Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • SHARING PENGALAMAN AKREDITASI RUMAH SAKIT (Tenaga Kesehatan Yuukk Masuk)

pibaikAvatar border
TS
pibaik
SHARING PENGALAMAN AKREDITASI RUMAH SAKIT (Tenaga Kesehatan Yuukk Masuk)
Assalamualaikum Wr. Wb.

emoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot News


Agan aganwati semua, pada thread kali ini ane akan membahas mengenai standar pelayanan rumah sakit yang akhir-akhir ini mungkin menjadi suatu perbincangan dikalangan tenaga kesehatan maupun manajemen rs. Ane merupakan seorang perawat pelaksana yang bekerja di salah satu rs milik pemerintah. Dan akhir-akhir ini rs tempat ane bekerja sedang gencar-gencarnya memberikan penyuluhan mengenai standar akreditasi rumah sakit.

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Bagi agan dan aganwati yang bekerja sebagai tenagan kesehatan di rumah sakit, yuk kita sharing pengetahuan agan aganwati mengenai pengalaman dan update info mengenai akreditasi standar rumah sakit. Kalo di rumah sakit ane sekarang lagi mempersiapkan rencana untuk akreditasi KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit) yang katanya sih patokkannya mengacu ke akreditasi JCI.

emoticon-Coolcoolemoticon-Cool

Maka dari itu pihak rumah sakit lagi gencarnya mensosialisasikan mengenai standar akreditasi KARS ini. Sebelum kita mengetahui bagaimana standar ala KARS ini,sebaiknya kita kenalan dulu apa itu KARS. Dalam website resmi KARS, kars.or.id menerangkan bahwa KARS adalah suatu komisi akreditasi rs yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, sehingga sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia yang semakin selektif dan berhak mendapatkan pelayanan yang bermutu. Dengan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan diharapkan dapat mengurangi minat masyarakat untuk berobat keluar negeri.

Visi:
Menjadi badan akreditasi yang memiliki kredibilitas tinggi ditingkat nasional dan internasional.

Misi:
Membimbing dan membantu rumah sakit untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien melalui akreditasi.Memperoleh pengakuan internasional sebagai badan akreditasi berkelas internasional oleh ISQua (International Society Quality in Healthcare) dan memperoleh pengakuan masyarakat baik ditingkat nasional maupun internasional.
Tujuan

Diperolehnya pengakuan internasional oleh ISQua (International Society Quality in Healthcare) dan masyarakat.Meningkatnya mutu pelayanan rumah sakit melalui akreditasi.Meningkatnya keselamatan pasien di rumah sakit melalui akreditasi.

Nilai
Nilai yang dianut dalam penyelenggaraan akreditasi adalah:
Integritas
Profesionalisme
Komitmen

emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol

Ya itulah sekilas mengenai apa itu KARS. Kita sebagai tenaga kesehatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat pastilah harus memegang standar pelayanan kesehatan sesuai dengan peraturan pemerintahan. Salah satu nya mengenai standar keselamatan pasien di rumah sakit. Ini sudah termaktub dalam Permenkes RI No. 1691 tahun 2011 tentang standar keselamatan pasien di rumah sakit.


Standar keselamatan pasien tersebut terdiri dari tujuh standar yaitu:
1. Hak pasien
2. Mendidik pasien dan keluarga
3. Keselamatan pasien dan kesinambungan pelayanan
4. Penggunaan metoda-metoda peningkatan kinerja untuk melakukan evaluasi dan program peningkatan keselamatan pasien
5. Peran kepemimpinan dalam meningkatkan keselamatan pasien
6. Mendidik staf tentang keselamatan pasien
7. Komunikasi merupakan kunci bagi staf untuk mencapai keselamatan pasien


Selain itu, dalam PMK RI No. 1691 Tahun 2011 terdapat 6 sasaran keselamatan pasien yaitu:
1. Ketepatan identifikasi pasien
2. Peningkatan komumikasi yang efektif
3. Peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai
4. Kepastian tepat lokasi, tepat prosedur, tepat pasien operasi
5. Pengurangan resiko infeksi terkait pelayanan kesehatan
6. Pengurangan resiko pasiem jatuh.


Mungkin sekian dulu ya agan aganwati tentang pembahan kita kali ini, insya Allah jika ada waktu luang kita sharing pengalaman ya gan tentang sosialisasi akreditasi rs, sambil kita belajar dan mengulang bahwa tanggung jawab dan tugas kita sebagai tenaga kesehatan sangatlah berat. Insya Allah untuk kedepannya kita akan bahas satu persatu mengenai standar dan sasaran keselamatan pasien sebagai pegangan kita dalam melakukan pelayanan yang komprehensif kepada pasien.


Wassalamualaikum Wr. Wb.


emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
0
4.4K
6
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.