Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sarahisAvatar border
TS
sarahis
INOVASI ATAU MATI
by : Siska Indriyani

Untuk efisiensi dan murahnya, tidak ada yang mengalahkan produk massal. Dengan memproduksi barang yang sama berulang-ulang, produsen dapat menekan biaya produksi. Tetapi pemasaran yang didasarkan produk massal bisa gagal. Konsumen umumnya menginginkan produk istimewa yang “dibuat khas” untuknya. Mereka menginginkan produk yang “pas” untuknya. Sekarang ini jaman aneka-ragam, dan masing-masing ingin mendapatkan sesuatu yang istimewa. Produsen yang menganggap produknya sebagai barang dagangan massal akan makin sulit bersaing, lebih-lebih di pasar yang terus menerus berubah. Barang dagangan massal hanya dapat menarik konsumen kalau harganya rendah. Dalam hal demikian, kompetisi kemudian berkisar pada soal harga yang terendah harganya yang menang.

Bagaimana cara melepaskan diri dari situasi semacam itu? Jangan menganggap produk itu sebagai barang dagangan semata-mata. Sekalipun barang itu diproduksi secara massal, berilah keistimewaan dengan memberikan pelayanan lebih, atau membuat sasaran yang terpilih. Berikan suasana keanekaragaman pada produk itu. Salah satu unsur negatif pada kebanyakan usaha saat ini adalah rasa ketakutannya untuk mengambil risiko. Perusahaan-perusahaan kecil tidak bisa selalu main “safe”. Mereka tidak bisa menyaingi perusahaan-perusahaan besar atas dasar itu. Mereka harus punya ide-ide baru, bereksperimen dengan pendekatan-pendekatan baru, dan mencoba hal-hal baru. Mereka harus menjalankan inovasi supaya tetap bisa hidup.
Semakin besar sebuah perusahaan, semakin enggan dia mengambil risiko. Seandainya perusahaan itu go public, penurunan kecil harga sahamnya dapat menjatuhkannya, dan membuatnya sulit mencari tambahan dana. Sebagai contohnyata yaitu perusahaan Nokia, dulu mereka menjadi perusahaan terbesar di dunia, tapi kemudian mereka tidak pernah melakukan inovasi, hingga tergeser oleh perusahaan lain yang menawarkan produk-produk baru. Seperti Samsung dsb. Inilah yang menunjukkan betapa pentingnya inovasi dalam sebuah produk, perusahaan harus senantiasa mampu memenuhi need & wants dari semua customernya, yang tentunya juga berubah seiring berjalannya waktu. Jadi mereka harus senantiasa berinovasi agar tidak tertinggal.
0
412
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Ilmu Marketing
Ilmu MarketingKASKUS Official
9.4KThread3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.