Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
136
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a83dfc4d675d44a388b4568/kisah-kojek-buaya-yang-dipelihara-seperti-kucing
Kojek adalah seekor buaya yang sudah dipelihara 21 tahun. Berbeda dengan binatang buas lain, Kojek dirawat layaknya binatang peliharaan biasa macam kucing. Begitu dimanjanya oleh sang pemilik, bobotnya kini mencapai 200 kilogram. Kojek si buaya tambun juga memiliki panjang tubuh 2,75 meter. Adalah Muhammad Irwan, seorang pria berumur 41 tahun yang merawat Kojek sejak tahun 1997.
Lapor Hansip
14-02-2018 14:05

Kisah Kojek, buaya yang dipelihara seperti kucing

Past Hot Thread
Kisah Kojek, buaya yang dipelihara seperti kucing

Quote:
Halo- halo agan dan sista emoticon-Peluk


Agan dan sista pasti punya sahabat yang bisa mengerti agan sis sekalian kan?
Kali ini ane bakal nunjukin kesetiakawanan antara manusia dan hewan buas yang sudah terjalin selama 21 tahun nih gan sis.
Uniknya lagi kisah ini terjadi di Indonesia, kisah ini adalah persahabatan antara manusia dan buaya. emoticon-Wow
daripada penasaran, langsung aja cek artikelnya. emoticon-Toast

Irwan dan Kojek sang buaya


Quote:Kojek adalah seekor buaya yang sudah dipelihara 21 tahun. Berbeda dengan binatang buas lain, Kojek dirawat layaknya binatang peliharaan biasa macam kucing.

Begitu dimanjanya oleh sang pemilik, bobotnya kini mencapai 200 kilogram. Kojek si buaya tambun juga memiliki panjang tubuh 2,75 meter.

Adalah Muhammad Irwan, seorang pria beumur 41 tahun yang merawat Kojek sejak tahun 1997. Irwan membeli Kojek saat masih bayi di Pantai Pangandaran, Cianjur, Jawa Barat.

Saat itu Kojek baru berukuran 10 sentimeter, nasibnya hendak berakhir di atas bara dan tusuk satai. "Langsung saya bayarin seharga Rp 20 ribu. Lalu saya masukin ke kantong celana untuk dipelihara di rumah," kata Irwan dikutip dari Liputan6.com (5/2).

Dua dekade berselang Kojek dibesarkan Irwan dan sejumlah kerabatnya layaknya hewan peliharaan semacam kucing. Kojek biasa dimandikan, disikat badannya, dan berinteraksi dengan manusia.

Kojek Mandi dulu gan


Buaya jantan ini hanya mengonsumsi ikan sebagai makanan sehari-hari. Irwan mengatakan, sekali memberi makan Kojek, dirinya menghabiskan uang hingga Rp50 ribu untuk satu hingga dua kilogram ikan.

Dalam sepekan, Kojek bisa makan dua sampai tiga kali. Konsumsi totalnya sekitar 5 kilogram ikan mas.

Saat Kojek masih kecil, ia disimpan di akuarium. Namun setelah usianya menginjak 5 tahun, barulah ia dipindahkan ke dalam kolam kecil.

Meski dirawat dan diperhatikan, apa yang dilakukan Irwan tak lumrah dan tidak berizin. Keberadaan buaya dilindungiUndang- Undang (UU) No.5 Tahun 1990 tentang Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Ekosistemnya.

Oleh sebab itu meski sempat ditawarRp16 juta sampai Rp 60 juta , Irwan tetap tidak mau melepasnya. Kini, laki-laki asal Bogor ini harus merelakan peliharaannya ke Pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Prosesnya tidak begitu mulus, selain keengganan sang pemilik, Kojek sendiri tampak enggan meninggalkan rumah. Ia bahkan sempat melawan dan terus bergerak ketika diarahkan ke peti khusus untuk evakuasi.

Sampai akhirnya, pemilik buaya terus berbicara kepada Kojek untuk menenangkannya. Dengan menggunakan lakban, mata dan rahang Kojek perlahan ditutup oleh Irwan.

Sambil diajak bicara, akhirnya Kojek menuruti perintah dan merangkak masuk ke dalam peti kayu. Meski agak sulit karena kondisinya yang obesitas.

Selanjutnya petugas BKSDA membawa Kojek untuk dipelihara di Taman Safari.

Cerita di atas cukup membuktikan bahwa buaya juga bisa jinak dan dipelihara layaknya hewan kucing atau anjing. Seperti pengakuan Irwan, selama hidup bersama, Irwan mengaku tidak pernah dilukai buaya itu, meski sesekali ia masih merasa ketakutan dengan Kojek. Sebab itu, Irwan masih berhati-hati.

"Beberapa kali pernah matiin kucing, tapi enggak dimakan. Pernah juga enggak nafsu makan. Kalau sudah begitu biasanya dicoba terus dikasih makan, sampe mau," tuturnya, dilansir Radar Bogor seperti dikutip Liputan6.com.

Petugas penyidik BKSDA Wilayah I Bogor, Ajat Sudrajat, mengakui bahwa Kojek tergolong jinak. Ia menyebutkan bahwa faktor makanan yang menyebabkannya demikian.

"Dia tidak galak dan tidak buas karena dia tidak diberi daging. Saya saja duduk di sampingnya enggak apa-apa," katanya kepada detikcom.

"Itu karena kebiasaan dari awal selalu diberi makanan itu (ikan mas). Jadi, kalau diberi makanan yang lain, dia nggak mau. Misalnya diberi makan ayam, nggak pernah," kata Ajat.

Buaya muara (Crocodylus porosus) adalah jenis buaya terbesar di dunia. Dinamai demikian karena buaya ini terutama hidup di sungai-sungai dan di dekat laut (muara).

Ia kerap dijuluki sebagai "pemakan manusia", karena buaya ini terkenal pernah--malah sering--memangsa manusia yang memasuki wilayahnya. Buaya ini tersebar di seluruh perairan dataran rendah dan perairan pantai di daerah tropis Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Australia (Indo-Australia).


Quote:Beda penjinakan dan domestikasi

Proses untuk memelihara hewan liar tidak berarti spesies tersebut secara keseluruhan telah didomestikasi, juga tidak berarti dijinakkan secara individual. Mereka hanya "dijinakkan" dan biasanya dilakukan dengan cara siksaan, ketakutan, atau ancaman kelaparan.

Penjinakan dan domestikasi adalah dua hal berbeda.

Sebagai contoh gajah di penangkaran yang telah ditangkap dari alam liar selama bertahun-tahun dan dilatih menggunakan sejumlah teknik, yang sebagian besar memanfaatkan rantai dan kait listrik. Gajah dalam kasus ini, dikatakan telah dijinakkan, tapi tidak didomestikasi.


Sekarang, bandingkan dengan kuda yang telah didomestikasisetidaknya 5.000 tahun yang lalu. Kemudian sekarang perhatikan kerabat dekatnya yakni zebra.

Meskipun sudah berusaha, manusia belum bisa menjinakkan zebra. Proses domestikasi sangat sulit, dari 148 spesies mamalia besar, hanya 14 di antaranya yang didomestikasi.

Memahami perbedaan antara domestikasi dan penjinakan adalah kunci untuk membedakan apakah kita dapat membenarkan pemeliharaan hewan liar sebagai hewan peliharaan atau tergolong hewan di kebun binatang dan untuk sirkus.

Seperti contoh kejadian awal bulan ini yang berhubungan dengan ular. Seorang pelukis bernama Dwi Setiawan tewas setelahlehernya dililit ular sanca Dwi memang memelihara ular sanca yang panjangnya sekitar empat meter tersebut.

Meskipun dirasa sudah jinak, ular tersebut tetap memiliki insting alami. Akhirnya ia menjerat leher Dwi sehingga pria nahas tersebut tidak bisa bernapas dan mengeluarkan darah dari hidung.



Meski pada akhirnya persahabatan antara Irwan dan Kojek terpisahkan karena Undang- Undang.
Semoga saja Kojek tidak melupakan jasa Irwan yang telah menyelamatkan hidup Kojek dan membesarkan selama 21 tahun terakhir ya.
Meski berat, semoga keputusan ini menjadi keputusan yang baik untuk Irwan dan Kojek emoticon-2 Jempol



Quote:
emoticon-Hot News Buat liat informasi menarik lainnya seperti artikel di atas bisa liat di siniemoticon-cystg

Jangan lupa rate bintang 5, tinggalin komentar dan bersedekah sedikit cendol buat ane dan ane doain agan makin ganteng dan cantik deh emoticon-Embarrassment

SUMUR: 
Beritagar.id




Quote:
Jangan lupa kunjungi thread ane yang lain gan
emoticon-Wowcantikemoticon-Wowcantik

Sumanto yang tidak makan manusia lagi
4 Benda Ini Sebaiknya Jangan Kamu Tinggalin di Mobil
Asal Mula Kecoak, serangga legendaris yang hidup sejak Superbenua Pangea masih ada
Mitos atau Fakta benarkah es krim bikin batuk pilek?
Kacamata super canggih teknologi mata- mata yang jadi nyata ada di Tiongkok
Perancang Indonesia ciptakan Batik Black Panther
Fakta- fakta mengenai Danur 2: Maddah! [bikin ga sabar nonton!]
Tren berbusana 90-an ala film Dilan 1990
Tantangan menjadi Ibu Muda seperti Kylie Jenner
5 Langkah Untuk Hadapi Dilema Antara Passion dan Karir
Mengolah feses menjadi makanan para astronaut, kaya gimana ya?
Legenda kayu bolong sanrego konon bisa menghamili 41 wanita
Darurat Pendidikan, dan Perlunya Sistem Pendidikan Alternatif
[Bahaya Pemanasan Global] Es di Kutub Utara menipis, beruang kutub mengurus
Kolam Misterius di Yerusalem diduga berusia 1.500 tahun
Pertama kalinya! Ilmuwan Tiongkok Berhasil Mencloning Monyet
kenapa ya isi kepala antarteman bisa sama? Ini dia alasannya
Pemanasan global kuak artefak kuno di Norwegia
Walau bertubuh besar, gajah ternyata takut lebah
Selamat datang gerhana bulan, Selamat tinggal mitos
Penelitian Musik Sebagai Bahasa yang Universal
Tabib bertangan ajaib di kaki pegunungan Arfak
Rahasia Mengapa Nyamuk Sulit Ditepok
Pertama kalinya! Ilmuwan Tiongkok Berhasil Mencloning Monyet
Gunung Puntang, Si Penghasil Kopi Terbaik Dunia




Kisah Kojek, buaya yang dipelihara seperti kucing
profile-picture
tien212700 memberi reputasi
1
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Kisah Kojek, buaya yang dipelihara seperti kucing
14-02-2018 14:10
skrg irwan bukan lelaki buaya lagi emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Kisah Kojek, buaya yang dipelihara seperti kucing
14-02-2018 14:11
njirr ngerriii pelihara buaya darat emoticon-Takut
0 0
0
Kisah Kojek, buaya yang dipelihara seperti kucing
14-02-2018 14:13
cute banget

jadi pengen piara buaya emoticon-Baby Girl
0 0
0
Kisah Kojek, buaya yang dipelihara seperti kucing
14-02-2018 14:13
Wowwww krokodil.. Buaya darat lebih ngeri gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Kisah Kojek, buaya yang dipelihara seperti kucing
14-02-2018 14:14
Wah loear biasa emoticon-thumbsup
0 0
0
Kisah Kojek, buaya yang dipelihara seperti kucing
14-02-2018 14:14
kojek itu ternyata buaya , namanya lucu tapi bentuknya menyeramkan emoticon-Takut


Mampir dimari gansis, bisa ngiler lho :
0 0
0
Kisah Kojek, buaya yang dipelihara seperti kucing
14-02-2018 14:15
Kisah Kojek, buaya yang dipelihara seperti kucing
0 0
0
Kisah Kojek, buaya yang dipelihara seperti kucing
14-02-2018 14:17
maaf kak, kalo aku berkomentar........

mna buaya ny kak emoticon-Big Grin

emoticon-flower
0 0
0
Kisah Kojek, buaya yang dipelihara seperti kucing
14-02-2018 14:21
merinding disko liatnyaemoticon-Takut
0 0
0
Kisah Kojek, buaya yang dipelihara seperti kucing
14-02-2018 14:44
Kasian kojek dan pemiliknya emoticon-Frown
0 0
0
Kisah Kojek, buaya yang dipelihara seperti kucing
14-02-2018 14:51
Keren kali yak piara buaya dikasih tali trus dibawa jalan ke mall kayak orang bawa anjing gitu
0 0
0
Kisah Kojek, buaya yang dipelihara seperti kucing
14-02-2018 15:57
gregett banget piaraannya emoticon-Cool
0 0
0
Kisah Kojek, buaya yang dipelihara seperti kucing
14-02-2018 17:05
Hewan buas akan selalu menjadi hewan buas.
0 0
0
Kisah Kojek, buaya yang dipelihara seperti kucing
14-02-2018 17:15
udah becek ga ada kojek emoticon-No Hope
Diubah oleh akubukanjoni
0 0
0
Kisah Kojek, buaya yang dipelihara seperti kucing
14-02-2018 19:36
Wah akhirnya kojek pensiun karna UU.
0 0
0
Kisah Kojek, buaya yang dipelihara seperti kucing
15-02-2018 10:55
Sampe obesitas begitu pasti kojek males gerakemoticon-Matabelo
0 0
0
Kisah Kojek, buaya yang dipelihara seperti kucing
15-02-2018 10:58
yg buat pecinta reptil sih lucu-lucu aja
yg ga demen takut pasti emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Kisah Kojek, buaya yang dipelihara seperti kucing
15-02-2018 19:01
gembok kah?
0 0
0
Kisah Kojek, buaya yang dipelihara seperti kucing
15-02-2018 19:02
ah ini dia
0 0
0
Kisah Kojek, buaya yang dipelihara seperti kucing
15-02-2018 19:05
Menunggu info gimana nasibnya di penangkaran
0 0
0
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia