Kaskus

News

falbroAvatar border
TS
falbro
Apa itu Business model canvas?
Alexander Osterwalder dalam bukunya Business Model Generation menciptakan sebuah framework yang sederhana dan mudah dimengerti untuk menggambarkan bisnis kita yaitu Business Model Canvas. Pada business model canvas ini ada sembilan kotak yang merepresentasikan elemen2 kunci yang secara umum akan ada pada semua model bisnis. Kesembilan hal tersebut adalah:

Customer segments
Value proposition
Channel
Customer relationship
Revenue stream
Key resource
Key activities
Key partners
Cost

Apa itu Business model canvas?

nah, sekarang yang perlu kita lakukan adalah isi kotak-kotak ini

Apa itu Business model canvas?


1. Customer segment

Customer segment adalah kelompok target konsumen yang akan atau sedang kita bidik untuk menjadi pelanggan kita. Hal yang harus diperhatikan dalam segmentasi pelanggan adalah, kita harus benar2 bisa mendefinisikan secara spesifik siapa segment target pelanggan kita. Segmen target bisa dibedakan berdasarkan hal2 seperti:

Tingkat ekonomi (menengah, atas atau kalau mau lebih spesifik lagi di segmentasi berdasarkan pendapatan atau uang jajan bulanan target konsumen kita)
Umur
Komunitas tertentu (misalnya komunitas sepeda, komunitas pecinta hewan tertentu atau komunitas ibu2 pengajian dll.)
Perilaku khusus dari target konsumen kita (misalnya reaksinya terhadap harga barang, kadang ada perilaku tertentu yang malah suka dengan barang mahal, ada juga yang sensitif terhadap harga mau yang murah dll.)
Yang penting adalah kita betul-betul bisa membagi (segmentasi) target customer kita, karena dengan membagi kita lebih bisa mengerti dan menangkap kebutuhan khusus dan sifat target konsumen kita. Inilah yang harus kita tangkap dari calom konsumen kita, kebutuhan konsumen.

Baca juga: http://en.wikipedia.org/wiki/Market_segmentation

2. Value Proposition

Value proposition adalah hal yang kita tawarkan ke target konsumen kita. Misalnya kita jualan bahan makanan organik ke komunitas vegetarian, atau arsitek yang jual jasa desain ke pelanggan yang mau renovasi rumahnya dll.

Kenapa lebih cocok disebut value proposition? Supaya kita nggak terjebak sama istilah produk yang selalu identik dengan barang, sementara value proposition nggak selalu tentang barang, sifatnya lebih luas seperti jasa arsitek atau jasa konsultasi dan pelatihan bisnis, atau jasa fotografi, bahkan gabungan produk dan jasa.

3. Channel

Untuk menyampaikan value proposition ke konsumen kita perlu channel. Channel adalah cara yang digunakan untuk memberikan value proposition kita ke konsumen. Cara ini bisa sangat bermacam2 tergantung dari segmen konsumen yang kita bidik. Chanel ini adalah salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan, karena kalo kurang tepat kita nggak bisa meraih target segmen kita. Channel bisa juga disebut bagaimana cara kita menyampaikan produk kepada konsumen, dapat berupa penjualan langsung, bisa juga melalui distributor, melalui tenaga marketing, atau melalui website.

Apa itu Business model canvas?

Macam-macam channel bisa dilakukan, makin kreatif kita menciptakan channel penjualan makin besar peluang kita untuk unggul dalam persaingan dan efektif dalam menjaring pelanggan. Kunci dari pemilihan channel ini adalah cara yang tepat untuk menyampaikan value proposistion kepada segmen target kita.

Apa itu Business model canvas?

4. Customer Reationship

Salah satu misi marketing adalah untuk terus menambah lagi konsumen yang bisa dilayani. Hal ini tentunya berarti semakin banyak penjualan. Cara untuk mendapatkan, menambah jumlah konsumen dan untuk mempertahankan konsumen agar terus setia dengan kita adalah dengan membuat hubungan baik dengan pelanggan. Ini yang dimaksud dengan customer relationship, yaitu wadah untuk terus berhubungan dan semakin mempererat hubungan dengan pelanggan kita.

Di era nya teknologi informasi dan komunikasi sangat banyak cara untuk membuat hubungan dengan konsumen. Sebut saja website, facebook, twitter, whatsapp dll. Semua itu bisa dijadikan cara untuk menjalin hubungan dengan konsumen. Dengan hubungan yang lancar tersebut kita bisa dengan mudah menyampaikan sesuatu kepada konsumen kita misalnya produk baru, diskon, penawaran khusus dll.

5. Revenue Stream

Revenue stream ini adalah salah satu yang sangat penting karena inilah nafas yang membut usaha kita tetap hidup.

Pada umumnya bisnis, terutama perdagangan menghasilkan uang dari keuntungan penjualan, atau kadang disebut laba atau profit. Laba atau profit adalah salahsatu model revenue stream yang sederhana. Profit didapat dari selisih semua pendapatan penjualan (omzet) dikurangi semua biaya.

Namun demikian tidak semua model bisnis menghasilkan uang dari selisih penjualan-biaya (profit) aja. Misalnya bisnis jasa. Model bisnis perusahaan yang menawarkan jasa tentu tidak menghasilkan uang dari profit (saja) tapi yang lebih utama adalah dari pembayaran atas jasa yang diberikan. Ada juga beberapa model usaha yang menghasilkan uang dari komisi, biaya iklan, atau ada juga model pay per click, franchise fee.

6. Key Resource

Misalkan kamu jualan bakso di pinggir jalan, maka key resource adalah yang harus dimiliki untuk usaha bakso itu jalan, seperti: tempat usaha/gerai nya, pegawai dan juru masak, alat masak.

7. Key Activities
Ini adalah apa saja kegiatan utama yang perlu dilakukan agar bisnis kita berjalan Ini menentukan bisnis kita ini ngapain aja sih kegiatan nya.Dan pertanyaan yang mesti bisa dijawab adalah ..bisakah semua item pekerjaan itu kita lakukan?

8. Key Partner

ini adalah siapa saja partner untuk mengembangkan usaha kamu. Misalkan, dalam usaha Tempe Goreng, partner-partner kamu adalah: Pedagang Tempe, Pedagang Tepung, dll.

9. Cost

nah, terakhir ini adalah costs, atau artinya biaya. Biaya apa saja yang dikeluarkan dalam usaha kamu, seperti menggaji pegawai, bayar pajak, sewa tempat, beli bahan, dll.

Di sini ada contoh Business Model Canvas yang bisa didownload.

Download BliBibli Bisnis Model Canvas : [URL="Di sini ada contoh Business Model Canvas yang bisa didownload.

Download BliBibli Bisnis Model Canvas"]Download here[/URL]

Source: http://ukmrnb.wordpress.com/2014/05/...=facebook&nb=1
Polling
0 suara
Bagus gak gan?
0
4.5K
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Ilmu Marketing
Ilmu Marketing
KASKUS Official
9.5KThread3.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.