Nih Gan Rahasia Sukses Komunikasi dengan Pelanggan
TS
andafcom
Nih Gan Rahasia Sukses Komunikasi dengan Pelanggan
Quote:
Pernahkah Agan melihat sebuah toko atau kedai yang ramai pengunjung? Mungkin agan bertanya-tanya apa yang membuat usahanya kebanjiran pelanggan.
Quote:
Ternyata selain kualitas produk dan servis yang bagus, kunci sukses pelaku bisnis, apapun jenis bisnisnya, adalah komunikasi efektif dengan pelanggan.
Apa saja yang dimaksud komunikasi efektif itu? Berikut ulasannya :
Spoiler for :
Berikan senyuman
Setiap pelanggan datang, berikan senyum terbaik Agan. Ajarkan karyawan atau asisten Agan untuk selalu menyambut pengunjung dengan senyuman. Karena senyuman akan memberikan kesan positif dan mengalirkan semangat.
Ucapkan selamat
Sapalah pengunjung dengan ucapan selamat pagi atau siang tergantung waktu pengunjung datang. Khusus kepada pelanggan yang sudah sering datang, tanyakan kabarnya hari itu.
Tawarkan diskon atau voucher
Diskon atau potongan harga merupakan salah satu strategi marketing yang cukup efektif. Pelanggan biasanya akan sangat antusias mendapatkan harga istimewadari produk Agan. Nah jika ada moment diskon, jangan lupakan pelanggan istimewa Agan.
Sabar dan mendengarkan
Jika pengunjung hanya sekedar datang namun tidak membeli produk Agan, tak perlukecewa. Bersabar menghadapi pengunjung dan dengarkan apa keinginan maupun keluh kesahnya akan menjadi nilai tersendiri di benak pengunjung. Mungkin lain kali dia datang dengan memborong produk Agan.
Ucapkan maaf
Jangan lupa ucapkan maaf pada pelanggan jika mungkin servis atau pelayanan Agan kurang berkenan. Sekalipun Agan sudah melakukan yang terbalik, tetap ucapkan maaf untuk mengesankan Agan adalah pelaku bisnis yang rendah hati dan jauh dari kesan sombong.
Ucapkan terimakasih
Satu hal yang tak boleh dilupakan adalah ucapan terimakasih. Selalu ucapkan terimakasih setiap kali pelanggan selesai bertransaksi di tempat Agan. Ucapan terimakasih adalah bentuk penghargaan Agan terhadap pelanggan.
Jika Agan mampu melakukan komunikasi tersebut secara konsisten, percayalah pelanggan akan terus berdatangan. Karena kesan positifterlanjur tertanam di benak pelanggan. Jangan lupa untuk terus meningkatkan kualitas produk. (Editor: Tri Meinarni)