bej0cornerAvatar border
TS
bej0corner
“INOVASI TANPA BATAS, UNTUK CITA-CITA YANG LUAS”

Terkadang seorang pengusaha, ataupun pelaku bisnis gagal mempertahankan masa kejayaannya karena terlena akibat kesuksessannya.

Hingga akhirnya disaat mereka mau bangkit lagi dengan trobosan baru, konsumen sudah pada lari ke produk atau penjual lainnya.

Contoh paling nyata adalah, melemahnya penjualan No** yang merupakan pabrikan terbesar HP di tahun awal dua ribuan, semua tidak akan menyangka bahwa Nokia akan kalah dengan Sam**, ataupun xia***.
Karena kala itu rata-rata pengguna HP memilih merek No**, namun apa yang terjadi setelah tahu 2010 an ke atas, No** yang terlena dengan tekhnologinya dan tidak mau mengadopsi tekhnologi Android akhirnya mulai ditinggalkan konsumen mereka yang memilih berpaling ke pabrikan HP Korena yaitu Sam**, dan Pabrikan HP Cina yaitu xia***.

Dan di tahun 2017 Produk No** pun mengeluarkan edisi terbarunya, untuk merebut pasaran yang pernah mereka pegang sebelumnya.

Melaui contoh diatas dapat kita simpulkan bahwa inovasi terbaik, terbaru ataupun terunik akan membuat konsumen tetap stay bersama kita, selama inovasi masih melekat dalam diri pengusaha ke dalam produknya, maka selama itu pulalah konsumen akan tetap melekat pada kita.

Ada contoh lainnya datang dari sebuah perusahaan otomotif terkemuka di Indonesia yang terkenal dengan persaingan mereka.

Pt. Y**** mengeluarkan sebuah motor matic yang inovatif dan langsung memangsa sebagian besar konsumen Indonesia, sedangkan Pt. H**** yang kala itu menjadi Pt terlaris dalam hal penjuallan motor pun merasa terobosan itu membuat mereka tersaingi cukup besar karena telah mengambil sebagian besar konsumen mereka.

Seiring waktu Pt.H** mulai membuat matic pesaing, dan hasilnya matic mereka unggul terhadap Matic produk Pt. Y***, hingga saat ini produk matic Pt.H*** tetap unggul, dan mulai mengganggu lagi pasaran Matic ber cc besar, dan bobot besar dari Pt.Y***, kemungkinan pasar otomotif khususnya matic akan semakin menarik.

Dan konsumen akan semakin dimanjakan dengan persaingan ini, karena akan membuat baik harga ataupun kualitas yang dimiliki motor akan semakin seimbang.

Inilah yang dinamakan bisnis, semakin hari semakin banyak yang melakukan bisnis karena memang bisnis jaman sekarang tidak memerlukan dana yang besar.

Kita pernah mendengan mengenai Pay*** yang membuat trobosan bisnis rumah dengan modal awal dibawah 500 rb? Dan mungkin jika kita pikir uang segitu akan menghasilkan berapa ?

Sebenarnya bisnis macam ini adalah bisnis sambilan, tidak dapat dijadikan penghasilan pokok untuk pertama kali, kecuali jika modal yang kita keluarkan sudah puluhan juta, maka penghasilan pun akan mengikuti.

Tetapi semua itu butuh proses, dan tidak akan instan, jika instan maka yang terjadi adalah modus arisan berlipat ganda yang akhirnya membawa kita menjadi korban investasi bodong.

Menjadi bijak adalah kunci utama kesuksesan, dan berpikir logika yang bersih adalah tameng kita untuk memulai bisnis, karena sukses butuh proses, jika kita ingkar akan kata-kata itu maka kita hanya akan bermimpi saja.

Lalu faktor apa saja yang membuat inovasi kita dapat tumbuh atau terus update agar tidak kalah dengan pelaku usaha lainnya.


1.LIBURAN DI TEMPAT YANG TENANG

Salah satu aplikasi dari olah raga yoga adalah mencari tempat latihan yang tenang dan nyaman, kebisingan kota dan polusi membuat kita merasa strees, karena strees inilah yang membuat inovasi kita mati atau lamban.

Ide-ide berasa susah didapat, alhasil kita akan mendapati usaha yang kita bangun hancur karena kalah daya saing dengan pelaku usaha lainnya.

Liburan adalah kunci utamanya, lakukanlah di alam dimana tempat yang cocok untuk menyegarkan pikiran yang sudah penuh ditambah lagi sehat untuk kesehatan anda juga.

2.MELIHAT HASIL KARYA ORANG LAIN

Akan ada suatu saat kita sedikit meniru karya orang lain, namun usahakan jangan terlalu mirip, kita mungkin bisa contoh beberapa item dari hasil orang lain, namun kita tidak dapat meniru semuanya.

Karena tidak hanya bermasalah dihadapan hukum, namun juga bermasalah dengan kepercayaan konsumen kepada kita.

CATATAN: AMATI, MODIFIKASI, LALU LAKUKAN ATAU APLIKASIKAN.

3.JANGAN TERBURU-BURU

Suatu karya baik itu tulisan, lagu dan lainnya, jika dikerjakan secara terburu-buru maka hasilnya akan sangat tidak memuaskan.

Saya adalah penulis dengan insetifitas satu tulisan satu hari, namun saya tidak pernah mematok tulisan saya satu hari harus jadi.

Saya juga menolak anggapan bahwa seorang blogger yang sukses adalah mereka yang mampu menulis seharinya satu artikel, karena menurut saya ide menulis tidak dapat terjadi setiap hari, bisa saja satu minggu saya tidak mendapat ide, namun bisa saja dalam satu mingggu ide saja bisa sampai puluhan.

Biasanya penulis awal/ bisa dikatakan newbie akan memiliki ide yang berlimpah , namun jika ide tersebut tidak diolah lebih maka yang timbul berikutnya adalah rasa bosan dan akhirnya mematikan ide-ide yang lain.

Lebih baiknya adalah tetap menulis sesuai mood anda dan tidak perlu memaksakan jika itu bukanlah suatu pekerjaan yang primer, dalam artian pekerjaan yang utama, namun akan sangat berbeda jika memang menulis menjadi pekerjaan anda, maka menulis satu artikel setiap hari adalah kewajiban anda.

4.LEBIH KRITIS MELIHAT LINGKUNGAN SEHARI-HARI

Kita biasanya memiliki rutinitas yang membosankan, karena setiap aktifitas itu sudah sering kita lakukan.

Namun pernah tidak kita melihat lingkungan sehari-hari atau rutinitas kita sehari-hari menjadi sebuah ide yang cemerlang ? Virgoun yang merupakan pencipta lagu “Bukti dan Surat Cinta Untuk Starla” memberikan rahasia kenapa lagunya sangat dalam.

“Saya menciptakan melalui hati, lagu surat cinta untuk starla adalah ungkapan hati saya untuk anak perempuan saya Starla, dan lagu Bukti adalah ungkapan rasa cinta untuk istri saya” Begitulah rahasia Virgoun dapat menciptakan lagu yang dapat membuat semua orang baper.

Anda dapat melihat dan mengamati kehidupan sehari-hari anda untuk menjadi sebuah produk atau karya.

Kunci utamanya adalah penggunaan hati didalam sebuah karya atau produk yang ingin kita tawarkan atau berikan kepada calon konsumen.


Saya kira masih ada banyak faktor-faktor lainnya, namun faktor-faktor diatas adalah faktor utama, yang mungkin saja anda bisa lakukan terlebih dahulu sebelum ke faktor-faktor lainnya.

Kritik dan saran untuk tulisan saya bisa melalui : bejocorner11@gmail.com


TERIMA KASIH

Diubah oleh bej0corner 21-02-2018 05:34
0
1.1K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur CornerKASKUS Official
22KThread4.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.