- Beranda
- Lounge Pictures
[ALL ABOUT SHIP] Mengupas tuntas kapal legendaris R.M.S TITANIC (pic+++)
...
TS
SpongeGar
[ALL ABOUT SHIP] Mengupas tuntas kapal legendaris R.M.S TITANIC (pic+++)
Hargai TS dengan memberikan
dan
Terima kasih & Enjoy my Special Thread
dan
Terima kasih & Enjoy my Special Thread
Spoiler for Repost?:
Quote:
Terima kasih agan cahyoacr karena udah membantu TS mengembangkan trit ini juga abangfarhan karena foto2 threadnya ane pinjem
" Titanic adalah kapal yang tidak akan tenggelam bahkan tuhan tidak sanggup menenggelamkannya "
Quote:
Quote:
PROFIL RMS TITANIC
Quote:
Queen of the Ocean
Quote:
RMS Titanic adalah sebuah kapal penumpang super Britania Raya yang tenggelam di Samudra Atlantik Utara pada tanggal 15 April 1912 setelah menabrak sebuah gunung es pada pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris ke New York City. Tenggelamnya Titanic mengakibatkan kematian sebanyak 1.514 orang dalam salah satu bencana maritim masa damai paling mematikan sepanjang sejarah. Titanic merupakan kapal terbesar di dunia pada pelayaran perdananya. Satu dari tiga kapal samudra kelas Olympic dioperasikan oleh White Star Line. Kapal ini dibangun pada 1909 sampai 1911 oleh galangan kapal Harland and Wolff di Belfast. Kapal ini sanggup mengangkut 2.224 penumpang.
Quote:
LATAR BELAKANG
Quote:
R.M.S Titanic
Quote:
Dibangun di Belfast, Irlandia, Kerajaan Bersatu, RMS Titanic adalah kapal kedua dari tiga kapal samudra kelas Olympic - sisanya adalah RMS Olympic dan HMHS Britannic (aslinya bernama Gigantic). Ketiganya adalah kapal terbesar dalam armada perusahaan perkapalan Britania White Star Line, yang terdiri dari 29 kapal uap dan tender pada tahun 1912. Tiga kapal tersebut lahir dalam sebuah perbincangan pada pertengahan 1907 antara kepala White Star Line, J. Bruce Ismay, dan hartawan Amerika Serikat J.P Morgan . Jajaran kapal ini dibangun oleh galangan kapal Belfast, Harland and Wolff, yang sudah punya hubungan lama dengan White Star Line sejak 1867 dengan biaya sebesar £3 juta.Harland and Wolff menempatkan para desainer utamanya dalam perancangan kapal kelas Olympic. Perancangan ini diawasi oleh Lord Pirrie, direktur Harland and Wolff dan White Star Line; arsitek laut Thomas Andrews, direktur pelaksana departemen desain Harland and Wolff; Edward Wilding, wakil Andrews dan bertanggung jawab atas penghitungan desain kapal, keseimbangan dan kerapiannya; dan Alexander Carlisle, kepala juru gambar kapal dan manajer umum. Tugas Carlisle adalah dekorasi, perlengkapan dan semua pengaturan umum, termasuk penerapan desain derek sekoci yang efisien.
Pada tanggal 29 Juli 1908, Harland and Wolff mempresentasikan sketsanya kepada J. Bruce Ismay dan para eksekutif White Star Line lainnya. Ismay menyetujui desain tersebut dan menandatangani tiga "surat perjanjian" dua hari kemudian yang mengizinkan pembangunan kapal
Pada tanggal 29 Juli 1908, Harland and Wolff mempresentasikan sketsanya kepada J. Bruce Ismay dan para eksekutif White Star Line lainnya. Ismay menyetujui desain tersebut dan menandatangani tiga "surat perjanjian" dua hari kemudian yang mengizinkan pembangunan kapal
Quote:
SPESIFIKASI
Quote:
Titanic side plan
Quote:
Terdapat 29 ketel dipanaskan oleh 159 perapian batu bara yang mampu menghasilkan kecepatan sampai 23 knot (43 km/j). Hanya tiga dari empat cerobong kapal setinggi 19 meter (63 kaki) yang berfungsi; cerobong yang keempat digunakan sebagai lubang udara, dan untuk memperlihatkan kehebatan kapal. karena ia juga mengirim surat, maka namanya diberi penambahan kata depan RMS (Royal Mail Ship) dan juga sebagai kapal uap – SS (Steam Ship).
Titanic terbagi atas 16 kompartemen, dibatasi oleh dinding baja. Tujuannnya adalah agar dapat menahan air apabila salah satu kompartemen kebanjiran, dan kompartemen lainnya tetap kering. Titanic di desain agar tidak tenggelam jika hanya 4 kompartemen yang banjir, namun saat tenggelam teknisi melaporkan bahwa 5 kompartemen tergenang.
Titanic terbagi atas 16 kompartemen, dibatasi oleh dinding baja. Tujuannnya adalah agar dapat menahan air apabila salah satu kompartemen kebanjiran, dan kompartemen lainnya tetap kering. Titanic di desain agar tidak tenggelam jika hanya 4 kompartemen yang banjir, namun saat tenggelam teknisi melaporkan bahwa 5 kompartemen tergenang.
Spoiler for Titanic Design:
Spoiler for kompartemen titanic:
Spoiler for Perbandingan titanic:
Quote:
FASILITAS MEWAH
Quote:
Titanic cutaway plan
Quote:
Titanic memiliki fasilitas yang cukup mewah berupa kolam renang yang berisi air laut proses, sebuah ruang olahraga, lapangan squash, ruang merokok dan bar, perpustakaan, tukang cukur, kafe teras, dan bermacam fasilitas makanan. Akomodasi penumpang beragam, dari kamar massal kelas tiga sampai apartemen khusus yang berisi kamar – kamar tidur, ruang duduk dan minum, kamar mandi, bahkan perpustakaan, semua ada. Banyaknya hidangan untuk semua kelas penumpang menawarkan pilihan yang banyak. Empat kali makan dalam sehari adalah biasa, bahkan di kelas tiga sekalipun. Di kemewahan ruang makan kelas satu, sebelas hidangan dapat disajikan setiap malamnya! Santapan biasanya dimulai dengan kerang dan burgundy putih. Berikutnya sup, lalu ikan, hidangan utama berupa daging sapi atau ayam, lalu hidangan utama kedua berupa daging kambing dengan saus mint, bebek panggang dengan saus apel, atau sirloin ata daging sapi.
Minuman atau es serut buah menyusul, diikuti hidangan kecil ketujuh, kedelapan, dan kesembilan seperti burung dara panggang dan sayuran, asparagus dingin, dan pate de foie gras ( dibuat dari hati angsa gemuk ). Pilihan hidangan penutup mencakup puding Waldorf, eclair coklat dan vanilla, es krim Prancis, dan buah persik dalam jelly. Hidangan kesebelas adalah ragam buah segar dan keju tua. Makan malam ditutup dengan teh atau kopi, dan para pelayan menawarkan para lelaki pilihan cerutu. Pada malam berikutnya, menu yang sama sekali berbeda akan disediakan untuk para tamuPersediaan “hotel” Titanic meliputi 45.000 lap, 50.000 handuk, 18.000 seprai, 7.500 selimut, 5.000 taplak, 800 selimut kapas, 12.000 pisau, 12.000 garpu, 19.000 sendok, 400 wadah krim, 1.000 mangkuk, 12.000 cangkir dan alasnya, 1.200 poci teh dan 2.500 gelas sampanye.
Minuman atau es serut buah menyusul, diikuti hidangan kecil ketujuh, kedelapan, dan kesembilan seperti burung dara panggang dan sayuran, asparagus dingin, dan pate de foie gras ( dibuat dari hati angsa gemuk ). Pilihan hidangan penutup mencakup puding Waldorf, eclair coklat dan vanilla, es krim Prancis, dan buah persik dalam jelly. Hidangan kesebelas adalah ragam buah segar dan keju tua. Makan malam ditutup dengan teh atau kopi, dan para pelayan menawarkan para lelaki pilihan cerutu. Pada malam berikutnya, menu yang sama sekali berbeda akan disediakan untuk para tamuPersediaan “hotel” Titanic meliputi 45.000 lap, 50.000 handuk, 18.000 seprai, 7.500 selimut, 5.000 taplak, 800 selimut kapas, 12.000 pisau, 12.000 garpu, 19.000 sendok, 400 wadah krim, 1.000 mangkuk, 12.000 cangkir dan alasnya, 1.200 poci teh dan 2.500 gelas sampanye.
