Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

chessaraniaAvatar border
TS
chessarania
Informasi Dasar Tentang Digital Media Advertising
Hey...Gan, Sis...dimana dan kapanpun berada, dari Sabang sampai Merauke....moga thread ane berguna, terutama untuk Agan & Sista yang akan atau baru lulus kuliah dan pingin lanjut kerja di industri digital media. 

Jadi didalam digital media advertising, banyak sekali istilah2 yang perlu Agan & Sista pahami...nah daripada taunya pas sudah masuk kerja, ada baiknya kalian tahu lebih dulu, jadi pas Agan Sista di interview perusahaan bisa lancar dan nyambung deh obrolannya. 

Informasi dasar yang perlu pahami ada 2, Gan Sis: 
1. Tentang Website
2. Tentang Iklan 

sekarang kita coba bahas satu per satu, ya. 
1. Tentang Website 
a. Dalam pengukuran traffic sebuah website ada yang namanya Page Views atau biasanya disingkat menjadi PV. PV adalah jumlah halaman terbuka pada sebuah website, mis : Cantik membuka halaman depan kaskus.id (Halaman depan sering disebut WP (Welcome Page)), maka akan terhitung 1 PV, lalu Cantik membuka halaman lain melalui WP tsb, maka terhitung 2 PV, lalu Cantik kembali ke WP, maka terhitung 3 PV, dst... namun, karena ada pembagian PV lagi setiap halaman, maka traffic yang didapatkan Kaskus dari Cantik adalah 2 PV di WP dan 1 PV pada halaman lain.

b. Pengukuran lainnya ada yang namanya Visits. Visits adalah jumlah kunjungan yang masuk kedalam sebuat website. contoh : Jam 09:00 pagi Cantik sampai kantor, lalu langsung membuka Kaskus.id, buka halaman sana buka halaman sini, lalu Cantik dipanggil dan harus menghadap Bos, lalu Cantik tutup website Kaskus, maka sampai disini Cantik sudah terhitung 1 visits. lalu cantik membuka lagi Kaskus.id setelah makan siang atau sekitar jam 13:30, maka Cantik akan terhitung oleh mesinnya 2 visits. 

c. Selain 2 pengukuran diatas, ada juga yang namanya Unique Visitors atau biasanya disingkat UV. Kalo UV itu akan terhitung oleh mesin berdasarkan IP Address. contoh ya Gan, Sis : Cantik membuka Kaskus.id melalui rumahnya di Menteng, maka mesin akan menghitung Cantik 1 UV, lalu Cantik pergi ke rumah tantenya di Pondok Indah dan membuka Kaskus lagi, maka Cantik akan terhitung 2 UV, Dst...jika Cantik membuka Kaskus berpindah pindah tempat maka UV akan terhitung berbeda, karena setiap tempat atau setiap lokasi akan berbeda juga IP Addressnya. 
  
Nah...dari ketiga poin diatas, pengukurannya biasanya di tarik melalui Google Analytics (GA), GA adalah alat pengukuran untuk sebuat website milik Google. 

2. Tentang Iklan
Bicara tentang pengukuran sebuah iklan di media online/ digital media, maka kita akan bertemua dengan istilah2 berikut ini, Gan Sis: 
a. Impressions : Impressions adalah jumlah iklan terlihat, ingat ya Gan Sis, bukan dilihat, tapi terlihat. kedua kata ini seperti sama namun maknanya berbeda.  
b. Clicks : Clicks adalah jumlah iklan di klik, kalo ini Agan Sista pasti sudah tau yaaa....
c. CTR (Click Through Rate) : Yaitu perbandingan antara Click dengan Impressions, jadi biasanya para Marketers kalo pingin pasang iklan disuatu media online, mereka akan bertanya kepada pihak media brp CTRnya, dengan begitu si Marketers akan bisa tahu seberapa efektif dia memasang iklan di posisi dan media, tsb. 

Nah....dari 3 poin tentang iklan diatas untuk menarik datanya dulu ada yang namanya OpenX, kalo sekarang yang banyak dipakai oleh media online adalah DFP (Doubleclick For Publisher), Sebuah platform adserving yang disediakan oleh Google juga Gan Sis....  

Masih tentang iklan, beberapa metode penjulan atau pembelian yang biasa dipakai Marketers di media online adalah: 
a. CPD (Cost per Day) : Adalah Pembelian iklan berdasarkan harga harian, di metode ini biasanya iklan akan terus manteng diposisi dan jadwal yang dibeli oleh Marketers, tidak bisa diganggu oleh iklan lain. 
b. CPM (Cost per Miles) : Adalah pembelian atau penjualan berdasarkan per 1000 impressions, Jadi jika Marketers membeli dengan metode ini, biasanya Marketers akan membooking jumlah impressions yang diinginkan, tapi kelemahan dari metode ini adalah iklan akan tampil secara acak (Tidak di 1 posisi tertentu), yang penting jumlah impressions yang di booking tercapai. c. CPC (Cost per Click) : Adalah pembelian iklan berdasarkan jumlah iklan yang di klik. metode ini hampir sama seperti CPM, namun bedanya Pihak Marketers akan membayar berdasarkan iklan yang di Klik saja.      

Sampai disini dulu ya Gan Sis edukasi kita tentang informasi dasar Digital Media Adversiting...masih banyak lagi informasi lainnya akan Ane sambung di thread ,lainnya ya....

Panteng terus....semoga berguna ya Gan Sis....emoticon-Blue Guy Smile (S) 


1
457
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
EducationKASKUS Official
22.5KThread13.6KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.