Yups, lama tidak membuat thread, ane sekarang merangkum seri tips dan etika dalam ber-IT yang ane dapatkan dari perkuliahan
Quote:
Dari buku“Digital Planet: Tomorrow’s Technology and You” oleh George Beekman & Ben Beekman, 10th edition, Pearson, 2012
Quote:
Quote:
simpelnya, ane ambil dari wikipedia, email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer
Email biasanya umum digunakan terutama di bidang akademik dan kerja, sehingga perlu diperhatikan. Kesalahan penulisan sebenarnya dalam jangka pendek tidak terlalu terlihat, namun kesalahannya yaitu lebih ke kebiasaan. Sedangkan untuk etika mungkin dapat membawa masalah besar, contohnya miskomunikasi yang berdampak pada hubungan di tempat kerja.
Berikut Tipsnya :
Quote:
1. Perhatikan bagian : header (To, CC, BCC, Subject), body, signature
Tiap bagian punya fungsi masing-masing, perlu diperhatikan dalam email formal. Selain itu juga biar lebih rapi.
Saran :
– Subject harus diisi; 1 e-mail per subject.
– Signature harus diperhatikan (maksimum 4 baris, identitas jelas). Body dipisahkan dari signature dengan “--” diikuti “return”.
– Pakailah bahasa yang baik dan sopan untuk email besifat “dinas”. E-mail bukan SMS.
– Perhatikan “thread”. Mulai rubrik baru dengan mengkomposisi e-mail baru
Quote:
2. E-mail account adalah pribadi, wajib dibuka pemiliknya.
yaps, jangan sampe dibuka oleh pihak yang tidak bertanggung jawab ya gan
Quote:
2. E-mail account adalah pribadi, wajib dibuka pemiliknya, dan tidak membuka email orang lain.
yaps, jangan sampe dibuka oleh pihak yang tidak bertanggung jawab ya gan
Quote:
3. Periksa baik-baik sebelum membuka email, adakah spam yang membawa virus. Delete sesegera mungkin e-mail yang tidak relevan
yaps, terutama link-link yang tidak bertanggung jawab yang terdapat di email spam, terutama yang pengirimnya tidak dikenali.
Quote:
4. Pikir dan teliti sebelum send. Mungkin saja email anda akan di-forward ke siapapun.
perlu hati-hati, mungkin akan dibahas lebih dalam di etika ber-email. Intinya jangan sampai email anda membuat masalah.
Nah, untuk memperjelas, terutama yang poin ke 4, maka ane bawakan tips yang didapat dari pembelajaran tersebut
Quote:
Dalam dunia e-mail, teks yang diketik dengan huruf besar berarti TERIAKAN (SHOUTING) dan beberapa pembaca mengartikannya sangat kasar. Gunakan huruf besar hanya untuk menekankan hal penting.
Untuk penekanan coba untuk menggunakan huruf tebal /
Bold
Quote:
Mem-forward: Tuliskan referensi sumbernya dan bagaimana memperoleh kopian-nya. Jangan melakukan forward ke mailing list tanpa seizin penulis asalnya
Cukup jelas seperti etika dalam mengutip, jangan sampai karena suatu hal maka terkena pelanggaran hak cipta. Sertakan sumbernya untuk menghargai penulis.
Quote:
Tindakan tidak layak via e-mail (tapi tidak hanya terbatas kepada hal berikut):
– Memposting sesuatu yang melanggar hukum dalam sebuah sistem
– Pemakaian bahasa/pesan yang kasar baik untuk pesan pribadi maupun untuk umum,
– Mengirimkan pesan yang memungkinkan kerusakan di tempat penerima
– Pengiriman surat berantai atau menyebarkan surat pribadi
– Tindakan-tindakan yang menyebabkan terganggunya jaringan komputer
Yaps intinya ini dari beberapa hal yang umum, namun terkadang terjadi kesalahan
Saran dan tambahan dari agan-agan sekalian sangat ditunggu. Sekian thread dari ane, nantikan seri selanjutnya ya !
sumber lainnya :
Wikipedia
Digital Planet