Spoiler for Foto Fasilitas kelas satu titanic:
Spoiler for Gym:
Spoiler for First class dining room:
Spoiler for Grand Staircase:
Spoiler for Grand staircase:
Spoiler for Restaurant:
Spoiler for First class cabin:
Spoiler for Lounge:
Quote:
KONSTRUKSI
Quote:
Olympic dan Titanic di galangan kapal Belfast
Quote:
Pembangunan Titanic dan Olympic dilakukan secara bersamaan dan terpisah, dengan lambung Olympic pertama diletakkan pada 16 Desember 1908 dan lambung Titanic pada tanggal 31 Maret 1909. Kedua kapal dibangun selama 26 bulan dan melalui proses konstruksi yang sama.Meski Titanic tampak identik dengan kapal saudara sebelumnya, Olympic, sejumlah perubahan dilakukan untuk membedakan kedua kapal.
Perubahan yang paling mudah dikenali adalah bahwa Titanic (dan kapal saudara selanjutnya, Britannic) memilikii bingkai baja dengan jendela geser di sepanjang setengah depan teras A Deck. Jendela ini dipasang pada menit-menit terakhir atas permintaan pribadi Bruce Ismay, dan bertujuan untuk memberi perlindungan tambahan bagi penumpang kelas satu. Perubahan-perubahan ini menjadikan Titanic secara marjinal lebih berat ketimbang kapal saudaranya, dan dapat mengklaim diri sebagai kapal terbesar yang berlayar pada masa itu.
Pekerjaan ini lebih lama daripada yang diharapkan akibat perubahan rancangan yang diperintahkan Ismay dan penundaan sementara karena perbaikan Olympic, yang mengalami tabrakan pada September 1911. Jika Titanic sudah rampung dari dulu, kapal ini nantinya mungkin tidak menabrak gunung es.
Perubahan yang paling mudah dikenali adalah bahwa Titanic (dan kapal saudara selanjutnya, Britannic) memilikii bingkai baja dengan jendela geser di sepanjang setengah depan teras A Deck. Jendela ini dipasang pada menit-menit terakhir atas permintaan pribadi Bruce Ismay, dan bertujuan untuk memberi perlindungan tambahan bagi penumpang kelas satu. Perubahan-perubahan ini menjadikan Titanic secara marjinal lebih berat ketimbang kapal saudaranya, dan dapat mengklaim diri sebagai kapal terbesar yang berlayar pada masa itu.
Pekerjaan ini lebih lama daripada yang diharapkan akibat perubahan rancangan yang diperintahkan Ismay dan penundaan sementara karena perbaikan Olympic, yang mengalami tabrakan pada September 1911. Jika Titanic sudah rampung dari dulu, kapal ini nantinya mungkin tidak menabrak gunung es.
Spoiler for Foto konstruksi Titanic:
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Quote:
CREW
Quote:
Officers of Titanic
Quote:
Titanic memiliki sekitar 885 awak kapal untuk pelayaran perdananya.Kapten Edward John Smith, kapten paling senior di White Star Line, ditransfer dari Olympic untuk mengambil alih kendali Titanic. Henry Tingle Wilde juga ditarik dari Olympic untuk bertugas sebagai Chief Mate. Chief Mate dan First Officer Titanic sebelumnya, William McMaster Murdoch dan Charles Lightoller, diturunkan pangkatnya masing-masing ke First dan Second Officer.
Awak Titanic dibagi menjadi tiga departemen utama; Dek, dengan 66 awak; Mesin, 325 orang; dan Makanan, 494 orang. Mayoritas awak kapal bukan pelaut, tetapi teknisi, pemadam kebakaran atau tukang api yang bertugas mengawasi mesin, atau pelayan dan staf dapur yang bertugas melayani penumpang. Dari jumlah tersebut, lebih dari 97% di antaranya adalah pria; hanya 23 awak yang wanita, biasanya bertugas sebagai pelayan.Sisanya mewakili beragam profesi – tukang roti, koki, tukang daging, tukang ikan, pencuci piring, pengurus, instruktur gimnasium, petugas binatu, pelayan, pengatur tempat tidur, tukang bersih-bersih dan bahkan pencetak, yang mencetak harian Atlantic Daily Bulletin untuk penumpang dengan berita-berita terkini yang disampaikan melalui operator nirkabel kapal.
Gaji awak kapal sangat beragam, mulai dari Kapten Smith sebesar £105 per bulan (sama dengan £7.704 hari ini) hingga £3 10s (£257 hari ini) yang diterima pelayan. Staf makanan yang dibayar rendah bisa menambah gaji mereka melalui tip dari penumpang.
Awak Titanic dibagi menjadi tiga departemen utama; Dek, dengan 66 awak; Mesin, 325 orang; dan Makanan, 494 orang. Mayoritas awak kapal bukan pelaut, tetapi teknisi, pemadam kebakaran atau tukang api yang bertugas mengawasi mesin, atau pelayan dan staf dapur yang bertugas melayani penumpang. Dari jumlah tersebut, lebih dari 97% di antaranya adalah pria; hanya 23 awak yang wanita, biasanya bertugas sebagai pelayan.Sisanya mewakili beragam profesi – tukang roti, koki, tukang daging, tukang ikan, pencuci piring, pengurus, instruktur gimnasium, petugas binatu, pelayan, pengatur tempat tidur, tukang bersih-bersih dan bahkan pencetak, yang mencetak harian Atlantic Daily Bulletin untuk penumpang dengan berita-berita terkini yang disampaikan melalui operator nirkabel kapal.
Gaji awak kapal sangat beragam, mulai dari Kapten Smith sebesar £105 per bulan (sama dengan £7.704 hari ini) hingga £3 10s (£257 hari ini) yang diterima pelayan. Staf makanan yang dibayar rendah bisa menambah gaji mereka melalui tip dari penumpang.
Spoiler for Kru Titanic:
Spoiler for Kapten Edward Smith:
Spoiler for kru dan penumpang:
Spoiler for Titanic Orchestra:
Quote:
Passenger
Quote:
John Jacob Astor IV dan istrinya adalah orang terkaya di Titanic.
Quote:
Penumpang Titanic mencapai 1.317 orang: 324 di Kelas Satu, 284 di Kelas Dua, dan 709 di Kelas Tiga. 869 (66%) di antaranya adalah pria dan 447 (34%) wanita. Ada 107 anak-anak yang menumpang, kebanyakan adalah penumpang Kelas Tiga. Titanic dianggap belum mencukupi kapasitas pada saat pelayaran perdananya, karena kapal ini mampu menampung 2.566 penumpang – 1.034 di Kelas Satu, 510 di Kelas Dua dan 1.022 di Kelas Tiga.
Sejumlah orang berpengaruh saat itu memesan tiket Kelas Satu Titanic. Termasuk di antaranya adalah miliuner Amerika Serikat John Jacob Astor IV bersama istrinya Madeleine Force Astor, industrialis Benjamin Guggenheim, pemilik Macy's Isidor Straus bersama istrinya Ida, miliuner asal Denver Margaret "Molly" Brown, Sir Cosmo Duff Gordon bersama istrinya, couturière Lucy (Lady Duff-Gordon), pemain kriket dan pebisnis John Borland Thayer bersama istrinya Marian dan anaknya Jack, Countess of Rothes, penulis dan sosialita Helen Churchill Candee, jurnalis dan aktivis reformasi sosial William Thomas Stead, penulis Jacques Futrelle bersama istrinya May, dan aktris film bisu Dorothy Gibson. Pemilik Titanic, J. P. Morgan dijadwalkan ikut dalam pelayaran perdananya, tetapi menyatakan batal pada menit terakhir. Selain itu, ada juga direktur pelaksana White Star Line J. Bruce Ismay dan desainer Titanic Thomas Andrews, yang ikut untuk mengamati masalah kapal dan menilai kinerja kapal baru tersebut secara umum.Jumlah pasti penumpang kapal tidak diketahui karena tidak semua pemesan tiket benar-benar naik ke kapal; sekitar lima puluh orang membatalkan perjalanannya dengan berbagai alasan, dan tidak semua penumpang tetap berada di kapal sepanjang perjalanannya.
Tarif penumpang Titanic sangat bervariasi. Tarif Kelas Tiga dari London, Southampton, atau Queenstown adalah £7 5s (sama dengan £532 hari ini), sementara tarif Kelas Satu termurah adalah £23 (£1.688 hari ini). Kamar Kelas Satu paling mahal memakan biaya £870 pada musim liburan (£63.837 hari ini).
Sejumlah orang berpengaruh saat itu memesan tiket Kelas Satu Titanic. Termasuk di antaranya adalah miliuner Amerika Serikat John Jacob Astor IV bersama istrinya Madeleine Force Astor, industrialis Benjamin Guggenheim, pemilik Macy's Isidor Straus bersama istrinya Ida, miliuner asal Denver Margaret "Molly" Brown, Sir Cosmo Duff Gordon bersama istrinya, couturière Lucy (Lady Duff-Gordon), pemain kriket dan pebisnis John Borland Thayer bersama istrinya Marian dan anaknya Jack, Countess of Rothes, penulis dan sosialita Helen Churchill Candee, jurnalis dan aktivis reformasi sosial William Thomas Stead, penulis Jacques Futrelle bersama istrinya May, dan aktris film bisu Dorothy Gibson. Pemilik Titanic, J. P. Morgan dijadwalkan ikut dalam pelayaran perdananya, tetapi menyatakan batal pada menit terakhir. Selain itu, ada juga direktur pelaksana White Star Line J. Bruce Ismay dan desainer Titanic Thomas Andrews, yang ikut untuk mengamati masalah kapal dan menilai kinerja kapal baru tersebut secara umum.Jumlah pasti penumpang kapal tidak diketahui karena tidak semua pemesan tiket benar-benar naik ke kapal; sekitar lima puluh orang membatalkan perjalanannya dengan berbagai alasan, dan tidak semua penumpang tetap berada di kapal sepanjang perjalanannya.
Tarif penumpang Titanic sangat bervariasi. Tarif Kelas Tiga dari London, Southampton, atau Queenstown adalah £7 5s (sama dengan £532 hari ini), sementara tarif Kelas Satu termurah adalah £23 (£1.688 hari ini). Kamar Kelas Satu paling mahal memakan biaya £870 pada musim liburan (£63.837 hari ini).
Spoiler for Boarding Pass Titanic:
Spoiler for Foto penumpang titanic:
Spoiler for Daftar Penumpang:
Spoiler for Bruce Ismay Direktur White Star Line:
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Quote:
PERGI DAN TENGGELAM
Quote:
Rute pelayaran perdana Titanic, disertai koordinat tenggelamnya kapal.
Quote:
Pada hari Rabu 10 April 1912, pelayaran perdana Titanic dimulai.Sebuah kecelakaan nyaris dihindari beberapa menit kemudian ketika Titanic berlayar di samping kapal SS City of New York dan Oceanic yang sedang berlabuh.Kedua kapal menghindari tabrakan dengan beda jarak sekitar 4 kaki (1.2 m). Insiden ini menunda keberangkatan Titanic selama satu jam, sementara New York yang hanyut berhasil dikendalikan.
Titanic telah berlayar sejauh 484 mil laut (557 mi; 896 km); hari selanjutnya, 519 mil laut (597 mi; 961 km); dan pada siang hari terakhir pelayarannya, 546 mil laut (628 mi; 1,011 km). Sejak itu sampai waktu tenggelamnya, kapal ini telah berlayar sejauh 258 mil laut (297 mi; 478 km) dengan kecepatan rata-rata 21 knot (24 mph; 39 km/jam).
Spoiler for Titanic v Oceanic:
Titanic telah berlayar sejauh 484 mil laut (557 mi; 896 km); hari selanjutnya, 519 mil laut (597 mi; 961 km); dan pada siang hari terakhir pelayarannya, 546 mil laut (628 mi; 1,011 km). Sejak itu sampai waktu tenggelamnya, kapal ini telah berlayar sejauh 258 mil laut (297 mi; 478 km) dengan kecepatan rata-rata 21 knot (24 mph; 39 km/jam).
garuda34 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
154.1K
Kutip
817
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
69KThread•12.5KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya