KASKUS ×
Get the App View in App
KATEGORI N icon-buat-post BUAT POST
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/597aad861854f7930d8b4569/butterfly-effects-yang-mengubah-dunia-selamanya

butterfly effects yang mengubah dunia selamanyaPast Hot Thread

butterfly effects yang mengubah dunia selamanya
"kadangkala sesuatu hal kecil yang kelihatannya tidak berarti bisa mengubah banyak hal,seperti kepakan sayap kupu kupu menimbulkan angin tornado di tempat lain yg jauh"

TS ga akan bahas secara detail butterfly effect itu apa,krn kamu bisa baca dan pahami sendiri :

https://www.kaskus.co.id/thread/50b1...75b45708000016

https://www.kaskus.co.id/thread/54a6...e24bfd218b456b



dikarenakan ini thread sejarah,maka yg akan dibahas adalah cerita cerita sejarah yg mengalami butterfly effects

trus bedanya sama thread "what if" yg sama sama di forsex apa ?
thread what if adalah thread pengandaian hal yg tidak terjadi,kalau thread ini menulis hal sejarah yg terjadi akibat "sukses" di trigger oleh sesuatu hal yg tidak diduga duga memberikan efek yang jauh lbh dahsyat

Quote:

Elian Gonzalez Imigran Kuba yang Memicu Perang Irak


Saat Sadam Husain dihadapkan pada tiang gantung di Camp Justice, setelah kekalahanya dalam Perang Irak. Mungkin ia tak pernah menyangka kalau nasib apes yang menimpa dirinya ini ternyata di sebabkan oleh seorang Imigran asal Kuba yang bernama Elian Gonzalez. Meski tak secara langsung mengagas Perang Irak atau bahkan menjadi orang yang memberitahu Presiden Bush kalau Irak memiliki senjata Nuklir. Namun keputusan Gonzalez semasa muda untuk menyebrang ke Amerika secara tak langsung ternyata telah merubah sejarah dua negara. Karena tanpa adanya Gonzalez di Amerika maka Bush mungkin tak akan pernah menjadi Presiden Amerika.

Sebelum berhasil menjadi Presiden, Bush terlebih dulu harus melewati masa Pemilu paling sengit di Amerika, dimana sainganya Al Gore sebenarnya jauh lebih di unggulkan. Tapi akhirnya Bush berhasil memenangkan pemilu setelah ia berhasil menang di negara bagian yg plg menentukan dalam pemilihan presiden tahun 2000,yaitu di Florida hanya dengan unggul 537 suara popular vote, di florida jg bush akhirnya meraih total suara 25-0 electoral votes utk bush sehingga total suara electoral vote menjadi 271(270 electoral votes adalah syarat minimal memenangkan pemilihan presiden US). Dan orang yang dibelakang kemenangan ini ternyata adalah akibat dukungan Elian Gonzalez.

Setelah kepindahanya ke Amerika saat nasih muda(dengan diiringi foto kontroversi terkenal pembebasan dirinya yg diduga hoax bagi sebagian orang), Gonzalez ternyata mejadi sangat terkenal

butterfly effects yang mengubah dunia selamanya
ellian gonzales kecil,foto ini memenangkan 2001 Pulitzer Prize dan membuat ellian gonzales terkenal


Pada masa pemilu tersebut Gonzalez kecil bersuara tidak puas dengan cara Partai Demokrat dalam memperlakukan warga Imigran Kuba, akhirnya mempengaruhi banyak suara dari seluruh komunitas Imigran Kuba dan mngkn imigran dari bangsa lain(ada total 50.000 american cuba di USA saat itu) yang awalnya merupakan pendukung partai Demookrat untuk beralih dan memberikan suara mereka pada partai Republik. Alhasil partai Republik akhirnya memenangkan pemilu dengan calon mereka J.W Bush yang akhirnya terpilih menjadi Presiden Amerika. seandainya Elian Gonzalez kecil tak pernah menaiki kapal dan menyebrang ke Amerika dan tidak mengalihkan byk suara kuba-amerika di florida. Maka Presiden Amerika saat itu adalah Al Gore yang jelas-jelas menentang perang Irak. dan otomatis serangan Amerika ke Irak mngkn tak akan pernah terjadi.

