Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

surowenconoAvatar border
TS
surowencono
Mengenal 7 Karakter Manusia
Hanya sekedar berbagi emoticon-Wink

Bagi anda yang berprofesi sebagai marketing, tentu mengenal karakter pembeli adalah salah satu poin yang penting ketika kita akan menjual produk kita. Tanpa kita mengenal karakter calon pembeli kita, maka kita akan sulit untuk menjual produk yang kita bawa.


Berikut ini adalah 7 dasar karakter pembeli :

1. Karateristik Common Person

Orang yang memiliki karakter seperti ini cenderung memiliki sifat :

Keinginan untuk diterima
Tidak menampakkan emosional
Menyesuaikan dan adaptasi pada lingkungan
Respek terhadap norma-norma sosial
Senang mandiri dan diperhatikan orang
Selesaikan masalah. Tidak banyak keluhan
Senang menjadi anggota kelompok
Moral yang kuat, terkadang sempurna

Cara menjual kepada karakter Common Person adalah :

Membuat keputusan atas dasar logika
Referensi terbaik adalah kepuasan pelanggan anda
Cenderung anda membuat proposal kepada kelompoknya untuk dipelajari
Senang menggunakan kata-kata Logika & Nilai Uang, Kualitas Baik & Setiap Orang Tahu.

2. Karakteristik Continuous Learner


Orang yang memiliki karakter ini memiliki sifat :

Suka menyelesaikan proyek hingga tuntas
Sangat praktis dan teliti
Senang kerja luar / lapangan
Menjual modul secara sistematis / teliti
Suka pada hal kecil dalam pekerjaan
Suara monoton / menjemukan
Senang membicarakan tentang pekerjaannya
Setiap pernyataannya didukung bukti

Cara menjual kepada karakter Continous Learner :

Presentase semakin detail semakin baik. Tunjukkan bagaimana produk anda dapat memberi inspirasi baginya
Usulkan waktu kunjungan lain saat dia butuh produk anda diwaktu yang lebih cepat
Buat persetujuan lebih awal. Dia tidak suka revisi kesepakatan
Berikan daftar fitur dan manfaat secara lengkap. Lebih banyak informasi produk semakin baik
Tawarkan uji coba produk
Tunjukkan surat pelanggan yang merasa puas
Persiapkan waktu panjang untuk diskusi hal teknis, prosedural & operasional
Jual keunggulan teknis & fitur produk
Gunakan kata-aktif seperti : Rencana, tugas/pekerjaan, proyek, dsb

3. Karakteristik Critique

Orang yang memiliki karakter Critique memiliki sifat :

Egosentris, arogan, sangat sadar atas status
Harus menang, haram untuk kalah
Berat untuk merubah keputusannya walaupun akan kalah
Senang menunjukkan ke orang lain atas kemenangannya
Memberi pendapat atas dasar pandangan pribadi, bias dan lebih mementingkan golongan kecil
Suka berargumentasi
Cenderung mempengaruhi pendapatnya ke pihak lain untuk kepentingannya

Cara menjual kepada karakter Critique :

Motivasi mereka ambil keputusan segera
Buktikan produk anda memiliki solusi yang diinginkan
Gunakan kata-kata yang jelas & tegas
Yakinkan mereka mendapatkan yang terbaik
Bicara untuk fakta untuk menutup penjualan
Tanggapi pandangan mereka secara proporsional, jangan menggurui atau membodohi

4. Karakterisitik Camper ( Penakut )

Orang yang memiliki karakter Camper memiliki sifat :

Merasa selalu tidak sehat
Kantor / tempat kerja penuh dengan dokumen ( Kasus tertentu )
Senang ketika seseorang merasa lebih lemah
Senang mendengarkan kesusahan orang
Takut ambil resiko, takut ambil keputusan, butuh untuk mendengar pendapat orang lain
Penuh keraguan, tidak yakin & penakut

Cara menjual kepada karakter Camper :

Siap dialog panjang
Bantu mereka ambil keputusan
Peresah senang merek mapan & citra konservatif
Kurangi keragu-raguan & ketidak pastian
Jadikan / yakinkan & berikan perasaan aman
Pendekatan bertahap & perlahan
Peresah mudah salah paham, bingung, lambat ambil keputusan
Bantu ambil keputusan untuk mereka

5. Karakteristik Climber ( Mudah Beradaptasi )

Orang yang memiliki karakter Climber memiliki sifat :

Selalu tersenyum, bersahabat, penuh semangat
Optimistik, senang basa-basi sebelum topik
Senang bersosialisasi, tidak bisa diam
Senang hal-hal pribadi
Melanggar jadwal karena terlalu banyak aktivitas / tidak mudah fokus
memulai projek dengan antusiasme tinggi, tetapi tidak fokus, finishing lemah

Cara menjual kepada karakter Climber :

Mudah!!!... Hanya senyum, senyum & senyum
Penggerak ambil keputusan dengan perasaan, tidak dengan pikirannya
Bangkitkan emosi jika memungkinkan, lupakan tentang penggunaan logika
Kembangkan hubungan relasi & berkawan
Sangat pribadi, panggil nama duluan, sedikit bicara, & bicara mengenai masalah pribadi

6. Karakteristik Crazy Artist ( Tertutup )

Orang dengan karakter Crazy Artist memiliki sifat :

Senang untuk mencipta
Introvet-Inward looking / tertutup
Senang menyepi / Memikir sendiri
Fokus pada dirinya seperti santa / santo / pendeta / kyai
Lambat dalam memulai pembicaraan
Tidak menatap mata, menutup mulut
Memproses informasinya secara visual

Cara menjual kepada karakter Crazy Artist :

Seniman butuh waktu untuk membuat keputusan
Membutuhkan banyak perhatian
Menggunakan kata-kata bergambar / imajinasi
Gunakan alat menjual yang visual seperti brosur, katalog, gambar-gambar, grafik, video dll
Ketika mereka sedang memperhatikan brosur jangan diganggu

7. Karakteristik Cash Registered ( Matrealistis )

Orang dengan karakter seperti ini memiliki sifat :

Berbicara tentang uang pada awal pembicaraan
Senang bicara sejarah / cerita, khususnya tentang latar belakang mereka yang bereputasi
Pengambil resiko, senang tantangan
Oportunis, banyak akal tentang uang - Bijak

Cara menjual kepada orang dengan karakter Cash Registered :

Tunjukkan beberapa kategori selektif saja
Tawarkan kondisi khusus
Pendorong membagi orang jadi :
Pemenang : Kelompok kecil yang sukses, informasi yang baik, pekerja keras, menyelesaikan masalah sulit, kiat ke posisi top
Yang kalah : Jalan terbaik untuk sukses - Mengambil hati. Tunjukkan keinginan mau belajar.

Demikian beberapa karakter pembeli yang bisa dijadikan pedoman bagi anda yang berprofesi sebagai tenaga pejual. Satu hal yang terpenting adalah masalah pelayanan. Karena pelayanan adalah proses, maka kepuasan pelanggan terhadap pelayanan akan sangat tergantung kepada interaksi yang terjadi antara penyedia layanan dengan pelanggan ( MOT ). Dan pada MOT yang kritis dan harapan pelanggan tidak terpenuhi akan membuat pelanggan kecewa dan mungkin saja akan meninggalkan bisnis anda.

Kalo ada yang mo nambahin monggooo emoticon-Smilie
0
4.4K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Ilmu Marketing
Ilmu MarketingKASKUS Official
9.5KThread3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.