alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/58acfdfe5c77985a5e8b456d/6-film-dengan-teka-teki-yang-tak-pernah-terjawab
Lapor Hansip
22-02-2017 09:57
6 Film Dengan Teka Teki Yang Tak Pernah Terjawab
Kita pernah dibuat terkagum-kagum oleh bagaimana Christopher Nolan mampu menyelipkan petunjuk-petunjuk kecil di balik misteri ending film Inception. Ya, sebagaimana layaknya sulap dan teori konspirasi bekerja, manusia adalah makhluk yang senang dibuat penasaran setengah mati oleh hal-hal yang ada di luar batas kemampuan bernalar mereka. Bahkan lingkungan pergaulan kita pun dengan sembarangan menciptakan sendiri sebuah istilah untuk film-film yang penuh teka-teki seperti Inception, yaitu “film mikir”.

Tidak seperti Inception, ada beberapa film dengan teka-teki yang ditinggalkan oleh sutradara dan penulisnya tanpa ada satu jawaban pasti dan hanya bisa diinterpretasikan oleh penonton dan kritikus film dengan berbagai macam cara. Meminjam istilah pergaulan kita, film-film yang bakal gue diskusikan di daftar ini bisa dibilang adalah “film-film mikir tingkat dewa”. Bagi kalian yang senang melatih kemampuan berpikir kalian dengan misteri-misteri yang rumit dan membingungkan, ini akan menjadi daftar film yang bisa membuat kalian merasa tertantang.

1. Eyes Wide Shut (1999) directed by Stanley Kubrick

Quote:6 Film Dengan Teka Teki Yang Tak Pernah Terjawab

Tentang Apa?: Setelah sang istri yang bernama Alice (diperankan oleh Nicole Kidman) mengakui bahwa ia pernah berfantasi seksual dengan seorang pria yang pernah ia temui, seorang dokter bernama Bill (diperankan oleh Tom Cruise) secara tidak sengaja mendapati dirinya terjebak di dalam lingkaran pengkultusan seksualitas dan perzinahan.

Apa Yang Membingungkan?: Beberapa penggemar teori konspirasi mempunyai dugaan kuat bahwa sang sutradara ingin mengungkap tirai dari organisasi rahasia umum yang beranggotakan para elit dan pemegang kekuasaan penting (Illuminati, Freemason dll). Segala detail yang ada di dalam film ini sangat merujuk ke arah sana, mulai dari dekorasi mansion Ziegler yang dipenuhi simbol-simbol politeisme Mesir kuno hingga penamaan karakter yang seakan menjadikan film ini sebagai alegori dari sebuah konspirasi besar di akhir zaman. Belum lagi ditambah fakta bahwa sang sutradara, Stanley Kubrik, meninggal tepat lima hari setelah ia menyerahkan potongan terakhir dari film ini kepada distributor film.

Selain itu, ada juga yang berpendapat bahwa alur cerita film yang membingungkan ini seperti memberi kesan bahwa apa yang dialami Bill hanyalah sebuah manifestasi psikologi terhadap obsesinya akan eksplorasi dan kepuasan seksual. Sampai sekarang, belum ada teori yang memuaskan tentang misteri dari film yang sangat gamblang menggambarkan sebuah kegiatan masquerade orgy ini, namun film ini tetap menjadi sangat menarik untuk disimak karena, yah, Tom Cruise dan Nicole Kidman.




2. Primer (2004) directed by Shane Carruth

Quote:6 Film Dengan Teka Teki Yang Tak Pernah Terjawab

Tentang Apa?: Sekelompok pemuda yang bereksperimen untuk membuat sebuah mesin waktu sederhana.

Apa Yang Membingungkan?: Jika ada teman kalian yang baru menonton film ini sekali dan bilang bahwa dia mengerti tentang keseluruhan ceritanya, maka entah dia adalah seorang pembohong atau delusional. Akan sangat jelas bagi kalian setelah menonton lebih dari dua kali bahwa Primer bukanlah sebuah film yang bersifat naratif dan mampu dijelaskan secara mudah. Beberapa kritikus film bahkan mengibaratkan Primer seperti sebuah dokumentasi para ilmuwan gila tanpa ada eksposisi yang jelas dan kita sebagai penonton seakan-akan hanya menguping percakapan dan mengintip kejadian yang tidak kita mengerti maknanya, namun sangat menarik untuk disaksikan.

Ada beberapa teori yang dibuat oleh penonton yang bisa diandalkan untuk membantu kalian memahami cerita. Film ini tidak akan memberikan kalian kepuasan sains fiksi yang dipaparkan dengan sederhana seperti teori wormhole di Interstellar, namun jelas akan membuat kalian menebak-nebak dan menonton film ini lebih dari sekali.




3. Cache (2005) directed by Michael Haneke

Quote:6 Film Dengan Teka Teki Yang Tak Pernah Terjawab

Tentang Apa?: Sebuah keluarga diteror oleh kiriman kaset misterius yang berisi rekaman-rekaman pengamatan yang diambil dari luar rumah mereka. Lama kelamaan, sang peneror semakin merambah ke permasalahan pribadi serta rahasia-rahasia kelam di masa lalu sang suami yang selama ini ia sembunyikan dari istrinya.

Apa Yang Membingungkan?: Film ini awalnya terlihat biasa saja dan mudah dicerna sampai pada akhirnya kita dikejutkan pada kenyataan bahwa film ini TIDAK mengungkapkan siapakah sang peneror tersebut di akhir film. Kita akan mulai menonton ulang dan membaca semua pertanda-pertanda kecil yang diberikan sang sutradara sampai akhirnya kita selesai menonton dan masih tidak mengerti. Roger Ebert, kritikus film ternama, bahkan membahas film ini lewat jurnal pribadinya.

Beberapa penonton juga menyebutkan bahwa ada beberapa petunjuk kecil di tengah alur cerita dan SATU petunjuk besar di adegan terakhir film ini yang ditinggalkan oleh sang sutradara untuk kita menebak sendiri. Gue sudah mengetahui apa petunjuknya, dan gue pribadi merasa itu masih belum cukup kuat. Entah. Silahkan kalian tonton sendiri.





4. Donnie Darko (2001) directed by Richard Kelly

Quote:6 Film Dengan Teka Teki Yang Tak Pernah Terjawab

Tentang apa?: Seorang pemuda dengan permasalahan psikologis bernama Donnie Darko (diperankan oleh Jake Gyllenhaal) mengalami keanehan-keanehan beruntun dalam hidupnya, termasuk mesin jet pesawat yang jatuh tepat di atas atap rumahnya dan kemunculan sesosok kelinci raksasa bertopeng tengkorak yang selalu menghantuinya.

Apa Yang Membingungkan?: Mungkin tidak terhitung jumlahnya betapa banyak teori yang dibuat oleh para penonton terkait apa sebenarnya yang dialami oleh Donnie dan mengapa dia melakukan hal-hal gila di dalam film yang mengeksploitasi eksistensialisme ini. Tidak seperti Primer, film ini koheren secara naratif dan teknis, sehingga tidak membuat para penonton kesulitan untuk mengikuti film ini dari awal sampai akhir. Belum lagi keberadaan kakak beradik Jake & Maggie Gyllenhaal yang bisa membuat lelaki dan perempuan betah untuk tidak beranjak dari layar.

Namun ending film yang sangat gelap dan misterius akan menimbulkan tanda tanya besar tentang apa yang sebenarnya terjadi dari awal. Website resmi film ini pun memberikan penjelasan yang cukup sederhana–walaupun nggak sederhana-sederhana amat–namun jika kalian melihat kolom komentar dan membaca teori-teori yang dikemukakan oleh penonton lain, kalian akan sadar bahwa kompleksitas detail Donnie Darko akan menjadikan film ini jauh lebih baik ditinggalkan begitu saja dengan membiarkan penonton menjelaskan sendiri maknanya.




5. Mulholland Drive (1999) directed by David Lynch

Quote:6 Film Dengan Teka Teki Yang Tak Pernah Terjawab

Tentang Apa?: Betty (diperankan oleh Naomi Watts), seorang gadis yang mengejar mimpinya untuk menjadi aktris Hollywood, harus menolong seorang gadis amnesia yang selamat dari kecelakaan tragis (diperankan oleh Laura Harring) untuk menemukan siapa dirinya dan apa yang terjadi padanya.

Apa Yang Membingungkan?: David Lynch, The Maestro of Bizarre, membuka film ini dengan sekuens yang…yah, artistically bizarre! Sekumpulan pasangan berdansa jitterbug dengan latar belakang magenta dan kemunculan Betty serta dua orang tua bermimik absurd yang merangkulnya sambil tersenyum ke arah cahaya terik yang menyinari mereka.

Lalu kemudian alur film berjalan dengan sederhana sampai pada Act 3 yang mengacaukan dugaan kita tentang apa yang sebenarnya film ini berusaha ceritakan. Beberapa film kritikus menyatakan bahwa Mulholland Drive adalah sebuah teka-teki yang menyampaikan pesan penting tentang kondisi industri film Hollywood dan para pekerja serta aktrisnya yang sedang dirundung kekacauan pada masa itu.

Lagipula, bukan teka-teki namanya kalau tidak ada petunjuknya. Sebelum dan sesudah film ini rilis, David Lynch menyatakan bahwa dia tidak akan mengungkap apa makna sebenarnya dari Mulholland Drive bagi sang sutradara sendiri. Namun layaknya Donnie Darko, beberapa penonton–yang sungguh berdedikasi tinggi–mempublikasikan petunjuk-petunjuk di website resmi film ini yang bisa kita gunakan untuk memecahkan misteri di balik keanehan Mulholland Drive.




6. Memento (2000) directed by Christopher Nolan

Quote:6 Film Dengan Teka Teki Yang Tak Pernah Terjawab

Tentang Apa?: Leonard Shelby (diperankan oleh Guy Pearce), seorang pria yang menderita short-term memory loss, harus mencari siapa pembunuh istrinya dengan melakukan investigasi independen dan mentato setiap petunjuk yang ia temukan di tubuhnya agar ia tak pernah melupakannya.

Apa Yang Membingungkan?: Sebelum Inception dan The Dark Knight, Christopher Nolan telah lebih dahulu membuat Memento, sebuah thriller masterpiece dengan struktur cerita yang expensively unconventional dan ending yang membuat kepala kita seakan meledak-ledak dan butuh jawaban pasti tentang siapa yang membunuh istri Leonard.

Kita dibuat merasa konyol oleh Christopher Nolan yang telah memasukkan kita ke dalam kepala Leonard dengan mempertanyakan di akhir film apakah Leonard benar-benar dapat dipercaya karena Teddy (diperankan oleh Joe Pantoliano) yang kita curigai dari awal pada akhirnya menjadi satu-satunya tokoh yang paling mampu kita percayai. Apakah Leonard yang ternyata membunuh istrinya sendiri? Apakah ada permainan manipulasi di antara Leonard, Teddy, serta seorang bartender bernama Natalie (diperankan oleh Carrie-Anne Moss) yang memiliki femme fatale gestures? Tidak ada jawaban yang tepat tentang hal ini dan tidak seperti Inception, Nolan tidak memberikan pernyataan apapun terkait hal ini.


sumber: hollywood

kebetulan ane sendiri udah nonton keenam film ini gan emoticon-Big Grin

kalau agan suka yang berbau simbolisme, silahkan nonton eyes wide shut emoticon-Big Grin

tapi yang paling membingungkan adalah primer bagi ane, 3 kali nonton, sampai sekarang masih kurang ngerti apa maksud film ini sebenarnya emoticon-Ngakak (S)

kalau film cache sama sekali ga ada petunjuk, ane bingung siapa yg mengirim tuh kaset, di credit akhir juga ga dijelasin secara gamblang.


jujur ane salut sama sutradara hollywood gan, imajinasi mereka sangat liar dan buas, merasuk ke alam bawah sadar manusia, bahwasanya film juga membawa pesan ke otak manusia kan? emoticon-Big Grin

film film kaya gini ga akan membuat manusia yg menonton nya berhenti mempertanyakan, kenapa, mengapa, kok bisa sih, dll emoticon-Big Grin

sayang beribu sayang, film bergenre begini sangat jarang di indonesia, yg ane suka cuma pintu terlarang aja, itu lumayan bagus gan, kalau yg belum nonton silahkan ditonton karya anak negeri emoticon-Big Grin

mungkin kalau ingin berdiskusi, atau sekadar menambahkan film dan sebagainya, silahkan komen ya gan, jangan malu malu disini, kita sebagai penggemar film bergenre psychological thriller emoticon-Big Grin

kalo ane pribadi suka banget sama stanley kubrick, dia punya ciri khas banyak menggunakan simbol simbol aneh dalam filmnya..

dan ane juga suka david lynch, karena filmnya kebanyakan non linier yg bikin mumet emoticon-Big Grin

silahkan gan, jangan malu malu berkomentar ya, selamat siang emoticon-Smilie
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 7
22-02-2017 09:58
pertamax emoticon-Cool
Diubah oleh kodokbejibun
0
22-02-2017 10:03
Quote:Original Posted By kodokbejibun
pertamax emoticon-Cool


selamat gan emoticon-Big Grin

komengnya mana nih? emoticon-Bingung
0
22-02-2017 10:06
belom nonton semuaaaa...
0
22-02-2017 10:09
Quote:Original Posted By i.love.usa
selamat gan emoticon-Big Grin

komengnya mana nih? emoticon-Bingung


Yang penting pertamax dulu emoticon-Cool komen ntar aja emoticon-Ngakak
Diubah oleh kodokbejibun
0
22-02-2017 10:23
mejeng dlu di pejwan ah.. emoticon-Cool
Diubah oleh thepureware
0
22-02-2017 10:24
Quote:Original Posted By kawahmerah
belom nonton semuaaaa...


cobain nonton salah satu gan emoticon-Big Grin
0
22-02-2017 10:24
Quote:Original Posted By kodokbejibun


Yang penting pertamax dulu emoticon-Cool komen ntar aja emoticon-Ngakak


jahat banget ente gan emoticon-Big Grin
0
22-02-2017 10:25
Quote:Original Posted By thepureware
mejeng dlu di pejwan ah.. emoticon-Cool


jangan lupa komengnya ya gan emoticon-Big Grin
0
22-02-2017 10:25
Ane kagatau semua filmnya.. emoticon-sad
Diubah oleh thepureware
0
22-02-2017 10:27
nyimak dlu gan..
0
22-02-2017 10:27
Film buat mikir keras. emoticon-Bingung emoticon-Bingung
awalny pengen terhibur, malah puyeng pala aing.. emoticon-Cape d...
0
22-02-2017 10:27
hanya penulis dan tuhan yang bisa jawab
0
22-02-2017 10:28
Seru nih kalo film yang penuh tanda tanya gini jadi penasaran dan pengen nnton terus, pinter nih sutradara
emoticon-Cool
0
22-02-2017 10:28
Quote:Original Posted By luthfiyedu20
Film buat mikir keras. emoticon-Bingung emoticon-Bingung
awalny pengen terhibur, malah puyeng pala aing.. emoticon-Cape d...


agan nonton film apa? tapi seru gan, ada tantangan nya, ga mainstream emoticon-Big Grin
0
22-02-2017 10:30
Quote:Original Posted By approve.cc
hanya penulis dan tuhan yang bisa jawab


iya gan, penonton disuruh untuk berimajinasi dan menginterpretasi sendiri apa maksud dari film tsb emoticon-Big Grin
0
22-02-2017 10:38
Ijin bookmark gan, ntar coba donlot satu2
0
22-02-2017 10:38
Quote:Original Posted By i.love.usa


agan nonton film apa? tapi seru gan, ada tantangan nya, ga mainstream emoticon-Big Grin


memento bre.
pusing, puyeng, mata berkunang-kunang, bibir pecah-pecah.
efek ane nntn tuh pilem. emoticon-Hammer2 :tepar
0
22-02-2017 10:41
Quote:Original Posted By luthfiyedu20


memento bre.
pusing, puyeng, mata berkunang-kunang, bibir pecah-pecah.
efek ane nntn tuh pilem. emoticon-Hammer2 :tepar


coba agan nonton sekali lagi emoticon-Big Grin
0
22-02-2017 10:45
baru nonoton yg memento
0
22-02-2017 10:46
Quote:Original Posted By atarisholik
baru nonoton yg memento


cobaim primer gan emoticon-Big Grin
0
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.