- Beranda
- The Lounge
Jembatan,Fungsi dan Variannya
...
TS
battle.of.uhud
Jembatan,Fungsi dan Variannya
Spoiler for wajib:
Quote:
Jembatan adalah suatu struktur bangunan yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintangan-rintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai, saluran irigasi dan pembuangan, jalan kereta api, waduk, dan lain-lain. Desain dari jembatan bervariasi tergantung pada fungsi dari jembatan atau kondisi bentuk permukaan bumi dimana jembatan tersebut dibangun
neh gan salah satu contohnya
neh gan salah satu contohnya
Spoiler for bridge:
Quote:
Nah skarang ane mau kasih tau beberapa varian dan fungsi dari jembatan silahkan di simak dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya
Quote:
1.Jembatan Alang // Beam Bridge
Jembatan alang adalah struktur jembatan yang sangat sederhana dimana jembatan hanya berupa balok horizontal yang disangga oleh tiang penopang pada kedua pangkalnya. Asal usul struktur jembatan alang berawal dari jembatan balok kayu sederhana yang di pakai untuk menyeberangi sungai. Di zaman modern, jembatan alang terbuat dari balok baja yang lebih kokoh. Panjang sebuah balok pada jembatan alang biasanya tidak melebihi 250 kaki (76 m). Karena, semakin panjang balok jembatan, maka akan semakin lemah kekuatan dari jembatan ini. Oleh karena itu, struktur jembatan ini sudah jarang digunakan sekarang kecuali untuk jarak yang dekat saja. Jembatan alang terpanjang di dunia saat ini adalah jembatan alang yang terletak di Danau Pontchartrain Causeway di selatan Louisiana, Amerika Serikat. Jembatan ini memiliki panjang 23,83 mil (38,35 km), dan lebar 56 kaki (17 m)
konsepnya sederhana gan neh liat
kalo ini cikal bakalnya beam bridge gan
klo yang ini udah pake teknologi gan
Jembatan alang adalah struktur jembatan yang sangat sederhana dimana jembatan hanya berupa balok horizontal yang disangga oleh tiang penopang pada kedua pangkalnya. Asal usul struktur jembatan alang berawal dari jembatan balok kayu sederhana yang di pakai untuk menyeberangi sungai. Di zaman modern, jembatan alang terbuat dari balok baja yang lebih kokoh. Panjang sebuah balok pada jembatan alang biasanya tidak melebihi 250 kaki (76 m). Karena, semakin panjang balok jembatan, maka akan semakin lemah kekuatan dari jembatan ini. Oleh karena itu, struktur jembatan ini sudah jarang digunakan sekarang kecuali untuk jarak yang dekat saja. Jembatan alang terpanjang di dunia saat ini adalah jembatan alang yang terletak di Danau Pontchartrain Causeway di selatan Louisiana, Amerika Serikat. Jembatan ini memiliki panjang 23,83 mil (38,35 km), dan lebar 56 kaki (17 m)
konsepnya sederhana gan neh liat
Spoiler for bridge:
kalo ini cikal bakalnya beam bridge gan
Spoiler for bridge:
klo yang ini udah pake teknologi gan
Spoiler for bridge:
Quote:
2.Jembatan Penyangga // Cantilever Bridge
Berbeda dengan jembatan alang, struktur jembatan penyangga berupa balok horizontal yang disangga oleh tiang penopang hanya pada salah satu pangkalnya. Pembangunan jembatan penyangga membutuhkan lebih banyak bahan dibanding jembatan alang. Jembatan penyangga biasanya digunakan untuk mengatasi masalah pembuatan jembatan apabila keadaan tidak memungkinkan untuk menahan beban jembatan dari bawah sewaktu proses pembuatan. Jembatan jenis ini agak keras dan tidak mudah bergoyang, oleh karena itu struktur jembatan penyangga biasanya digunakan untuk memuat jembatan rel kereta api. Jembatan penyangga terbesar di dunia saat ini adalah jembatan penyangga Quebec Bridge di Quebec, Kanada. Jembatan ini memiliki panjang 549 meter (1.801 kaki).
Ini konsepnya gan
kalo ini poto Benjamin Baker salah satu perancang Cantilever Bridge
nah kalo udah jadi kaya gini gan ajib bgt
Berbeda dengan jembatan alang, struktur jembatan penyangga berupa balok horizontal yang disangga oleh tiang penopang hanya pada salah satu pangkalnya. Pembangunan jembatan penyangga membutuhkan lebih banyak bahan dibanding jembatan alang. Jembatan penyangga biasanya digunakan untuk mengatasi masalah pembuatan jembatan apabila keadaan tidak memungkinkan untuk menahan beban jembatan dari bawah sewaktu proses pembuatan. Jembatan jenis ini agak keras dan tidak mudah bergoyang, oleh karena itu struktur jembatan penyangga biasanya digunakan untuk memuat jembatan rel kereta api. Jembatan penyangga terbesar di dunia saat ini adalah jembatan penyangga Quebec Bridge di Quebec, Kanada. Jembatan ini memiliki panjang 549 meter (1.801 kaki).
Ini konsepnya gan
Spoiler for bridge:
kalo ini poto Benjamin Baker salah satu perancang Cantilever Bridge
Spoiler for bridge:
nah kalo udah jadi kaya gini gan ajib bgt
Spoiler for bridge:
Spoiler for bridge:
Quote:
3.Jembatan Lengkung // Arch Bridge
Jembatan lengkung memiliki dinding tumpuan pada setiap ujungnya. Jembatan lengkung yang paling awal diketahui dibangun oleh masyarakat Yunani, contohnya adalah Jembatan Arkadiko. Beban dari jembatan akan mendorong dinding tumpuan pada kedua sisinya. Dubai, Uni Emirat Arab saat ini sedang membangun Sheikh Rashid bin Saeed Crossing. Jembatan ini dijadwalkan akan selesai pada tahun 2012. Jika proses pembangunan telah selesai, jembatan ini akan menjadi jembatan lengkung terpanjang di dunia.
workflownya kurang lebih begini gan,sangat sistematis liat dengan seksama gan animasi gift
visualisasi 3d konsepnya gan
salah satu proses pembuatan jembatan yg lengkung
klo yang ini udah jadi
Jembatan lengkung memiliki dinding tumpuan pada setiap ujungnya. Jembatan lengkung yang paling awal diketahui dibangun oleh masyarakat Yunani, contohnya adalah Jembatan Arkadiko. Beban dari jembatan akan mendorong dinding tumpuan pada kedua sisinya. Dubai, Uni Emirat Arab saat ini sedang membangun Sheikh Rashid bin Saeed Crossing. Jembatan ini dijadwalkan akan selesai pada tahun 2012. Jika proses pembangunan telah selesai, jembatan ini akan menjadi jembatan lengkung terpanjang di dunia.
workflownya kurang lebih begini gan,sangat sistematis liat dengan seksama gan animasi gift
Spoiler for bridge:
visualisasi 3d konsepnya gan
Spoiler for bridge:
salah satu proses pembuatan jembatan yg lengkung
Spoiler for bridge:
klo yang ini udah jadi
Spoiler for bridge:
Quote:
4.Jembatan Gantung // Suspension Bridge
Dahulu, jembatan gantung yang paling awal digantungkan dengan menggunakan tali atau dengan potongan bambu. Jembatan gantung modern digantungkan dengan menggunakan kabel baja. Pada jembatan gantung modern, kabel menggantung dari menara jembatan kemudian melekat pada caisson (alat berbentuk peti terbalik yang digunakan untuk menambatkan kabel di dalam air) atau cofferdam (ruangan di air yang dikeringkan untuk pembangunan dasar jembatan). Caisson atau cofferdam akan ditanamkan jauh ke dalam lantai danau atau sungai. Jembatan gantung terpanjang di dunia saat ini adalah Jembatan Akashi Kaikyo di Jepang. Jembatan ini memiliki panjang 12.826 kaki (3.909 m) .
konsep dan ilustrasinya gan,masih coretan tangan
ini contoh kontruksi dan jembatan yg udah jadi
ini jembatan Manhattan di new york waktu di bikin bahasa kerenya under contruction
kalo ini kabel suspensinya di jembatan golden gate
yang ini Jembatan Akashi Kaikyo di Jepang. Jembatan ini memiliki panjang 12.826 kaki (3.909 m) keren gan ajib bgt
Dahulu, jembatan gantung yang paling awal digantungkan dengan menggunakan tali atau dengan potongan bambu. Jembatan gantung modern digantungkan dengan menggunakan kabel baja. Pada jembatan gantung modern, kabel menggantung dari menara jembatan kemudian melekat pada caisson (alat berbentuk peti terbalik yang digunakan untuk menambatkan kabel di dalam air) atau cofferdam (ruangan di air yang dikeringkan untuk pembangunan dasar jembatan). Caisson atau cofferdam akan ditanamkan jauh ke dalam lantai danau atau sungai. Jembatan gantung terpanjang di dunia saat ini adalah Jembatan Akashi Kaikyo di Jepang. Jembatan ini memiliki panjang 12.826 kaki (3.909 m) .
konsep dan ilustrasinya gan,masih coretan tangan
Spoiler for bridge:
ini contoh kontruksi dan jembatan yg udah jadi
Spoiler for bridge:
ini jembatan Manhattan di new york waktu di bikin bahasa kerenya under contruction
kalo ini kabel suspensinya di jembatan golden gate
yang ini Jembatan Akashi Kaikyo di Jepang. Jembatan ini memiliki panjang 12.826 kaki (3.909 m) keren gan ajib bgt
Quote:
5.Jembatan Kabel-Penahan // Cable-Stayed Bridge
Mirip jembatan gantung, jembatan kabel-penahan ditahan dengan menggunakan kabel. Namun, yang membedakan jembatan kabel-penahan dengan jembatan gantung adalah bahwa pada sebuah jembatan kabel-penahan jumlah kabel yang dibutuhkan lebih sedikit dan menara jembatan menahan kabel yang lebih pendek. Jembatan kabel-penahan yang pertama dirancang pada tahun 1784 oleh CT Loescher. Jembatan kabel-penahan terpanjang di dunia saat ini adalah Jembatan Sutong yang melintas di atas Sungai Yangtze di China.
konsep
ane kasi yang udah jadi aja dah
Mirip jembatan gantung, jembatan kabel-penahan ditahan dengan menggunakan kabel. Namun, yang membedakan jembatan kabel-penahan dengan jembatan gantung adalah bahwa pada sebuah jembatan kabel-penahan jumlah kabel yang dibutuhkan lebih sedikit dan menara jembatan menahan kabel yang lebih pendek. Jembatan kabel-penahan yang pertama dirancang pada tahun 1784 oleh CT Loescher. Jembatan kabel-penahan terpanjang di dunia saat ini adalah Jembatan Sutong yang melintas di atas Sungai Yangtze di China.
konsep
Spoiler for bridge:
konsepnya ane blom dapet gan hehe...
ane kasi yang udah jadi aja dah
Spoiler for bridge:
Spoiler for bridge:
Spoiler for bridge:
Quote:
6.Jembatan Kerangka // Truss Bridge
Jembatan kerangka adalah salah satu jenis tertua dari struktur jembatan modern. Jembatan kerangka dibuat dengan menyusun tiang-tiang jembatan membentuk kisi-kisi agar setiap tiang hanya menampung sebagian berat struktur jembatan tersebut. Kelebihan sebuah jembatan kerangka dibandingkan dengan jenis jembatan lainnya adalah biaya pembuatannya yang lebih ekonomis karena penggunaan bahan yang lebih efisien. Selain itu, jembatan kerangka dapat menahan beban yang lebih berat untuk jarak yang lebih jauh dengan menggunakan elemen yang lebih pendek daripada jambatan alang.
ini konsep,desain dan ilustrasinya
jadi dah
Jembatan kerangka adalah salah satu jenis tertua dari struktur jembatan modern. Jembatan kerangka dibuat dengan menyusun tiang-tiang jembatan membentuk kisi-kisi agar setiap tiang hanya menampung sebagian berat struktur jembatan tersebut. Kelebihan sebuah jembatan kerangka dibandingkan dengan jenis jembatan lainnya adalah biaya pembuatannya yang lebih ekonomis karena penggunaan bahan yang lebih efisien. Selain itu, jembatan kerangka dapat menahan beban yang lebih berat untuk jarak yang lebih jauh dengan menggunakan elemen yang lebih pendek daripada jambatan alang.
ini konsep,desain dan ilustrasinya
Spoiler for bridge:
jadi dah
Spoiler for bridge:
Spoiler for bridge:
Quote:
7.Jembatan Angkat (Moveable Bridge)
Jembatan angkat adalah jembatan yang biasanya terletak di sungai atau selat di mana di bagian tengah jembatan bisa bergerak atau diangkat karena bisa digunakan untuk lalu lalang kapal-kapal besar yang melewati sungai atau selat.
ane kasi ilustrasinya,keren gan animasi gif
jadi dah
tower bridge london
ember
Jembatan angkat adalah jembatan yang biasanya terletak di sungai atau selat di mana di bagian tengah jembatan bisa bergerak atau diangkat karena bisa digunakan untuk lalu lalang kapal-kapal besar yang melewati sungai atau selat.
ane kasi ilustrasinya,keren gan animasi gif
Spoiler for bridge:
jadi dah
Spoiler for bridge:
Spoiler for ini di Indo,jembatan kota intan kotatua:
Spoiler for bridge:
Spoiler for bridge:
Spoiler for BONUS:
tower bridge london
tolong hargai TS bikinya cepe neh
ember
Diubah oleh battle.of.uhud 12-06-2014 06:18
0
8.2K
Kutip
90
Balasan
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
923.3KThread•83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok