Melihat banyaknya thread-thread anniversary nya Arena of Valor di Kaskus, ane jadi pengen ngebahas satu hal :
Marketing Games Jaman Now
Wanita selalu tidak dapat dipisahkan dengan kegiatan marketing. Begitu juga dengan dunia games, seringkali menggunakan wanita sebagai pemanis di dalam mempromosikan gamesnya. Padahal, seperti yang agan sista ketahui bahwa games itu lebih banyak dimainkan oleh pria. Apalagi kalo games nya tergolong hardcore seperti genre moba or shooter game gitu
Begitu juga dengan game Moba mobile, Arena of Valor yang baru saja merayakan ulang tahun pertama nya. Menggunakan banyak influencer untuk mengekspose kegiatan ulang tahun nya yang berhadiahkan 5M dan 100% semua dapet hadiah. Tidak cukup dengan campaign semua dapet hadiah, bahkan mereka juga ada di acara tv Anak Langit
Entah apa hubungan anak langit ama main game moba ?
Quote:
Nah, ini beberapa influencer wanita yang turut meramaikan (dibayar) untuk acara ulang tahun AoV yang pertama. (ane ambil yang bening-bening aja yah gan) :
1. Franzeska Edelyn
Salah satu influencer wanita yang merupakan gamers dan saat ini berstatus sebagai brand ambassador ASUS ROG
2. Clarissa Punipun
Cosplayer yang juga merupakan programmer, gamer, musician dan traveller, salah satu Brand Ambassador ASUS ROG juga. Wanita yang keturunan japan + Indian dan Chinnese
3. Jessica Veranda
Salah satu influencer yang senang membahas film terutama untuk film-film detektif. Di sela-sela kesibukannya, Jessica Veranda juga merupakan seorang gamers
4. Nabillah Ayu
Nabilah Ayu merupakan pendatang baru di dunia gamers. Meskipun begitu, banyak orang yang sudah menjadi followersnya
5. Sarah Viloid
Sarah Viloid merupakan influencer yang dikontrak oleh AoV sejak awal kemunculan game itu di Indonesia
Selain itu, diadakan juga pertandingan antara Youtubers dengan Influencer yang memang selama ini merupakan konten kreator game Arena of Valor alias AoV
Quote:
Dan beberapa Video content dari para Influencer AoV yang hidupnya berubah selama satu tahun ini :
Quote:
Dengan begitu banyaknya influencer dan hadiah yang melimpah, apakah game Arena of Valor berhasil untuk menghebohkan ulang tahun nya yang pertama ?
Kalau diliat dari website AoV yang kemaren sempat down, mungkin mereka menganggap ini berhasil untuk mendeliverkan pesan ulang tahunnya ke para pemain setia mereka. Selain itu, posisi top game free mereka di Google play juga naik menjadi peringkat 4 di top free games, setelah sebelum nya berada di top free 15 (kalo gak salah)
Oh iya, kenapa ane ngambil game Arena of Valor sebagai topik pembahasan ? Jelas lah karena mereka mengeluarkan banyak duit untuk promosi games mereka dan menimbulkan kontroversial hingga saat ini di antara game mobile. Julukan game 7M, sekarang mungkin 5M melekat di dalam game ini
Quote:
Apakah ini berarti bahwa campaign untuk anniversary mereka berhasil ?
Apakah metode pemasaran dengan iming-iming hadiah besar dan wanita sebagai influencer masih efektif untuk menarik minat masyarakat Indonesia ?
Kalau menurut ane pribadi, yah emang masih berhasil. Liat saja dengan iklan-iklan games menggunakan wanita sexy yang masih bergulir sampai saat ini. Salah satunya adalah di salah satu thread inidan emang masyarakat Indonesia masih mudah terbuai dengan hadiah besar apalagi mereka pakai hashtag #AovPastiDapetHadiah.
Tapi, sampai kapankah ini akan berlanjut ?
Quote: