rusanjayaaAvatar border
TS
rusanjayaa
2045, Sawit Indonesia akan Dioptimalkan Jadi Aneka Bahan Bakar


Jakarta, EnergiToday-- Diusulkan visi Sawit menjadi panduan baru sektor sawit Indonesia sampai tahun 2045. Salah satu targetnya adalah agar industri sawit Indonesia dapat mengoptimalkan nilai tambahnya termasuk dimanfaatkan menjadi aneka bahan bakar.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit Bayu Krisnamurthi di Jakarta.

“Sawit Indonesia akan menjadi industri yang mengoptimalkan nilai tambahnya. Dan sawit Indonesia tidak lagi hanya memproduksi minyak baik CPO atau PKO tetapi juga menjadi produk yang bernilai termasuk untuk bahan bakar,” ujarnya.

Selain itu, menurut Bayu, tak hanya dijadikan biodiesel, sawit Indonesia juga dapat dijadikan bioetanol, gas untuk listrik, hingga biomasa untuk berbagai keperluan.

“Tahun 2045 sawit Indonesia akan menjadi industri multiproduk yang terintegrasi,” cetusnya.

Bayu menegaskan, bahan bakar nabati sawit pun tidak hanya dalam bentuk cair seperti biodiesel atau bioetanol, tetapi juga dalam bentuk padat seperti cangkang buah atau dalam bentuk gas seperti listrik yang dihasilkan oleh biogas dari hasil limbah sawit.

Namun, lanjutnya, untuk biodiesel sawit pada saat ini memasuki tahap pengembangan yang menentukan dengan investasi di sisi produksi yang sudah berkembang. Saat ini di Indonesia, jumlah kapasitas yang terpasang produksi biodiesel telah mencapai 9,5 juta kilo liter, tapi investasi di sisi logistik dan konsumsi baru sekitar 30% dari jumlah produksi.

“Jika investasi sisi logistik dan konsumsi telah mencapai 60 persen saja maka salah satu tulang punggung industri sawit ini akan memasuki kondisi untuk dapat tinggal landas dengan pertumbuhan yang lebih cepat,” tandasnya. [us]

TODAY http://energitoday.com/2016/07/2045-...a-bahan-bakar/
0
922
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.