News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ade7ef9dcd770c6108b456a/peneliti-ungkap-kemiripan-antara-manusia-dan-anjing
Sering kali disebut sebagai sahabat manusia, ternyata anjing memiliki suatu kemiripan dengan manusia. Tapi, kemiripannya itu ternyata dari suatu hal unik. Menurut suatu studi terbaru, kemiripan itu terdapat pada kotorannya. Para peneliti mengatakan kotoran anjing dan kotoran manusia tidak jauh berbeda. Dilansir IFL Science, dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Microbiome, tim peneliti yang di
Lapor Hansip
24-04-2018 07:48

Peneliti Ungkap Kemiripan Antara Manusia dan Anjing

Peneliti Ungkap Kemiripan Antara Manusia dan Anjing

Sering kali disebut sebagai sahabat manusia, ternyata anjing memiliki suatu kemiripan dengan manusia. Tapi, kemiripannya itu ternyata dari suatu hal unik.

Menurut suatu studi terbaru, kemiripan itu terdapat pada kotorannya. Para peneliti mengatakan kotoran anjing dan kotoran manusia tidak jauh berbeda.

Dilansir IFL Science, dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Microbiome, tim peneliti yang dipimpin oleh Luis Pedro Coelho dari European Molecular Biology Laboratory, menemukan bahwa mikrobioma di dalam perut anjing dan manusia sangat mirip gennya.

"Kami menemukan banyak kemiripan antara gen mikrobioma di dalam perut manusia dan anjing," ujar Coelho.

"Hasil perbandingan ini memberikan pemahaman bahwa kita jauh lebih mirip dengan anjing dibanding yang kita duga sebelumnya," tambahnya.

Dalam studi tersebut, para peneliti mengevaluasi mikrobioma perut dari dua jenis anjing yang berbeda, yaitu anjing beagle dan anjing retriever.

Ada 64 anjing yang diikutsertakan dalam studi dan semuanya diberikan jenis makanan yang sama selama empat minggu untuk kepentingan studi.

Setelah para peneliti mengumpulkan 129 sampel kotoran anjing, mereka mengekstrak DNA untuk membuat katalog dari mikrobioma perut anjing.

Katalog tersebut kemudian dibandingkan dengan katalog mikrobioma manusia, tikus, dan babi. Para peneliti menemukan bahwa konten genetika dari kotoran anjing lebih mirip dengan kotoran manusia, dibandingkan hewan lainnya.

"Temuan ini bisa menjadi landasan bahwa anjing dapat dimanfaatkan sebagai model studi nutrisi, dibandingkan babi atau tikus. Kita dapat menggunakan data dari anjing untuk mempelajari dampak suatu makanan pada mikrobioma, dan manusia juga dapat menjadi model studi bagi nutrisi anjing," imbuh Coelho.

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa gaya makan dari manusia dan anjing, secara spesifik jumlah protein serta karbohidrat yang dimakan, memiliki efek yang mirip pada mikrobioma di perut keduanya.

Tidak menyangka kan ternyata manusia punya banyak kemiripan dengan anjing?



Sumber : https://kumparan.com/@kumparansains/...sia-dan-anjing

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Peneliti Ungkap Kemiripan Antara Manusia dan Anjing Peneliti Ungkap Kemiripan Antara Manusia dan Anjing

- Peneliti Ungkap Kemiripan Antara Manusia dan Anjing Planet dan Berat Badan Manusia

- Peneliti Ungkap Kemiripan Antara Manusia dan Anjing Mahasiswa ULM Didorong Ikuti Program Riset Pangan

profile-picture
anasabila memberi reputasi
1
Masuk untuk memberikan balasan
Peneliti Ungkap Kemiripan Antara Manusia dan Anjing
02-12-2021 10:48
milih mirip anjay atau darwin bin nyemot emoticon-Leh Uga
Diubah oleh chroty
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia