others
Batal
link has been copied
9995
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c029bd16208817f638b4570/holy-anda-bertanya-muslim-menjawab---part-46
“Katakanlah (Muhammad): ‘Siapakah yang memberi rizki kepadamu, dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa (menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan yang mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan siapakah yang mengatur segala urusan?’ Maka, mereka menjawab: ‘Allah.’ Maka, katakanlah, ‘Mengapa kamu tidak bertakwa (kepada-Nya)?
Lapor Hansip
01-12-2018 21:33

[HOLY] Anda Bertanya, Muslim Menjawab

“Katakanlah (Muhammad): ‘Siapakah yang memberi rizki kepadamu, dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa (menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan yang mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan siapakah yang mengatur segala urusan?’
Maka, mereka menjawab: ‘Allah.’ Maka, katakanlah, ‘Mengapa kamu tidak bertakwa (kepada-Nya)?’ Maka, (Dzat yang demikian) itulah Allah, Rabb kamu yang sebenarnya, maka tidak ada sesudah kebenaran itu, melainkan kesesatan. Maka, mengapa kamu masih berpaling (dari kebenaran)?”
[Yunus: 31-32]



editan per 24 april 2015 by asdasad

  1. Konsep Penjawab Resmi sudah tidak ada di ABMM, namun bagi yang suka mengikuti ABMM, ada beberapa penjawab yang biasa menjawabi pertanyaan di ABMM

  2. Untuk sementara penjawab yg biasa menjawab di ABMM tersebut sedang tidak aktif, sehingga jawaban bersifat sukarela oleh netizen yang aktif di ABMM saat ini



Quote:
Contoh Dukun Yang Menyamar Menjadi Kyai atau Syekh

Dilarang Memaki Sembahan Selain Allah dan Berbuat Kerusakan

Mayat Yang Tidak Dishalatkan

Apakah Tuhan Adil? Mengapa Masih Ada Yang Kafir?

Nisab Zakat Maal [Harta]

Nisab Zakat Ternak dan Perdagangan

Infaq dan Shadaqah

Nasib Kaum Yang Belum Menerima Da'wah Islam : Bagian 1 dan 2

Hukum Penggunaan Software Bajakan

Dilarang Memaki dan Berkata Kasar

Kaidah Menerapkan Sunnah Rasulullah

Islam Bukan Milik Pemenang Debat

Ijtihad

Apakah Hiu Halal?

Tentang Munafik

Definisi Sukses Menurut Islam

Shalat Istisqa [Minta Hujan]

Shalat Rawatib

Sujud Tilawah

Sujud Syahwi : Bagian 1 dan 2

Sujud Syukur

Hukum Nikah Cerai [Nikah Kontrak]

Jin : Bagian 1, 2, 3 dan 4

Apakah Aisyah Menikah di Usia 9 Tahun? : Bagian 1, dan 2

Makna Bulan Bintang

Tentang Pencurian

Bagaimana AlQur'an Dipelihara?

Tentang Shalat Jum'at

Apakah Islam Sebuah Agama? : Bagian 1 dan 2

Biografi Singkat Anas ibn Malik

Pernikahan Wanita Yang Hamil Di Luar Nikah

Matahari Terbenam Ke Dalam Kolam Lumpur

Apakah Muslim Menyembah Ka'bah?

Penghalang Antara Ummat Muslim dan Kaum Kristiani

Istawa




Quote:Setan : Bagian 1, 2, 3, dan 4


Quote:Apakah AlQur'an Menjiplak Injil? : Bagian 1, 2, dan 3


Quote:Apakah Nabi Muhammad Menikahi Khadijah Secara Kristen : Bagian 1dan 2

Apakah Maryam Memiliki Mukjizat?

Perbedaan Pendapat Mengenai Pengangkatan Nabi Isa


Quote:Hukum Cadar : Bagian 1dan 2


Quote:Apakah Orangtua Rasulullah Musyrik? (pendapat I)
Apakah Orangtua Rasulullah Musyrik? (pendapat II)



Quote:Kisah Pertemuan Rasulullah Dengan Iblis : Bagian 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, dan 8
0
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 218 dari 432
[HOLY] Anda Bertanya, Muslim Menjawab - Part 46
27-01-2019 22:37
Quote:Original Posted By juppon_gatana
maaf, setau saya dijaman rasulullah jangankan taurat sekelas injilpun kitabnya sudah tidak bisa dipertanggung jawabkan.. diperkuat lagi injil sudah mengalami transformasi dri old-new testament,.. itu sebabnya difase2 jahiliayah al quran turun,.. CMIIW


Belajar dulu ya akhi
10tahun lagi baru balik kesini



Sukrooo
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Muslim Menjawab - Part 46
27-01-2019 22:41
Quote:Original Posted By sambudi7.jr
wah kalo soal tuduhan allah plin plan ane ga komen deh

tapi sebenarnya sih si kampretz tidak bermaksud bilang allah plin plan (bukan membela yah - bagi gw sih kampretz sama seperti uclim lainnya - ga ada istimewanya emoticon-Big Grin) tapi sekedar ingin yg lain berpikir
" kalian pasti mengira allah plin plan kan'?
kalian salah .... begini penjelasannya

tapi apa daya belum apa2 udah divonis duluan


Ngoahahaha molor bud molor [HOLY] Anda Bertanya, Muslim Menjawab - Part 46
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Muslim Menjawab - Part 46
27-01-2019 22:41
gpp ko klo dijelasin disini, ya skalian numpang nambah ilmu,..
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Muslim Menjawab - Part 46
27-01-2019 22:42
Quote:Original Posted By oelama.tamfan


Belajar dulu ya akhi
10tahun lagi baru balik kesini



Sukrooo


gpp ko klo dijelasin disini, ya skalian numpang nambah ilmu,..
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Muslim Menjawab - Part 46
27-01-2019 22:45
Quote:Original Posted By juppon_gatana


smua kitab terdahulu (sblum al quran) sudah di abolisi oleh Allah (dicabut validasinya baik tulisan, huruf dan kandungan maknanya), jdi undang-undang yg diakui umat islam sekarang ini hanyalah al quran, tpi klo agan msih percaya mereka masih ada scra fisik y gpp sih its ok,, ato coba buat penyelidikan sndiri aja gan, hubungi FBI CIA sp tau bisa bantu hee.., klo bisa titip juga cri kitabnya adam sekalian,..


fix goblok

bocah bantar gebang sok sokan jadi penjilat babylon
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Muslim Menjawab - Part 46
27-01-2019 22:45
Quote:Original Posted By sambudi7.jr
kadang2 kesal juga ama si kampretz
yg suka ngeklaim tingkat pemahamannya level advance


sombong amat


emoticon-Big Grin




Quote:Original Posted By sambudi7.jr

ini hanya mungkin jika tuhannya quran adalah sama dengan tuhan yg disebut di dalam taurat/injil

nah apa bukti tuhannya adalah sama?

sedangkan kita tahu bahwa :
- tuhan di taurat/injil sdalah roh sedangkan tuhan islam bukan roh
- tuhan di taurat/injil punya anak sedangkan tuhan islam menolak mentah2 (punya anak)
- tuhan taurat/injil mahahadir/omnipresent sedangkan tuhan islam tidak


Beda tuhan mosok bisa menganulir kitab kepunyaan tuhan lain

hik hik hik




Iya..
Emang semua orang disini menilai gitu....

Tapi si Kampretoz nya bener bener tidak menyadari... salah menilai diri...

Tahukah penilaian orang tentang ente...??

Ente itu selalu membuat "sintesa"...
ngerti nggak arti sintesa??

Beberapa orang yang melihat nya sebagai "ngibul"...

Kalau menurut Ane???..
ente sebenernya nggak bermaksud ngibul....

Tapi kalean....
(ente dan dombawati)

sebenernya selama ini telah nelen mentah mentah doktrin para pendetamu...
atau entah baca dimana...
anti tesis tentang agama kami...

Kalean membikin sintesa...
seakan akan islam itu "anti kristus"... penyembah berhala...
bukan penyembah Tuhan... etc

Tahukah Tuhan yang ane sembah ??
Tuhan yang ane sembah ya...
Tuhanya Nabi Isa Putra Maryam...
Tuhan nya Siti Mariyam...
Tuhan Nya ibrahim...

Ente beda kah ??

Sedang Tuhan yang kalean sembah itu Tuhan sesuai doktrin gereja...
dokttin paulus..

Emang ada apa dengan Bismillah ??
emoticon-Ngakak
Udah ane terangin diatas??

Emang ada apa dengan kabah sebagai kiblat??
Sebelum Rasul diperintah menghadap kiblat di Makkah.. sholat kami menghadap masjidi aqsa...
di betlehem..

Iya..
Doktrin doktrin telah membunuh akal sehat kalean....

===
Ane pribadi bukan pembenci...
apa adanya... tulus...
peduli sama kalean...

Ente... si dombawati.. kampretos dll

Tapi yang namanya hidayah itu urusan Tuhan...

Tugas kita memang hanya menyampaikan...

"Kenapa ahli kitab kafir terhadap ayat ayat Tuhan ?"

Diubah oleh True.s4m1ns
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Muslim Menjawab - Part 46
27-01-2019 22:48
Quote:Original Posted By oelama.tamfan


Permisi ya ukhti
Beliau juga memiliki pemahaman level advance
Paud kelas B
Bersebelahan dengan kelas kampret


Sukrooo


ooh gituh yaa.?emoticon-Big Grin

yaa udh deeh, yg lpl beginner nongtonin dolo ahh mereka bedua..emoticon-Big Grin
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Muslim Menjawab - Part 46
27-01-2019 22:54
Quote:Original Posted By True.s4m1ns





Iya..
Emang semua orang disini menilai gitu....
Kampretoz nya bener bener tidak menyadari... salah menilai diri...

Tahukah penilaian orang tentang ente...??
Ente itu selalu membuat "sintesa"... ngerti nggak arti sintesa??

Beberapa orang yang melihat nya sebagai "ngibul"...

Kalau menurut Ane???.. ente sebenernya nggak bermaksud ngibul....
Tapi kalean....
(ente dan dombawati)

sebenernya swlama ini telah nelen mentah mentah doktrin para pendetamu...

Kalean membikin sintesa...
seakan akan islam itu "anti kristus"... penyembah berhala...
bukan penyembah Tuhan... etc

Tahukah Tuhan yang ane sembah ??
Tuhan yang ane sembah ya...
Tuhanya Nabi Isa Putra Maryam...
Tuhan nya Siti Mariyam...
Tuhan Nya ibrahim...

Ente beda kah ??

Sedang Tuhan yang kalean sembah itu Tuhan sesuai doktrin gereja...
dokttin paulus..

Emang ada apa dengan Bismillah ??
emoticon-Ngakak
Udah ane terangin diatas??

Emang ada apa dengan kabah sebagai kiblat??
Sebelum Rasul diperintah menghadap kiblat di Makkah.. sholat kami menghadap masjidi aqsa...
di betlehem..

Iya..
Doktrin doktrin telah membunuh akal sehat kalean....

===
Ane pribadi bukan pembenci...
apa adanya... tulus...
peduli sama kalean...

Ente... si dombawati.. kampretos dll

Tapi yang namanya hidayah itu urusan Tuhan...

Tugas kita memang hanya menyampaikan...

"Kenapa ahli kitab kafir terhadap ayat ayat Tuhan ?"


bukannya ente korban dogma ustadz/ulama

ngaca gan ngaca

emoticon-Big Grin




0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Muslim Menjawab - Part 46
27-01-2019 22:59
Quote:Original Posted By sambudi7.jr

bukannya ente korban dogma ustadz/ulama

ngaca gan ngaca

emoticon-Big Grin





Itu kan perasan mu saja... sintesa doktrin mu...
emoticon-Ngakak

Mulailah Pakai akal sehatmu...

emoticon-Ngakak

Aku peduli dan menyayangi kalean..

Iya... Jujur
emoticon-Salaman

Diubah oleh True.s4m1ns
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Muslim Menjawab - Part 46
27-01-2019 23:19
Bisa dipahamikah ??
Si domba?? Sam..?? kampret ??
Semoga.. saja

Sebenernya ane mencoba me sederhanakan bahasa...

Ane nggak merasa pernah dijajah negara negara arab... soalnya..
jadi nggak ngerasa harus kearab araban...

Juga bukan jajahan ingris...
Walau kadang sering keceplosan...
Diubah oleh True.s4m1ns
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Muslim Menjawab - Part 46
27-01-2019 23:40
Quote:Original Posted By True.s4m1ns

Itu kan perasan mu saja... sintesa doktrin mu...
emoticon-Ngakak

Mulailah Pakai akal sehatmu...

emoticon-Ngakak

Aku peduli dan menyayangi kalean..

Iya... Jujur
emoticon-Salaman


iya ane juga kasian melihat kalian uclim hidup dalam kegelapan

kamu mestinya bisa berpikir,
kenapa AQ isinya sangat menguntungkan seseorang! ada apa ini? apakah agama cuma alat aja untuk kepentingan dia pribadi?

itu juga kalo elu mau berpikir



hehehe




0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[HOLY] Anda Bertanya, Muslim Menjawab - Part 46
27-01-2019 23:47
Quote:Original Posted By juppon_gatana
jangankan tanda baca, sampe tanda pjang pendek dan harakatpun sama, ada satu oknum yg merubah satu aja.. seisi dunia tahu, janji allah melindungi al quran ini ada ayatnya, tp maaf sy lupa ayat brapa,.. mngkin next time ya


Maaf mas jaman nabi tidak ada diatrikal.

Coba cari minimal perbandingan Al Qur'an harf dan warsh ada perbedaan.
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Muslim Menjawab - Part 46
28-01-2019 00:15
Quote:Original Posted By sambudi7.jr

iya ane juga kasian melihat kalian uclim hidup dalam kegelapan

kamu mestinya bisa berpikir,
kenapa AQ isinya sangat menguntungkan seseorang! ada apa ini? apakah agama cuma alat aja untuk kepentingan dia pribadi?

itu juga kalo elu mau berpikir



hehehe





Pribadi ?? Siapa ?? Terangkan lebih jelas Menurutmu ??

Kepada Rasul kami ??
_____
Ane terangkan ya..?
Mohon baca...

Qur an itu diturunkan kepada Muhamad Rasullulloh...
Kata kata pertama yang turun... adalah

i qro (bacalah)
melalui malaikat jibril...

Sebutan lain malaikat jibril diantaranya...
RUH AL QUDUS (ruhul qudus), RUH Al Amin..
dan beberapa nama lain

Rasul itu buta huruf...
"aku tidak bisa membaca"..
i qro.. !!
Di ulang ulang..
Aku tidak dapat membaca

I qro..!!
Aku tidak dapat membaca...
...... dst...

Setelah itu diikuti ayat lain..
Hingga turun 5 ayat (al alaq ayat 1-5)

Berikut setelah itu turunlah ayat demi ayat...
melalui hapalan...

baca:HAPALAN

Turun bersama kejadian kejadian yang menyertai... (sebab turun nya - asbabun nuzul nya)

Terus terus... satu persatu... sebagaian turun di makkah sebagaian di madinah (setelah hijrah)..

Udah ngerti ya...
Ingat "DALAM HAPALAN"....

Karena turun bersama kejadian kejadian (asbabun nuzul)..
banyak yang menjadi saksi...
diantaranya para sahabat Nabi...
Mereka turut menghapal...

beberapa (sedikit yang bisa nulis) menuliskan pada media apa saja (gitu awalnya)

Sebagaian itu perintah langsung ke RASUL....

misalnya: katakanlah... Allah itu Maha Esa.... (al iklash 1)

Maka sebenernya perintah untuk Rasul supaya menerangkan hal itu (mengatakan hal itu)...

Jadi qur an diturunkan hanya diturunkan MELALUI SATU ORANG SAJA (Rasul)

Rasul lah yang akan menerangkan pada umat...

