alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.64 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0944de9a09510d738b4568/temuan-tim-kompas-blangko-e-ktp-asli-dijual-di-pasar-pramuka-hingga-tokopedia
Lapor Hansip
06-12-2018 22:48
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia
Past Hot Thread
Temuan Tim Kompas, Blangko E-KTP Asli Dijual di Pasar Pramuka hingga Tokopedia

Quote:

JAKARTA, KOMPAS.com - Blangko Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) asli dengan spesifikasi resmi milik pemerintah, beredar dan diperjualbelikan di pasaran.

Peredarannya ditemukan di Pasar Pramuka Pojok, Jakarta Pusat, dan di toko yang ada dalam platform e-dagang.

Padahal sebagai dokumen negara, blangko e-KTP tidak boleh beredar dan diperjualbelikan.

Peredaran blanko e-KTP tersebut diketahui berdasarkan penelusuran Tim Kompas.

Seperti dikutip Harian Kompas, di Pasar Pramuka Pojok, yang berada di pojok tikungan yang mempertemukan Jalan Pramuka dan Jalan Salemba Raya, satu lembar blangko e-KTP dipasarkan seharga Rp 150.000 untuk blangko KTP-el bekas dan Rp 200.000 untuk blangko KTP-el baru.

Baca juga: Kemendagri Temukan Pelaku Penjual Blangko E-KTP

AN, salah satu penjual mengaku mendapat blangko dari perusahaan percetakan. Ia mengaku, tidak bisa sembarang orang bisa beli di percetakan tersebut, harus dasar saling percaya.

"Untuk lokasinya, tidak bisa saya sebutkan, karena ini ‘rahasia negara’,” ujar AN.

Satu lembar blangko KTP-el dipasarkan seharga Rp 150.000 untuk blangko KTP-el bekas dan Rp 200.000 untuk blangko KTP-el baru.

Dari AN, Kompas memperoleh satu keping blangko KTP-el baru yang dia jual seharga Rp 200.000.

Baca juga: Temuan Kompas, Blangko E-KTP yang Dijual Bebas Pakai Chip seperti E-KTP Asli

Secara kasat mata, blangko yang dijual AN sangat mirip dengan blangko asli, termasuk hologram di lembar muka blangko.

AN pun meyakinkan bahwa blangko itu asli dan di dalamnya tertanam chip.

AN juga tak ragu menawarkan blangko KTP-el dalam jumlah besar. Dia mengaku siap menyediakan 200-300 lembar jika dibutuhkan.

Sejumlah kios jasa pengetikan dan penjilidan dokumen di Pasar Pramuka Pojok juga menyediakan jasa pembuatan e-KTP asli tapi palsu, alias aspal.

Jasa pembuatan e-KTP aspal dikenakan ongkos Rp 500.000 per lembar.


OD, salah satu penyedia jasa pembuatan KTP-el aspal menjelaskan, data identitas hanya dapat dicetak di lembar blangko.

Ia mengaku tidak dapat merekam data identitas ke dalam chip yang ada di dalam blangko KTP-el.

KTP yang dia buat juga tidak bisa digunakan di instansi yang memiliki alat scan kartu, karena biodatanya tidak masuk ke dalam chip.

Salah satu penjual yang ada di plaftorm e-dagang Tokopedia, blangko KTP-el juga ditawarkan oleh toko Lotusbdl.

Toko yang mengidetifikasi dirinya berada di Bandar Lampung, Provinsi Lampung, menawarkan selembar blangko KTP-el seharga Rp 50.000.

Untuk memperolehnya pembeli harus membeli 10 kartu sekaligus seharga Rp 500.000.

Direktur Jenderal Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, pihaknya langsung menelusuri temuan tim Kompas tersebut.

Hasilnya, pihaknya sudah menemukan pelaku penjual. Kasus tersebut juga sudah dilaporkan ke Polda Metro Jaya untuk diusut.

