 untuk bagian depan dan 130/90-15 pada bagian belakang. Yang menjadi kekurangan pada motor ini adalah tidak menggunakan teknologi ABS pada sektor pengeremannya. Namun dibekali dengan rem cakram DISC yang dirasa sudah cukup untuk bisa memberhentikan motor.




Fitur yang terdapat pada motor ini tentunya merupakan fitur yang sangat fungsional seperti pada bagian speedometer yang terdapat model berkendara yang cukup variatif seperti Street, Cruise, dan Road dimana memudahkan pengendara untuk memilih mode berkendara terbaik yang sesuai dengan selera atau medan jalan tempuh.


Benelli Motobi 200 EVO juga telah mengusung sistem pembakaran ignition dengan injeksi pada bagian mesin pacu guna menghasilkan performa gahar yang tetap ramah lingkungan.


Harga dari Benelli Motobi 200 EVO sendiri dibanderol dengan harga yang sangat gila sekali. Gila karena harga motor ini tidak seperti motor cruiser pada umumnya yang mahal-mahal dan tidak ramah dikantong. Harga motor ini sendiri hanya sekitar Rp. 30juta lebih saja, murah sekali untuk ukuran motor cruiser dengan performa mesin yang sangat gahar.


Sekian Review dari Benelli Motobi 200 EVO kali ini, Jangan lupa COMMENTdan di SHARE.

Spoiler for Video Test Drive:


emoticon-Matabeloemoticon-Motretemoticon-Motretemoticon-Motretemoticon-Matabelo

7
22.1K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.