Pada masyarakat perkotaan dengan tingkat kepadatan penduduk yang besar, angkutan massal berbasis trem nampaknya menjadi jawaban yang tepat atas persoalan transportasi. Seperti kereta api salah satunya. Di banyak negara maju, seperti negara-negara di Eropa, jalur kereta dibangun dengan sangat serius dan terhubung satu sama lain.
Tak hanya itu, berbagai stasiun pemberhentian kereta api juga tidak sembarangan dibangun. Selain untuk memenuhi fungsinya sebagai tempat turun dan naiknya penumpang, stasiun di berbagai negara maju dibuat dengan sangat menawan dan memperhatikan fungsi estetisnya.
Seperti dilansir dari themysteriousworld, Jumat (25/12/2015), berikut stasiun kereta api terindah yang ada diberbagai negara.
Quote:
Spoiler for shanghai railway station:
Quote:
Stasiun Shanghai merupakan stasiun baru. penggunaan stasiun ini sebelumnya ada di stasiun shanghai utara. baru sekitar tahun 2006 stasiun shanghai ini digunakan. stasiun ini sangat futuristik dengan disain modern, elegan, dan berkelas.
Spoiler for Stasiun Kanazawa:
Quote:
Spektakuler, itulah ungkapan yang tepat saat pertama kali melihat stasiun ini secara langsung. Sebuah gerbang kayu berwarna merah yang dinamakan dengan “Tsuzumimon”, dan kubah kaca yang disebut dengan “Kubah Motenashi” adalah ornamen terindah yang ada di stasiun ini.
Bentuk kubah Motenashi menyerupai payung yang dibuka, dan bangunan megah ini berfungsi untuk menyambut penumpang yang datang. Sementara itu, pada bagian gerbangnya dilengkapi dengan air mancur yang indah.
Spoiler for Stasiun Hauptbnahnhof, Berlin:
Quote:
Berlin Hauptbnahnhof Berlin merupakan titik fokus dari jaringan kereta api Jerman. Oleh karenanya, di Jerman, stasiun ini juga dikenal dengan nama Berlin Central Station. Stasiun megah ini dibangun di lokasi bekas stasiun kuno Jerman, yakni stasiun Lehrter Begnhof yang hancur selama Perang Dunia II. Butuh waktu 11 tahun untuk membangun stasiun yang baru dibuka kembali pada Mei 2006. Stasiun ini menjadi sangat megah karena dilengkapi struktur multi-level besar, dengan panjang ruang kaca mencapai 321 meter. Atap kaca juga memungkinkan Anda saat berada di dalamnya serasa berada di luar ruangan
Spoiler for stasiun Gare du Nord:
Quote:
Dengan sekitar 190 juta penumpang per tahun, stasiun Gare du Nord di Kota paris menjadi stasiun kereta api tersibuk di Eropa. Stasiun kereta api bergaya art-deco ini memiliki sejarah yang panjang, setelah sempat ditutup, stasiun ini dibuka kembali pada 1846. Kemudian bangunan ini mengalami pemugaran pada 1860 karena kurangnya ruang.
Pada 1865, stasiun ini dibuka kembali dengan gaya awalnya, namun kini dilengkapi dengan 23 patung perempuan yang menjadi aya tariknya kini. Patung-patung tersebut dibangun bukan tanpa sebab, patung-patung tersebut merupakan representasi dari tujuan keberangkatan kereta api yang berbeda, yaitu paris, Londong, Wina, Amnsterdam, Brussels, Cologne, Warsawa, Frankfurt, dan Berlin. Dilengkapi dengan aula, dan lorong yang panjang, stasiun Gare du Nord juga dilengkapi dengan café, mesin ATM, akses internet gratis, layanan bagasi, dan berbagai toko lainnya.
Spoiler for stasiun st pancras london:
Quote:
Berada di Kota London, stasiun ini adalah conntoh luar biasa bagi arsitektur Victoria. Stasiun bersejarah yang dibuka kembali pada 1868 ini sempat mengalami renovasi pada 2001 hingga 2007. Hari ini, stasiun St Pancras menjadi titik sentral bagi kehidupan lokomotif di Inggris.
Stasiun St Pancras dibangun secara menawan oleh insinyur sipil Inggris bernama William Henry Barlow pada 1863. Dilengkapi dengan bar terpanjang di Eropa, stasiun bergaya art-deco ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang lainnya, seperti restoran, ATM, dan penyimpanan bagasi. Tak heran jika stasiun ini menjadi lambang kebanggaan bagi transportasi Kota London.
wihhh ternyata megah ya gan stasiun di eropa.... thx gan sudah mampir di thread sederhana ane dan akhirnya kalo berkenan kasih