Kembali bersama saya, saya akan membahas kereta shinkansen yang terkenal. Langsung saja saya bahas
Quote:
Kereta Shinkansen pertama kali diresmikan pada 1 Oktober tahun 1964 dengan pembukaan jalur Tokaido Shinkansen. Kereta shinkansen berbeda dengan kereta biasa yang berlebar sepur 1067, lebar sepur kereta shinkansen adalah 1435 mm. Kereta shinkansen ini diberi 2 nama yakni kereta kodama dan hikari. Sebelumnya kereta kodama adalah kereta biasa yang beroperasi dijalur utama Tokaido dengan waktu tempuh 6 jam 50 menit dengan menggunakan KRL seri 151, pict :
Source wikipedia
Sedangkan untuk kereta hikari sebelumnya beroperasi trayek Hakata - Beppu di pulau Kyushu. Untuk kereta Kodama berhenti diseluruh stasiun sedangkan kereta hikari berhenti di beberapa stasiun saja. Ditahun 1972 layanan kereta shinkansen merambah hingga Fukoka dengan pembukaan rute Sanyo Shinkansen pada tanggal 15 Maret 1972 (Osaka - Okayama, Okayama - Fukoka dibuka tanggal 10 Maret 1975). Pada awalnya seluruh kereta shinkansen menggunakan seri 0 yang berbentuk peluru senjata api dengan garis dan bemper /cowcatcher warna biru namun ditahun 1985 kedatangan seri 100 yang berbentuk aerodinamis ini menggantikan peran seri 0, namun uniknya seri 100 memiliki kereta 2 tingkat dan hanya saja layanan kereta 2 tingkat itu adalah kelas green class / super eksekutif, namun ada juga kereta 2 tingkat itu bisa jadi kereta restorasi dan kelas green class, kereta 2 tingkat itu hanya bisa dinikmati jika agan naik kereta hikari namun sayang sekitar tahun 2002 seri 100 tidak berdinas kereta hikari lagi karena digantikan seri 300 akibat kedatangan seri 700 yang otomatis dioperasikan sebagai kereta nozomi. Kereta nozomi diluncurkan tahun 1992 dengan seri 300 yang berteknologi VVVF-GTO dan interior kereta pun lebih modern pada masa itu dan kecepatan kereta ini mencapai 270 km/h namun ditahun 1997 seri 500 diluncurkan dan dioperasikan sebagai kereta nozomi dan hebatnya kereta ini bisa mencapai kecepatan 300 km/h. Di penghujung abad 20, seri 700 diluncurkan tahun 1999 dan hanya saja kereta nozomi yang biasanya dilayani seri 300 disingkirkan pamornya oleh seri 700 hingga tahun 2001, namun ditahun 2007 seri N700 beroperasi dijalur Tokaido dan Sanyo Shikansen hingga kini. Jika agan mau jalan - jalan ke Fukoka dan Osaka sebaiknya naik kereta shinkansen ini (saya sarankan agan naik kereta hikari karena perjalanannya cepat dan valid dengan kartu Japan Rail Pass, selain itu bisa juga naik kereta kodama namun perjalanannya sangat lama karena berhenti diseluruh stasiun mana pula harus kena susul oleh kereta hikari / nozomi namun juga valid dengan kartu Japan Rail Pass. Bisa saja agan naik kereta nozomi namun harga tiketnya mahal ketimbang kereta Kodama / Hikari + tidak valid untuk kartu Japan Rail Pass namun kereta Nozomi hanya berhenti di stasiun besar saja) Oh ya, sejak pecahnya era JNR (Japan National Railways) menjadi Japan Railway (JR) Group maka jalur Tokaido shinkansen dikontrol oleh JR Central dan Sanyo shinkansen dikontrol oleh JR West
Spoiler for Sekilas mengenai armada kereta Shinkansen jalur Tokaido dan Sanyo:
Spoiler for Seri 0:
Tahun beroperasi : 1 Oktober 1967 - 14 Desember 2008
Jumlah unit : 3216 kereta
Tahun pembuatan : 1963 - 1986
Formasi kereta : Beragam, ada 4, 6, 8, 12 dan 16 kereta
27 kereta dari seri ini dipreservasi diberbagai tempat bahkan ada juga yang dipreservasi di luar negri
Bonus Video :
Spoiler for Seri 100:
Tahun beroperasi : 1 Oktober 1985 - 16 Maret 2012
Jumlah unit : 1056 kereta
Tahun pembuatan : 1984 - 1991
Formasi kereta : Beragam, ada 4, 6, 12 dan 16 kereta
5 kereta dari seri ini dipreservasi di berbagai tempat
Bonus video :
Spoiler for Seri 300:
Tahun beroperasi : Februari 1992 - 16 Maret 2012
Jumlah unit : 1104 kereta
Tahun pembuatan : 1990 - 1998
Formasi kereta : 16 kereta
2 kereta dari seri ini dipreservasi di SCMaglev and Railway Park (Kini tinggal 1 kereta saja)
Seri ini mendapatkan penghargaan laurel prize ditahun 1993
Bonus video :
Spoiler for Seri 500:
Tahun beroperasi : Maret 1997 - Sekarang
Jumlah unit : 144 kereta (9 set) > 64 kereta (8 set)
Tahun pembuatan : 1995 - 1998
Formasi kereta : 16 kereta > 8 kereta
Bonus video :
[YOUTUBE]-zLTDFzbh5A][/YOUTUBE]
Bonus video pengembangan seri 500 :
Spoiler for Seri 700:
Tahun beroperasi : 1999 - Sekarang
Jumlah unit : 1328 kereta (91 set)
Tahun pembuatan : 1997 - 2006
Formasi kereta : 8 (Hikari rail star) dan 16 kereta
1 kereta dipreservarsi di SCMaglev and Railway Park, Nagoya
Bonus video :
Spoiler for Seri N700:
Tahun beroperasi : 2007 - Sekarang
Jumlah unit : 2016 kereta
Tahun pembuatan : 2005 - sekarang
Formasi kereta : 8 (Kendali JR Kyushu) dan 16 kereta (Kendali JR West + JR Central)
Bonus video :
Untuk bahasan Tohoku, Joetsu, Nagano, Kyushu, Hokuriku dan Hokkaido shinkansen dibahas pada kesempatan berikutnya, sementara hanya sampai ulasan Tokaido dan Sanyo shinkansen
Berkenan untuk atau atau
Tidak berkenan untuk
Mohon maaf kalau video youtubenya terlalu banyak, untuk gambarnya semua sumber dari wikipedia.
Terima kasih atas kunjungan anda
0
6.2K
Kutip
25
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!