Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bisnismajuAvatar border
TS
bisnismaju
Strategi Gojek, Menjaga Momentum Bisnis


Gojek, saat ini menjadi fenomena sebagai alternatif transportasi di kota Jakarta. Jika transportasi ala ojek sudah jauh lama dikenal dan dimanfaatkan masyarakat, transportasi berbasis motor ini makin populer dengan kehadiran Gojek. PT Gojek Indonesia melalui layanan transportasi motor Gojek hadir untuk memberikan kemudahan bagi pengguna yang selama ini memanfaatkan ojek. Gojek dapat dipesan dengan menggunakan aplikasi online khusus yang dengan mudah dapat didapat dengan mengunduhnya melalui gadget yang berbasis sistem operasi Android. Melalui aplikasi inilah pengguna dapat memesan dan dengan mudah juga dapat mengetahui lokasi Gojek terdekat. Selain adanya kemudahan yang diperoleh, pengguna Gojek juga diberikan fasilitas standar diluar helm seperti masker dan penutup kepala. Perhitungan ongkos berdasarkan jarak yang ditempuh juga dirasa lebih fair, sehingga tidap ada lagi tawar menawar ongkos. Pengelola Gojek juga telah memberikan pelatihan khusus untuk bagaimana mengendarai motor dengan aman dan tidak melanggar. Hal ini sebagai salah satu syarat yang perlu dipenuhi saat perekrutan.

Ya, Gojek telah menjadi salah satu solusi transportasi, hadir di tengah kebutuhan transportasi murah, efisien, dan cepat. Bahkan di tengah kondisi jalan yang padat, menggunakan alat transportasi motor tentu akan lebih cepat. Saat ini semakin hari semakin banyak pengguna Gojek di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Sebagai sebuah bisnis yang semakin menanjak, tentu manajemen Gojek melihat adanya peluang untuk melakukan diversifikasi bisnisnya. Dengan semakin dikenal dan semakin banyak yang memanfaatkan Gojek, maka Gojek dapat mengundang perusahaan besar lain untuk menjadi sponsor. Seperti yang sudah berjalan saat ini dengan salah satu operator selular turut ambil bagian dalam menghadirkan aplikasi Gojek.

Berikut ini strategi dari PT Gojek Indonesia seperti yang diutarakan oleh CEO-nya Nadiem Makarim.

1. Berupaya terus merekrut pengemudi Gojek lebih banyak.

Gojek menargetkan untuk merekrut pengojek dengan proporsi yang sesuai demi memenuhi kebutuhan pasar. Sejak meluncur Januari 2015, Gojek Indonesia sudah menggandeng kurang lebih 10.000 pengemudi ojek dan jumlah ini akan terus bertambah. Sebagian lainnya juga terdapat 200 pengemudi ojek yang mengajukan lamaran sendiri bergabung dengan Gojek Indonesia. Untuk menjaga kualitas layanan, Gojek Indonesia sangat memperhatikan segi keselamatan. Untuk itu Gojek telah bekerjasama dengan Rifat Drive Labs (RDL) untuk memberikan pelatihan keselamatan bagi semua pengemudi Gojek. Selain itu RDL juga telah menyiapkan asuransi bagi pengemudi Gojek maupun penumpangnya.

2. Potensi pasar di banyak kota besar di Indonesia

Tentu menjadi peluang untuk melebarkan wilayah operasi. Manajemen Gojek telah menjajaki untuk membuka layanan di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Karena transportasi ojek hampir ada di seluruh kota di Indonesia. Untuk saat ini Gojek sudah masuk di empat wilayah yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Bali.

3. Memperkaya fitur-fitur aplikasi.

Gojek Indonesia berencana menambah fitur aplikasi dengan menyesuaikan kebutuhan dan kekhasan masyarakat Indonesia. Pemanfaatkan fitur aplikasi dapat membuka bidang bisnis lainnya karena sebagian masyarakat Indonesia telah memanfaatkan online juga untuk berbelanja.

4. Menggelar promosi program “Ceban”.

Program promo ini terbukti efektif memperkenalkan layanan Gojek. Konsumen sangat diuntungkan karena dengan hanya membayar 10 ribu dapat diantar ke tujuan mana pun. Tentu dengan batas jarak yang sudah ditentukan, diluar dari jarak tersebut konsumen dikenakan tarif per kilometer.

Kehadiran Gojek telah memberikan warna tersendiri bagi transportasi di Jakarta. Saat ini kita dapat temukan hilir mudik Gojek dengan jaket khususnya di jalan-jalan Jakarta. Suatu bisnis yang saat ini sedang terus berkembang, saling menguntungkan baik bagi konsumen maupun Gojek Indonesia sebagai operatornya. Mampukah Gojek Indonesia terus berputar dan semakin berkembang dengan strategi bisnis yang dilakukannya? Masyarakat tentunya selalu memiliki kebutuhan transportasi untuk mobilitas demi menjalankan aktifitasnya. Gojek perlu terus menjaga momentum bisnis dengan tetap menghadirkan solusi transportasi alternatif yang murah, efiektif, dan efisien. Sehingga kepiawaian dalam meramu strategi bisnis diperlukan demi kesinambungan dan dalam menghadapi kompetitor.


Source: Manage Your Business
0
4.6K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bisnis
BisnisKASKUS Official
70KThread11.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.