alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.64 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0944de9a09510d738b4568/temuan-tim-kompas-blangko-e-ktp-asli-dijual-di-pasar-pramuka-hingga-tokopedia
Lapor Hansip
06-12-2018 22:48
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
Past Hot Thread
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia

Quote:

JAKARTA, KOMPAS.com - Blangko Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) asli dengan spesifikasi resmi milik pemerintah, beredar dan diperjualbelikan di pasaran.

Peredarannya ditemukan di Pasar Pramuka Pojok, Jakarta Pusat, dan di toko yang ada dalam platform e-dagang.

Padahal sebagai dokumen negara, blangko e-KTP tidak boleh beredar dan diperjualbelikan.

Peredaran blanko e-KTP tersebut diketahui berdasarkan penelusuran Tim Kompas.

Seperti dikutip Harian Kompas, di Pasar Pramuka Pojok, yang berada di pojok tikungan yang mempertemukan Jalan Pramuka dan Jalan Salemba Raya, satu lembar blangko e-KTP dipasarkan seharga Rp 150.000 untuk blangko KTP-el bekas dan Rp 200.000 untuk blangko KTP-el baru.

Baca juga: Kemendagri Temukan Pelaku Penjual Blangko E-KTP

AN, salah satu penjual mengaku mendapat blangko dari perusahaan percetakan. Ia mengaku, tidak bisa sembarang orang bisa beli di percetakan tersebut, harus dasar saling percaya.

"Untuk lokasinya, tidak bisa saya sebutkan, karena ini ‘rahasia negara’,” ujar AN.

Satu lembar blangko KTP-el dipasarkan seharga Rp 150.000 untuk blangko KTP-el bekas dan Rp 200.000 untuk blangko KTP-el baru.

Dari AN, Kompas memperoleh satu keping blangko KTP-el baru yang dia jual seharga Rp 200.000.

Baca juga: Temuan Kompas, Blangko E-KTP yang Dijual Bebas Pakai Chip seperti E-KTP Asli

Secara kasat mata, blangko yang dijual AN sangat mirip dengan blangko asli, termasuk hologram di lembar muka blangko.

AN pun meyakinkan bahwa blangko itu asli dan di dalamnya tertanam chip.

AN juga tak ragu menawarkan blangko KTP-el dalam jumlah besar. Dia mengaku siap menyediakan 200-300 lembar jika dibutuhkan.

Sejumlah kios jasa pengetikan dan penjilidan dokumen di Pasar Pramuka Pojok juga menyediakan jasa pembuatan e-KTP asli tapi palsu, alias aspal.

Jasa pembuatan e-KTP aspal dikenakan ongkos Rp 500.000 per lembar.


OD, salah satu penyedia jasa pembuatan KTP-el aspal menjelaskan, data identitas hanya dapat dicetak di lembar blangko.

Ia mengaku tidak dapat merekam data identitas ke dalam chip yang ada di dalam blangko KTP-el.

KTP yang dia buat juga tidak bisa digunakan di instansi yang memiliki alat scan kartu, karena biodatanya tidak masuk ke dalam chip.

Salah satu penjual yang ada di plaftorm e-dagang Tokopedia, blangko KTP-el juga ditawarkan oleh toko Lotusbdl.

Toko yang mengidetifikasi dirinya berada di Bandar Lampung, Provinsi Lampung, menawarkan selembar blangko KTP-el seharga Rp 50.000.

Untuk memperolehnya pembeli harus membeli 10 kartu sekaligus seharga Rp 500.000.

Direktur Jenderal Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, pihaknya langsung menelusuri temuan tim Kompas tersebut.

Hasilnya, pihaknya sudah menemukan pelaku penjual. Kasus tersebut juga sudah dilaporkan ke Polda Metro Jaya untuk diusut.

Sementara Tokopedia sudah menghapus produk e-KTP dari platform.


https://nasional.kompas.com/read/201...ngga-tokopedia


Pantes barangnya langka emoticon-Imlek
Diubah oleh kaskus.infoforum
7
Kutip
Balas
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 9
Lapor Hansip
06-12-2018 23:02
Ya syukurlah sudah lapor polisi
2
Kutip
Balas
Lapor Hansip
06-12-2018 23:03

Bisa jadi bahan gorengan...
Buat alesan yg kalah nanti..
6
Kutip
Balas
Lapor Hansip
06-12-2018 23:05
Mau pemilu banyak penggelembungan dan siluman, dari dpt yg naik puluhan juta sampai blanko ktp
1
Kutip
Balas
Lapor Hansip
06-12-2018 23:16
Kayaknya mantap banget buat ambil duit di fintech..
2
Kutip
Balas
Lapor Hansip
06-12-2018 23:22
Kerjaan orang dalem nih emoticon-Hansip
3
Kutip
Balas
Lapor Hansip
06-12-2018 23:30
buat apa?!
2
Kutip
Balas
Lapor Hansip
06-12-2018 23:36
maksud nya e-KTP ada chip nya apaan yaak


bentuk nya seperti apa emoticon-Bingung
2
Kutip
Balas
Lapor Hansip
07-12-2018 00:05
bisa gitu ua
2
Kutip
Balas
Lapor Hansip
07-12-2018 05:41
itu siapa yg jual

mbok ya diusut...

emoticon-Nohope
2
Kutip
Balas
Lapor Hansip
07-12-2018 05:57
Ada blangkonya, lalu nyetaknya gimana
2
Kutip
Balas
Lapor Hansip
07-12-2018 06:24
ini mendagri kok bisa kecolongan . apa emang sengaja dijual sama orang dalem ???
4
Kutip
Balas
Lapor Hansip
07-12-2018 08:12
Quote:Original Posted By mas_paimin
maksud nya e-KTP ada chip nya apaan yaak


bentuk nya seperti apa emoticon-Bingung


E pada kata E-KTP adalah Elektronik gan... Emang ada chip nya, kalo di scan macem kartu e toll itu ada database nya, foto, nama, dll.. sayangnya belom dipake optimal, ampe sekarang masih banyak yang suruh fotocopy bukan di tap
emoticon-Hammer2
4
Kutip
Balas
Lapor Hansip
07-12-2018 08:19
Balasan post capcayster
Quote:Original Posted By capcayster


E pada kata E-KTP adalah Elektronik gan... Emang ada chip nya, kalo di scan macem kartu e toll itu ada database nya, foto, nama, dll.. sayangnya belom dipake optimal, ampe sekarang masih banyak yang suruh fotocopy bukan di tap
emoticon-Hammer2




kartu lucu²an emoticon-Wakaka


1
Kutip
Balas
Lapor Hansip
07-12-2018 08:19



bakal banyak siluman Babi nih di pemilu besok 2019 emoticon-Wkwkwk


4
Kutip
Balas
Lapor Hansip
07-12-2018 08:23
gini saja deh
yg plonga plongo nongol di tps modal ktp, tanyain bisa bhs Indonesia ngga? kalau terbata bata dan mencurigakan silahkan mau di apain
7
Kutip
Balas
Lapor Hansip
07-12-2018 08:54
Balasan post cebong2019
Quote:Original Posted By cebong2019
gini saja deh
yg plonga plongo nongol di tps modal ktp, tanyain bisa bhs Indonesia ngga? kalau terbata bata dan mencurigakan silahkan mau di apain


gak usah banyak bacot, orang2 tua di jawa pedalaman, kadang masih susah bahasa indonesia yang baik
apalagi suku2 pribumi terpencil di luar jawa sana

terus mau ente apain blog emoticon-Big Grin
2
Kutip
Balas
Lapor Hansip
07-12-2018 08:55
Balasan post capcayster
Quote:Original Posted By capcayster


E pada kata E-KTP adalah Elektronik gan... Emang ada chip nya, kalo di scan macem kartu e toll itu ada database nya, foto, nama, dll.. sayangnya belom dipake optimal, ampe sekarang masih banyak yang suruh fotocopy bukan di tap
emoticon-Hammer2


parah emang, buka rekening di bank aja
bank2 besar sekelas bumn gak punya card reader ektp

klo ektp buat copy doank, securitynya dimana coba
pake yang palsu juga aman

emoticon-Leh Uga
2
Kutip
Balas
Lapor Hansip
07-12-2018 08:57
berita kompas yang lebih penting dari reuni blangsak 212, wajar klo kompas ogah ngeliput

dan jujur aja bagi nasbung berita ini juga memang lebih penting dari berita monaslimin kemarin koq

khan bisa buat bahan klo wowo kalah lagi


emoticon-Wkwkwk
-2
Kutip
Balas
Lapor Hansip
07-12-2018 09:53
Quote:Original Posted By dwiatmaja
gak usah banyak bacot, orang2 tua di jawa pedalaman, kadang masih susah bahasa indonesia yang baik
apalagi suku2 pribumi terpencil di luar jawa sana

terus mau ente apain blog emoticon-Big Grin


kalau itu jelas banyak yg kenal
kalo ujug ujug ada cipiter yg nongol lo belain juga?
2
Kutip
Balas
Lapor Hansip
07-12-2018 10:36
Balasan post cebong2019
Quote:Original Posted By cebong2019


kalau itu jelas banyak yg kenal
kalo ujug ujug ada cipiter yg nongol lo belain juga?


ente cuman bilang masalah bahasa, gak bilang ujug2 ada cipiter emoticon-Big Grin
1
Kutip
Balas
Halaman 1 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.