Qur an itu bukan karya satra manusia seperti sintesa kalian selama ini... ok??
____
Rasul itu manusia biasa.. seperti kami

““Katakanlah (wahai Nabi), bahwasanya aku adalah manusia seperti kalian, dan bahwasanya Tuhan kalian adalah Tuhan yang Satu…”(Surat Al-Kahfi 110)
___
Keadaan beliau yang seperti kami membuat kami bisa mencontoh beliau.. beraklhak seperti beliau...
berkeadaan seperti beliau...
menikah..
makan.. berperilaku seperti beliau..
____

Jadi memang Tuhan mengidealkan sebaik baik manusia biasa itu seperti beliau....

Normal....

Ada apakah tentang figur "ideal" kami ??
Satu orang saja...

Masalah ??







Diubah oleh True.s4m1ns
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Muslim Menjawab - Part 46
28-01-2019 01:02
Quote:Original Posted By juppon_gatana
smua kitab terdahulu (sblum al quran) sudah di abolisi oleh Allah (dicabut validasinya baik tulisan, huruf dan kandungan maknanya), jdi undang-undang yg diakui umat islam sekarang ini hanyalah al quran, tpi klo agan msih percaya mereka masih ada scra fisik y gpp sih its ok,, ato coba buat penyelidikan sndiri aja gan, hubungi FBI CIA sp tau bisa bantu hee.., klo bisa titip juga cri kitabnya adam sekalian,..


di sebelah mana di quran disebutin ada kitab adam? emoticon-Bingung
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Muslim Menjawab - Part 46
28-01-2019 01:06
Quote:Original Posted By True.s4m1ns

Rasul itu buta huruf...
"aku tidak bisa membaca"..
i qro.. !!
Di ulang ulang..
Aku tidak dapat membaca

I qro..!!
Aku tidak dapat membaca...



Rasul buta huruf?

delusi ente gan. emoticon-Ngakak

belajar quran lagi. wkwk.
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Muslim Menjawab - Part 46
28-01-2019 01:09
Quote:Original Posted By auto.bantet
fix goblok

bocah bantar gebang sok sokan jadi penjilat babylon


dancok bahasane jleb emoticon-Ngakak

numpang ngakak. emoticon-Ngakak
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Muslim Menjawab - Part 46
28-01-2019 01:27
Quote:Original Posted By iblis...


Rasul buta huruf?

delusi ente gan. emoticon-Ngakak

belajar quran lagi. wkwk.

Tolong... gan
Kalau nggak ngerti jangan ngaku pinter gan...

Ntar kayak kampretozz..

===
"Dan kamu (Muhammad) tidak pernah membaca satu kitab pun sebelumnya dan tidak pernah menulis satu kitab pun dengan tangan kananmu." (Q.S. Al-Ankabuut: 48)"


"Orang-orang yang mengikuti Rasul, seorang nabi yang ummi (buta huruf) yang mereka temukan (namanya) tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada pada mereka, yang menyuruh mereka kepada yang ma'ruf dan melarang mereka dari yang mungkar, yang menghalalkan bagi mereka semua yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya, dan mengikuti cahaya yang diturunkan kepadanya. Mereka itulah orang-orang yang beruntung." (Q.S. Al-A'raaf: 157)

======
ibnu abas:

Nabi kalian shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang ummi, tidak menulis, membaca, dan tidak menghitung. Lalu Ibnu Abbas membaca firman Allah di surat al-Ankabut: 48. (Tafsir al-Qurthubi, 7/298)


Al-Ummi adalah orang yang tidak bisa menulis dan membaca. Dan itulah makna firman Allah di surat al-Jumuah ayat 2. (Mufradat fi Gharib al-Quran, hlm. 28)

======












Asbabun nuzul al alaq

Dalam hadis diriwayatkan oleh Aisyah r.a., ia berkata bahwa permulaan wahyu kepada Rasulullah saw. ialah mimpi baik pada waktu tidur.
.Biasanya mimpi yang dilihat itu jelas, sebagaimana cuaca pagi.

Kemudian, timbullah pada diri beliau keinginan meninggalkan keramaian. Untuk itu, beliau pergi ke Gua Hira untuk berkhalwat.

Beliau melakukannya beberapa hari. Khadijah, istri beliau, menyediakan perbekalan untuk beliau.

