WHAT IS BRANDING ?
atau bahasa gaulnya " apa itu branding ? "
sebagian besar orang pasti udah banyak yang tau, tapi seperti nggak mau tau (maksutnya gimana itu gan)
iya saya pernah bertemu dengan teman yang mau buka usaha sebuah warung makan, lantas saya tanya "bang udah ada brandingnya belum ini usaha ?" dia kemudian jawab "lah buat apa branding nanti aja kali kalo udah gede awal awal gini mah modalnya dipake buat iklan aja yang banyak"
yup ini kesalahan banyak orang, yang bener itu
Quote:
branding itu wajib dalam memulai usaha
Quote:
Ibaratnya, brand bagi sebuah perusahaan adalah reputasi bagi seseorang. Meskipun Anda mungkin menemukan beberapa hal yang membuat Anda tertarik dengan seseorang, namun untuk menciptakan hubungan yang mendalam, Anda haruslah memiliki nilai-nilai, peminatan, dan otentisitas yang sama. Hal yang sama juga berlaku bagi perusahaan. Koneksi yang mendalam dan tahan lama hanya bisa terjalin jika pelanggan dan klien berbagi nilai dengan Anda. Maka, semakin baik Anda mendefinisikan nilai-nilai Anda, bertindak berdasarkan nilai-nilai tersebut, dan mengkomunikasikannya dengan pelanggan Anda, semakin dalam pula koneksi yang Anda ciptakan
Jangan anggap enteng brand, karena ia adalah aset terpenting yang bisa dimiliki perusahaan. Brand memberikan nilai, menciptakan diferensiasi dan mendapatkan hasil jangka panjang
Kenapa kami katakan demikian? Sebab, branding termasuk komponen penting yang ikut menentukan proses pengambilan keputusan membeli bagi pelanggan. Brand yang baik akan menempatkan perusahaan/ produk Anda di atas para pesaing Anda, dan membantu Anda menjadi pilihan utama. Brand, jika dikembangkan dengan baik, pun dapat menjadi wadah tunggal untuk mempromosikan bisnis, merangsang pengalaman yang unik, menciptakan ikatan khusus dengan pelanggan, serta memelihara konsistensi dengan kualitas layanan yang ditawarkan.
Satu hal yang harus Anda pahami adalah, kita hidup dalam masyarakat yang berorientasi sensorik. Artinya, kita mendasarkan penilaian kita pada hal-hal yang dapat diterima panca indera kita, seperti stimulasi visual, rasa, bau, sentuhan dan suara, dan kita melakukan ini bahkan di alam bawah sadar kita. Jadi, kita sangat terbiasa mengait-kaitkan nama, kata ataupun simbol tertentu dengan harapan kualitas, konsistensi, layanan pelanggan dan lainnya.
Mengapa kita harus memahami hal itu? Sebab, hal itu akan sangat membantu kita dalam membuat brand yang baik. Idealnya, brand akan menjadi kepribadian, karakter dan jiwa perusahaan Anda. Brand akan menjadi perwujudan kepercayaan, antisipasi kualitas dan performa, serta yang paling penting, perasaan bahwa ini adalah identitas yang ingin Anda tunjukkan kepada pelanggan
Sturback begitu mendengar nama itu, hal apa yang lantas terbayang dalam benak Anda? Kopi, hijau, ramah lingkungan, modern, casual, mahal, berkelas? Itulah identitas yang disematkan pada Starbucks. Itulah branding Starbucks. iya dia adalah pionir usaha kopi terbesar didunia yang menjual kopi 0.5$ menjadi 5$ , dia bukan hanya menjual kopi tapi dia juga menjual brand.
-By Yunus Ibrahim
HOW TO MAKE A BRANDING ?
branding ini salah satu mata kuliah di kuliah ane, yaitu kuliah desain nama mata kuliahnya adalah branding and advertising
kalo kita denger branding pasti kita nggak langsung merujuk pada desain dari suatu produk tersebut.
gimana sih yang dimaksud desain branding itu
1. LOGO
sebuah logo adalah gambaran besar dari suatu perusahaan/bisnis, logo adalah sebuah cerita, sebuah filosofi
jangan asal bikin logo nanti usahanya jadi terkesan asal juga
2. ADVERTISING
nah advertising ini penting juga untuk branding, ibarat ada cewek cantik kalo di rumah terus juga gak bakal bisa dapet pacar, jadi percuma aja brandingnya udah cantik tapi gak ada yang liat advertising ini untuk ajang pamer dan gaya branding agan
3. PACKAGING
NAAHH ! ini jenius dia buat sebuah packaging yang unik yang orang bakal liat 2x dan gak nyesel untuk beli meskipun lebih mahal daripada yang dijual ditoko2 sebelah
okeee segitu aja gaan artikel dari sayaa, kalo ada salah kita mohon maaf
CMIIW