alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc6f141d44f9fcd158b4573/pipa-cangklong-tak-lekang-dimakan-zaman
Lapor Hansip
17-10-2018 15:22
Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman
Past Hot Thread
Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.

"I believe that pipe smoking contributes to somewhat calm and objective judgement in all human affairs".
-Albert Einstein-


Jika anda penggemar film, pasti mengenal tokoh detektif Sherlock Holmes, profesor Gandalf di film The Hobbit, atau kartun Popeye. Mereka semua adalah tokoh yang digambarkan sebagai seorang pemipa (pipe smoker).

Pada dasarnya, menikmati tembakau dengan pipa cangklong berbeda dengan merokok batangan. Asapnya hanya disimpan di rongga mulut kemudian dihembuskan, tidak seperti merokok batangan yang asapnya dihisap (inhale) ke paru-paru. Inilah yang membuat sensasi menikmati tembakau dengan pipa cangklong lebih nikmat.

Pipa cangklong mungkin terkesan klasik atau tua. Apalagi di zaman modern seperti sekarang sudah ada yang namanya rokok elektrik.

Tapi tahukah anda kalau pipa cangklong masih eksis sampai saat ini?

Sejarah

Peneliti sejarah pertama kali menemukan benda yang diyakini pipa cangklong di Mesir, terkubur di dalam sebuah kuburan mumi.
Dalam sejarah Yunani kuno, Hypocrites yang dikenal sebagai bapak kedokteran memberi resep "jamu merokok dalam pipa" sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit pada wanita. Ini membuktikan bahwa praktik merokok pipa cangklong (smoking pipe) sudah dilakukan pada zaman sebelum masehi atau sekitar 500 tahun SM.
Pada saat itu, pipa cangklong digunakan untuk ritual keagamaan. Di benua Amerika, suku Indian menggunakan "Pipa Perdamaian/Pipe of Peace" ketika sedang melakukan rekonsiliasi antar suku.

Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.

Suku Indian sedang melakukan ritual "Pipa Perdamaian"

Sementara itu, di Eropa pipa cangklong baru dikenal sekitar abad ke 14-16, ketika Christopher Columbus kembali dari penjelajahannya ke benua Amerika pada tahun 1492, dengan membawa pipa cangklong dan daun tembakau kering.

Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.

Suku Indian memberikan pipa cangklong yang berisi daun tembakau kering kepada Columbus



Pipa Cangklong di Zaman Modern

Seiring berjalannya waktu, pipa cangklong mengalami perkembangan mulai dari bahan dan bentuk. Terlepas dari sejarah dan seni, pipa cangklong menunjukan kedudukan status sosial pemakainya.
Pada umumnya pipa cangklong terbuat dari kayu briar, meerschaum dan jagung.

1. Kayu Briar/Briar Wood

Hanya tumbuh di daratan Eropa, kayu briar dinilai memiliki kwalitas paling baik dibanding kayu-kayu lainnya. Selain itu, grain/serat nya yang cantik meningkatkan harga jual. Hingga kini, kayu briar masih menjadi bahan pilihan utama para produsen pipa cangklong/pipe maker.
Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.

Pipa cangklong yang terbuat dari kayu briar


2. Meerschaum

Meerschaum merupakan material yang berada di kedalaman 100 meter atau lebih di bawah tanah. Sebenarnya meerschaum sudah lama dijadikan sebagai bahan pembuatan pipa cangklong, yaitu pada tahun 1720-an. Pipa cangklong berbahan ini biasanya diukir sehingga menambah kesan artistik.
Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.

Pipa cangklong yang terbuat dari meerschaum


3. Jagung/Corn Cob

Simpel, fungsional dan murah. Pipa berbahan jagung ini biasanya menjadi pipa secondary atau pilihan bagi pemula yang ingin merasakan sensasi menikmati tembakau dengan pipa cangklong. Banyak pendapat mengatakan pipa ini sangat cocok untuk membakar tembakau jenis aromatik. Kekurangannya pipa ini tidak bertahan lama jika terlalu sering digunakan.
Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.

Pipa corn cob


Ada tiga jenis finishing pipa cangklong, yaitu smooth, rustic dan sandblast

1. Smooth

Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.


2. Rustic

Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.


3. Sandblast

Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.



Bentuk Pipa/Pipe Shape

Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.


Diagram Pipa

Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.


Bentuk Stem

Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.


Beberapa Merk Pipa Cangklong

1. Dunhill (England)

Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.

Siapa yang tak mengenal brand Dunhill. Bisnis yang didirikan oleh Alfred Dunhill ini dimulai pada tahun 1906. Pipa dengan tanda titik putih pada bagian tengah stem ini merupakan pipa eksklusif. Harga pipa ini berkisar 4 juta hingga belasan juta rupiah.

2. Peterson (Republic of Ireland)

Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.

Pada tahun 1865, George dan Frederick Kapp mendirikan bisnis pipa cangklong. Frederick memutuskan keluar dan pindah ke Dublin untuk melanjutkan bisnis ini sendiri. Beberapa tahun kemudian Charles Peterson bergabung.
Pipa ini merupakan pipa kelas Mid to End. Dengan kisaran harga 1,7 juta hingga 5 juta ke atas.

3. Savinelli (Italy)

Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.

Achille Savinelli merintis bisnis pipa cangklong ini pada tahun 1876 di kota Milan, Italia. Harga pipa ini bervariasi mulai dari 1,3 juta hingga 5 juta ke atas.

4. Stanwell (Denmark)

Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.

Pipa cangklong buatan Denmark ini sudah ada sejak tahun 1942. Mulai tahun 2010, produksi pipa ini dibuat di Italia karena perusahaan Scandinavian Tobacco Group (STG) mengalami krisis.

5. Missouri Meerschaum (U.S.A.)

Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.

Merk ini dikenal dengan pipa jagung/corn cob.

Artisan Pipes

Artisan Pipes adalah pipa cangklong yang dibuat oleh perseorangan. Yang membedakan pipa artisan dengan pipa produksi pabrikan adalah skala produksinya yang lebih kecil. Pipa cangklong artisan ini terbilang unik, selain langka bentuknya juga out of the box dari bentuk standar buatan pabrikan. Hal ini yang membuat pipa artisan ini memiliki segmen tersendiri. J. Alan dan Tom Eltang adalah brand pipa artisan yang terkenal.
Di Indonesia sendiri ada beberapa pembuat pipa artisan yang karyanya sudah tembus ke luar negeri, seperti 1D (Wandi Riyadi) dan Bima Pipes (Edy Bima). Untuk dapat memiliki pipa artisan, anda harus merogoh kocek dalam-dalam. Berikut adalah hasil karya mereka :

1D Pipes

Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.


Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.


Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.


Bima Pipes

Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.


Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.


Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.


Perayaan

International Pipe Smoking Day (IPSD) dirayakan setiap tanggal 20 Februari di seluruh dunia. Para penikmat pipa cangklong dan tembakau berkumpul, berdiskusi seputar pipa cangklong dan tembakau, ada juga kegiatan jual beli dan lelang. Di Indonesia sendiri perayaan ini diselenggarakan di kota dimana komunitas pipa cangklong dan tembakau ada. Seperti di Jakarta, Bandung, Bekasi, Garut dan Solo.
Di Indonesia juga ada perayaan Kenduri Tembakau dan Festival Pipa Raya yang diselenggarakan setiap tahunnya.

Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.
Diubah oleh syahrulrizalnf
1
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
29-10-2018 08:56
kesannya vintage, kayanya enak sambil santai.. dan pastinya mahal tuh cangklong emoticon-Matabelo
0
29-10-2018 14:02


Quote:Original Posted By lusilverstalker
kesannya vintage, kayanya enak sambil santai.. dan pastinya mahal tuh cangklong emoticon-Matabelo


Rasa sih gan yang utama. Dengan cangklong kita bisa menikmati rasa tembakaunya secara murni karena gak ada material lain yg ikut terbakar, kaya kertas pd rokok batangan. emoticon-2 Jempol

Ada kok gan harga cangklong dari kayu buatan luar negeri yg harganya dibawah 1jt. Kalo corncob harga sendiri yg paling murah 80rb.

Pipa Cangklong, Tak Lekang Dimakan Zaman.


0
01-11-2018 18:55
emoticon-Sundul emoticon-Sundul
Diubah oleh syahrulrizalnf
1
02-11-2018 00:32
Ini HT apa belum... Ada api biru nya... HT api merah ya emoticon-Bingung

emoticon-Blue Guy Peace doyan rokok ya agan ts emoticon-Big Grin
1
02-11-2018 01:00


Quote:Original Posted By violie.jahad.12
Ini HT apa belum... Ada api biru nya... HT api merah ya emoticon-Bingung

emoticon-Blue Guy Peace doyan rokok ya agan ts emoticon-Big Grin


HT 3 hari yang lalu tapi masih sepi emoticon-Cape deeehh
Iya sis. Kalo sisnya pasti suka make up an yak emoticon-Malu (S)
0
02-11-2018 01:51
Quote:Original Posted By syahrulrizalnf
HT 3 hari yang lalu tapi masih sepi emoticon-Cape deeehh
Iya sis. Kalo sisnya pasti suka make up an yak emoticon-Malu (S)


Semangat bikin trit lagi ya
Yang bermanfaat.

Hati hati sama rokok emoticon-Big Grin
1
02-11-2018 01:57


Quote:Original Posted By violie.jahad.12
Semangat bikin trit lagi ya
Yang bermanfaat.

Hati hati sama rokok emoticon-Big Grin


Gak apa apa kok selo ae emoticon-Malu (S)
Aku lebih takut gak punya duit emoticon-Ngakak
Diubah oleh syahrulrizalnf
0
20-11-2018 09:40
trit super



bantu up emoticon-Angkat Beer
0
20-11-2018 10:03


Quote:Original Posted By sav.grezza
trit super



bantu up emoticon-Angkat Beer


Puff puff gan emoticon-Shakehand2
0
20-11-2018 18:20
Salam Puf-Puf gan! emoticon-Cool
0
20-11-2018 18:31


Quote:Original Posted By cru153r
Salam Puf-Puf gan! emoticon-Cool


Sweet smokes gan emoticon-Cendol (S)
0
03-01-2019 22:42
ga ada komunitasnya ni gan?
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 14
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.