ra2maniest
TS
ra2maniest
5 hal penting untuk pengajuan kartu kredit
Selamat siang agan kaskuser semua, kembali lagi ane mencoba bikin thread baru yang masih berhubungan dengan thread ane sebelumnya yang pernah jadi HT tentang suka duka kartu kredit emoticon-Big Grin
'
http://m.kaskus.co.id/thread/53fb794...unya-masuk-gan'



Ane mau berbagi tips ampuh agar agan semua dapat disetujui untuk membuat kartu kredit. Sekarang ini kartu kredit merupakan gaya hidup dikota besar, kartu kredit untuk sekarang ini memiliki penggeseran arti yang mungkin dulu sebelum banyak orang mengetahui kartu kredit hanya berarti kartu hutang namun untuk sekarang ini kartu kredit bisa dibilang kartu fasilitas karena berbagai kemudahan banyak ditawarkan.

Untuk saat ini Bank Indonesia mengeluarkan peraturan BI No. 14/2/PBI/2012 tentang kartu kredit yang sebagian isinya pendapatan kurang dari Rp3 juta tidak diperbolehkan memiliki kartu kredit. Dan juga orang dengan pendapatan antara Rp3 juta hingga Rp10 juta tidak diperbolehkan memiliki kartu kredit lebih dari 2 dan juga limit maksimal tiga kali dari pendapatan perbulan. Yang memiliki gaji lebih dari 10 juta tidak dibatasi kepemilikan kartu kredit namun masih harus dilihat resiko dari orang tersebut.

Nah karena peraturan BI tersebut sedikit banyak sangat mempengaruhi suatu bank untuk menyetujui permohan kartu kredit kita. Oleh karena itu ane akan coba menjabarkan pengalaman ane sebagai pengguna kartu kredit tips mujarab agar permohonan kita disetujui bank emoticon-Smilie

1. Buatlah Permohonan di Bank sesuai payroll agan bekerja



Jika agan karyawan ajukanlah kartu kredit sesuai gaji agan ditransfer ke bank apa. Misalkan gaji agan ditransfer ke bank B maka agan ajukan di bank B saja untuk pertama kalinya. Dan gaji yang masuk ke bank B tersebut harus min gaji 3 juta (sesuai peraturan BI) kalau lebih dari 3 juta lebih bagus lagi emoticon-Smilie

Jika agan usaha ajukanlah kartu kredit di bank tempat mutasi rekening bisnis agan biar bank lebih bisa melihat usaha agan dari hasil mutasinya

2. Siapkan dokumen yang sesuai dengan ketentuan bank



Untuk KTP harus jelas foto bagian hidung,mata dan mulut dan untuk KTP model lama bukan eKTP stempel kelurahan harus jelas dan melewati foto di KTP. Nomor NIK harus sesuai dengan peraturan, jika nomor NIK yang menandakan tanggal lahir tidak sama dengan tanggal lahir yang tercetak di KTP maka harus melampirkan akta kelahiran. Untuk lebih jelas ketentuan NIK agan bisa lihat di Link berikut ini
id.m.wikipedia.org/wiki/Nomor_Induk_Kependudukan
Jika agan mengajukan di bank payroll agan, jangan lupa bawa atm dan buku tabungan agan. Pengajuan dapat agan lakukan dicabang terdekat atau melalui marketing yang biasa pameran dimall di gerai atm bank tersebut.

Slip gaji yang sesuai dengan payroll perusahaan (sesuai mutasi kredit di buku tabungan) tidak perlu di mark up gan jumlahnya emoticon-Big Grin

Npwp kalau ada lebih bagus gan kali aja agan bisa sekalian pengajuan dengan limit diatas 50 juta karena sudah pakai npwp emoticon-Big Grin

Setelah lengkap semua, agan biasanya dibantu mengisi formulir aplikasi oleh marketingnya dan agan tinggal bubuhkan tanda tangan agan di kolom tanda tangan kartu utama.

3. Siapkan data pendukung yang valid



Data pendukung disini, maksudnya agan harus memiliki 2 telpon fixline. Didalam formulir aplikasi ada 3 data yaitu rumah, kantor dan keluarga beda rumah jadi 3 data tersebut harus min 2 pakai fixline. Andai kata rumah agan tidak ada telpon rumah, maka kantor wajib telkom dan keluarga beda rumah kalau tidak ada telpon rumah juga lampirkan telpon kantor keluarga agan. Klo telpon rumah agan ada itu paling aman emoticon-Big Grin. Masa kerja minimal harus 1 tahun, dan untuk data keluarga beda rumah carilah keluarga agan yang akrab dengan agan dan bersedia angkat telpon ketika analis BCA telpon karena sedikit banyak keluarga beda rumah menentukan juga untuk analis kredit menyetujui aplikasi agan.

4. Kooperatif

Agan selaku aplikan nasabah yang ajukan permohonan bersikaplah kooperatif ketika di telpon analis, jawab sesuai data yang agan berikan ke marketing/formulir aplikasinya. Intonasi agan jangan terburu buru dan juga jangan terlalu banyak jeda ketika ditelpon analis kredit jawablah sesuai yang ditanyakan. Jika anda diminta dokumen kelengkapan yang mungkin belum agan lampirkan ke marketing seperti slip gaji, npwp atau mutasi rekening segeralah kirim ke email analis kredit atau nomor Fax yang diberikan analis ketika telpon.

Untuk keluarga beda rumah seperti yang ane katakan diatas, carilah yang akrab dengan agan agar ketika analis telpon keluarga agan bisa kooperatif ketika ditelpon analis kredit. Didalam akhir pembicaraan ada baiknya keluarga agan memberikan sedikit referensi yang baik untuk agan seperti " Oh iya betul Budi Yanto adalah kakak saya. Beliau sudah lama bekerja di PT Angin Segar (perusahaan agan bekerja) " Keluarga beda rumah yang kooperatif menjadi nilai tambah juga untuk agan karena secara tidak langsung keluarga agan termasuk penjamin agan dalam soal kartu kredit ini.

5. Jaga kualitas kredit agan



Jika agan mau mengajukan kartu kredit yang harus agan perhatikan juga adalah kualitas kredit agan karena setiap transaksi kredit baik kredit kendaraan bermotor, kredit elektronik di lembaga finance non bank, kredit rumah yang agan punya semua masuk kedalam catatan Bank Indonesia. Jadi jika agan bermasalah dengan salah satu kredit pasti akan diketahui oleh bank, kalau agan mau pengajuan kartu kredit sebaiknya kualitas kredit agan di kredit manapun dalam keadaan lancar tidak bermasalah.

Nah itu sedikit banyak yang ane tahu tentang bagaimana agar agan semua berhasil mengajukan kartu kredit.

Jika mungkin ada thread yang sama dengan tema yang ane angkat, ini thread bukan repost karena murni dari pikiran ane dan sebenarnya ane udah lama juga mau bikin thread ini untuk mendukung thread ane tentang kartu kredit yang sebelumnya juga sudah menjadi HT cuma karena ane sibuk juga bekerja jadi ane baru bisa menyelesaikannya.

Ane kasih bonus buat jadi catatan agan newbie kartu kredit emoticon-Big Grin

1. Agan harus berumur 21 tahun disaat pengajuan dan harus sudah memiliki penghasilan

2. Jangan meminjamkan kartu kredit ke teman walau agan sudah diiming-imingi uang cicilan lebih perbulan oleh teman agan. Kartu kredit sifatnya personal tanggung jawab sendiri jadi jika agan meminjamkan ke orang dan orang tersebut tidak bayar maka agan bertanggung jawab sepenuhnya, dan jika agan tidak bayar maka nama agan akan black list di BI akan susah untuk pengajuan yang sifatnya kredit.

3. Tempel tanggal cetak tagihan setiap kartu agan dibelakang kartu jadi agan akan sadar betul kapan agan harus stop menggunakan kartu jika tagihan agan sudah membengkak.

4. Dilarang gestun di toko, tarik tunai yang diperbolehkan bank adalah yang melalui ATM yang pastinya akan dikenakan biaya administrasi yang besar dan bunga sesuai ketentuan. Kalau terpaksa gestun di toko boleh saja gan, tapi cari toko yang benar-benar aman buat gestun.

5. Pakailah dengan bijak jangan sampai besar pasak daripada tiang

Nah begitu kiranya yang ane tau tentang kartu kredit.
Terimakasih google untuk gambarnya, untuk kaskuser bantu rate yah jika dirasa thread ini layak jadi HT emoticon-Big Grin.

Untuk mimin dan momod selamat bekerja

Salam Kaskuser
Tambun Bekasi


Bisa dibaca disini juga

Diubah oleh ra2maniest 26-10-2017 14:53
0
5.5K
2
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Perencanaan Keuangan
Perencanaan Keuangan
Perencanaan Keuangan
icon
9.1KThread5.3KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.