Sementara Tokopedia sudah menghapus produk e-KTP dari platform.


https://nasional.kompas.com/read/201...ngga-tokopedia


Pantes barangnya langka emoticon-Imlek
Diubah oleh kaskus.infoforum
7
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 9
15-12-2018 12:27
wkwkwk
0
10-12-2018 06:54
Padahal sebagian orang harus menunggu lama untuk proses pencetakan KTP di kantor dukcapil, bahkan prosesnya hingga sampai tahunan. Alasan yang biasa disampaikan adalah blangko nya masih kosong. Namun kenapa malah ada pihak-pihak yang menjual blangko ini, serta ada KTP yang terbuang hingga ribuan.
0
09-12-2018 19:53
untung ane udah punya ektp
0
09-12-2018 15:04
Inilah banyak penipuan krn ktpnya jg banyak
0
08-12-2018 23:52
gak kaget dah, org2 market place pasti dh gk asing sama ginian 🙏😆😆😆
0
08-12-2018 22:38
Quote:Original Posted By sirikbanget
bahan gorengan..
dan kalau bener nanti bisa dipakai, yg beli ya yg banyak duit ampe triliunan..
emoticon-Jempol


ane tau ini kerjaan siapa emoticon-Leh Uga
0
08-12-2018 18:52
saking senengnya, sampe di up ke toko onlen
0
08-12-2018 18:44
Kata kemendagri yg jual blangko e ktp cuma iseng....emoticon-Hammer2

https://m.detik.com/news/berita/4332956/kemendagri-motif-penjual-blangko-e-ktp-iseng-tapi-bikin-gaduh
0
08-12-2018 16:51
Blangko langka, tp dijual di pasaran. Kalo dipelintir macam2, ya salah sendiri.
0
08-12-2018 15:54
kampret AN, lokasi bilangnya 'rahasia negara' tapi ngejual barang milik negara
0
08-12-2018 10:50
Ternyata malah dijual sendiri sm oknum2, harus di telusuri nih
0
08-12-2018 09:18
wah parah nih..kok bisa kecolongan..
0
08-12-2018 08:39


Quote:Original Posted By dawolong
Bisa jadi bahan gorengan...
Buat alesan yg kalah nanti..


No 1 kalah lagi kah seperti tahun lalu?
0
Lapor Hansip
08-12-2018 06:48
Balasan post mas_paimin
Quote:Original Posted By mas_paimin
maksud nya e-KTP ada chip nya apaan yaak


bentuk nya seperti apa emoticon-Bingung


iya didalem kartu itu ada chipnya isinya bisa data2 apa aja yg udah di program. Contoh klo agan familiar ama kartu model tap, kaya kartu kereta, etoll dll, nah chip ini bisa di liat keberadaanya cukup ambil hape, nyalain senter di hape, tempelin kartu ke senter hape, nanti keliatan ada chip yg ke tanem, se ukuran chip kartu telepon.

Bukan cuma eKtp yg ada chip nya, Kartu SIM juga ada chip nya tapi fungsinya blom tau, mungkin isinya data tilangan pengendara ybs kali


0
08-12-2018 06:35
Quote:Original Posted By mulahsufikoplak
itu yang warna silver kayak holigram itu chip gan.. kalok di scan pake alat yg buat baca ektp nnti mncul data sesuai yg di cetak di ktpnya.. sayangnya di indo sendiri kan belum semua instansi yg mmbthkan ktp punya alat readernya.. jadi trpaksa pakenya fotocopy..beda sma di mamarika sono.. sekelas alfamart aja pasti punya..jadi bisa buka identitas sseorang kapan aja.


Di sini banyak yang gak bisa ya emoticon-Hammer

Quote:Original Posted By capcayster
Ada gan, coba pake senter henpon atau senter apapun yang kira2 cukup terang buat nembusin, trus di senterin dari belakang di area sekitar belakang foto trus ke bawah2nya dikit trus liat dari arah sebaliknya (depan), di raba aja pake senternya..
Di dalemnya ada semacem chip rfid gitu gan...

Oiya, kalo punya HP yang ada fitur NFC nya, di android ada apps nya kalo gak salah untuk ngebaca chip nya kok...


Oh iya ane nemu gan pake torch hp, tak senterin semua ternyata letaknya di bawah foto kayak ada lempengan kuning mirip micro sim hp

Ngebacanya mesti nfc ya emoticon-Hammer
0
08-12-2018 05:41
Kayaknya buat pake penipuan ye atau ke grapari minta simcard baru modal ektp palsu terus kartu baru itu kan synchron ama no hp nasabah langsung geruk abis uangnya pake mobile banking, dah kejadian sekarang dah pake IT IT an emoticon-Hammer
0
08-12-2018 05:08
Quote:Original Posted By capcayster
Download disini gan

http://sybond.web.id/project/?p=258

Demo nya disini:



okee gansss... saia coba duluu
0
08-12-2018 02:29
mayan bisa buat bahan gorengan emoticon-Ngakak
tapi kok bisa bebas gitu ya djual emoticon-Hammer2
0
08-12-2018 00:33
sudah tidak aneh
0
07-12-2018 23:37
oknum ! emoticon-Lempar Bata
0
Halaman 1 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.