Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

MarketeersAvatar border
TS
MOD
Marketeers
5 Dasar Mengomunikasikan Positioning Dengan Kuat Dan Efektif
5 Dasar Mengomunikasikan Positioning Dengan Kuat Dan Efektif

Apa jadinya bila sebuah perusahaan tidak memiliki positioning yang jelas? Kemungkinan besar publik tidak akan mengenali perusahaan tersebut. Demikian juga dengan produk maupun merek. Tanpa positioning yang jelas, konsumen tidak akan mengenali produk atau merek yang akan di jual. Lalu, apa itu positioning? Positioning merupakan being strategy atau alasan bagi sebuah produk maupun merek bereksistensi di pasar. Dengan kata lain, positioning ini merupakan upaya untuk menyatakan identitas sebuah produk maupun merek.

Dengan komunikasi yang baik, pelanggan bisa langsung mengetahui produk mana yang bisa memenuhi kebutuhannya. Positioning yang kuat disertai dengan komunikasi yang bagus bakal menjadi modal bagus untuk memenangi persaingan di pasar.

Berikut adalah lima cara mengomunikasikan Positioning yang kuat dan efektif:

1. Be Creative
Kreativitas dalam mendesain Positioning mutlak diperlukan. Alasannya agar desain Positioning tidak standar sehingga memiliki daya tarik. Kreativitas ini diperlukan untuk merebut perhatian konsumen. Harapannya, Positioning yang kreatif ini dengan gampang tertanam di benak para pelanggannya secara positif.

2. Simplicity
Agar gampang dipahami dan diterima oleh pelanggan, Positioning harus bisa disampaikan sesederhana mungkin. Dengan penyampaian yang sederhana, pelanggan tidak usah berpikir keras untuk memahaminya.

3. Flexible
Positioning yang baik harus dinamis. Positioning ini harus dikontekstualkan dengan tren perubahan yang ada, baik tren pasar maupun tren perilaku pelanggan. Sebab itu, repositioning secara kontinu itu diperlukan.

4. Own, Dominate, Protect
Positioning yang kuat harus tersusun dari kata-kata pilihan yang ampuh merebut atensi pelanggan. Positioning juga sebisanya mendominasi kategori yang akan dimasuki. Secara kontinu, posisi dominan tersebut dipertahankan dari Positioning pesaing.

5. Use Their Language
Bahasa sangat menentukan dalam penyampaian Positioning. Gunakan komunikasi dengan bahasa yang digunakan oleh target pasar agar mudah dipahami dan membangun kedekatan dengan pengalaman mereka.

Sumber: http://www.the-marketeers.com/archiv...n-efektif.html
0
10.3K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Ilmu Marketing & Research
Ilmu Marketing & ResearchKASKUS Official
6.2KThread2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.