Quote:
Tempat kerja bisa jadi sangat menantang untuk sebagian besar orang. Bukan cuma karena pekerjaannya, tapi juga lingkungan tempat kerjanya.
Pasti Agan pengen dong punya reputasi yang baik di mata semua orang apalagi atasan? Nah ini nih 10 hal yang harus Agan atau Sista hindari kalau mau kariernya lancar di tempat kerja:
Quote:
1. Malas beradaptasi
Setiap tempat kerja punya kehidupan sosial yang berbeda-beda. Mungkin di tempat yang dulu Agan lebih tertutup, tapi di tempat sekarang diharuskan lebih terbuka dan banyak bicara.
Identifikasi dulu gan budaya di tempat baru lalu coba untuk beradaptasi. Supaya hubungan baik sama teman kantor tetap terjaga.
2. Terlalu beralasan
Masuk ke tempat kerja pasti ada tanggung jawab. Sebisa mungkin lakukan pekerjaan Agan dan Sista dengan sebaik-baiknya. Kalau salah, akui salah dan jangan beralasan.
3. Bekerja nggak maksimal
Meskipun ada deadline, harusnya pekerjaan bisa dilakukan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin. Jadi jangan sampai mengerjakan sesuatu apa adanya ya Gan Sis.
4. Penampilan begajulan
Jangan ke kantor dengan penampilan yang nggak rapi. Kredibilitas Agan Sista bisa banget terlihat dari penampilan lho!
5. Hindari sikap pesimis
Sebagai anak muda harus optimis dalam segala situasi. Pesimis akan menjadi gangguan untuk tim. Apalagi terlalu banyak mengeluh bakal bikin loe jadi dihindari orang kantor.
Quote:
6. Cuek ke rekan kerja
Jangan terlalu anti-sosial di tempat kerja Gan. Menjalin pertemanan dengan rekan kerja sama pentingnya dengan menjaga hubungan dengan bos. Jadi kalau mau dapat bantuan saat urgent, jaga komunikasi ya.
7. Sifat defensif
Nggak ada orang yang sempurna tentu saja, tapi kalau Agan Sista terlalu defensif saat dikomentari dan dikritik, Agan dan Sista makin terlihat nggak profesional. Jadi dengarkan kritikannya kalau membangun bisa jadi motivasi.
8. Menunda pekerjaan
Jangan biasakan mengerjakan tugas dekat deadline atau menunda pekerjaan. Karena tekanannya akan lebih besar jadi nggak akan maksimal saat selesai.
9. Datang terlambat
Beberapa kantor punya jam masuk ynag fix dan nggak bisa diganggu gugat. Perhatikan jam masuk ini supaya nggak terlambat ya Gan Sis. Ketepatan waktu menunjukkan bahwa Agan Sista komitmen lho.
10. Terlalu banyak bicara
Memang komunikasi dengan teman sekantor baik. Tapi jangan berlebihan juga. Harus tahu situasi dan kondisi. Jangan sampai karena keinginan untuk ngobrol jadi bikin teman kantor malah nggak kerja.
Nah itu dia Gan yang harus dihindari. Terutama untuk yang baru mau mulai di kantor baru. Semangat terus Gan!