News
Batal
KATEGORI
link has been copied
140
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/550812d9582b2e2d7a8b4571/susahnya-cari-makan-produksi-televisi-dari-monitor-bekas-dibekuk-polisi
Semarang - Meski hanya pernah mengenyam pendidikan hingga Sekolah Dasar, MK (41) warga Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah ternyata handal di bidang elektronik. Namun kehandalannya membuat ia harus berurusan dengan polisi karena memproduksi televisi dari barang bekas dan menjual bebas tanpa izin. Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol A Liliek Darmanto mengatakan MK
Lapor Hansip
17-03-2015 18:41

[Susahnya cari makan] Produksi Televisi dari Monitor Bekas dibekuk Polisi

Quote:
Semarang - Meski hanya pernah mengenyam pendidikan hingga Sekolah Dasar, MK (41) warga Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah ternyata handal di bidang elektronik. Namun kehandalannya membuat ia harus berurusan dengan polisi karena memproduksi televisi dari barang bekas dan menjual bebas tanpa izin.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol A Liliek Darmanto mengatakan MK ditangkap karena melanggar pasal 120 juncto pasal 53 ayat 1 huruf b Undang-undang RI No 3 tahun 2014 tentang perindustrian karena memproduksi dan mengedarkan barang tidak memenuhi SNI, spesifikasi, dan pedoman tata cara yang diberlakukan secara wajib di bidang industri. Ancaman pidananya 5 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 3 milyar.

"Adapun pasal 106 Undang-undang RI No 7 tahun 2014 tentang perdagangan karena tidak memiliki izin dan juga melanggar pasal 62 ayat 1 juncto pasal 8 ayat 1 undang-undang RI no.8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen," kata Liliek di kantor Dit Reskrimsus Polda Jateng, Jalan Sukun Raya, Semarang, Selasa (17/3/2015).

Di rumah tersangka, lanjut Liliek, MK membuka usaha reparasi "Haris Elektronik", namun di dalamnya juga untuk memproduksi televisi yang tabung layarnya berasal dari monitor komputer yang tidak terpakai. Tidak tanggung-tanggung, satu hari tersangka dan 8 karyawannya mampu memproduksi 30 sampai 40 unit televisi.

"Satu hari keuntungannya Rp 450 ribu dan satu bulan bisa mencapai Rp 11,7 juta," pungkas Liliek.

Televisi yang diproduksi MK berjenis tabung dengan ukuran 14 inch sampai 17 inch. Ia memperoleh tabung dari pengepul barang bekas elektronik. Kemudian MK membeli casing dan remote yang banyak dijual di pasaran lalu untuk kemasan ia memesan kardus sesuai merek.

"Dia tidak pakai merk terkenal tapi membuat sendiri seperti Veloz, Maxreen, Zener, dan Vitron," pungkas Liliek.Next

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng, Kombes Pol Djoko Purbohadijoyo menambahkan tersangka sudah dua tahun menjalankan usahanya itu. Awalnya ia menitipkan di toko-toko elektronik, namun kini ia menunggu order dari toko elektronik.

"Dua tahun lalu dia memasarkan ke toko-toko, belakangan, toko-toko yang pesan. Kalau order banyak dia merakit banyak. Keuntungan tidak lebih dari Rp 100 ribu satu televisi, modal satu televisi antara Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu, tabung bekasnya itu beli antara Rp 50 ribu," kata Djoko.

"Dia lulusan SD, semua dipelajari otodidak," imbuhnya.

Dari rumah tersangka, polisi menyita 146 televisi, 1.020 tabung televisi, 525 casing televisi, 15 televisi rusak, kardus, mesin bor, tiner, dan berbagai perangkat lainnya untuk merakit televisi.

"Terhadap tersangka tidak dilakukan penahanan, karyawannya saksi," tegas Djoko.

detik.com


Kadang tidak habis pikir...
Kerja beli monitor bekas, dirakit ulang agar menjadi TV, dijual kembali...Haram kah ?
Nyatanya JUAL BELI seperti ini adalah KASUS KRIMINAL emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)
Orang kecil cari duit susah....mau jadi enterpreneur malah jadi kriminal..emoticon-Nohope
Tidak heran lebih enak jadi anggota DPRD emoticon-Nohope
emoticon-Nohope
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 8
[Susahnya cari makan] Produksi Televisi dari Monitor Bekas dibekuk Polisi
17-03-2015 18:44
Semoga pertamax

Mungkin yg jd masalah karena usahanya gak berijin
0 0
0
[Susahnya cari makan] Produksi Televisi dari Monitor Bekas dibekuk Polisi
17-03-2015 18:45
dulu jualan monitor rusak dihargai 50 ribu..
0 0
0
[Susahnya cari makan] Produksi Televisi dari Monitor Bekas dibekuk Polisi
17-03-2015 18:48
Quote:Original Posted By 9feet


Kadang tidak habis pikir...
Kerja beli monitor bekas, dirakit ulang agar menjadi TV, dijual kembali...Haram kah ?
Nyatanya JUAL BELI seperti ini adalah KASUS KRIMINAL emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)
Orang kecil cari duit susah....mau jadi enterpreneur malah jadi kriminal..emoticon-Nohope
Tidak heran lebih enak jadi anggota DPRD emoticon-Nohope
emoticon-Nohope


Gimana indo mau jadi negara high tech...
Orang macam gini justru harus dimanfaatkan untuk kemajuan iptek, bukan dikandangin...

0 0
0
[Susahnya cari makan] Produksi Televisi dari Monitor Bekas dibekuk Polisi
17-03-2015 18:53
terobosan yg kreatif itu padahal..






sedangkan ribuan hp replika samsung, iphone, dll. yg jelas2 melanggar hak cipta dan perlindungan konsumen dan banyak beredar kok nyaris ga di tindak "BOSS" nya sm pakpol.? pilih kasih kah? atau ...? hhmmm...
emoticon-Ngacir
0 0
0
[Susahnya cari makan] Produksi Televisi dari Monitor Bekas dibekuk Polisi
17-03-2015 18:53
kalo memang jual barang bekas, trus dirakit ulang dan pake merk sendiri ato merk abal-abal ya jelas salah kalo izin dll belum diurus..
harusnya perizinan diurus dulu, lha ane buka konter kecil aja siup, situ, tdp. npwp diurus semua.
padahal berapa keuntungan pulsa? hanya ratusan rupiah, tapi karena ane gak mau bermasalah ya diurus perizinannya..
iya kalo tempatnya rame, ane jualan di kampung yg orangnya masih minim..

artinya kembali semua ke peraturan, kalo mau usaha aman perizinan diurus. apalagi kalo nyantumkan merek? itu harusnya ada izin, coba kalo misalnya ia membajak merk televisi lain gmn? merk bagus jeroan barang loak?

kalo soal kreativitas dan keahlian serta kerja kerasnya ane kagum, cuman kembali lagi kalo mau aman segala sesuatu yg berkaitan dg izin, hak cipta, hak paten ato merk dll diurus dulu.. jangan sampe jadi ajang pemerasan oknum yg ntu, tangkap trus diperes.. hiks
0 0
0
[Susahnya cari makan] Produksi Televisi dari Monitor Bekas dibekuk Polisi
17-03-2015 18:56
masalah keamanan gimana ? after service ? spare part ?

jangan cuma ngejar murah, tapi kenyamanan dan keselamatan dilalaikan
0 0
0
[Susahnya cari makan] Produksi Televisi dari Monitor Bekas dibekuk Polisi
17-03-2015 18:56
Quote:Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol A Liliek Darmanto mengatakan MK ditangkap karena melanggar pasal 120 juncto pasal 53 ayat 1 huruf b Undang-undang RI No 3 tahun 2014tentang perindustrian karena memproduksi dan mengedarkan barang tidak memenuhi SNI, spesifikasi, dan pedoman tata cara yang diberlakukan secara wajib di bidang industri. Ancaman pidananya 5 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 3 milyar.


emoticon-Belo
Barang Impor dan Barang maenan jg banyak yg Diluar standard sni loh bray emoticon-Belo
Produk makanan yg beredar juga banyak yg tidak standard SNI loh emoticon-Belo
Bakal kena penjara ama palak 3 M gak tuh emoticon-Belo
0 0
0
[Susahnya cari makan] Produksi Televisi dari Monitor Bekas dibekuk Polisi
17-03-2015 18:58
rakyat kecil. Kalo usahanya sudah mulai besar ya risikonya kayak itu
0 0
0
[Susahnya cari makan] Produksi Televisi dari Monitor Bekas dibekuk Polisi
17-03-2015 18:58
Tanyakan pada hatimu
0 0
0
[Susahnya cari makan] Produksi Televisi dari Monitor Bekas dibekuk Polisi
17-03-2015 18:59
Yang begini jangan ditangkepin
Kecuali omztnya miliaran
Pnya pgwai omzt g sampe 20an juta malah dtngkepin
Dibina..dikasih tau izin apa yg harus diurus
Namanya org lulus sd mana tau aturan ini itu kalo g disosialisasikan emoticon-Cape deeehh
Ditangkep2in lebih bagus dripada dibina?goblok!!
0 0
0
[Susahnya cari makan] Produksi Televisi dari Monitor Bekas dibekuk Polisi
17-03-2015 18:59
Quote:Original Posted By atrox
kalo memang jual barang bekas, trus dirakit ulang dan pake merk sendiri ato merk abal-abal ya jelas salah kalo izin dll belum diurus..
harusnya perizinan diurus dulu, lha ane buka konter kecil aja siup, situ, tdp. npwp diurus semua.
padahal berapa keuntungan pulsa? hanya ratusan rupiah, tapi karena ane gak mau bermasalah ya diurus perizinannya..
iya kalo tempatnya rame, ane jualan di kampung yg orangnya masih minim..

artinya kembali semua ke peraturan, kalo mau usaha aman perizinan diurus. apalagi kalo nyantumkan merek? itu harusnya ada izin, coba kalo misalnya ia membajak merk televisi lain gmn? merk bagus jeroan barang loak?

kalo soal kreativitas dan keahlian serta kerja kerasnya ane kagum, cuman kembali lagi kalo mau aman segala sesuatu yg berkaitan dg izin, hak cipta, hak paten ato merk dll diurus dulu.. jangan sampe jadi ajang pemerasan oknum yg ntu, tangkap trus diperes.. hiks


ane setuju sama agan yg ini
pokoknya halal tp ilegal itu tetep salah di mata hukum

biar halal plus legal... yaaa diuruslah tuh ijin2
0 0
0
[Susahnya cari makan] Produksi Televisi dari Monitor Bekas dibekuk Polisi
17-03-2015 19:00
Menurut ane c masalahnya cuma di setoran ke polisi yang malak kurang emoticon-Malu (S)
0 0
0
[Susahnya cari makan] Produksi Televisi dari Monitor Bekas dibekuk Polisi
17-03-2015 19:04
Quote:Original Posted By atrox
kalo memang jual barang bekas, trus dirakit ulang dan pake merk sendiri ato merk abal-abal ya jelas salah kalo izin dll belum diurus..
harusnya perizinan diurus dulu, lha ane buka konter kecil aja siup, situ, tdp. npwp diurus semua.
padahal berapa keuntungan pulsa? hanya ratusan rupiah, tapi karena ane gak mau bermasalah ya diurus perizinannya..
iya kalo tempatnya rame, ane jualan di kampung yg orangnya masih minim..

artinya kembali semua ke peraturan, kalo mau usaha aman perizinan diurus. apalagi kalo nyantumkan merek? itu harusnya ada izin, coba kalo misalnya ia membajak merk televisi lain gmn? merk bagus jeroan barang loak?

kalo soal kreativitas dan keahlian serta kerja kerasnya ane kagum, cuman kembali lagi kalo mau aman segala sesuatu yg berkaitan dg izin, hak cipta, hak paten ato merk dll diurus dulu.. jangan sampe jadi ajang pemerasan oknum yg ntu, tangkap trus diperes.. hiks


Kalok kejadianya seperti yang ane bold itu harusnya tambahin sangkaan Pemalsuan dan penipuan bray emoticon-Cool
0 0
0
[Susahnya cari makan] Produksi Televisi dari Monitor Bekas dibekuk Polisi
17-03-2015 19:08
orang ini limbah dai barng berguna mlh di ganguin, cb suurh ARB buat lumpur nya berguna mana bisa?????????
0 0
0
[Susahnya cari makan] Produksi Televisi dari Monitor Bekas dibekuk Polisi
17-03-2015 19:08
susah bikin lapangan kerja baru tanpa nyetor ke aparat terkait,, kalo banyak pengangguran bilangnya rakyat goblog etc. emoticon-No Hope
0 0
0
[Susahnya cari makan] Produksi Televisi dari Monitor Bekas dibekuk Polisi
17-03-2015 19:09
Quote:Original Posted By ikantodak
Yang begini jangan ditangkepin
Kecuali omztnya miliaran
Pnya pgwai omzt g sampe 20an juta malah dtngkepin
Dibina..dikasih tau izin apa yg harus diurus
Namanya org lulus sd mana tau aturan ini itu kalo g disosialisasikan emoticon-Cape deeehh
Ditangkep2in lebih bagus dripada dibina?goblok!!

Setuju... drpd putus asa malah kriminal. Mendingan ukm2 begini dibina bukanya ditangkepin
0 0
0
[Susahnya cari makan] Produksi Televisi dari Monitor Bekas dibekuk Polisi
17-03-2015 19:13
Quote:Original Posted By 9feet
Kadang tidak habis pikir...
Kerja beli monitor bekas, dirakit ulang agar menjadi TV, dijual kembali...Haram kah ?
Nyatanya JUAL BELI seperti ini adalah KASUS KRIMINAL emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)
Orang kecil cari duit susah....mau jadi enterpreneur malah jadi kriminal..emoticon-Nohope
Tidak heran lebih enak jadi anggota DPRD emoticon-Nohope
emoticon-Nohope

kan ada jatah dari pabrikan gede untuk amankan pasar.

semboyan luhur, menginjak kebawah, menjunjung keatas emoticon-Big Grin
0 0
0
[Susahnya cari makan] Produksi Televisi dari Monitor Bekas dibekuk Polisi
17-03-2015 19:14
harusnya gak langsung dikandangin.
beri peringatan ,pengertian dan bimbingan.
negara kaco braninya cmn urus kroco2
Diubah oleh bacanomer
0 0
0
[Susahnya cari makan] Produksi Televisi dari Monitor Bekas dibekuk Polisi
17-03-2015 19:17
kreatif boleh
Asal jangan lupa keamanan dan keselamatan. Juga mungkin tentang brand dan merk lain, masih menempel.
Kebanyakan yang kita beli itu kan hanya membeli hak penggunaan/beli untuk dipakai saja bukan membeli untuk dimiliki apalagi dimodif.

Tapi ane kagum ma dia kreatif uy
0 0
0
[Susahnya cari makan] Produksi Televisi dari Monitor Bekas dibekuk Polisi
17-03-2015 19:21
Inilah hidup, selalu siapa mangsa dan siapa yang di mangsa.
0 0
0
Halaman 1 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia