Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

winnerjamesAvatar border
TS
winnerjames
kecewa Kaskus e-Pulsa -> teliti sebelum membeli itu penting
Teruntuk admin Kaskus, terutama Kaskus e-pulsa,
cc. semua pembaca kaskus yang budiman

Hari ini pada pukul 16.30 saya membeli pulsa sebesar Rp. 100.000,- di kaskus e-pulsa dengan mengisikan nomor telepon saya 082*****997. Dan karena buru-buru, saya langsung mengklik next dengan yakin kalau nomor yang saya inputkan sudah benar. Setelah itu, saya masuk ke klikbca saya dan kemudian melunasi pembayaran pulsa tersebut.

Namun setelah saya tunggu beberapa lama, pulsa belum juga masuk ke HP saya. Saya kemudian menghubungi pihak kaskus (nomor telepon yang tertera di kaskus e-pulsa). Mereka mengatakan tidak ada nomer saya yang masuk di sistem dan meminta saya menunggu. Saya menutup telepon dan kemudian saya menunggu.

15 menit berlalu dan pulsa belum masuk. Saya pun kembali telepon ke kaskus. (Niat isi pulsa, malah habis pulsa karena harus nelpon.) Kali ini CSnya mengatakan bahwa nomer saya tidak ada dalam sistem, yang ada adalah no. 082******998, nomer selisih satu digit dari nomer saya. Dan saya pun bertanya bagaimana saya bisa meng-trace back transaksi yang saya lakukan, untuk mengecek ini adalah human error atau kah system error. Namun menurut admin, tidak ada cara untuk meng-trace back transaksi yang sudah dilakukan.

Di sinilah letak kekurangan sistem isi pulsa via kaskus. User tidak bisa meng-trace back transaksi yang sudah dilakukan. Pihak admin terus bersikeras sistem mereka tidak mungkin salah, dan human error. Namun, saya tidak ada cara untuk melihat kembali histori transaksi saya. Di sisi lain, bila pihak kaskus sudah menerima laporan dari saya, koq nomer yang salah itu tetap masih diisi (seandainya itu memang salah saya nginput nomer). Bukankah saya sudah melakukan panggilan sesaat sesudah pembayaran?

Dan ketika saya menanyakan apa yang bisa diperbuat ketika ada kesalahan seperti ini, jawabannya: admin tidak bisa melakukan apa-apa karena nomer yang salah itu sudah diisi. Lha seharusnya saya sudah telepon beberapa saat sesudah saya membayar, koq nomer yang salah itu masih diisikan? Dan ketika saya tanya apakah uang saya bisa kembali atau paling tidak pulsa diisikan kembali ke nomer yang benar, jawabannya tidak bisa. Bukankah itu sama saja dengan saya membuang uang seratus ribu saya ke sungai?

After all, katakanlah seandainya itu memang human error alias kesalahan saya dalam menginput, apakah pihak kaskus tidak bisa melakukan apapun ketika saya sudah menurunkan laporan pertama? Bukankah sistem itu diciptakan oleh manusia untuk melindungi manusia? Lalu bila user salah, apakah manusia2 yang di balik sistem tersebut (baca: admin) tidak bisa melakukan sesuatu untuk melindungi user tersebut?

Saran untuk kaskuser yang lain: berhati-hatilah sebelum membeli. There's no way you can track things you already bought. Dan semua ini berlindung di balik sebuah "sistem".
sebelahblogAvatar border
sebelahblog memberi reputasi
1
1.5K
8
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kritik, Saran, Pertanyaan Seputar KASKUS
Kritik, Saran, Pertanyaan Seputar KASKUSKASKUS Official
8.3KThread1.6KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.