- Beranda
- The Lounge
Bersama Wujudkan Konektivitas Bukan Menjual Aset Negara
...


TS
arbib
Bersama Wujudkan Konektivitas Bukan Menjual Aset Negara


Quote:
Pertumbuhan ekonomi di Indonesia masih terkonsentrasi di Pulau Jawa dan Sumatera. Tak hanya itu, pertumbuhannya pun tidak merata. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Produk Domestik Bruto (PDB) pada tahun 2014 di Pulau Jawa sebesar 57,4 persen dan Pulau Sumatera sebesar 23 persen, sedangkan di pulau lainnya di bawah 10 persen.
Spoiler for Cuplikan secuil pembangunan indonesia sentris:

Quote:
Namun terjadi pertumbuhan ekonomi pada triwulan II tahun 2017. Perekonomian Pulau Sumatera, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua tumbuh stabil, sedangkan Pulau Jawa, Sulawesi, dan Kalimantan cenderung melambat. Pertumbuhan ekonomi ini memiliki kaitan yang cukup erat dengan pertumbuhan industri.
Pembangunan infrastruktur transportasi menjadi hal penting yang perlu mendapat perhatian lebih. Keberadaan infrastruktur transportasi dapat membuka kesempatan ekonomi, memudahkan perpindahan barang dan jasa, mengembangkan potensi daerah, dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.
Quote:
Pertumbuhan industri pun ditunjang dengan infrastruktur transportasi yang baik dan memadai.
Pembangunan infrastruktur transportasi menjadi hal penting yang perlu mendapat perhatian lebih. Keberadaan infrastruktur transportasi dapat membuka kesempatan ekonomi, memudahkan perpindahan barang dan jasa, mengembangkan potensi daerah, dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Quote:
Pembangunan infrastruktur transportasi juga menjadi salah satu cara untuk mewujudkan konektivitas. Oleh karena itu, Pemerintah melalui Kementerian Pehubungan membangun infrastruktur transportasi di berbagai daerah. Dengan memiliki infrastruktur transportasi yang baik, maka akan tercipta pertumbuhan ekonomi sekaligus menyatukan Indonesia melalui konektivitas.
Quote:
Sob bila anda mendengar istilah Kapal Ro-ro dan Kapal Feri dalam istilah transportasi penyeberangan, berikut inilah artinya.


Quote:
Buka jalan bagi investor Penganggaran pembiayaan pembangunan infrastruktur transportasi perlu dilakukan dengan teliti dan seksama. Hal ini dikarenakan pembangunan infrastruktur memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap pertumbuhan ekonomi negara. Namun, pembiayaan pembangunan infrastruktur ini memerlukan dana yang tidak sedikit jumlahnya. Kebutuhan dana pembangunan infrastruktur ini selalu meningkat, sedangkan sumber dana dari pemerintah jumlahnya semakin terbatas. Inilah kondisi yang memerlukan perancangan format pembangunan infrastruktur Indonesia.
Quote:
“Perlu didorong peran swasta dan lembaga pengelolaan dana jangka panjang melalui skema kerja sama Pemerintah Badan Usaha/KPBU dan peran Pembiayaan Investasi Non Anggaran Pemerintah/PINA termasuk penggunaan SBSN (Surat Berharga Syariah Negara). Pengelolaan dana ini tidak hanya untuk pembangunan jalan kereta api, namun dapat digunakan untuk pembangunan pelabuhan dan bandara,” jelas Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Bappenas mengenai mekanisme penganggaran selain APBN.
Quote:
Apalagi, tingkat kepercayaan dunia untuk berinvestasi di Indonesia semakin membaik. Hal ini dikarenakan perekonomian Indonesia mengalami pertumbuhan di atas 5 persen dengan utang pemerintah yang terkendali pada tahun 2017. Selain itu, Indonesia juga memiliki potensi lain yang dapat menarik investor di antaranya pertumbuhan ekonomi yang stabil, kemudahan regulasi dalam berbisnis, dan tingginya jumlah populasi usia produktif. “Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai hal untuk meningkatkan kualitas lingkungan bisnis untuk sektor swasta terutama 3 tahun terakhir ini,” ungkap World Bank Indonesia Country Director Rodrigo Chaves.
Quote:


Keberadaan Tol Akses Tanjung Priok ini juga mengurangi beban volume kendaraan dari arah Karawang, Bekasi, maupun dari arah timur lainnya yang selama ini hanya terpaku pada jalan arteri. Sedangkan waktu tempuh perjalanan melewati tol akan bisa lebih hemat sekitar 1-2 jam.

Quote:
Presiden Joko Widodo juga mengatakan inilah waktu yang tepat untuk berinvestasi di Indonesia. Indonesia memiliki banyak infrastruktur baru yang akan berkembang secara berkelanjutan seperti pembangunan 15 bandar udara, peningkatan penerbangan perintis, pembangunan 24 pelabuhan, pembangunan 64 pelabuhan ferry, dan pembangunan MRT.
Spoiler for Salah satu program yang dirasakan manfaatnya dalam 3 tahun Pemerintahan Jokowi-JK adalah pemerataan pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia, dari Jawa Sentris menjadi Indonesia Sentris.:

Quote:
Kementerian Keuangan dan Bappenas menyarankan skema pembiayaan kreatif yang memiliki tiga klasifikasi. Pertama, bila proyek itu tidak feasible, maka harus dilakukan oleh Kementerian yang bersangkutan. Kedua, bila proyek itu antara feasible atau tidak feasible, maka dilakukan oleh swasta dan pemerintah melalui Public Service Obligation (PSO). Ketiga, proyek yang feasible (memiliki prospek yang baik) dilakukan oleh swasta.
Quote:
Dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2017 Pasal 4 ayat 1 menyebutkan kerangka pendanaan dapat dilakukan melalui pengintegrasian sumber pendanaan pemerintah maupun non-pemerintah yang dimanfaatkan dalam rangka pencapaian Sasaran Pembangunan Nasional. Sumber pendanaan yang dimaksud adalah APBN dan PINA serta sumber pendanaan lainnya seperti Corporate Social Responsibility (CSR) dan dana masyarakat.
Bukan jual aset negara
Quote:
Berdasarkan klasifikasi tersebut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memilah-milah proyek feasible yang dikelola Kemenhub yaitu di bandar udara dan pelabuhan. Beliau menemukan sekitar 10 bandar udara dan 20 pelabuhan yang memiliki proyek feasible. “BUMN, BUMD, dan sebagian kecil swasta melihat bandar udara dan pelabuhan tersebut memiliki prospek yang bagus, maka dilakukanlah kerjasama KPBU terbatas maksimal 30 tahun.
Quote:
Tidak ada yang tidak terbatas,” tegas Menhub. Masyarakat mungkin bertanya-tanya apa yang didapat Kemenhub dari kerjasama ini. Menhub menjelaskan ada beberapa hal. Pertama, APBN yang selama ini diberikan untuk bandar udara dan pelabuhan feasible, dapat dialihkan untuk proyek lainnya yang membutuhkan kehadiran negara. Setidaknya, ada sekitar Rp 500 miliar hingga Rp 1 triliun dana APBN yang bisa diefisiensikan melalui peralihan bandar udara dan pelabuhan tersebut.
Quote:
Kedua, pengelolaan bandar udara dan pelabuhan yang dialihkan tersebut tentu menjadi lebih profesional sehingga masyarakat dapat menikmati pelayanan dan fasilitas yang lebih baik lagi meskipun perlu membayar sedikit lebih mahal. Pada konteks ini Kemenhub sebagai regulator tidak boleh menjadi operator.
Quote:
Selain itu, pihak pengelola / swasta masih memiliki keharusan menyetorkan kewajibannya ke negara sebagai pendapatan negara. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 78 tahun 2014 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN), pihak swasta wajib berkontribusi ke negara tiap tahunnya sebesar 0,5 persen dari nilai wajar BMN dan ada pembagian keuntungan Kerjasama Pemanfaatan (KSP) sebesar 15,16 persen dari penjualan per tahun.
Akhir-akhir ini masyarakat ramai memperbincangkan isu penjualan aset properti Bandar Udara Soekarno-Hatta.
Spoiler for Menhub akan awasi pengelolaan aset negara oleh swasta:

Quote:
Kemenhub tidak ada niat sama sekali untuk menjual aset Bandar Udara Soekarno-Hatta. “Saya ingin mengklarifikasi, Pemerintah khususnya Kemenhub ingin melakukan dan sudah melakukan kegiatan kerjasama operasi yang tidak ada unsur menjual aset negara, tapi hanya mengerjasamakan pelabuhan dan bandara dengan waktu dan kepentingan yang terbatas,” tegas Menhub.
Quote:
Pemerintah membuka kesempatan berinvestasi kepada badan usaha dan swasta diharapkan mampu memecahkan persoalan keterbatasan dana APBN. Indonesia merupakan negara yang diminati para investor untuk berinvestasi.
Scope kerjasamanya adalah penyediaan infrastruktur pembangunan, pengembangan, dan pengoperasian oleh perusahaan joint venture. Hal lain yang harus digarisbawahi adalah pada akhir masa perjanjian / konsesi, aset yang ada akan menjadi milik pemerintah Indonesia. Pelabuhan dan bandara yang dikelola tidak dapat dijaminkan atau digadaikan dan sarana prasarana yang dikelola swasta nantinya mutlak menjadi milik Negara pada saat perjanjian kerjasama berakhir.
Quote:
Oleh karena itu, dibutuhkan program-program nyata serta dukungan agar dapat mengembangkan proyek-proyek strategis. Untuk skema kerjasama infrastruktur dengan swasta asing, aturan perundangan yang berlaku di Indonesia memperbolehkan hal tersebut sepanjang perusahaan asing melakukan joint venture dengan perusahaan nasional.
Komposisi saham yang diperbolehkan maksimal 51% untuk perusahaan nasional dan 49% untuk perusahaan asing.
Scope kerjasamanya adalah penyediaan infrastruktur pembangunan, pengembangan, dan pengoperasian oleh perusahaan joint venture. Hal lain yang harus digarisbawahi adalah pada akhir masa perjanjian / konsesi, aset yang ada akan menjadi milik pemerintah Indonesia. Pelabuhan dan bandara yang dikelola tidak dapat dijaminkan atau digadaikan dan sarana prasarana yang dikelola swasta nantinya mutlak menjadi milik Negara pada saat perjanjian kerjasama berakhir.
Quote:
Kemenhub mempunyai beberapa proyek strategis yang memiliki peluang untuk dikerjasamakan dengan investor baik badan usaha maupun swasta. Ada 14 proyek strategis di antaranya yaitu pembangunan aerotropolis Kualanamu; pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung; pembangunan pelabuhan Tanjung Carat; pembangunan pelabuhan Tanjung Priok; pembangunan transportasi sungai Cikarang – Bekasi; pembangunan pelabuhan Kijing; pembangunan Bandung Metro LRT; dan pembangunan pelabuhan Benoa.
Quote:
Hingga kini tercatat sudah ada dua pelabuhan yang telah dilakukan kerja sama pemanfaatan (KSP) yaitu Pelabuhan Sintete dan Pelabuhan Probolinggo, Selain itu, ada dua pelabuhan telah ditandatangani MoU untuk selanjutnya menuju proses KSP, yakni Pelabuhan Waingapu dan Pelabuhan Bima. Kemenhub menargetkan pada tahun 2017 terdapat sedikitnya 15 pelabuhan dan bandara yang dikerjasamakan pengelolaannya ke swasta.
Quote:
Quote:
Quote:

Spoiler for Sumur Galian, kiriman whatsapp gruop dan sumur tambahan SBB::
Quote:
Sumber Sumber Valid :
1. https://beritagar.id/artikel/editorial/menyehatkan-bumn-bukan-jual-aset-negara
2. http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/17/11/15/ozg03c382-bandara-ditawarkan-ke-asing-menhub-sangkal-jual-aset-negara
3. https://economy.okezone.com/read/2017/11/12/320/1812819/menhub-libatkan-swasta-bukan-berarti-jual-aset
4. https://infonawacita.com/rhenald-kasali-kerja-sama-dengan-pihak-asing-bukan-berarti-jual-aset-negara/
5. http://www.bareksa.com/id/text/2017/11/24/kerja-sama-dengan-swasta-dan-asing-pemerintah-tegaskan-tidak-jual-aset-negara/17534/news
6. http://ekonomi.kompas.com/read/2017/10/13/133652826/aset-pelabuhan-dan-bandara-tidak-akan-dijual-ke-swasta
7. http://www.tribunnews.com/kilas-kementerian/2017/11/18/jasa-marga-lakukan-sekuritisasi-aset-agar-aman-di-tangan-negara
8. http://www.industry.co.id/read/19299/pelindo-ii-dorong-anak-usaha-ipo
9. http://www.tribunnews.com/kilas-kementerian/2017/11/18/jasa-marga-lakukan-sekuritisasi-aset-agar-aman-di-tangan-negara
10. https://news.detik.com/berita/3747051/menhub-budi-karya-paparkan-konektivitas-perairan-ri-di-sidang-imo
Dll
Artikel ini di publikasikan untuk menjawab simpang siur berita seperti ini :
1. https://beritagar.id/artikel/editorial/menyehatkan-bumn-bukan-jual-aset-negara
2. http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/17/11/15/ozg03c382-bandara-ditawarkan-ke-asing-menhub-sangkal-jual-aset-negara
3. https://economy.okezone.com/read/2017/11/12/320/1812819/menhub-libatkan-swasta-bukan-berarti-jual-aset
4. https://infonawacita.com/rhenald-kasali-kerja-sama-dengan-pihak-asing-bukan-berarti-jual-aset-negara/
5. http://www.bareksa.com/id/text/2017/11/24/kerja-sama-dengan-swasta-dan-asing-pemerintah-tegaskan-tidak-jual-aset-negara/17534/news
6. http://ekonomi.kompas.com/read/2017/10/13/133652826/aset-pelabuhan-dan-bandara-tidak-akan-dijual-ke-swasta
7. http://www.tribunnews.com/kilas-kementerian/2017/11/18/jasa-marga-lakukan-sekuritisasi-aset-agar-aman-di-tangan-negara
8. http://www.industry.co.id/read/19299/pelindo-ii-dorong-anak-usaha-ipo
9. http://www.tribunnews.com/kilas-kementerian/2017/11/18/jasa-marga-lakukan-sekuritisasi-aset-agar-aman-di-tangan-negara
10. https://news.detik.com/berita/3747051/menhub-budi-karya-paparkan-konektivitas-perairan-ri-di-sidang-imo
Dll
Artikel ini di publikasikan untuk menjawab simpang siur berita seperti ini :
Quote:
https://www.eramuslim.com/berita/nasional/pengamat-jual-aset-negara-jokowi-bisa-dimakzulkan-karena-langgar-uu.htm
Pengamat: Jual Aset Negara, Jokowi Bisa Dimakzulkan Karena Langgar UU
Pengamat: Jual Aset Negara, Jokowi Bisa Dimakzulkan Karena Langgar UU
Quote:

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana, bangga sebagai anak INDONESIA adalah hal yang luar biasa
+ Update +
Quote:
Original Posted By skydavee►Saya bukan tipe org yg fanatik buta. Tapi manfaat dari program pemerintah yg skrng ini bisa dirasakan emak saya langsung. Jalan, yg dulu sempit dan berlubang, mulai lebar dan diperhatikan. Padahal ini bagian dari area gotham city yg birokrasinya berbelit dan sukses bikin org kena sembelit.
Akses lancar, ekonomi pun bisa terpancur sperti air mancur.
Memang, namanya pemimpin, jika dicari kesalahannya, pasti nemu. Namanya juga manusia. Bukankah satu kebijakan meski baik, tidak akan pernah bisa memuaskan semua orang?
Akses lancar, ekonomi pun bisa terpancur sperti air mancur.
Memang, namanya pemimpin, jika dicari kesalahannya, pasti nemu. Namanya juga manusia. Bukankah satu kebijakan meski baik, tidak akan pernah bisa memuaskan semua orang?
Diubah oleh arbib 03-12-2017 15:46
0
35.9K
Kutip
211
Balasan


Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!

The Lounge
925.8KThread•93.1KAnggota
Urutkan
Terlama


Komentar yang asik ya