Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

MarketeersAvatar border
TS
MOD
Marketeers
Google Rilis Sepuluh Iklan dengan Viewers Tertinggi di YouTube, Apa Rahasianya?
Google Google Rilis Sepuluh Iklan dengan Viewers Tertinggi di YouTube, Apa Rahasianya?rilis 10 peringkat iklan Indonesia yang paling banyak ditonton di YouTube pada paruh pertama 2017. Hasil penelitian Google memperlihatkan, 10 daftar iklan ini mampu menarik perhatian penonton Indonesia sejak Januari hingga Juni 2017. Brand apa saja yang masuk ke dalam peringkat 10 besar ini?

Peringkat pertama iklan yang paling banyak ditonton di YouTube diraih oleh Unilever. Video berjudul ‘1001 Inspirasi Ramadhan Ep 1’ dengan durasi kurang dari empat menit ini memiliki jumlah penonton mencapai 4.137.255.

Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami di Jakarta, Senin (24/07/2017) menjelaskan, Unilever dan sembilan video yang masuk ke dalam daftar ini menunjukkan tren tersendiri dalam iklan video online di Indonesia. Saat ini, tren iklan di Indonesia cenderung tampil secara berseri seperti yang dilakukan Unilever, Smartfren, dan Tropicana Slim. “Hal ini tentu sulit diwujudkan dalam bentuk offline,” tanggap Veronica.

Kisah yang ditampilkan dalam iklan seri Unilever menampilkan sosok Arief Muhammad sebagai YouTuber dengan alur cerita yang dekat dengan penonton. Menurut Veronica, konten ini menunjukkan adanya kesadaran Unilever akan kekuatan yang dimiliki YouTuber untuk menarik perhatian viewers. “Mindshare selaku agensi dari iklan ini pun terlihat menyadari kekuatan emosional mampu mengikat emosi penonton,” tambah Veronica.

Setelah Unilever, posisi kedua diraih iklan berdurasi 29 detik besutan agensi In-House untuk iklan Tokopedia. Iklan berjudul ‘Semua yang Kamu Butuhkan Dimulai dari Aplikasi Tokopedia!’ ini berhasil mencapai jumlah 1.741.494 viewers.

Jika dilihat, durasi masing-masing iklan dalam daftar ini cukup beragam. Ada iklan dengan durasi kurang dari 30 detik, namun ada pula yang melebihi empat menit. Tren ini menunjukkan, panjang atau pendek durasi iklan tidak menjadi masalah. Veronica menjelaskan, hal ini lantaran keunggulan video online terdapat pada sifatnya yang fleksibel.

Menyusul Tokopedia, Smartfren hadir di posisi ketiga dengan iklan berseri ‘Semua Gara-Gara Saaih Halilintar – Ep 1′, posisi ke-empat diraih Samsung Indonesia dengan judul iklan ‘Samsung Galaxy A: #BornToExplore’, posisi ke-lima oleh myXL ‘Upgrade SIM Card XL 4G LTE Sendiri’ disusul JD.ID di posisi ke-enam dengan judul ‘JD.ID, Jadi Terbaik itu Pilihan Terbaik’. Menyusul posisi JD.ID, Tropicana Slim hadir di posisi ke-tujuh dengan judul webseries ‘SORE’, Blibli.com di posisi ke-delapan dengan iklan ‘My Big Wish: Gratis Keliling Indonesia-Eksplor Pegunungan’.

Di posisi ke-sembilan ada Blue Band Indonesia dengan iklan ‘Resep No Oven-Kastengel’, dan posisi terakhir diraih Kitkat Indonesia dengan iklan berjudul ‘5 Pendekar Golok Emas jilid II: Pendekar Sesat’.

Selain tren webseries, cerita yang emosional, dan durasi yang fleksibel, tren berikutnya yang terlihat adalah konten yang edukatif. Iklan resep kastangel Blue Band dan video myXL menurut Veronica membuktikan bahwa tidak hanya iklan emosional yang memiliki popularitas tinggi, namun juga iklan informatif.

Bagaimana pendapat Anda?

Untuk artikel marketing inspiratif lainnya, kunjungi marketeers.com
0
2.7K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Ilmu Marketing
Ilmu MarketingKASKUS Official
9.5KThread3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.