Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bej0cornerAvatar border
TS
bej0corner
Mengenal Teknologi Rem Cakram Pada Sepeda Motor Saat Ini
Mengenal Teknologi Rem Cakram Pada Sepeda Motor Saat Ini

Rem adalah komponen paling penting pada sepeda motor, setiap tahun teknologi rem juga berkembang tidak hanya pada mesin saja.

Dulu kita hanya mengenal tromol pada tahun 70 an, lalu berkembang dikenalkan cakram pada motor bertipe sport.

Dan saat ini ? saat ini juga masih cakram bro, cuman dikembangkan menjadi teknologi yang aduhai .

Pertama teknologi rem ABS atau Anti Lock Break Sistem, sedikit cerita saat pertama kali saya mencoba teknologi ABS di salah satu motor merek pabrikan sepeda motor Indonesia.

Disini Mas Bro bakal dibuat pengereman yang membuat roda motor tidak bisa di kecepatan nol kilometer saat digunakan. Jadi sistem pengeremannya Mas Bro bakal dibuat menyendat pada handle rem.

Sedikit kudet juga saya waktu itu menganggap motor ABS (tidak sadar bahwa motor tersebut ABS) rusak karena remnya menyendat-nyendat di handlenya.

Namun ternyata memang begitulah kerja dari ABS hehe, maafkan saya yang kurang update soal teknologi.

Lalu lanjut lagi ke teknologi rem anti terpeleset. Apa lagi coba ini ? kenalkan namanya TCS (Traction Control Sistem), teknologi rem yang diberikan kepada sepeda motor berharga 50 juta ini memang sangat efektif.

Rekan teknisi saya dulu pernah mencobanya, saat motor habis di cuci dan belum di lap lalu dibawa kencang oleh dia di jalan berjubin, sepeda motor sama sekali tidak terpeleset dan motor stabil.

Cukup wah untuk mas bro yang punya dompet tebal karena memang teknologi ini dipasang di sepeda motor ber cc besar dan berharga mahal jadi siapkan dulu uangnya ya mas bro.

Lalu yang terakhir,teknologi yang menggabungkan antara dua rem yang saling menyatu. Apa lagi ini coba ? kenalkan namanya CBS (Combi Breake Sistem) alias pengombinasian rem depan dan belakang.

Jadi ketika mas bro mengerem menggunakan rem kanan (contoh rem depan) maka otomatis rem belakang juga melakukan pengereman untuk meminimalisir tenaga yang lebih besar di salah satu ban.

Karena jika kita panik, maka otomatis secara reflek kita bakal menekan handle rem dengan kencang dan membuat motor terpontal dan kita bisa melesat kedepan karena pengereman rem depan yang berlebih tanpa diimbangi rem belakang.

Sepertinya tenaga dari salah satu rem bakal dibagi dua ban sehingga tidak beresiko untuk pengendara.

Wah ternyata mantab-mantab ya teknologi rem pada sepeda motor, saya menunggu adanya rem sensor pada motor nih hehe jadi tidak perlu repot-repot menekan handle rem.

Pertanyaan soal masalah sepeda motor mas bro, bisa di sampaikan di komentar dan jika saya bisa menjelaskan maka akan saya jelaskan selengkapnya di artikel lanjuttan yang menjawab masalah motor mas bro..
0
1.7K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.