Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Delta10Avatar border
TS
Delta10
Sadeyan Buku yang amat mengecewakan (via Bukalapak) + Pelajaran
Kronologi
5 Januari 2018
Saya memesan buku melalui bukalapak dari Lapak milik Sadeyan (https://www.SENSOR/u/sadeyanbukucom_...adeyanbukucom) dengan harapan untuk mengkoleksinya. Setelah mengecek deskripsi, disana tertulis kondisi BARU (dalam benak saya, baru adalah kondisi yang terjamin untuk dikoleksi, jujur disini saya tidak mengkonfirmasi lagi ke seller, krn selama ini beli ke penjual buku lain, bila buku ditulis baru, memang dalam kondisi BAIK dan LAYAK untuk di koleksi, setidaknya itu di benak pembeli buku fisik ya)

8 Januari 2018
Sore, saya menerima paket dari J&T yang berasal dr sadeyan, cukup bingung dengan packing yang jujur sangat minim, hanya dibungkus kertas coklat SATU LAPIS... saya membuka bungkus yang tipis tersebut, terkejut, krn biarpun tersegel, tapi plastiknya sudah kumal sekali, ada bbrp robek di segelnya. saya langsung membukanya untuk cek kondisi buku... KECEWA

biarpun buku tersebut masih dalam kondisi tersegel, tapi dari kondisi buku, amat tdk layak untuk disebut baru, apalgi layak dikoleksi
berikut penampakannya

Sadeyan Buku yang amat mengecewakan (via Bukalapak) + Pelajaran
Sadeyan Buku yang amat mengecewakan (via Bukalapak) + PelajaranSadeyan Buku yang amat mengecewakan (via Bukalapak) + Pelajaran

dari sana saya tahu buku ini tidak di simpan dgn baik, bahkan mgkn di tempat lembab, tertindih sehingga pinggirnya menjadi rusak, dan luntur....

saya mencoba melakukan komplain via bukalapak, dengan harapan seller menghubungi saya untuk memberikan penjelasan

10 Januari 2018
kaget, bukalapak sudah meneruskan dana ke seller, dan seller sama sekali tdk menanggapi

saya mencoba men-chat seller via chat bukalapak, seller hanya menjawab pendek, yang intinya, itu salah PENGIRIM
padahal jelas-jelas packing dari SADEYAN amatlah buruk....

Sadeyan Buku yang amat mengecewakan (via Bukalapak) + Pelajaran

saya mencoba menanggapi, namun seller sama sekali tidak memberikan tanggapan...

===

PELAJARAN sebagai BUYER BUKU terutama untuk KOLEKSI
1. BAWEL
jujur saya beranggapan seller berusaha memberikan yg terbaik, karena saya pun berjualan online, dan menuliskan deskripsi sebenar-benarnya. bahkan saya berusaha memberikan deskripsi tambahan dengan harapan buyer tahu kondisi barang yang akan terima.

BUYER sebaiknya selalu menanyakan, kondisi bukunya gimana, ada lecek atau tidak, dll

SADEYAN hanya memberikan deskripsi seperti ini
Sadeyan Buku yang amat mengecewakan (via Bukalapak) + Pelajaran
jujur dengan foto produk yang SADEYAN berikan membuat saya beranggapan ia memiliki fresh stock yang berkondisi layak

2. TANYAKAN DI PACK SEPERTI APA
ternyata tdk semua seller peduli buyer mendapatkan barang dalam kondisi apa, saya bingung dengan toko buku yg beranggapan pembeli suka mendapatkan buku yg sudah tdk layak tapi tertulis baru. beberapa hanya mempacking seadanya, bahkan amat buruk.

TANYAKAN daripada menyesal seperti saya

3. KEJAR KE MARKETPLACE
kecenderungan marketplace lebih berat sebelah kepada seller yang GOLD (membayar kepada marketplace) maka ketika ada komplain mereka cenderung mengabaikan, seperti yang saya alami

4. REPUTASI SELLER
reputasi SADEYAN BURUK, tapi sistem PERSENTASE di bukalapak membingungkan seller, saya sendiri krn selama ini tdk pernah mendapat seller seperti SADEYAN, saya positif thingking saja, ternyata SADEYAN memiliki cukup byk REPUTASI NEGATIF, dan rata-rata memilki komplain yang sama, packing yang buruk, kondisi barang yg buruk...

jadi sebaiknya CEK DULU REPUTASI NEGATIF SELLER, reputasi baik kebanyakan hanya berupa barang telah diterima, tp reputasi negatif memberikan gambaran seperti apa seller ini

CELAKANYA beberapa marketplace malah mengizinkan menghapus reputasi negatif

===

saya sudah pasrah, cuma saya tidak ingin pengalaman buruk saya terulang pada teman-teman lainnya.
terutama pada pengkoleksi buku, atau semacamnya. banyak seller diluar sana yang hanya memikirkan keuntungan dan mengabaikan kelayakan barang yang dia jual.

SADEYAN sendiri membuka juga di marketplace lainnya, seperti tokopedia, termasuk ia memiliki web portal sendiri. namun dengan pengalaman yang saya hadapi, saya tidak menyarankan untuk membeli ke SADEYAN.

FOTO dan FISIK beda emoticon-Lempar Bata

===
terima kasih teman-teman yang sudah mau membaca keluh kesah saya, jujur pengalaman yg buruk.

mungkin ada yg bilang ah cuma 80rb (plus ongkir) tapi saya rasa pengalaman yg mengecewakan ini bukan soal nilai materinya saja. sebagai pengkoleksi buku, saya lebih respek kepada penjual yang menuliskan deskripsi sebenarnya, unutk buku yang saya beli, alangkah baiknya bila seller memberikan foto yg sesuai, dan deskripsi sebenarnya
0
4.8K
23
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.