https://en.m.wikipedia.org/wiki/United_States_presidential_election_in_Florida,_2000

imigran cuba > perang irak




Quote:

constantine miracle yang menyelamatkan kekristenan

butterfly effects yang mengubah dunia selamanya

abad ke-4 AD ,roma mengalami perang saudara dimana constantine dan maxentius bertarung berebut tahta untuk menjadi kaisar tunggal

constantine adalah anak dari wester emperor constatinus chlorus yang meninggal 306 AD,pasukan ayahnya mendukung constantine utk meraih tahta,tapi di roma,favorit adalah maxentius,anak dari pendahulu constatinus,yaitu maximian.

ketika kedua orang ini sama sama mengklaim gelar,akhirnya perang terbuka terjadi antara kedua orang ini pada tahun 312 AD

hingga akhirnya pertempuran menentukan akan terjadi ketika constantine bertemu maxentius di jembatan milvian,hanya beberapa kilometer dari roma,pada saat itu semua warga roma sadar bahwa inilah pertempuran yg mementukan bagi kedua belah pihak,masalahnya jumlah pasukan maxentinus melebihi constantine,dan disaat inilah "pertolongan dari langit" muncul

eusebius,sejarahwan gereja awal mencatat :

"...while he was thus praying with fervent entreaty, a most marvellous sign appeared to him from heaven, the account of which it might have been hard to believe had it been related by any other person.

"...about noon, when the day was already beginning to decline, he saw with his own eyes the trophy of a cross of light in the heavens, above the Sun, and bearing the inscription 'conquer by this'.

"At this sight he himself was struck with amazement, and his whole army also, which followed him on this expedition, and witnessed the miracle."


percaya peristiwa tersebut adalah petunjuk tuhan(yg sebenarnya adalah meteor jatuh),constantine dan pasukannya mendapatkan suntikan moral hingga mampu meraih kemenangan pada pertempuran menentukan dan tahta kaisar,mengatributkan kemenangannya utk tuhan kristen dan beberapa bulan kemudian mengeluarkan eddict of milan yg memerintahkan toleransi kepada agama kristen(yg sebelumnya harus sembunyi sembunyi, dikejar kejar dan dibunuh) dan membuat agama kristen berkembang pesat dengan dukungan constantine

https://en.wikipedia.org/wiki/Sirente_crater
http://news.bbc.co.uk/1/hi/sci/tech/3013146.stm
http://www.scifiheaven.net/2012/09/t...-christianity/

meteor jatuh > agama kristen berkembang pesat






Quote:

sepucuk surat yang memicu perang vietnam

butterfly effects yang mengubah dunia selamanya
ho chi minh,kalau tau ho chi minh bakal jadi orang besar di vietnam,tentu amerika tidak akan mengacuhkan suratnya

Pada tahun 1919, Woodrow Wilson, Presiden ke 28 Amerika (1913-1921) menerima sepucuk surat dari seorang sosialis Vietnam saat ia menghadiri Konferensi Perdamaian Paris di Versailles. Namun karena jadwalnya yang begitu sibuk, Wilson akhirnya mengabaikan surat tersebut yang berujung pada serangkaian peristiwa di masa depan yang menuntun Amerika pada sejarah perang terburuk mereka. Ternyata surat itu merupakan kiriman Ho Chi Minh yang ingin berbicara dan meminta bantuan Amerika untuk memerdekakan Vietnam jadi jajahan Prancis.

Padahal Ho Chi Minh yang kelak menjadi pemimpim Vietnam, awalnya sangat berharap bantuan Amerika seteah ia begitu kagum dengan “American Declaration of Independence,” namun karena tak memperoleh tanggapan akhirnya ia memilih untuk pergi ke Uni Soviet. Di Uni Soviet Ho Chi Minh, kemudian bertemu dengan Trotsky dan Stalin yang kemudian mengajarinya tentang faham komunis.

Sekembalinya ke Vietnam Ho Chi Minh mulai membentuk Partai Komunis, sampai akhirnya Vietnam berhasil meraih kemerdekaan dari jajahan Prancis. Kemerdekaan ini juga menjadi awal dari kekuasaan faham komunis di Vietnam yang di kemudian hari mengusik ketenangan Amerika hingga tercetusnya perang paling memalukan dalam sejarah mereka. Sebuah perang yang mungkin tak akan terjadi jika Woodrow Wilson meluangkan waktunya untuk berbicara pada Ho Chi Minh muda di Versailles.

surat > perang vietnam



Quote:

karena iba,puluhan juta jiwa jadi melayang

Pada tahun 1918, Henry Tandey, seorang tentara Inggris yang bertugas di Paris selama masa Perang Dunia 1, membuat sebuah keputusan kecil yang tak disangka-sangka menjadi penyebab terbunuhnya 60 juta orang beberapa tahun kemudian.

butterfly effects yang mengubah dunia selamanya
henry tadey sendiri bukan cuma tentara dengan skill rata-rata,mendapatjan penghargaan tertinggi dari inggris,yaitu victoria cross menunjukkan bahwa ia adalah segelintir prajurit terbaik yg pernah dimiliki inggris

Saat itu ia yang sedang bertugas untuk menangkap Marco, akhirnya berhasil menaklukan tentara Jerman. Tentara Jerman yang telah merasa kalah akhirnya memutuskan untuk mundur, namun salah satu diantaranya berhasil ditangkap oleh Tandey. Saat akan membunuh tentara itu Tandey melihat bahwa orang tersebut terluka hingga akhirnya ia memutuskan untuk mengampuni nyawa tentara Jerman itu dan melepaskannya.

Kebaikan hati Tandey ini akhirnya di abadikan dalam sebuah poster lukisan yang disalin berulang ulang dan tersebar di berbagai tempat. Namun siapa sangka 20 tahun kemudian poster itu ternyata terpajang di sebuah tempat yang tak terduga-duga yaitu Rumah dari Adolf Hitler. hal mengejutkan ini terungkap setelah Neville Chamberlain yang berkunjung ke rumah Hitler bertanya pada pada Diktator Jerman ini kenapa ia menyimpan poster lukisan(hasil karya Fortunino Matania) tentara Inggris di rumahnya.

Dengan enteng Hitler menjawab, “Itulah orang yang hampir menembakku” sambil menujuk muka Tandey.

Meski kisah ini banyak diragukan orang pada awalnya, namun beberapa tahun kemudian Museum Green Howards menemukan bukti, kebenaran kisah ini dari sepucuk surat yang dikirimkan oleh asiten Hitler,Capt Fritz Weidemann, yang menyampaikan pesan hittler berterima kasih karena Tandey telah mengampuni nyawanya.

Andai saja Tandey saat itu menarik pelatuk pistolnya dan membunuh Hitler muda maka Perang Dunia II mngkn tak akan pernah pecah dan puluhan juta orang tak akan kehilangan nyawanya.

http://www.bbc.com/news/uk-england-28593256
http://www.history.com/this-day-in-h...d-adolf-hitler



Quote:

keranjang buah yg disita menyebabkan arab spring

butterfly effects yang mengubah dunia selamanya


berawal di tunisia seorang bernama muhammad bouazizi seorang miskin yg berjualan buah/sayur dengan gerobak untuk bertahan hidup sampai suatu hari seorang polisi perempuan mendatanginya menanyai izin berjualan yg tidak dimiliki buazizi sehingga gerobak buahnya disitia,sembari dihadiahi pukulan oleh polisi.

buazizi tidak terima dan mendatangi kantor gubernur sambil mengancam akan membakar diri apabil gerobak buahnya tidak dikembalikan.gubernur tidak merespon, dan buazizi benar benar membakar diri ditengah keramaian,menyulut simpati dan emosi warga sekitar yg membuat kerusuhan dan isu anti-pemerintah yang menjalar keseluruh tunisia tanpa mampu dicegah polisi membuat presiden diktator tunisia saat itu ben ali yg telah berkuasa 23 tahun akhirnya lengser.

"kesuksesan" di tunisia membuat rakyat rakyat di negara arab lainnya berani mengambil tindakan yang sama sehingga menumbangkan diktator lainnya seperti husni mubarrak di mesir yg telah berkuasa 30 tahun di mesir,ghadafi di libya,dan negara negara lainnya ,termasuk syria yg memunculkan pemberontakan FSA dan muncul organisasi ISIS yg memisahkan diri dari JAN


keranjang buah > ISIS

Quote:

merpati dan legenda tinju dunia

butterfly effects yang mengubah dunia selamanya

mike tyson"si leher beton" juara tinju dunia termuda sepanjang sejarah,dan sampai skrg masih dianggap sebagian org sebagai legenda tinju terhebat sepanjang masa,namun siapa kira masa kecil mike tyson justru kuper,pemalu,penakut,dan sering di buli.

mike tyson kecil tidak pny teman,satu satunya temannya adalah burung merpati peliharannya,anak anak seumurannya sering menggangunya sampai suatu hari beberapa temannya merebut burung merpati kesayangan tyson dan mencekiknya sampai mati membuat tyson kecil murka seketika dan menghajar teman temannya yg bertubuh lbh besar sendirian.

butterfly effects yang mengubah dunia selamanya

“That was the first time I threw a punch.

“I have loved pigeons since I was nine. They were my escape.

“I was fat and ugly. Kids teased me all the time. The only joy I had was pigeons.”


ini adalah "tinju" tyson yg pertama yg kemudian mengantarkannya jadi petinju profesional dan menjadi fenomena sejarah tinju dunia

butterfly effects yang mengubah dunia selamanya

https://www.thesun.co.uk/sport/2338891/mike-tyson-reinforces-his-lifelong-love-for-pigeons-by-revealing-extravagant-christmas-jumper-featuring-his-birds-pet-tiger-and-famous-face-tattoo/



Quote:

ikan dan pakistan

butterfly effects yang mengubah dunia selamanya

Premjibhai Meghji Thakkar,seorang pedagang ikan sukses dari gujarat adalah seorang hindu.tapi krn pekerjaannya ia dikucilkan oleh lingkungannya yg didominasi sekte vegetarian Lohana.

suatu hari Premjibhai Meghji Thakkar ingin "bertobat" menghentikan bisnis ikannya dan ingin mendalami agamanya.Namun krn ego yg tinggi,sekte lohana menolaknya,dan hal ini membuat anaknya, Punjalal Thakkar sakit hati dan mengubah agamanya dan 4 anaknya(cucu Premjibhai Meghji Thakkar) menjadi beragama islam

salah satu diantara 4 anaknya ini bernama Muhammed Ali Jinnah,pemimpin liga muslim india sekaligus bapak pendiri pakistan.

dimana negara pakistan memisahkan diri dari india karena sentimen agama hindu-islam



Quote:

salah ucap yang memicu jerman bersatu

butterfly effects yang mengubah dunia selamanya

Gunter Schabowski,birokrat jerman timur secara tidak sengaja telah memicu bersatunya jerman timur dan barat. Berkat satu ucapan dari mulut Gunter, tembok besar yang memisahkan Jerman Barat dan Jerman Timur akhirnya runtuh. Gunter yang merupakan juru bicara dari Partai komunis membuat kesalahan fatal saat ia di tugaskan untuk menyampaikan pesan pada 9 November, 1989.

Saat itu Gunter diberikan sebuah catatan untuk mengumumkan kalau untuk sementara waktu warga boleh menyebrangi tembok Berlin dengan syarat tertentu utk reuni keluarga. Namun dalam catatan tersebut tak disebutkan kapan aturan itu dimulai dan syarat apa saja yang harus dipenuhi. Sementara itu ribuan orang yang saat itu mendengarkan pengumuman ini sudah terlanjur heboh dan senang karena akhirnya bisa bertemu keluarga mereka yang ada dibalik tembok. Dalam keadaan yang terlanjur heboh ini, Gunter kemudian melakukan kesalahan lain saat seorang reporter bertanya padanya kapan aturan ini dimulai. Gunter yang luput membaca secara lengkap keterangan pada catatan yang dimilikinya, secara tak sengaja menyebut “Saat Ini Juga.” Mendengar ucapan Gunter ini, ribuan orang hari itu juga langsung membanjiri pos penjagaan Tembok Berlin untuk menyebrang. Disaat yang bersamaan para penjaga yang bingung dengan regulasi yang ada akhirnya pasrah saja dan membiarkan orang-orang ini lewat begitu saja. Setelah peristiwa ini tak berselang lama, Tembok Berlin akhirnya dirobohkan dan perpecahan antara Jerman Barat dan Jerman Timur secara resmi berakhir.



Quote:

perkelahian di bar yg berujung brexit

butterfly effects yang mengubah dunia selamanya

ketika inggris memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa, banyak orang yang terkejut dengan keputusan besar ini. tak ada disangka jika keputusan ini ternyata dipicu oleh sebuah perkelahian di sebuah Bar kecil yang ada di Istana Westminster.

Di tempat bernama Stranger’s Bar itulah pada tahun 2012 yang lalu angota parlemen Inggris dari Partai Buruh Eric Joyce yang mabuk berulah dan memulai perkelahian. Dalam pekelahian tersebut Joyce juga mengeluarkan berbagai makian serta menyebut dirinya sebagai anggota partai yang tak boleh disentuh. Sikap Joyce yang arogan ini membuat marah publik inggris yang kemudian memicu desakan agar ia segera dipecat.

Namun peristiwa ini sebenarnya tak hanya membuat Joyce kehilangan posisinya, karena tanpa banyak disadari orang tingkah Joyce ini juga memicu serangkaian kejadian lain yang akhirnya membuat Inggris akhirnya keluar dari Uni Eropa.

Akibat perkelahian di Bar tersebut, meski telah memecat Joyce, Partai Buruh masih mendapat tuduhan dari banyak orang bahwa mereka memilih kandidat partai hanya berdasarkan sumbangan besar orang yang bersangkutan dan merusak reputasi partai buruh. Hal ini membuat Partai Buruh Ed Miliband, mulai membuka Partai Buruh pada siapapun untuk menjadi anggotanya hanya dengan membayar 3 Euro saja demi mencitrakan partai buruh yg lbh membumi yg mrmbuat ribuan orang tercatat mendaftar menjadi anggota Partai Buruh. tidak hanya sampai disana ed miliband jg membuat kebijakan “one member-one vote” yg kemudian membantu kemenangan si kuda hitam Jeremy Corbyn pemimpin partai buruh selanjutnya krn secara tidak terduga jeremy corbyn(politisi pro brexit) mampu menjaring banyak suara baru dan member partai baru utk mendukungnya memanfaatkan kebijakan reformasi ed miliband,sesuatu hal yg tidak akan terjadi apabila joyce tidak membuat ulah perkelahian di bar.


jeremy corbyn mendorong munculnya petisi agar Inggris keluar dari Uni Eropa yang akhirnya terwujud beberapa waktu lalu, berkat banyaknya suara dari kalangan warga biasa yang berhasil menjadi anggota Partai akibat sebuah adu jotos di Bar.
Quote:Original Posted By ampas51


Konstantinopel dikuasai ottoman > pelabuhan ditutup > eropa susah nyari rempah >
1. nyari sendiri ke india > taunya nyasar ke amerika > dll
2. nyampe india > taunya rempah nya di indo > dll


Quote:Original Posted By x69er
Butterfly effect paling nyata adalah ketika bokap-nyokap agan-agan memadu kasih. Klo mereka ga begituan, agan semua ga bahas apa2 di KasKus detik ini juga.


Quote:Original Posted By mil.greenwood
Ini gan salah ucap ahok > aksi berjilid > kalah pemilu > pemerintah mengeluarkan perppu > hti dibubarkan > to be continued


Quote:Original Posted By businesmancimed
penemuan kompas mengubah seluruh sejarah dunia karena

penjelajahan

eksplorasi

meningkatkan frekuensi perdagangan via laut

sampai penjajahan benua baru


Quote:Original Posted By businesmancimed


award winning documentary tentang banjir nabi nuh yg tertulis dalam epic of gilgamesh:

youtube-thumbnail


si translator begitu shock ketika ia menerjemahkan tablet epic of gilgamesh utk pertama kalinya

ia terkejut,membuka bajunya sambil berlari dan berteriak seperti org gila karena kisah yg serupa dengan nabi nuh(dengan tokoh dan dewa pagan) sdh tertulis ditablet 2600bc ,jauh lbh tua dari kitab suci agama samawi1400bc ketika musa menulis torah)


selain noah,ada jg cerita mirip adam,hawa,buah terlarang,tulang rusuk dan taman eden di epic of gilgamesh

dalam versi pagan agama sumeria, si nabi adam namanya enkidu

butterfly effect :

kisah raja shuruppak,raja sumeria yg tersesat oleh banjir selama 3 hari 3 malam diromantisir menjadi kisah keagamaan,hingga akhirnya menghasilkan versi babylonia yg 90% sama dengan kisah nabi nuh agama samawi

padahal raja shuruppak hanyalah raja biasa yg "dipecat" krn akibat banjir menjadi tersesat dan mengakibat kegagalan perdagangan bangsanya(ia membawa kapal yg berisi binatang,bir,dll utk dagang)

menurut tradisi hukum sumeria, kesalahan fatal yg dilakukan oleh raja sekalipun bisa mengakibatkan dia lengser dan jadi budak,oleh krn itu ia kabur menghilang(salah satu versi epic menulis dia kabur ke wilayah yg jd negara bahrain skrg)





Quote:Original Posted By pekinhoat
Efek Rok dengan Negara

Kejadian kecil terjadi saat wanita cantik turun dari kereta dan konon roknya (jarik/jarit) tersingkap. Seorang pemuda yang melihatnya terperangah langsung jatuh cinta karena mungkin kagum dengan keseksian si cewek. Begitulah awal pertemuan Ken Dedes dengan Ken Arok. Berlanjut hingga kisah terbunuhnya Empu Gandring, Tunggul Ametung, Ken Arok sendiri beserta keturunan dan berdirinya Singosari. Keturunan Ken Arok dengan Ken Dedes yaitu Dyah Lembu Tal (cicit) menurunkan Raden Wijaya, pendiri kerajaan Majapahit yang luas kekuasaannya dan menjadi terekam menjadi wilayah Nusantara di kemudian hari. Majapahit mungkin dianggap sebagai negara paling hits di asia tenggara saat itu.

Kesimpulan yang salah: Jangan melihat rok yang tersingkap jika tidak ingin suatu negara besar berdiri.




reserved utk sumbangan dr kaskuser
ta kira film gan
Banyak hal tak terduga yang punya efek besar ternyata...
Banyak reserved page, pasti bakal banyak update lagi....
Bagaimana dgn Mandela effect om?
Butterfly effect jg kayanya membuahkan Mandela effect
Quote:Original Posted By Zendies
Bagaimana dgn Mandela effect om?
Butterfly effect jg kayanya membuahkan Mandela effect


wah mandela effect mngkn lbh dekat kalau dikaitkan dengan dejavu atau time travel
Quote:Original Posted By omdikenyotom


wah mandela effect mngkn lbh dekat kalau dikaitkan dengan dejavu atau time travel


mandela effect mah false memory & imajinasi.


ane tunggu night butterfly effects emoticon-Genit
G30S butterfly effect nya disebabkan apa ya? emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By permberontak98
G30S butterfly effect nya disebabkan apa ya? emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir




wah sensitif emoticon-Betty (S)
Quote:Original Posted By omdikenyotom
wah sensitif emoticon-Betty (S)


senSHITif apanya emoticon-Betty (S)
kan bukan ngebahas soal 'ogomo'
penemuan kompas mengubah seluruh sejarah dunia karena

penjelajahan

eksplorasi

meningkatkan frekuensi perdagangan via laut

sampai penjajahan benua baru
gak semuanya pada posisi "efek" ada juga yg "momentum"

yg harusnya tidak terdampak tapi dipaksa supaya terjangkit
Quote:Original Posted By permberontak98
G30S butterfly effect nya disebabkan apa ya? emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir


disebabkan roket
yg harusnya meroket jadi merepot emoticon-Betty (S)
update lagi dong gannn
di tunggu emoticon-Angkat Beer
bagaimana kalau semua manusia malas berperang? emoticon-Ngacir
Penemuan makam Gilgamesh/Nimrod >Perang Irak itu baru benar emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By menyan.ayan
Penemuan makam Gilgamesh/Nimrod >Perang Irak itu baru benar emoticon-Ngakak


penemuan epic of gilgamesh > umat samawi kelonjotan

ini plg benar emoticon-thumbsup:
Pernah difilmkan oleh Hollywood. Hanya karena ada orang ke masa purba dengan mesin waktu yg tak sengaja menginjak kupu-kupu, puluhan juta tahun kemudian nasib bumi berubah 180 derajat.