Pada suatu saat, datanglah malaikat kepada beliau. Malaikat itu berkata, "Iqra' (bacalah)!"

Beliau menjawab

"Aku tak pandai membaca."

Malaikat mendekap beliau sehingga beliau merasa kepayahan. Malaikat itu kembali berkata,

"Bacalah!"

Beliau menjawab lagi.
"Aku tak pandai membaca."

setelah tiga kali beliau menjawab seperti itu, malaikat membacakan surah al- 'Alaq ayat 1-5, sebagaana tersebut.
Diubah oleh True.s4m1ns
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Muslim Menjawab - Part 46
28-01-2019 05:04
Quote:Original Posted By True.s4m1ns
Tolong... gan
Kalau nggak ngerti jangan ngaku pinter gan...

Ntar kayak kampretozz..

===
"Dan kamu (Muhammad) tidak pernah membaca satu kitab pun sebelumnya dan tidak pernah menulis satu kitab pun dengan tangan kananmu." (Q.S. Al-Ankabuut: 48)"


"Orang-orang yang mengikuti Rasul, seorang nabi yang ummi (buta huruf) yang mereka temukan (namanya) tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada pada mereka, yang menyuruh mereka kepada yang ma'ruf dan melarang mereka dari yang mungkar, yang menghalalkan bagi mereka semua yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya, dan mengikuti cahaya yang diturunkan kepadanya. Mereka itulah orang-orang yang beruntung." (Q.S. Al-A'raaf: 157)

======
ibnu abas:

Nabi kalian shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang ummi, tidak menulis, membaca, dan tidak menghitung. Lalu Ibnu Abbas membaca firman Allah di surat al-Ankabut: 48. (Tafsir al-Qurthubi, 7/298)


Al-Ummi adalah orang yang tidak bisa menulis dan membaca. Dan itulah makna firman Allah di surat al-Jumuah ayat 2. (Mufradat fi Gharib al-Quran, hlm. 28)

======



heh ogeb.

ayat yg lo bawa itu nyanggah statment lo sndiri geb ogeb.

blajar dulu arti kata IQRO, arti kata UMMIY baru reply. jgn cm copas.

tidak pernah membaca bukan berarti GAK BISA BACA.
tidak pernah menulis kitab bukan berarti GAK BISA NULIS.

apalagi ada keterangan DENGAN TANGAN KANANMU.

brarti beliau kalo nulis pake tangan kanan apa kiri????

fix ogeb.
ganti otak pake otak kambing aja sono.
emoticon-Ngakak
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Muslim Menjawab - Part 46
28-01-2019 07:01
Quote:Original Posted By iblis...



heh ogeb.

ayat yg lo bawa itu nyanggah statment lo sndiri geb ogeb.

blajar dulu arti kata IQRO, arti kata UMMIY baru reply. jgn cm copas.

tidak pernah membaca bukan berarti GAK BISA BACA.
tidak pernah menulis kitab bukan berarti GAK BISA NULIS.

apalagi ada keterangan DENGAN TANGAN KANANMU.

brarti beliau kalo nulis pake tangan kanan apa kiri????

fix ogeb.
ganti otak pake otak kambing aja sono.
emoticon-Ngakak


Ngomong apa ente ??
emoticon-Bingung

Pengumpat.. tanpabisi...

nyampah ndak jelas..
emoticon-Matabelo


Udah... belajar dulu sono.. 10 tahun
Baru quote ane lagi..

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


#bermutu dikit nape ???
Itu lebih baek..
Diubah oleh True.s4m1ns
0 0
0
[HOLY] Anda Bertanya, Muslim Menjawab - Part 46
28-01-2019 07:10
Quote:Original Posted By True.s4m1ns
Ngomong apa ente ??
:Bingung
Pengumpat..
nyampah ndak jelas..
emoticon-Matabelo


Udah... belajar dulu sono.. 10 tahun
Baru quote ane lagi..

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


halah bru kmaren ke dc aj songongnya.

ogeb.
Diubah oleh iblis...
0 0
0
Halaman 218 dari 432
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Poetry
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia