News
Batal
KATEGORI
link has been copied
40
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/546ac1cec0cb17e35e8b457f/bbm-naik-pemerintah-hemat-rp2-triliun
Suara.com - Pemerintah diperkirakan menghemat anggaran sekitar Rp2 triliun dari kebijakan menaikkan harga BBM bersubsidi Rp2 ribu per liter. Juru bicara Kementerian ESDM, Saleh Abdurrahman mengatakan, penaikan harga BBM bersubsidi mengurangi beban subsidi yang harus dikeluarkan pemerintah. Menurut dia, setiap 1 liter BBM berubsidi disubsidi sekitar Rp5.000. Dengan adanya kenaikan ini, maka beban s
Lapor Hansip
18-11-2014 10:49

BBM Naik, Pemerintah Hemat Rp2 Triliun

Quote:BBM Naik, Pemerintah Hemat Rp2 Triliun
Suara.com - Pemerintah diperkirakan menghemat anggaran sekitar Rp2 triliun dari kebijakan menaikkan harga BBM bersubsidi Rp2 ribu per liter. Juru bicara Kementerian ESDM, Saleh Abdurrahman mengatakan, penaikan harga BBM bersubsidi mengurangi beban subsidi yang harus dikeluarkan pemerintah.

Menurut dia, setiap 1 liter BBM berubsidi disubsidi sekitar Rp5.000. Dengan adanya kenaikan ini, maka beban subsidi berkurang menjadi Rp3.000 per liter.

“Hitung-hitungannya itu, angka subsidi dikali jumlah volume jadi kalau dulu subsidinya Rp5.000 dan volume yang diperlukan 1 juta kilo liter maka jumlah subsidinya sekitar Rp5 triliun. Kalau sekarang dinaikkan Rp2 ribu per liter maka pemerintah bisa hemat Rp2 triliun,” kata Saleh kepada suara.com melalui sambungan telepon, Selasa (18/11/2014).

Saleh menambahkan, Pertamina sudah memastikan volume subsidi BBM yang ditetapkan dalam APBN Perubahan sebanyak 46 juta kilo liter akan terlampau. Kata dia, dana yang dihemat dari kenaikan harga BBM bersubsidi kemungkinan besar akan digunakan oleh Menteri Keuangan untuk menambah kekurangan BBM subsidi sekitar 1 juta kiloliter hingga akhir tahun.

Kemarin, pemerintah memutuskan untuk menaikkan harga BBM bersubsidi sebesar Rp2 ribu per liter. Harga premium naik dari Rp6.500 per liter menjadi Rp8.500 per liter dan harga solar naik dari Rp5.500 per liter menjadi Rp7.500 per liter. Sedangkan harga minyak tanah tetap.




hemm.. gw si gpp klo BBM naik cuma harus jelas dialihin subsidinya kmn, jangan malah memperkaya orng2 yang sudah kaya. Apa gw aja yang ngerasa biasa aja BBM naik? kya nggak ada dampak apa2? emoticon-Bingung (S)
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
BBM Naik, Pemerintah Hemat Rp2 Triliun
01-12-2014 09:06
paling sebagian masuk ke kutang mega
0 0
0
BBM Naik, Pemerintah Hemat Rp2 Triliun
19-11-2014 11:19
Quote:Original Posted By Rising2


ngimpi aje lo jalanan bakal sepi, cuma naik 2rb mah ga ngefek ntong buat menengah atas...yg paling berat tuh yg bawah kalo kebutuhan pokok ikutan naik, panastak kog goblog2 begini ya?emoticon-Cape deeehh




maap deh.. agan yang pinter... ane bukan panastak.. juga bukan panasbung...

namanya ane cuma seneng naik sepeda aje... ko malah dituduh panastak emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

ane mah kemarin pilpres ma pileg aja gak bisa ikut milih gan....

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

dengan menuduh ane sebagai panastak... apakah agan seorang panasbung...

suka minum yang panas akhirnya kembung heuheuheu....

woles ahh...

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
BBM Naik, Pemerintah Hemat Rp2 Triliun
18-11-2014 20:31
2 TRILYUN LUMAYAN BUAT NUTUPIN MODAL KAMPANYE
0 0
0
BBM Naik, Pemerintah Hemat Rp2 Triliun
18-11-2014 20:26
Quote:Original Posted By octalicious


"Kartu sakti"? ini kalo kartu ga ada dampaknya gmn ya? apa lagi ada kartu kesehatan kan buat masyarakat? kalo rakyat kecil lagi sakit keras trus pnya kartu itu n kasih liat ke rumah sakit apa mreka dapat penanganan langsung??


masih kalo kan gan? kita liat aja nanti implementasinya emoticon-Malu (S)
untuk penjelasan lebih detail liat aja hot thread ini gan emoticon-I Love Indonesia (S)
http://www.kaskus.co.id/thread/546acb5c138b46a6398b457b/?ref=homelanding&med=hot_thread
Diubah oleh jandy99
0 0
0
BBM Naik, Pemerintah Hemat Rp2 Triliun
18-11-2014 17:16
Quote:Original Posted By sanikobert


o yeah?emoticon-Busa


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
BBM Naik, Pemerintah Hemat Rp2 Triliun
18-11-2014 16:42
Untung aja harga bbm di papua masih 50.000 per liter ea...

0 0
0
BBM Naik, Pemerintah Hemat Rp2 Triliun
18-11-2014 16:41
Quote:Original Posted By octalicious


yakin??


o yeah?emoticon-Busa
0 0
0
BBM Naik, Pemerintah Hemat Rp2 Triliun
18-11-2014 16:28
Quote:Original Posted By sanikobert
ooh..jadi yg 2 triliyun ini mau di alokasikan ke infrastruktur, pendidikan dan kesehatan...
buat 15,600,000 orang cukup lah emoticon-Cool


yakin??
0 0
0
BBM Naik, Pemerintah Hemat Rp2 Triliun
18-11-2014 16:17
ooh..jadi yg 2 triliyun ini mau di alokasikan ke infrastruktur, pendidikan dan kesehatan...
buat 15,600,000 orang cukup lah emoticon-Cool
0 0
0
BBM Naik, Pemerintah Hemat Rp2 Triliun
18-11-2014 16:14
Quote:Original Posted By DarkAstrajingga
berharap BBM naik... trus banyak yang nggak lagi naik motor..

jalan raya jadi gak terlalu crowded..


dan pengguna sepeda seperti ane bisa bersepeda tanpa harus hak jalannya didzhalimi oleh motoer or mobiler...



ngimpi aje lo jalanan bakal sepi, cuma naik 2rb mah ga ngefek ntong buat menengah atas...yg paling berat tuh yg bawah kalo kebutuhan pokok ikutan naik, panastak kog goblog2 begini ya?emoticon-Cape deeehh

0 0
0
BBM Naik, Pemerintah Hemat Rp2 Triliun
18-11-2014 16:10
Quote:Original Posted By gaweenak


Bukannya nga dapet subsidi... biaya transportasinya mahal


oalahh pantes mahal, tpi klo udh mahal gtu tetep naik ga bensin disana?
0 0
0
BBM Naik, Pemerintah Hemat Rp2 Triliun
18-11-2014 16:01
Setuju sama ts
0 0
0
BBM Naik, Pemerintah Hemat Rp2 Triliun
18-11-2014 15:42
Quote:Original Posted By octalicious


wahh.. mahal banget gan, kok di sana ga dapet subsidi si??


Bukannya nga dapet subsidi... biaya transportasinya mahal
0 0
0
BBM Naik, Pemerintah Hemat Rp2 Triliun
18-11-2014 15:28
Quote:Original Posted By wongsu
Untung aja bbm di papua masih 50.000 per liter ea..


wahh.. mahal banget gan, kok di sana ga dapet subsidi si??
0 0
0
BBM Naik, Pemerintah Hemat Rp2 Triliun
18-11-2014 15:24
Quote:Original Posted By DarkAstrajingga
berharap BBM naik... trus banyak yang nggak lagi naik motor..

jalan raya jadi gak terlalu crowded..


dan pengguna sepeda seperti ane bisa bersepeda tanpa harus hak jalannya didzhalimi oleh motoer or mobiler...



istilah baru ini: motoer dan moblier emoticon-Big Grin

emoticon-Ngakak
0 0
0
BBM Naik, Pemerintah Hemat Rp2 Triliun
18-11-2014 15:21
Untung aja bbm di papua masih 50.000 per liter ea..
0 0
0
BBM Naik, Pemerintah Hemat Rp2 Triliun
18-11-2014 15:21
Quote:Original Posted By gaweenak
Mudah"an penghematannya berguna buat rakyat kecil


aaammiinnn
0 0
0
BBM Naik, Pemerintah Hemat Rp2 Triliun
18-11-2014 15:18
Quote:Original Posted By rieu
yg keberatan silakan main2 ke negara2 tetangga yuk emoticon-Embarrassment

BBM Naik, Pemerintah Hemat Rp2 Triliun


wahh ternyata BBM di luar negeri tp ttp di asia lbh mahal ya.. tapi di sana UMRnya berapa gan? emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)
Diubah oleh octalicious
0 0
0
BBM Naik, Pemerintah Hemat Rp2 Triliun
18-11-2014 15:14
Quote:Original Posted By Dr.rasaSenank
menurut ane ini momentum gan, disaat harga minyak dunia turun, pemerintahan Jokowi justru menaikkan bbm... ane rasa ini tepat gan untuk menutupi devisa yg jebol akibat susbsidi ,,, logisnya gini, pemerintah beli minyak dengan harga murah, trus dijual ke rakyat dengan harga agak sedikit naik...nah disaat seperti itu kan devisa jadi agak bertambah gan krn pemerintah membelinya murah, inget gan gara" subsidi bbm negara kita bisa bangkrut. kalo BBM seperti kmrn terus harganya (4500) ane yakin kas negara bisa jebol. Apalagi ditambah nilai tukar rupiah skrg sedang lemah,,,bisa kolaps ni negara -_-


Bener juga si gan, tapi jika dilihat dan nyimak dari orng2.. kasian juga warga kurang mampu di Indonesia, gmn caranya warga kurang mampu dapat bertahan hidup dengan harga sembako yang akan meninggi??harusnya ada solusi untuk itu. Jangan hanya mengeluarkan 'kartu sakti' belum tentu semua orang yg tidak mampu kebagian dan belum tentu juga penanganan di rumah sakit bisa cpt..

0 0
0
BBM Naik, Pemerintah Hemat Rp2 Triliun
18-11-2014 14:45
menurut ane ini momentum gan, disaat harga minyak dunia turun, pemerintahan Jokowi justru menaikkan bbm... ane rasa ini tepat gan untuk menutupi devisa yg jebol akibat susbsidi ,,, logisnya gini, pemerintah beli minyak dengan harga murah, trus dijual ke rakyat dengan harga agak sedikit naik...nah disaat seperti itu kan devisa jadi agak bertambah gan krn pemerintah membelinya murah, inget gan gara" subsidi bbm negara kita bisa bangkrut. kalo BBM seperti kmrn terus harganya (4500) ane yakin kas negara bisa jebol. Apalagi ditambah nilai tukar rupiah skrg sedang lemah,,,bisa kolaps ni negara -_-
Diubah oleh Dr.rasaSenank
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia