alexa-tracking
KATEGORI kategori N icon-buat-post BUAT POST
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a090676902cfee14a8b4567/perjalanan-sang-pemimpin-yang-berusaha-mengayomi-dengan-payung-sakti
Past Hot Thread

Perjalanan sang pemimpin yang berusaha mengayomi dengan payung sakti

Quote:
Politik Payung Dan Perjalanan Sang Pemimpin


Payung adalah perangkat sederhana yang bentuk ujungnya menyerupai kubah atau tudung tutup saji. Payung biasa digunakan untuk melindungi diri dari guyuran derasnya air hujan, atau cipratan gerimis yang melanda. Oleh karena itu sering kita dengar istilah sedia payung sebelum hujan. Tujuannya ya agar tiada kebasahan saat sedang di Landa hujan. Payung juga berpungsi sebagai pencegah teriknya mentari di siang hari bagi penggunanya. Oleh karena itu kita juga sering mendengar istilah payung teduh. Artinya payung berfungsi sebagai peneduh diri agar tiada terpapar panasnya sinar mentari secara berlebihan.

Ada juga yang membuat payung jadi bermakna bukan kepada hal sebenarnya. Contohnya saat muda mudi di Landa asmara sering berkata seperti ini.:
- Bang dirimu seperti membawa payung kesejukan di tengah hari adek yang sedang kepanasan
- Dek ijinkan Abang menjadi payung hatimu dikala panas dan saat hujan merindu
Nah payung di sini tiada memberikan arti atau makna benda. Melainkan makna yang sulit untuk di jelaskan dengan kata kata. Begitulah.

Berbicara menyoal payung dalam pengertian payung yang sebenarnya Tantu kita masih ingat dengan beberapa momen presiden Jokowi dan payung. Momen momen tersebut sempat menjadi viral dan menjadi bahan pembicaraan di sosial media hingga bahan pemberitaan media dalam dan luar negeri. Berikut ini beberapa momen presiden Jokowi dan payungnya yang di cuplikan dari berbagai momen dalam waktu yang berbeda beda. Mari kita lihat satu persatu:

1. Presiden Korsel di istana kepresidenan Bogor
Quote:Kemarin menemani Presiden Korea Selatan, Moon Jae-In, menanam pohon Gaharu. Beliau pegang sekop, presiden jokowi pegang payung biar nggak kena hujan.
Perjalanan sang pemimpin yang berusaha mengayomi dengan payung sakti

Kerjasama RI-Korea Selatan sangat erat. Kita juga bekerjasama degan negara lain dengan prinsip yang sama: saling menghormati dan mendukung -Jkw. 10 Nov 2017
https://twitter.com/jokowi/status/928831761022296064


2. Kunjungan kerja ke Pontianak
Quote:Presiden Jokowi hadir di tengah gerimis hujan menerpa Pontianak degan membawa sendiri payung hitam
Perjalanan sang pemimpin yang berusaha mengayomi dengan payung sakti

17 Okt 2016 (foto ini hasil bidikan peliput Humasprov Kalbar) https://twitter.com/humasprovkalbar/status/787943016715517952

3. Meninjau saluran air di Sleman
Quote:
Perjalanan sang pemimpin yang berusaha mengayomi dengan payung sakti

IMG: Dokumentasi Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Kepresidenan . Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat meninjau pembangunan saluran resapan air hujan di Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Senin (10/10/2016) sore. http://www.tribunnews.com/nasional/2016/10/10/bawa-payung-sendiri-jokowi-tinjau-penggunaan-dana-desa-di-sleman

4. Kunjungan Raja Salman
Quote:
Perjalanan sang pemimpin yang berusaha mengayomi dengan payung sakti

IMG: Saat Jokowi Memayungi dan Menggandeng Raja Salman https://news.detik.com/berita/3435709/saat-jokowi-memayungi-dan-menggandeng-raja-salman

5. Payung 212
Quote:
Perjalanan sang pemimpin yang berusaha mengayomi dengan payung sakti

IMG; https://www.timesindonesia.co.id/read/137938/20161202/181017/hadiri-aksi-212-dengan-payung-biru-jokowi-jadi-perbincangan-netizen/
Payung warna biru yang dipakai Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat perhatian dari kalangan netizen, khususnya di Twitter dan beberapa media sosial lainnya, di jumat aksi damai 212

6. Kunjungan kerja di Aceh
Quote:
Perjalanan sang pemimpin yang berusaha mengayomi dengan payung sakti

Sebelum melanjutkan perjalanan ke Arab Saudi, Presiden Jokowi transit ke Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Banda Aceh, Sabtu (20/5/2017). Sore itu, cuaca mendung dan hujan gerimis.
https://www.kanalaceh.com/2017/05/20/diguyur-hujan-di-bandara-sim-jokowi-milih-pegang-payung-sendiri/

7. Kunjungan kerja di Papua
Quote:
Perjalanan sang pemimpin yang berusaha mengayomi dengan payung sakti

IMG: Kunjungan Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan ke Papua, Presiden Jokowi seakan memegangi payung kepada Gubernur Papua Lukas Enembe, Heboh Media Sosial http://medan.tribunnews.com/2016/10/18/video-presiden-jokowi-payungi-gubernur-papua-buat-heboh-media-sosial

Masih banyak lagi momen payung dan presiden Jokowi yang tidak disebutkan di sini. Ketujuh momen presiden Jokowi dan payungnya tersebut sempat menjadi pembicaraan hangat di linimasa sosial media dan juga pemberitaan media cetak maupun elektronik.

Beberapa momen presiden dan payung tersebut mungkin saja merupakan simbol tersirat dari pesan yang mengharuskan bahwa pemimpin haruslah bisa memayungi (melindungi) yang dipimpin dan di layani serta keadaan sekitarnya. Namun beberapa cuplikan momen payung ini bisa pula hanya sekedar kejadian yang kebetulan belaka. Walaupun banyak di antara kita berasumsi bahwa presiden kita saat ini secara tidak langsung membentuk citra sebagai seorang pemimpin yang berupaya mengayomi semua lapisan masyarakat yang di layani nya.

Trit ini akan di isi dengan catatan seputar kegiatan bpk jkw

Quote:
Perjalanan sang pemimpin yang berusaha mengayomi dengan payung sakti

IMG : tribunnews/foto/bank

Perjalanan sang pemimpin yang berusaha mengayomi dengan payung sakti

Updadte 14 november 2017
Update 15 november 2017
nyimak dipojokan
nice gan
sepedanya mana emoticon-Mewek

Jangan lupa rate bintang 5 . terima kasih

Quote:Original Posted By blezzernet
sepedanya mana emoticon-Mewek

Ini sepedanya

Quote:Original Posted By dimaswkurniawan
Tiap hari pakai payung apa enggak ada yg bawainnya


Quote:Original Posted By Swararuri
Semangat selalu, Pak Jokowi emoticon-I Love Indonesia


Quote:Original Posted By gustavbaskoro
Payung teduh bree


Quote:Original Posted By tattoo
apapun yg terjadi, jokowi tetep andalan emoticon-Cool

Quote:Original Posted By fuckzombie
JKW memang pribadi yang sangat patut untuk dicontoh emoticon-thumbsup


Quote:Original Posted By arbib
Regional Comprehensive Economic Partnership Leaders' Meeting, Manila, 14 November 2017
http://video.istanapresiden.go.id/in...VBNjkIxsDqJ4x7




*Presiden Hadiri Pembukaan KTT ASEAN ke-31*

Hari kedua berada di Manila, Filipina, Senin, 13 November 2017, Presiden Joko Widodo menghadiri pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-31 di Philippine International Convention Center (PICC), Manila, pada pukul 10.00 Waktu Setempat (WS) atau pukul 09.00 WIB.

Serangkaian agenda KTT ASEAN ke-31 telah menanti Presiden, mulai dari sidang pleno, jamuan santap siang, hingga sejumlah pertemuan lainnya.

Presiden juga akan menghadiri ASEAN Leader’s Interface dengan ASEAN Business Advisory Council (ABAC), KTT ASEAN-AS, KTT ASEAN-Tiongkok, KTT ASEAN-Korea, KTT ASEAN-Jepang, serta Pertemuan APT Leaders lnterface dengan East Asia Business Council.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat menjelaskan kepada jurnalis, Minggu, 12 November 2017, menyatakan bahwa Presiden akan mengikuti sebelas kegiatan di hari pelaksanaan KTT ASEAN ini.

"Bisa bertambah bisa berkurang,” ucap Retno.

Sedangkan pada hari kedua pelaksanaan KTT ASEAN, sebanyak sepuluh kegiatan telah menanti Presiden.

"Kalau kita total dalam dua hari ini akan terjadi 21 kegiatan yang akan dilakukan oleh Presiden,” ujar Retno.

Turut mendampingi Presiden pada acara pembukaan KTT ASEAN ke-31, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Kepala BKPM Thomas Lembong dan Dubes RI untuk Filipina Johny Lumintang.

Manila, 13 November 2017
Deputi Protokol Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden

Bey Machmudin

Keterangan Pers Menteri Luar Negeri, Manila, 12 November 2017
http://video.istanapresiden.go.id/index.php/s/VzivPpk7xFh0CY9
Pertemuan Bilateral dengan Perdana Menteri Jepang, Manila, 12 November 2017
http://video.istanapresiden.go.id/index.php/s/FtryCwwO8SbdazL

*Bertemu Presiden Jokowi, PM Abe Puji Iklim Investasi Indonesia*

Tahun depan Indonesia dan Jepang akan merayakan 60 tahun hubungan diplomatik. Menjelang perayaan itu, kedua negara sepakat untuk melakukan kegiatan bersama.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Shinzo Abe saat keduanya bertemu di Hotel Diamond, Manila, Filipina pada Minggu, 12 November 2017. Presiden Jokowi menginginkan adanya perkembangan yang signifikan kerjasama di bidang infrastruktur dalam perayaan 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara.
 
“Hal ini akan menjadi kado yang monumental bagi 60 tahun hubungan kedua negara,” ucap Presiden Jokowi.
 
Untuk kerja sama investasi, Presiden Jokowi mengapresiasi peningkatan investasi Jepang di Tanah Air. “Hampir mencapai 90 persen pada 2016,” katanya.
 
Lebih lanjut, Presiden Jokowi menegaskan bahwa investasi di Indonesia sudah jauh membaik. Index “ease of doing business” Indonesia misalnya, telah melompat dari peringkat 114 pada tahun 2015 menjadi peringkat 72 di tahun 2017.

Indonesia juga telah mendapat “investment grade” dari tiga lembaga pemeringkat internasional.
 
“Dengan situasi yang semakin baik ini saya berharap investasi Jepang pada 2017 akan dapat melampaui angka investasi tahun lalu,” ucap Presiden.

Sementara itu, PM Abe memuji kepemimpinan Presiden Jokowi yang telah berhasil memperbaiki iklim investasi. “Terima kasih atas kepemimpinan Presiden Jokowi, iklim investasi di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat signifikan,” ucap PM Abe.

Sebelum pertemuan bilateral tersebut, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan kepada jurnalis dalam pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dan PM Abe juga telah meluncurkan logo 60 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang.

“Tahun depan merupakan hal yang sangat penting bagi Indonesia dan Jepang karena kita akan merayakan 60 tahun hubungan diplomatik,” ucap Retno.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Kepala BKPM Thomas Lembong dan Dubes RI untuk Filipina Johny Lumintang.


Manila, 12 November 2017
Deputi bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden

Bey Machmudin
*Tiba di Filipina, Presiden Hadiri KTT ASEAN di Manila*

Tarian massal yang diikuti ratusan penari sambut kedatangan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Bandar Udara Clark Pampanga, Filipina, pada hari Minggu, 12 November 2017.

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 mendarat tepat pukul 12.00 Waktu Setempat (WS) atau 11.00 WIB setelah menjalani penerbangan dari Bandara Internasional Da Nang, Viet Nam selama hampir 2 jam.

Kepala Protokol Kementerian Luar Negeri Republik Filipina dan Duta Besar Indonesia untuk Filipina Johny J. Lumintang menyambut Presiden dan Ibu Iriana di depan pintu pesawat.

Di bawah tangga pesawat, Ibu Iriana menerima bunga tangan dari anak-anak Filipina.

Dari bandara, Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan akan menuju hotel tempat menginap selama berada di Manila, Filipina dengan menggunakan kendaraan mobil.

Agenda pertama Presiden Jokowi setibanya di Manila adalah mengadakan pertemuan bilateral dengan PM Jepang Shinzo Abe.

Malam hari nanti, Presiden dan Ibu Iriana menghadiri Special Gala Celebration for The 50th Anniversary of ASEAN yang dihelat di SMX Convention Center.

Manila, 12 November 2017
Deputi bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden

Bey Machmudin

Di cari yang ngepas pakai payung aja

Quote:Original Posted By Med.Nut
kok ya pas pake payung semua ya gan ? emoticon-Bingung (S) cek kolor gan


bener banget gan mantap infonya
emoticon-Cendol Gan
Quote:Original Posted By murahaja3
nice gan
Perjalanan sang pemimpin yang berusaha mengayomi dengan payung sakti



Bagi payungnya pak ☔ teduuh
mau dong dipayungin. emoticon-Embarrassment

pejwan di trit hate.
emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By j9k
mau dong dipayungin. emoticon-Embarrassment
pejwan di trit hate.
emoticon-Traveller


Jurus payung sakti emoticon-Ngacir
gak nyoba suling sakti ni ?
jelang musim ujan ada payung ya om
Quote:Original Posted By nifiraluniaz
gak nyoba suling sakti ni ?

Dangdutan ya gan emoticon-Leh Uga

Sedia payung Sebelum Hujan

Quote:Original Posted By kuburberdarah
jelang musim ujan ada payung ya om


emoticon-Leh Uga
presiden ane nih

Terima kasih semua yang sudah hadir meramaikan

Quote:*Presiden Jokowi Harapkan Krisis Kemanusiaan di Rakhine State Segera Diselesaikan*
Perjalanan sang pemimpin yang berusaha mengayomi dengan payung sakti
"Kita semua sangat prihatin dengan krisis kemanusiaan di Rakhine State dan juga paham akan kompleksitas masalah di Rakhine State, namun kita juga tidak dapat berdiam diri,” pernyataan ini disampaikan Presiden Joko Widodo ketika berbicara pada Pleno KTT ASEAN ke-31 yang diselenggarakan di Philippines International Convention Center Manila, Filipina pada hari Senin, 13 November 2017.

“Krisis kemanusiaan ini tidak saja menjadi perhatian negara-negara anggota ASEAN namun juga dunia,” ucap Presiden.

Untuk mengatasi krisis kemanusiaan ini harus ada kepercayaan dan solidaritas di antara negara-negara anggota ASEAN. Semakin lama masalah ini dibiarkan maka akan berdampak pada keamanan dan stabilitas kawasan termasuk munculnya radikalisme dan trafficking in person.

“Kita harus bergerak bersama. Myanmar tidak boleh tinggal. ASEAN juga tidak boleh tinggal diam,” ucap Presiden.

Indonesia sendiri telah turut membantu mengatasi krisis kemanusiaan tersebut dengan berkontribusi memberikan bantuan kemanusiaan. “Indonesia telah menyampaikan usulan formula 4+1 untuk Rakhine, termasuk mendukung implementasi rekomendasi Kofi Annan,” tutur Presiden.

Indonesia juga mencatat pidato “Report to the People” dari State Counsellor Myanmar. Presiden mengharapkan agar tiga butir dalam pidato tersebut yaitu repatriation and humanitarian assistance; resettlement and rehabilitation; dan development and durable peace dapat diimplementasikan.

“Indonesia mengharapkan pembicaraan antara Bangladesh dan Myanmar mengenai repatriasi dapat segera diselesaikan dan diimplementasikan.,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi juga berharap agar The ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on disaster management (AHA Centre) dapat diberikan akses secara penuh untuk dapat membantu.

“Kegiatan AHA Centre di Myanmar akan baik bagi Myanmar dan bagi ASEAN,” ucap Presiden.

Di akhir pidatonya, Presiden menegaskan sekali lagi bahwa krisis kemanusiaan di Rakhine State perlu segera diselesaikan.

“Dan akan baik jika ASEAN menjadi bagian penyelesaian masalah. Kita harus buktikan kepada masyarakat kita dan dunia bahwa kita mampu menangani masalah kita,” kata Presiden Jokowi.

*ASEAN Bermanfaat Bagi Dunia*

Di awal sambutannya, Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa ASEAN telah berdiri selama 50 dan telah mampu menciptakan ekosistem stabilitas, perdamaian dan kesejahteraan di Asia Tenggara.

“Namun kita tidak boleh puas dengan capaian ini. Tantangan kita ke depan tetap sangat lah berat,” ucap Presiden Jokowi.

Oleh karena itu, ASEAN harus kuat, bersatu dan mampu menjaga sentralitas kita.

“Kita harus mampu menjadikan ASEAN sebuah Asosiasi yang tidak saja dihormati masyarakatnya namun juga dihormati dunia,” tutur Presiden Jokowi.

Jika ASEAN ini maju lebih cepat dan relevan dengan perkembangan dunia maka diperlukan collective leadership yang kuat dan tanggung jawab yang tinggi. “Kta dapat merespon perkembangan dengan cepat,” ujar Presiden Jokowi.

“Mari bersama kita jadikan ASEAN sebuah asosiasi yang kokoh dan bermanfaat bagi rakyatnya dan bermanfaat bagi dunia,” ujar Presiden.

Manila, 13 November 2017
Deputi Protokol Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden

Bey Machmudin

Menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-31, Manila, 13 November 2017
http://video.istanapresiden.go.id/in...Ue5eZ8fhWwLh1B

*UMKM Kunci Perekonomian ASEAN*

UKM memegang peran sangat penting bagi perekonomian ASEAN. 96 persen ASEAN terdiri dari UMKM. “Jika kita berbicara mengenai integrasi ekonomi ASEAN maka tugas kita membawa UMKM dalam integrasi kita,” ucap Presiden Joko Widodo ketika berbicara pada ASEAN Leaders‘ Interface With ASEAN Business Advisory Council (ABAC) di Philippine International Convention Center (PICC), Manila, Filipina pada Senin, 13 November 2017.

Presiden Jokowi memberikan apresiasi kepada Dewan Penasehat Bisnis ASEAN karena melihat pentingnya keberpihakan ASEAN terhadap UMKM. Selain itu, perhatian juga perlu diberikan untuk memberdayakan perempuan dalam UMKM.

“Saya sambut baik upaya menghubungkan perusahaan multinasional dengan UMKM melalui ASEAN Mentors for Entrepreneurship Network (AMEN),” kata Presiden.

Indonesia sudah sejak lama mengembangkan usaha inklusif yang menghubungkan perusahaan besar dengan UMKM di berbagai sektor.

“Indonesia memiliki Gugus Tugas yang bertugas mensinergikan kepentingan Pemerintah, pihak bisnis dan masyarakat berpenghasilan rendah dalam bidang keuangan inklusif. Saya harap ASEAN dapat merumuskan formula kerja sama alternatif pembiayaan bagi UMKM,” ujar Presiden.

Manila, 13 November 2017
Deputi Protokol Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden

Bey Machmudin

*Kemitraan ASEAN dan AS Harus Tingkatkan Kesejahteraan Dunia*

Presiden Joko Widodo berharap kemitraan strategis ASEAN dan Amerika Serikat (AS) dapat lebih memberikan kontribusi bagi perdamaian dan kesejahteraan dunia. Mengingat kemitraan strategis ASEAN dan AS meliputi sejumlah bidang, mulai dari politik, keamanan, hingga perekonomian.

Harapan tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat menghadiri KTT Peringatan 40 Tahun Kerja Sama Kemitraan ASEAN-AS, yang digelar Senin, 13 November 2017, di Philippine International Convention Center (PICC), Manila, Filipina.

"Bagi ASEAN, Amerika Serikat merupakan salah satu mitra penting kita. Saya yakin Amerika Serikat juga memandang penting ASEAN, baik dengan alasan politik, keamanan, maupun dalam kaitan dengan kerja sama ekonomi," ujar Presiden Jokowi.

Lebih lanjut menurut Presiden Jokowi, ASEAN juga memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan kawasan lain. Dengan penduduk sekitar 640 juta jiwa, kawasan yang cukup stabil, dan pertumbuhan ekonomi rata-rata diatas pertumbuhan ekonomi dunia, maka ASEAN akan dapat menjadi mitra strategis AS.

"Saya yakin Presiden Trump akan melihat kerja sama ekonomi dalam konteks yang lebih luas dengan hasil _win-win cooperation_," ungkap Presiden.


Manila, 13 November 2017
Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden

Bey Machmudin

The 5th ASEAN-U.S. Summit to Commemorate the 40th Anniversary ASEAN-U.S. Dialogue Relations, Manila, 13 November 2017
http://video.istanapresiden.go.id/in...JNeVt3B84ifIbU

*Presiden Jokowi Mengharapkan Perundingan CoC Dapat Segera Diselesaikan*

Presiden Joko Widodo meminta negara-negara ASEAN dan Tiongkok bekerja sama untuk segera memulai dan menyelesaikan proses negosiasi Code of Conduct.

Hal ini penting dilakukan guna membuktikan kepada dunia bahwa ASEAN dan Tiongkok memiliki komitmen yang tinggi untuk segera memiliki Code of Conduct.

"Kita semua menginginkan agar Laut China Selatan menjadi laut yang stabil, damai, menopang kegiatan ekonomi, serta merekatkan kawasan bahkan dunia," ujar Presiden Jokowi saat menghadiri pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-20 ASEAN-RRT, yang digelar pada Senin, 13 November 2017, di Philippine International Convention Center (PICC), Manila, Filipina.

Di samping itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan pentingnya upaya meningkatkan kerja sama ekonomi yang menguntungkan kedua pihak. Apalagi saat ini ASEAN mengalami defisit perdagangan yang cukup besar sehingga defisit perdagangan perlu ditekan dan sejumlah hambatan perdagangan juga harus dikurangi.

"Perdagangan harus saling menguntungkan dan harus ditingkatkan dari angka USD368 milyar pada tahun lalu," ungkap Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi pun berharap agar sinergi kerja sama infrastruktur dan konektivitas antara inisiatif Belt and Road dan Masterplan ASEAN untuk konektivitas dapat segera dilanjutkan.

"Saya yakin hubungan baik antara ASEAN and Tiongkok akan dapat diperkuat dan membawa manfaat bagi kedua pihak," ucap Presiden Jokowi.


Manila, 13 November 2017
Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden

Bey Machmudin

*Presiden Minta ASEAN-Korsel Saling Jaga Keterbukaan Ekonomi Menguntungkan*

ASEAN-Korea Selatan harus mampu menjaga sentimen keterbukaan ekonomi yang saling menguntungkan. Pernyataan ini disampaikan Presiden Joko Widodo dalam KTT KE-19 ASEAN-Korea Selatan yang diselenggarakan di Philippine International Convention Center (PICC) Manila, Filipina pada hari Senin, 13 November 2017.

Presiden Jokowi menilai Korea Selatan merupakan salah satu mitra ASEAN yang paling aktif kembangkan kerja sama.

“ASEAN-Korea Free Trade Area (AKFTA) harus dioptimalkan. Kita juga perlu dorong agar perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership dapat segera diselesaikan,” ucap Presiden.

Selain itu, ASEAN-Korea Selatan harus mampu menjadi mitra untuk menjaga stabilitas dan keamanan di kawasan kita.

Untuk itu Presiden menegaskan bahwa semua negara anggota ASEAN sangat mengkhawatirkan situasi di Semenanjung Korea. Sikap tegas telah diambil oleh negara anggota ASEAN.

“Saya hargai posisi Presiden Moon untuk terus mengupayakan penyelesaian damai melalui dialog. Indonesia siap berkontribusi dalam upaya menjaga stabilitas dan keamanan di Semenanjung Korea,” tutur Presiden.


Manila, 13 November 2017
Deputi Protokol Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden

Bey Machmudin

*Presiden Jokowi Apresiasi Peran Jepang terhadap AHA Centre*

Presiden Jokowi sampaikan apresiasinya terhadap Jepang yang telah banyak berkontribusi kepada ASEAN. Demikian ia sampaikan pada pidatonya dalam KTT ke-20 ASEAN-JEPANG di Philippines International Convention Center (PICC), Manila, 13 November 2017.

“Jepang adalah salah satu mitra strategis dan mitra wicara pertama ASEAN. Secara khusus saya ingin sampaikan apresiasi atas kontribusi Jepang terhadap AHA Centre,” kata Presiden Jokowi.

AHA (ASEAN Humanitarian Assistance) Centre telah bergerak membantu pemulihan kota Marawi dan membantu mengatasi krisis kemanusiaan di Rakhine State.

Untuk itu, Presiden mendorong agar organisasi tersebut terus diperkuat termasuk ketersediaan sumber dayanya dan berharap Jepang tetap akan memberikan dukungan bagi AHA Centre.

Selain itu, Presiden Jokowi juga berharap Jepang tetap menjadi mitra utama ASEAN dalam memajukan keterbukaan ekonomi yang saling menguntungkan.

“Negosiasi Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) harus segera diselesaikan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga menyampaikan bahwa peran Jepang dalam memelihara stabilitas dan keamanan di Semenanjung Korea sangat penting untuk menghindari terjadinya perang terbuka.

“Untuk itu, saya harap peran Jepang dalam mengupayakan terus dibukanya jendela bagi penyelesaian secara damai,” ucap Presiden Jokowi.

Manila, 13 November 2017
Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden

Bey Machmudin

The 20th ASEAN-China Summit, Manila, 13 November 2017
http://video.istanapresiden.go.id/in...5g9RSuPBYjOIDl