Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
3
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57ea5e071ee5dfff5e8b456f/apakah-oral-seks-bisa-mengakibatkan-kanker
Kanker mulut biasanya disebut kanker kepala dan leher, dan termasuk kanker di mulut, bibir dan lidah, juga kanker amandel, oesofagus, pangkal tenggorokan, nasofaring (bagian yang menyambungkan hidung dan tenggorokan) dan kelenjar tiroid. Beberapa jenis kanker mulut terkait dengan infeksi human papilloma virus (HPV) pada mulut dan tenggorokan. Cari tahu kemungkinan risiko infeksi ini dari seks oral
Lapor Hansip
27-09-2016 18:54

Apakah Oral Seks Bisa Mengakibatkan Kanker?

Kanker mulut biasanya disebut kanker kepala dan leher, dan termasuk kanker di mulut, bibir dan lidah, juga kanker amandel, oesofagus, pangkal tenggorokan, nasofaring (bagian yang menyambungkan hidung dan tenggorokan) dan kelenjar tiroid.
Beberapa jenis kanker mulut terkait dengan infeksi human papilloma virus (HPV) pada mulut dan tenggorokan. Cari tahu kemungkinan risiko infeksi ini dari seks oral dan gimana cara lindungi diri kamu.

Apa penyebab kanker mulut?
Para ahli Sudah tahu selama bertahun-tahun mengetahui bahwa faktor risiko utama dari kanker mulut adalah minuman alkohol dan merokok serta mengonsumsi tembakau. Tetapi ada bukti berkembang bahwa infeksi pada mulut akibat HPV adalah penyebab utama kanker mulut.
Sekitar 25% kanker mulut dan 35% tenggorokan berhubungan dengan HPV, tetapi jumlah pastinya berbeda antara masing-masing penelitian, kemungkinan hal ini disebabkan karena perbedaan cara yang digunakan untuk menguji virus, atau tingkat rokok dan risiko faktor lainnya yang berbeda.

Gimana kita bisa terserang HPV di mulut?
Ada lebih dari 100 jenis HPV, dan 15 di antaranya berhubungan dengan kanker. Ke-15 jenis ini dikenal sebagai jenis HPV risiko tinggi. Jenis HPV yang ditemukan di mulut hampir semuanya ditularkan secara seksual, Jadi kemungkinan seks oral adalah penyebab utama terserang virus ini. Jenis HPV risiko tinggi juga ditularkan melalui vagina dan seks anal, dan terkait dengan:
  • kanker serviks
  • kanker vagina
  • kanker anal
  • kanker penis
  • kanker laring
  • kanker tenggorokan

Kebanyakan orang yang aktif secara seksual (sekitar 90%) akan terpapar jenis HPV kelamin risiko tinggi atau rendah pada usia 25 tahun, tetapi hanya 2-3% dari beberapa orang ini yang akan terserang kutil kelamin. Jadi, kebanyakan dari kita telah terinfeksi, tetapi hanya beberapa yang terkena dampaknya.

Tidak diketahui seberapa umumnya infeksi HPV di mulut. Sebuah penelitian dilakukan pada tahun 2009-2010 menyimpulkan kalau normalnya infeksi oral HPV pada pria adalah 10% dan wanita 3.6%. Faktor risiko untuk HPV mulut yang diidentifikasi pada penelitian ini termasuk:

  • Usia: lazimnya pada kelompok usia 30-34 tahun dan 60-64 tahun
  • Jumlah pasangan seks: 20% orang dengan pasangan seks lebih dari 20 akan terkena infeksi HPV mulut
  • Jumlah rokok yang dihisap per hari

Ada bukti yang menyatakan bahwa, untuk beberapa kanker mulut, faktor risiko mungkin terkait dengan kebiasaan seksual. Faktor risiko ini termasuk:
  • pernah melakukan seks oral
  • melakukan seks oral dengan empat orang atau lebih selama hidup Anda
  • khusus pria, pertama kali melakukan seks pada usia dini (di bawah 18 tahun)

Kenapa HPV menyebabkan kanker?
HPV tidak secara langsung menyebabkan kanker, tetapi virus ini menyebabkan perubahan pada sel yang terinfeksi (sebagai contoh, di tenggorokan atau serviks), dan sel-sel ini kemudian menjadi penyebab kanker.
Namun, virus cenderung sulit hilang bagi para perokok. Hal ini dikarenakan rokok merusak sel pelindung khusus dalam kulit disebut sel surveilans kekebalan, menyebabkan virus menetap. Kanker serviks dan vulva jarang terjadi pada wanita yang tidak merokok, kecuali disebabkan oleh imunosupresi (lemahnya sistem kekebalan).

Bisakah vaksin HPV membantu pria seperti pada wanita?
Selain itu, mungkin akan melindungi mereka dari kanker anal dan mulut. Saat ini tidak ada bukti bahwa vaksin akan melindungi diri terhadap kanker mulut, tapi ada kemungkinan, karena HPV menyebabkan kanker mulut, tenggorokan dan anal dengan cara yang sama seperti pada kanker serviks.

Gejala kanker mulut termasuk:
  • bercak kemerahan dan putih pada lidah dan garis mulut Anda
  • satu atau lebih sariawan yang tidak sembuh setelah tiga minggu
  • bengkak di mulut yang berlangsung selama lebih dari tiga minggu
  • nyeri ketika menelan
  • merasa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan

Kamu bisa buat seks oral lebih aman dengan pakaikan kondom untuk Mr. P, karena ini bertindak sebagai pembatas antara mulut dan penis. Kondom di sekitar V (plastik lembut dan sangat tipis) bisa bantu lindungi diri dari infeksi.
emoticon-Stick Out Tongueertamax


Untuk Agan/Sista yang mau kepo lebih lanjut, langsung aja baca full artikelnya di:
apakah oral seks bisa menyebabkan kanker mulut?

Baca juga artikel menarik lainnya
8 fakta seputar payudara wanita
bisakah hamil jika berhubungan seks saat menstruasi

:welcome emoticon-Sundul emoticon-Toast
Diubah oleh hellosehat
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Apakah Oral Seks Bisa Mengakibatkan Kanker?
27-09-2016 20:04
wah padahal ane paling demen yg begini emoticon-Malu
0 0
0
Apakah Oral Seks Bisa Mengakibatkan Kanker?
28-09-2016 00:28
kasih mulustrasinya bree biar asik
0 0
0
Apakah Oral Seks Bisa Mengakibatkan Kanker?
28-09-2016 04:41
yg penting otong dicuci pke sabun, trus mulut doi kumur pake laster*ne..
aman deh emoticon-Betty (S) emoticon-Traveller
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia