alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
145
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57ad7c17582b2eb7388b456c/kombat-merdeka-lobang-jepang-saksi-bisu-kejamnya-penjajahan-jepang-di-bukittinggi
:iloveindonesia :iloveindonesia :iloveindonesia Thread ini dibuat sebagai partisipasi Ane dalam event Kombat MERDEKA! Ceritakan Kisahnya Dapatkan Badge-nya Bukittinggi adalah kota terbesar kedua di Propinsi Sumatera Barat. Dan pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI, 22 Desember 1948 - 13 Juli 1949, dipimpin oleh Syafruddin Prawiranegara), Bukittinggi pernah menjadi ibukota negara
Lapor Hansip
12-08-2016 14:34

[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi

[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi

[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia

[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi


Thread ini dibuat sebagai partisipasi Ane dalam event Kombat MERDEKA! Ceritakan Kisahnya Dapatkan Badge-nya



[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi


Sekilas tentang Bukittinggi



[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi


Quote:
lobang Jepang

Lubang Jepang Bukittinggi (juga dibaca Lobang Jepang) adalah salah satu Objek Wisata Sejarah yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia.

Jadi dulunya Lubang Jepang ini merupakan sebuah terowongan atau bunker perlindungan yang dibangun tentara pendudukan Jepang sekitar tahun 1942 untuk kepentingan pertahanan, Gan.

lobang Jepang

Pada awalnya, terowongan ini dibangun untuk tempat nyimpen peralatan perang tentara Jepang Gan. Selain itu, perbekalan para penjajah dari Jepang juga disimpen di Lokasi ini.

Lobang ini lumayan panjang Gan, sekitar 6km dan lebarnya kira-kira 2 meter. Jadi gak sempit2 juga deh para tentara Jepang yang dulu sempet tinggal di sini.

Sejumlah ruangan khusus terdapat di terowongan ini, di antaranya adalah ruang pengintaian, ruang penyergapan, penjara, dan gudang senjata.

Selain lokasinya yang strategis, (karena di kota ini dahulunya merupakan pusat pemerintahan Sumatera Tengah), ternyata tanah yang menjadi dinding terowongan ini merupakan jenis tanah yang jika bercampur air akan membuat dinding terowongan menjadi semakin kokoh.

Yang bikin miris, terowongan ini dibangun oleh para pekerja dari Indonesia. Tapi kerjanya bukan kaya tukang2 zaman sekarang, Gan. Melainkan sistem Kerja Paksa atau Kerja Rodi. emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown

Diperkirakan puluhan sampai ratusan ribu tenaga kerja paksa atau romusha dikerahkan dari pulau Jawa, Sulawesi dan Kalimantan untuk menggali terowongan ini.


Pemilihan tenaga kerja dari luar daerah ini merupakan strategi kolonial Jepang untuk menjaga kerahasiaan megaproyek ini. emoticon-Mad (S)

Sementara tenaga kerja dari Bukittinggi sendiri dikerahkan di antaranya untuk mengerjakan terowongan pertahanan di Bandung dan Pulau Biak.

lobang Jepang

Menurut Sejarah, lubang tersebut dibuat atas instruksi Letjen Moritake Tanabe Panglima Divisi ke 25 Angkatan Darat Balatentara Jepang. Lubang perlindungan tersebut, konon mampu menahan letusan bom seberat 500 kg.

Konstruksi lubang ini dikerjakan sejak Maret 1942 dan selesai pada awal Juni 1944 dengan total pembuatan selama kurang lebih 3 tahun dengan kedalaman mencapai 49 meter di bawah permukaan tanah.

lobang Jepang

Quote:
Dari sekian ruangan yang ada di terowongan ini, yang menyeramkan adalah ruang dapur yang juga difungsikan untuk memotong-motong tahanan yang sudah tewas lalu dibuang melalui lubang air ke bawah.

Ruang dapur sendiri berada tepat di sebelah ruang penjara. Tahanan yang tewas akan dipotong-potong di sebuah meja yang terdapat di dapur itu, lalu potongannya dibuang di lubang pembuangan.

Mengapa dipotong? Agar tidak nyangkut di lubang yang mengarah ke Ngarai Sianok sehingga jasadnya akan sulit ditemukan.

Demikianlah menurut seorang guide di lokasi ini.



Bantu rate 5 ya Gan emoticon-Rate 5 Star

[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi


Demikianlah, sekelumit kisah tentang Lobang Jepang, yang menjadi saksi bisu kejamnya para penjajah Kolonial Jepang di Bukittinggi.

Pengalaman TS, pada tahun 2009 pernah mengunjungi lokasi ini. Tapi karena Ane merasa ngeri, Ane gak jadi masuk terowongan bersejarah ini. Jadi TS hanya sekedar melihat2 kondisi di sekitar gerbang masuk Lobang Jepang ini. emoticon-Embarrassment


Diubah oleh tiger_capri
0
Halaman 1 dari 8
[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi
12-08-2016 14:35
Komeng Kaskuser



Quote:Original Posted By bisnisfashion88
dulu katanya si angker gan emoticon-Takut
tapi semenjak jadi objek wisata jadi gak angker lagi emoticon-2 Jempol
ane pernah masuk kesana past TK gan,
waktu itu sih penerangan didalamnya agak kurang emoticon-Toast
dan sering terdengar bunyi bunyian yg gak keliatan sumbernya gan emoticon-Takut
lebih tepatnya sih desahan gan emoticon-Big Grin
gak tau desahan kesakitan atau kenikmatan emoticon-Ngakak (S)
soalnya banyak pasangan muda mudi yg maen ke sono!



Quote:Original Posted By mr.frenz
Ralat gan, sistem kerja paksa zaman penjajahan jepang nama nya bukan kerja rodi tapi ROMUSHA yang sistem kerja paksa nya lebih menakutkan dari pada kerja rodi masa kolonialisme belanda



Quote:Original Posted By sunz91
Objek wisata yang wajib dikunjungin di bukittinggi ne tipsnya kalau datang jgn hari libur atau weekend, sewa kamar hotelnya 2x lipat hari biasa. Btw kalau didalam berasa dingin gt ntah karena memang bukittingginya yang sejuk2 gt apa mmg ada penghuninya. Utk satu sudut goa masi di pagar besi konon ktnya disana penjara atau tmpt mayat juga pas dilihat kedalam cuman gelap kelam tak nampak apa-apa. Lubang aka goa gan emoticon-Big Grin jd bnyk yang kira lobang jepun yg +18 ne.



Quote:Original Posted By mrgets
Itu foto-foto tahun berapa?

Gue udah kesana, mungkin 2012...
Cuma 3 hal yang bisa gue rasain setelah mengunjungi tempat wisata itu:

1. BERPOTENSI Menjadi lokasi mesum anak-anak muda... Nggak percaya? Gue liat sendiri... Gue ama cewek gue waktu itu sewa si pemandu wisata buat tur dalem goa... eh ada sepasang anak muda nyelonong aja lewatin kita... pas kita telusuri ruangan di goa, nemu tuh pasangan lagi berduaan... entah lagi ngapain... hanya Allah yang tahu...

2. Dicorat-coret sana sini... Contoh: Riki Love Hilda, Paguyuban SMP Kenyot WUZ HERE, dan sederet coretan lainnya... heran gue, anak-anak Indonesia demennya corat-coret lokasi wisata buat apa coba...

3. Angker (dulunya), menurut si pemandu goa jepang, pada waktu ditemuin goa ini ga ubahnya seperti goa alami... tapi pas di telusurin banyak lukisan-lukisan di dinding goa pertanda para romusha dulu mencoba membuat jejak mereka disana, ada gambar seperti apa penyiksaannya, dan banyak lagi... Banyak tulang belulang, konon satu truk penuh buat mengungsikan tulang-tulang... waktu Jepang kalah, tawanannya di bawa ke satu ruangan ujung dan ditembakin semua, dan di kurung di dalem sampe membusuk...



Diubah oleh tiger_capri
0 0
0
[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi
12-08-2016 14:35
nyimak emoticon-Cool

Quote:Original Posted By tiger_capri
Japan's hole emoticon-Leh Uga


ntaps emoticon-Cool
Diubah oleh hilarius1998
0 0
0
[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi
12-08-2016 14:35
Reserse emoticon-army
0 0
0
[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi
12-08-2016 14:36
Lobang..?? emoticon-Bingung
0 0
0
[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi
12-08-2016 14:37
wow lubang emoticon-Genit
0 0
0
[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi
12-08-2016 14:38
panjang juga lubangnya emoticon-Leh Uga
0 0
0
[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi
12-08-2016 14:39
Quote:Original Posted By abighifari22
wow lubang emoticon-Genit

Quote:Original Posted By fatur82
Lobang..?? emoticon-Bingung

Quote:Original Posted By hilarius1998
nyimak emoticon-Cool



ntaps emoticon-Cool

Lobang Jepang emoticon-Leh Uga
0 0
0
[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi
12-08-2016 14:41
gali gali gali gali lobang emoticon-Leh Uga
0 0
0
[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi
12-08-2016 14:46
konon kabarnya gua itu angker gan emoticon-Cool
0 0
0
[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi
12-08-2016 14:48
Goa nya masih awet aja
0 0
0
[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi
12-08-2016 14:56
Bantu emoticon-Rate 5 Star aja gan
0 0
0
[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi
12-08-2016 15:00
[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi
Aih lubang lubangan om
0 0
0
[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi
12-08-2016 15:02
boa edan di mutilasi emoticon-Takut
0 0
0
[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi
12-08-2016 15:04
Dulu pernah dipake acara uji ujian bukan yak
0 0
0
[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi
12-08-2016 15:17
wisata yang gak boleh di lewatkan gan emoticon-Leh Uga
kapan lagi nemu lobangnya jepang emoticon-Leh Uga
0 0
0
[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi
12-08-2016 15:19
mampir di thread mbah capriemoticon-I Love Indonesia
0 0
0
[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi
12-08-2016 15:20
greget judulnya emoticon-Leh Uga
Diubah oleh lunaticfringe
0 0
0
[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi
12-08-2016 15:20
masih byk mistisnya pasti emoticon-Takut
0 0
0
[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi
12-08-2016 15:22
buat lokasi uji nyali nih emoticon-Takut
0 0
0
[Kombat MERDEKA!] Lobang Jepang, Saksi Bisu Kejamnya Penjajahan Jepang di Bukittinggi
12-08-2016 15:27
Quote:Original Posted By lunaticfringe
greget judulnya emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By baffin
mampir di thread mbah capriemoticon-I Love Indonesia


kenyot sek emoticon-Big Grin
thanks kunjungannya :terimakasih
0 0
0
Halaman 1 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.