fuuuuuuAvatar border
TS
fuuuuuu
Official Seller 3M Tokopedia tidak profesional
Saya ingin menyampaikan kekecewaan saya pada transaksi antara saya dan 3M official store di Tokopedia. Mohon maaf saat ini saya mengetik lewat HP jadi segala bukti screenshot belum mampu saya upload untuk disajikan sebagai bukti.

Kronologi:

25 April
- Order masuk ke 3M

26 April
- Paket dikirim

27 April
- Paket diterima. Box nya besar, berbalut lakban rapi dan kertas invoice rapi. Tidak mungkin dibongkar oleh pihak lain. Yang saya order adalah sikat lantai kecil, kanebo ukuran standar, dan kain pel besar seharga 82rb. Kardus nya besar. Namun isi paket hanya sikat lantai dan kanebo.
- kesalahan saya di sini. Saya terlalu percaya sama official store. Saya berasumsi stock habis, jadi saya pikir 3M mau refund lewat saldo Tokopedia. Kardus langsung saya buang (tempat tinggal saya kecil 50m, gak mau ada sampah). Dan yang terparah, saya tidak rekam video atau foto saat unboxing hanya karena ini dari official store. Gak nyangka ternyata ada kesalahan.
- saya tekan tombol komplain order untuk mendapatkan refund, atau kirim kain pel nya kalau stock sudah ada. Ini adalah prosedur standar untuk dapat refund atau kirim barang yg kurang. Nama tombol nya ga enak ya, komplain.

30 April
- Belum ada respon sekalipun dari 3M di obrolan via "pusat resolusi". Saya chat lagi isi nya kira2 "mohon direspon. Kalau memang stock terlambat hadir, silahkan saya tunggu kiriman kain pel nya. Kalau kosong, direfund tidak apa2".

1 Mei
- berhubung tidak ada respon sama sekali, saya minta bantuan pihak admin dari Tokopedia.
- pihak admin Tokopedia aktif turun tangan. Solusi dari mereka yaitu saya harus kasih bukti foto atau video supaya saya dapat refund. Kalau sampai 3 Mei belum ada bukti, uang akan tetap diteruskan ke pihak 3M.

3 Mei
- tidak ada respon dari pihak 3M. Saya memutuskan untuk menyudahi komplain dan membiarkan uang masuk ke pihak 3M.
- saya memberikan rate kecewa, bintang 1, dan review.
- berhubung review dihapus 3M dan saya ga ada SS saya ketik saja seingat saya konten nya begini "kronologi nya blablabla. salah saya gak ada video unboxing. untuk pembeli lain jangan lupa rekam unboxing sebelum membeli".

4 Mei
- Official store 3M menghapus item yg sudah saya beli, supaya rating dan review nya tidak dibaca pembeli lain.


Saya udah transaksi lewat tokped sejak sekitar 2016 maaf kalau salah. Dengan total transaksi bernilai total sekitar 30jt lebih. Sejauh ini transaksi dengan berbagai pihak, tiap kali ada kesalahan selalu semua seller berinisiatif baik entah memberikan refund atau mengirim ulang barang yg kurang. Kadang saya kasih bukti video, kadang gak perlu lewat pusat resolusi tinggal kontak seller nya langsung mereka inisiatif sendiri perbaiki kesalahan bahkan sebelum saya sempat ngirimin bukti. Lumayan, sekali rekam unboxing bisa ratusan MB kalau dikirim via WhatsApp pedes juga buat mereka yg mengandalkan kuota.

Saya tinggal di hotel milik keluarga. Kebetulan ada minyak ayam sempat tumpah di lantai. Saya bersihkan pake pel, tapi masih nyisa dikit dan kain pel saya udah jadi berminyak. Namanya hotel pasti tongkat dan kain pel berlimpah, tapi saya tau diri kebutuhan pribadi jangan memanfaatkan aset perusahaan. Jadilah saya order lewat tokopedia 3M karena kain pel nya itu saya biasanya cuma liat di supermarket aja. Saya males jalan ke luar jadi lebih suka lewat online store.

Tanggal 25 minyak tumpah. Saya pikir tgl 27 sudah bisa ngepel. Ternyata sampai 3 Mei belum ada respon jadi saya sudahi aja. Total 10 harian nunggu sampe saya bisa beli kain pel di Transmart. Kenapa gak dari tanggal 28 aja beli kain pel? Karena ane di kamar 50m doang. Kalo sampe kain pel nya dikirim 3M dan ane beli lagi, jadi double. Kamar udah sempit kalo numpuk barang banyak2 jadi jijik kayak gudang.

Saya yakin pihak 3M tidak ingin melakukan kesalahan. Dana 82rb kain pel gaib masuk ke pihak 3M juga bukan kesalahan 3M, tapi kesalahan saya & istri yg gak merekam unboxing Dan langsung buang kardus nya. Saya gak bilang 3M melakukan kesalahan. Saya hanya mau menyatakan kekecewaan kepada pihak 3M yang langsung gak mau kontak sama saya begitu tau ada barang yg kurang.

Setiap hari store nya online. Tidak sekalipun message dibalas. Konfirmasi barang kurang juga tidak ada. Mau tuduh JNE, packing rapi tidak ada rusak. Mau tuduh saya yg ngaku2 barang nya kurang, ya ngomong aja suruh saya sajikan bukti. 3M cuma diam doang nunggu saya capek dan duit ngalir. Ngasih uang 82rb ke perusahaan besar memang sakit hati, tapi gak seberapa buat saya karena kebetulan saya masih mampu lah kalau sekali2 rugi 82rb. Nungguin 3M balas message bikin saya buang2 waktu dan merasa ditelantarkan. Kalian ga punya niat baik dalam menjalankan bisnis.

Mulai dari pusat resolusi sampai review saya gak ada kata2 yg kasar kepada pihak 3M. Cukup bintang satu ya karena barang nya gaib, dan review jujur kronologi seperti apa + mengingatkan calon pembeli lain untuk merekam unboxing. Hanya seperti itu saja item langsung di delete seolah2 saya gak dianggap pembeli. Agak sedih hak saya untuk memberikan review masih dikalahkan 3M hanya tinggal delete item dan bikin item baru.

Pesan untuk official store 3M di Tokopedia, tunjukkan good will kalau gak mau di label sebagai penjual tidak kredibel. Tinggal bilang aja kan "tanpa bukti = komplain tidak valid" apa susah nya. Jangan menghindar dari tanggung jawab. Apalagi sampai hapus item, jelas2 itu menghindar. Pihak Tokopedia juga musti kontrol pihak yg kalian jadikan official store. Performa mereka sedikit besar nya mempengaruhi pandangan pembeli (setidaknya saya) terhadap kredibilitas tokopedia.

Untuk pembaca, saya gak bilang jangan beli lewat official store 3M di Tokopedia. Sebelumnya saya sudah 2x order baik2 saja. Barang bagus dan layanan tepat waktu. Hanya saja jangan terlalu percaya nama official store atau seller manapun itu. Yg bisa menyelamatkan kalian adalah bukti rekaman unboxing. Dari dulu jaman belanja di FJB sampai sekarang kalau beli barang seharga 200rb++ juga saya selalu rekam kalau unboxing. Mudah2an tidak perlu ada lagi pembeli teledor seperti saya.
0
2K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread1.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.