Ini 6 Tips yang Buat Pekerjaan dan Pribadi Agan Lebih Seimbang!
TS
Ossaris
Ini 6 Tips yang Buat Pekerjaan dan Pribadi Agan Lebih Seimbang!
Spoiler for Pembuka:
Konflik antara pekerjaan dan kehiduapan dalam keluarga adalah salah satu penyebab orang dewasa (Agan juga termasuk) menjadi stres . Dalam kehidupan yang kita jalani sekarang ini, makin banyak orang yang mendapati bahwa sangat sulit untuk menjalankan perannya dirumah dan ditempat kerja. Seringkali, orang - orang tidak dapat menemukan titik keseimbangan antara karir dan keluarga mereka – selalu ada yang menjadi prioritas antara satu dan yang lainnya.
Karena itu, sangat penting bagi Agan untuk menyeimbangkan urusan pekerjaan dan keluarga. Tugas ini mungkin terlihat sulit, tetapi telah banyak orang yang melakukannya, jadi seharusnya Agan juga bisa melakukan hal yang sama! . Berikut adalah tips yang dapat Agan pertimbangkan untuk membuatnya berhasil:
Mengetahui dengan baik jam biologis Agan.
Hal ini sangat penting bagaimana Anda sebaiknya mengetahui di mana saat Anda paling produktif. Misalnya, Anda merasa lebih mudah fokus saat bekerja pada pukul 10.00 pagi hingga 13.00, maka gunakan waktu tersebut untuk mengerjakan pekerjaan yang paling sulit. Baru kemudian lakukan pekerjaan yang mungkin tak memerlukan perhatian lebih di sore hari saat energi Anda mulai menurun.
Jangan lama beristirahat di waktu produktif.
Saat di waktu produktif Anda, sebaiknya menghindari beristirahat terlalu lama. Biasanya Anda akan membutuhkan sekitar 20 menit untuk kembali fokus pada pekerjaan setelah ditinggalkan untuk istirahat. Lebih baik, ambil istirahat singkat sekitar 10-15 menit, baru ambil istirahat sedikit lama di waktu yang kurang produktif. Anda bisa meregangkan kaki dengan berjalan-jalan di area kantor, menikmati secangkir kopi, atau sekadar mengalihkan pandangan mata dari depan komputer.
Jangan sembarangan meninggalkan pekerjaan di kantor.
Orang Indonesia sering terbuai pada hal-hal yang dianggap remeh . Misalnya meninggalkan pekerjaan kantor. Jangan melakukan ini kecuali jika Anda sedang dikejar oleh tenggat waktu atau deadline. Sebaiknya jangan membiasakan diri membawa urusan lain di luar pekerjaan kantor.
Jangan membicarakan masalah pekerjaan di meja makan.
Fokuslah bila waktunya Anda beristirahat, jangan lagi membahas pekerjaan di jam makan atau istirahat, karena pembicaraan ini akan menyulitkan diri Anda. Dan sebaiknya bersikap dewasa untuk memisahkan waktu di kantor dengan waktu bersama keluarga yang terbiasa membicarakan berbagai hal di meja makan.
Membuat self-time.
Disarankan membuat jadwal untuk menyenangkan diri sendiri dan melakukan hal yang paling disukai. Misalnya berolahraga, memasak, atau rekreasi bersama keluarga dan teman. Ingat apabila bekerja berlebihan bisa membuat Anda akan merasa tidak memiliki kendali akan diri sendiri. Sesekali lakukan hal yang memang Anda inginkan dan bukan karena Anda diminta untuk melakukannya.
Menghindari kebiasaan bekerja di akhir pekan.
Seringkali inspirasi, kreativitas, dan inovasi muncul di akhir pekan. Tapi, bukan berarti Anda langsung melakukan pekerjaan di akhir pekan. Cukup tulis ide-ide Anda dalam sebuah memo dan baru kerjakan di waktu bekerja Anda yang sesungguhnya. Akhir pekan harusnya menjadi waktu bagi Anda untuk menyegarkan kembali pikiran.
Setelah disuguhkan beberapa tips diatas, mampukah Agan membuat dunia kerja dan kehidupan pribadi lebih seimbang?
Spoiler for Penutup:
Quote:
Sebelum Ane tutup ni Thread, makasih banyak ane ucapin buat Agan dan Sista yang udah ngeluangin waktu
buat baca Thread ane. Buat yang masih haus soal informasi kaya beginian, bisa ke Blog Ini.
Jangan lupa n share nya ya gan!