- Beranda
- The Lounge
Teknik-teknik membuat film animasi
...
TS
arungjeram25
Teknik-teknik membuat film animasi
Quote:
SELAMAT DATANG DI THREAD BUATAN
KASVFXCOMMUNITY
DENGAN VISUAL, KITA RUBAH SEGALANYA
KASVFXCOMMUNITY
DENGAN VISUAL, KITA RUBAH SEGALANYA
Quote:
Sekilas tentang Animasi
Animasi adalah rentetan gambar-gambar yang ditampilkan dengan cepat untuk menciptakan ilusi suatu benda yang bergerak (POV). Animasi dapat dibuat dengan berbagai cara, seperti dengan menggambar di kertas lalu digerakkan secara cepat, dengan menggunakan objek 3D atau dengan menggunakan teknologi komputer.
Animasi adalah rentetan gambar-gambar yang ditampilkan dengan cepat untuk menciptakan ilusi suatu benda yang bergerak (POV). Animasi dapat dibuat dengan berbagai cara, seperti dengan menggambar di kertas lalu digerakkan secara cepat, dengan menggunakan objek 3D atau dengan menggunakan teknologi komputer.
Quote:
Intermezzo
Agan-agan sekalian pasti udah nonton film animasi kan? Tapi pernahkah agan berpikir bagaimana cara membuat animasi tersebut? Berikut adalah beberapa teknik yang sering dipakai untuk setiap kategori.
Agan-agan sekalian pasti udah nonton film animasi kan? Tapi pernahkah agan berpikir bagaimana cara membuat animasi tersebut? Berikut adalah beberapa teknik yang sering dipakai untuk setiap kategori.
Quote:
SHIFT + X, untuk membuka semua spoiler
Spoiler for Traditional Animation:
Traditional Animation
Dikenal juga sebagai hand-drawn animation. Kebanyakan film pada abad ke-20 menggunakan teknik ini. Teknik ini terbagi lagi menjadi :
- Full Animation : Hasil animasi berkualitas tinggi, dengan pergerakan yang halus dan gambaran yang detail. Contoh : The Lion King, Beauty and The Beast.
- Limited Animation : Bertolak belakang dengan full animation, hasil berkualitas rendah, dengan pergerakan yang patah-patah, dan gambar yang kurang detail
- Rotoscoping : Teknik ini mengambil contoh pergerakan benda. Para animator merekam pergerakan benda tersebut, lalu mengurainya menjadi rentetan gambar, lalu animator tersebut menggambar ulang gambar tersebut sehingga nantinya menjadi rentetan gambar yang siap di-animasikan. Contoh dari Rotoscoping
- Live-action : Menggabungkan antara dunia nyata dan animasi. Animasi langsung digabungkan kedalam hasil syuting para aktor. Contoh : Space Jam
Spoiler for :
Spoiler for Stop-motion Animation:
Stop-motion Animation
Menggunakan benda nyata sebagai subjeknya. Dibuat dengan cara mengubah bentuk atau menggerakkan benda tersebut sambil difoto atau direkam sehingga menjadi suatu bentuk dari animasi. Teknik ini terbagi lagi, menjadi :
- Puppet animation : Menggunakan boneka sebagai modelnya. Model telah dikonfigurasi pergerakannya sehingga menyerupai benda yang dituju, seperti manusia atau hewan. Contoh : Coraline
Spoiler for :
- Clay Animation : Menggunakan plastisin sebagai objeknya. Objek dapat memiliki rangka sehingga dapat diubah bentuknya, atau dapat juga seluruhnya terbuat dari plastisin, sehingga dibutuhkan banyak model yang berbeda bentuk untuk memenuhi pose-pose yang dibutuhkan. Contoh : Chicken Run, Wallace and Gromit, Shaun the Sheep
Spoiler for :
- Cutout Animaton : Menggunakan objek 2D, seperti kertas, karton atau kain. Contoh : South Park (pilot episode)
Spoiler for :
- Silhouette Animation : Variasi dari Cutout, tetapi hasil animasi akan bertema siluet
Spoiler for :
Spoiler for Computer Animation:
Computer Animation
Memiliki banyak teknik tetapi tetap mengacu bahwa animasi dibuat secara digital dalam komputer.
2D
Dibuat menggunakan software grafis 2D, seperti Photoshop, CorelDRAW. Implementasi dari animasi ini dapat berupa Flash animation dan PowerPoint animation. Contoh : The Prince of Egypt, The Princess and the Frog, South Park. GIF animation dikategorikan sebagai animasi Cinemagraph. Sering juga, Cutout animation dibuat menggunakan komputer, menggunakan software seperti CorelDRAW dan Maya
Spoiler for :
3D
Dibuat menggunakan software 3D. Objek 3D yang disebut mesh dibuat oleh modeler, lalu model terkadang di-rig agar bentuk mesh dapat dimanupulasi dengan kontrol yang telah di-set. Objek/Mesh ini bisa dipindahkan / dimanipulasi dan diberi keyframe untuk membuat animasi-nya. Teknik pembuatannya juga terbagi, menjadi :
- Cel-shaded Animation : Membuat grafik dari animasi terkesan seperti animasi 2D. Teknik ini kadang disebut Toon Shading. Kebanyakan anime sekarang menggunakan teknik ini.
Spoiler for :
- Machinima : Film yang menggabungkan antara dunia virtual dan dunia game. Beyond: Two Souls dapat dikategorikan game dan juga film Machinima
Spoiler for :
- Photo-realistic animation : Digunakan oleh animasi yang grafiknya berusaha menyerupai kehidupan nyata. Segala detail diperhitungkan, mulai dari kulit, hair and fur, rumput, api, awan, ledakan, dll. Contoh : Up, Kung Fu Panda, Ice Age. Penjelasan tentang membuat film animasi 3D dapat ditemukan di thread ane dibawah.
Spoiler for :
Quote:
Quote:
Penutup
Jadi itulah sekian dari banyak teknik yang umum dipakai dalam industri animasi sekarang. Industri animasi di Indonesia sekarang telah berkembang, dengan filmnya Battle of Surabaya yang bisa dikatakan selevel dengan Avatar Aang.
Jadi itulah sekian dari banyak teknik yang umum dipakai dalam industri animasi sekarang. Industri animasi di Indonesia sekarang telah berkembang, dengan filmnya Battle of Surabaya yang bisa dikatakan selevel dengan Avatar Aang.
Spoiler for Sumur:
Bila berkenan dan beri komentar gan!
Ane sangat menerima
Ane sangat menerima
Diubah oleh arungjeram25 01-08-2014 05:06
0
10.4K
Kutip
63
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
922.7KThread•82.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru