News
Batal
KATEGORI
link has been copied
408
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5216c1ff3fcb171f56000018/museum-sejarah-kaskus----kumpulan-trivia-dan-sejarah-singkat
original thread by trytothink http://archive.kaskus.co.id/thread/3302235/ re born dari trit lama untuk para pecinta trivia :D Oke. Karena ini trit jadi Sticky maka ane punya kewajiban berbenah :hammers Post satu akan kita bikin semacam Hall of Fame kaya On the spot. Fakta yang ada di post 1 Insya Allah udah ane crosscheck dan teruji keabsahannya :ngakaks Nomer 1. Timurlenk Sang Penakluk keturunan
Lapor Hansip
23-08-2013 08:59

[Reborn] Ayo share sejarah kecil yang tak pernah terdengar

original thread by trytothink
http://archive.kaskus.co.id/thread/3302235/
re born dari trit lama untuk para pecinta trivia emoticon-Big Grin

Oke. Karena ini trit jadi Sticky maka ane punya kewajiban berbenah emoticon-Hammer (S)
Post satu akan kita bikin semacam Hall of Fame kaya On the spot. Fakta yang ada di post 1 Insya Allah udah ane crosscheck dan teruji keabsahannya emoticon-Ngakak (S)

Nomer 1.
jengg


Nomor 2
kudaaa



Diubah oleh paraparadox
profile-picture
profile-picture
profile-picture
blacklsl dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 22
۩ Museum Sejarah Kaskus ۩ - Kumpulan Trivia dan Sejarah Singkat
23-08-2013 09:12
Dari post #1
post 1


-Jenderal Montgomery punya 2 anjing, namanya hitler dan rommel

-Alexander Hamilton, salah satu founding father Amrik meninggal saat duel dengan Aaron Burr, Wakil Presiden Amerika Serikat saat itu (siapa bilang politikus kalau benci cuma perang kata-kata emoticon-Ngakak)

-Raja Bela I dari Hungari mati saat singgasananya runtuh

-Dalam cerita mahabarata india, drupadi itu poliandri. jadi istri kelima pandawa

-Srikandi versi india terlahir perempuan, tapi operasi jadi laki laki dan sempat mempunyai istri

-Aristarchus of Samos mengajukan sistem heliosentris pada 390 SM, jauh sebelum copernicus

Diubah oleh paraparadox
0 0
0
۩ Museum Sejarah Kaskus ۩ - Kumpulan Trivia dan Sejarah Singkat
23-08-2013 11:55
originally posted by renn

Pada masa penjajahan Belanda dulu,pada waktu Daendels berkuasa pada pengerjaan proyek pembuatan jalan pos Anyer-Panarukan di kota Semarang (sekarang jl. Bodjong), banyak budak pribumi baik laki-laki maupun perempuan yang bekerja hanya mengenakan pakaian bawah saja. Sedangkan bagian atas tubuh, mulai dari pusar hingga ke leher, telanjang (jawa :ngligo). Dan ini adalah hal yang biasa pada waktu itu.
Mandor yang bertugas di tempat saat itu, Don Lopez comte de Paris -kaki tangan Daendels yang berkebangsaan Prancis- merasa risih melihat keadaan ini. Akhirnya, ia memotong-motong kain putih dan memberikannya kepada salah satu budak perempuan untuk menutup payudaranya. Sambil memberikan kain tersebut pada si budak, dia mengatakan,”Tutup bagian berharga itu”. Don Lopez berbicara dalam bahasa Prancis ketika mengatakan hal itu. Dalam bahasa Prancis, berharga adalah "coutant"
Ternyata budak perempuan itu bertanya-tanya untuk apa kain itu. Don Lopez terus menunjuk-nunjuk payudara permpuan itu dan berkata,” Coutant! Coutant”.
Budak itu tetap tak mengerti juga. Ia hanya melihat bagian payudaranya apakah ada yang salah.
Orang yang melihat adegan tersebut serta merta mengira bahwa kain putih yang ditunjuk-tunjuk ke payudara untuk dipakai sebagai penutup adalah namanya coutant. Salah seorang budak yang ada di dekat perempuan itu lantas berkata “ o, kuwi jenenge kutang”.
Sejak itu lahirlah istilah baru yang sebenarnya salah kaprah.


Adalagi sejarah yang menarik, pada jaman dahulu rata-rata orang tionghoa di Jawa berjualan keliling dari desa ke desa bahkan kota menggunakan gerobak yang ditarik oleh sapi. Jualannya pun tidak main-main, istilahnya toko serba ada, dari pakaian sampai sembako, dari kebutuhan sehari-hari sampai ayam hidup pun ada. Sebagai penanda di leher sapi tersebut diberi lonceng yang akan berbunyi apabila sapinya bergerak (berjalan). "klontong....klontong..." begitu bunyinya.
Itulah sebabnya sampai sekarang orang Jawa menyebut toko yang berjualan bahan2 kebutuhan sehari hari dengan "toko kelontong"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
blacklsl dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
۩ Museum Sejarah Kaskus ۩ - Kumpulan Trivia dan Sejarah Singkat
24-08-2013 12:45
-Dmitri Mendeleev dapat ilham bikin tabel periodik dari mimpi

-sebelum orang eropa ke benua amerika, tidak ada jagung, cabe, kentang, singkong di indonesia. itu artinya gajah mada tidak pernah makan sambel, dadar jagung, perkedel atau gaplek!

-penemu mesin uap bukan james watt tapi thomas newcomen

-bisa didebatkan, tapi penemu radio bukan macroni

-Orang cina kuno menghitung hari dalam 10 hari. Asalnya dari legenda Hou Yi yang memanah matahari

-Saat Revolusi Perancis, orang perancis juga punya 10 hari, dan 1 jam terdiri dari 100 menit
profile-picture
profile-picture
ibianconeri404 dan damar7 memberi reputasi
2 0
2
۩ Museum Sejarah Kaskus ۩ - Kumpulan Trivia dan Sejarah Singkat
24-08-2013 15:12
- pada tahun 1960-an, soekarno memberikan perintah kepada bawahannya untuk mengumpulkan resep-resep masakan dari seluruh nusantara untuk dibukukan. Tapi buku belum terbit soekarno uda turun dari tahta duluan

- SK Trimurti, menteri wanita pertama Indonesia

profile-picture
damar7 memberi reputasi
1 0
1
۩ Museum Sejarah Kaskus ۩ - Kumpulan Trivia dan Sejarah Singkat
24-08-2013 15:55
- Hitler sebenarnya orang Austria, bukan orang Jerman

- Pahlawan Revolusi D.I Panjaitan adalah orang Batak (mungkin udah ada yang tau emoticon-Big Grin )

- Enstein orang Yahudi, tapi saat mati dia tidak beragama Yahudi emoticon-shakehand

Segitu dulu aja deh emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
damar7 dan loyloisitoloy memberi reputasi
2 0
2
۩ Museum Sejarah Kaskus ۩ - Kumpulan Trivia dan Sejarah Singkat
28-08-2013 12:54

REKAP GAN!

sinterklas itu dari bahasa belanda, aslinya sinter klaas
sinterklaas versi belanda gak gendut kayak santa versi amrik. bagi bagi hadiahnya pas awal desember (5 desember tepatnya) dan naik kuda (bukan naik kereta rusa)

Quote:Original Posted By paraparadox
selama ini umum di masyarakat bahwa sunan gunung jati cerbon dan fatahillah yang mengusir portugis di jayakarta adalah org yang sama. bahkan buku IPS SD pun mengatakan demikian. ini adalah teori prof Husein Djadjadiningrat

Tapi kesultana cerbon punya versi sendiri. Kesultanan cerbon (yang notabene anak turun sunan gunung jati) menyatakan bahwa sunan gunung jati bukan fatahillah/feletehan

Alkisah bersamaan dengan meninggalnya sultan gunung jati, meninggal juga muadzin Kesultanan. nama muadzin itu Fatahullah Khan dari parsi dan dimakamkan berdekatan dengan makam Sunan Gunung Jati, dan merancukan identitas.


Quote:Original Posted By mekongus
Jendral TNI Wiranto adalah Panglima TNI pertama yang lahir setelah Indonesia merdeka (4 April 1947), jadi bisa dibilang dialah Panglima TNI 'asli' Indonesia

Laksmana TNI Widodo AS pengganti Jendral TNI Wiranto adalah Panglima TNI pertama yang bukan dari Angkatan Darat dan yang terakhir lahir sebelum Indonesia merdeka (1 Agustus 1944)


Quote:Original Posted By paraparadox


untuk mengurangi hegemoni AD di saat orde baru, kerjaan Gus Dur

Gus Dur juga mengangkat menteri pertahanan sipil pertama sejak orde baru (dulunya jendral AD semua)

tambahan:
Soeharto dalam kabinet Pembangunan I selain jd presiden juga merangkap Menteri pertahanan


Quote:Original Posted By mekongus


Menteri Dalam Negeri sejak Orde Baru sampai 2009 juga semuanya dipegang AD, baru Gamawan Fauzi yg sipil..

Begitu juga Gubernur DKI dari Orde Baru sampai 2007 dipegang militer (AD dan AL), baru Foke yg sipil dan berkumis..


Quote:Original Posted By von_braun
Salah satu bapak bangsa indonesia yaitu K.H Agus Salim pernah dituntut di pengadilan. Perkaranya sepele, gara-gara Agus Salim menjadi penghulu untuk menikahkan adiknya sendiri. Alkisah dulu di Koto Gadang, ada aturan bahwa setiap orang yang menikah maka pasangannya juga harus berasal dari koto gadang juga tidak boleh dari daerah lain. Maka dari itu perkimpoian dalam sodara yang masih sepupu banyak terjadi disana. Istri Agus Salim sendiri juga masih ada hubungan darah yang dekat dengannya.

Nah, suatu ketika adik agus salim akan menikah dengan orang yang tidak berasal dari koto gadang. Namun tidak ada satu pun penghulu yang mau menikahkan pasangan tersebut. Karena merasa benar dalam hukum agama bahwa kakak laki-laki boleh menikahkan adiknya maka Agus Salim lah yang kemudian menjadi penghulu pada pernikahan adiknya itu.

Setelah kejadian tersebut berlalu, tak lama kemudian ada panggilan dari pengadilan. Di pengadilan, ia dituntut karena dinilai sudah menikahkan anak orang lain tanpa seizin orang tuanya. Yap, yang menuntut tak lain dan tak bukan adalah bokapnya sendiri yaitu Angku Sutan Mohammad Salim yang menjabat sebagai hoofdjaksa (jaksa kepala). Tapi kemudian Agus Salim tidak dipenjara, karena memang terdapat hukum agama yang mengatakan bahwa kakak laki-laki berhak dan boleh menikahkan adiknya sendiri sehingga tidak ada hal yang memberatkan agus salim....


Diubah oleh paradox.spiral
profile-picture
damar7 memberi reputasi
1 0
1
۩ Museum Sejarah Kaskus ۩ - Kumpulan Trivia dan Sejarah Singkat
28-08-2013 15:34
Bisa dibikin bahan acara macam [URL="en.wikipedia.org/wiki/QI‎"]Q.I.[/URL] nih gan ... emoticon-Belo
0 0
0
۩ Museum Sejarah Kaskus ۩ - Kumpulan Trivia dan Sejarah Singkat
28-08-2013 16:46
nambahin satu dulu ya emoticon-Malu

perang tersingkat alias paling sebentar
cuma 38 menit
antara inggris dan zanzibar
tahun 1896
profile-picture
damar7 memberi reputasi
1 0
1
۩ Museum Sejarah Kaskus ۩ - Kumpulan Trivia dan Sejarah Singkat
30-08-2013 09:30

REKAP GAN!

-mesin penyedot debu (alias vakum cliner) pertama dibuat sekitar tahun 1860, sebelum ada listrik, pakainya diipompa pakai tangan emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By von_braun
Salah satu bapak bangsa indonesia yaitu K.H Agus Salim pernah dituntut di pengadilan. Perkaranya sepele, gara-gara Agus Salim menjadi penghulu untuk menikahkan adiknya sendiri. Alkisah dulu di Koto Gadang, ada aturan bahwa setiap orang yang menikah maka pasangannya juga harus berasal dari koto gadang juga tidak boleh dari daerah lain. Maka dari itu perkimpoian dalam sodara yang masih sepupu banyak terjadi disana. Istri Agus Salim sendiri juga masih ada hubungan darah yang dekat dengannya.

Nah, suatu ketika adik agus salim akan menikah dengan orang yang tidak berasal dari koto gadang. Namun tidak ada satu pun penghulu yang mau menikahkan pasangan tersebut. Karena merasa benar dalam hukum agama bahwa kakak laki-laki boleh menikahkan adiknya maka Agus Salim lah yang kemudian menjadi penghulu pada pernikahan adiknya itu.

Setelah kejadian tersebut berlalu, tak lama kemudian ada panggilan dari pengadilan. Di pengadilan, ia dituntut karena dinilai sudah menikahkan anak orang lain tanpa seizin orang tuanya. Yap, yang menuntut tak lain dan tak bukan adalah bokapnya sendiri yaitu Angku Sutan Mohammad Salim yang menjabat sebagai hoofdjaksa (jaksa kepala). Tapi kemudian Agus Salim tidak dipenjara, karena memang terdapat hukum agama yang mengatakan bahwa kakak laki-laki berhak dan boleh menikahkan adiknya sendiri sehingga tidak ada hal yang memberatkan agus salim....


Quote:Original Posted By ceravolo
ane pernah baca di buku haryoto kunto "semerbak bunga di bandung raya"
kata gedang dalam bahasa jawa yg artine pisang berasal dr ucapan sekumpulan tentara londo..... alkisah sekempulan tentara londo yg terlibat pertempuran tersesat selama beberapa hari mereka tidak bisa menemukan makanan apapun,sampai akhirnya mereka menemukan pohon pisang dan mereka pun saling berucap "GOD DANK" atau terima kasih tuhan yg terdengar gedang oleh penduduk lokal


Quote:Original Posted By dear.you
Pada tahun 1521, Sultan Abu Hayat dari ternate menulis surat memerintahkan pembunuhan Fransisco Serrao. Surat ditulis dalam bahasa Melayu yang merupakan lingua franca saat itu (dan sampai sekarang). Uniknya karena bahasa ambon/halmahera/maluku grammarnya agak beda, suratnya agak susah dimengerti. contohnya

maka Raja Tedore dan Jailolo di-suroh Ambun semuha-nya berhimpah mau
bunoh pada Frangshisko Sera.


kalau dibaca Raja Tedore dan Jailolo disuruh penduduk ambon berhimpah (berhimpun) salah. Harusnya Raja Tedore menyuruh penduduk Ambon berhimpun


Quote:Original Posted By Jokiez
1. Banyak yang kuratng tahu kalau awal karir di bidang musik Chisye adalah sebagai seorang Bassis pada grup musik Gipsy
۩ Museum Sejarah Kaskus ۩ - Kumpulan Trivia dan Sejarah Singkat

2. Kota Pontianak mendapat namanya karena konon Abdurrahman Alkadrie, pendiri Kesultanan Pontianak, diganggu hantu Kuntilanak ini ketika akan menentukan tempat pendirian istana. Sumber
* bahasa melayu untuk hantu kuntilanak adalah Pontianak/Puntianak (akronim dari perempuan mati beranak)


Quote:Original Posted By paraparadox
minuman capuccino, namanya diambil dari ordo kristen capuchin

itu karena warna minuman sama dengan jubah yang dipakai para biarawan capuchin


Quote:Original Posted By risolers


yang salah kaprah lagi pernah dengar kek gini:

Alkisah tahun 1800-an sebuah kapal Jerman bongkar pasang di Jawa. Kapal tersebut bernama Emden. Ketika merapat, mereka mengeluarkan barang wadah air untuk menampung air. Ketika warga lokal yang mayoritas saat itu buta huruf atau ngerti separuh2 tulisan latin membaca tulisan di wadah air tersebut, mereka menyangka "d" sebagai "b" dan "n" sebagai "r"

gw rasa semua udah tau barang apa itu emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By paraparadox
^
Jangan jangan yang pertama berhenti tepuk tangan di dor emoticon-Takut (S)

-----------
btw karena ini 30 September

beberapa saat sebelum G30S/PKI meletus, anak bungsu pa harto Tommy yang masih kecil lari-lari muter rumah. sementara bu Tien yang baru aja masak sop masih panas ngebul-ngebul. Tommy bengal nabrak dan ketumpahan sop itu dan harus dirawat di RSUD gatot subroto. Jadi pak harto waktu itu ambil keputusan strategis dari RSUD sambil nungguin tommy


Quote:Original Posted By von_braun
Mumpung masih suasana kesaktian pancasila.....kalau tak salah Lubang Buaya yang terkenal itu ada dua. yang satu lubang buaya (desa) yang dijadikan tempat pembunuhan para jenderal dan satu nya lagi adalah lubang buaya tempat dropping zone. Nah Lubang buaya yang untuk pembunuhan itu ada diluar wilayah Angkatan Udara sedangkan yang satu lagi yang untuk dropping zone berada dalam wilayah angkatan udara.

Alhasil RPKAD bertempur ditempat yang salah, seharusnya mereka bertempur di desa lubang buaya yang dijadikan tempat pembunuhan tetapi mereka malah bertempur di tempat DZ milik AU.

Nambahin dikit, Pasukan Cakrabirawa yang merupakan pasukan pengawal presiden itu ternyata yang memberi nama adalah Jenderal Pranoto Reksosamodra. Usut punya usut dia mendapatkan nama tersebut dari pewayangan (kebetulan jenderal yang satu ini memang bisa ndalang), dan kemudian mengusulkannya pada Bung Karno dan Bung karno pun setuju.


Diubah oleh paradox.spiral
0 0
0
۩ Museum Sejarah Kaskus ۩ - Kumpulan Trivia dan Sejarah Singkat
30-08-2013 19:31
Quote:Original Posted By paraparadox
originally posted by renn

Pada masa penjajahan Belanda dulu,pada waktu Daendels berkuasa pada pengerjaan proyek pembuatan jalan pos Anyer-Panarukan di kota Semarang (sekarang jl. Bodjong), banyak budak pribumi baik laki-laki maupun perempuan yang bekerja hanya mengenakan pakaian bawah saja. Sedangkan bagian atas tubuh, mulai dari pusar hingga ke leher, telanjang (jawa :ngligo). Dan ini adalah hal yang biasa pada waktu itu.
Mandor yang bertugas di tempat saat itu, Don Lopez comte de Paris -kaki tangan Daendels yang berkebangsaan Prancis- merasa risih melihat keadaan ini. Akhirnya, ia memotong-motong kain putih dan memberikannya kepada salah satu budak perempuan untuk menutup payudaranya. Sambil memberikan kain tersebut pada si budak, dia mengatakan,”Tutup bagian berharga itu”. Don Lopez berbicara dalam bahasa Prancis ketika mengatakan hal itu. Dalam bahasa Prancis, berharga adalah "coutant"
Ternyata budak perempuan itu bertanya-tanya untuk apa kain itu. Don Lopez terus menunjuk-nunjuk payudara permpuan itu dan berkata,” Coutant! Coutant”.
Budak itu tetap tak mengerti juga. Ia hanya melihat bagian payudaranya apakah ada yang salah.
Orang yang melihat adegan tersebut serta merta mengira bahwa kain putih yang ditunjuk-tunjuk ke payudara untuk dipakai sebagai penutup adalah namanya coutant. Salah seorang budak yang ada di dekat perempuan itu lantas berkata “ o, kuwi jenenge kutang”.
Sejak itu lahirlah istilah baru yang sebenarnya salah kaprah.


Adalagi sejarah yang menarik, pada jaman dahulu rata-rata orang tionghoa di Jawa berjualan keliling dari desa ke desa bahkan kota menggunakan gerobak yang ditarik oleh sapi. Jualannya pun tidak main-main, istilahnya toko serba ada, dari pakaian sampai sembako, dari kebutuhan sehari-hari sampai ayam hidup pun ada. Sebagai penanda di leher sapi tersebut diberi lonceng yang akan berbunyi apabila sapinya bergerak (berjalan). "klontong....klontong..." begitu bunyinya.
Itulah sebabnya sampai sekarang orang Jawa menyebut toko yang berjualan bahan2 kebutuhan sehari hari dengan "toko kelontong"


tiap 2 menit gw baca artikel ini otomatis langsung ngomong "oalah,oalah"emoticon-Ngakak

lucu bgt infonya
0 0
0
۩ Museum Sejarah Kaskus ۩ - Kumpulan Trivia dan Sejarah Singkat
31-08-2013 09:24
Quote:Original Posted By newworldsmile


tiap 2 menit gw baca artikel ini otomatis langsung ngomong "oalah,oalah"emoticon-Ngakak

lucu bgt infonya


Coba download buku kumpulan fakta aneh-aneh di sini gan ... format file-nya ePub
0 0
0
۩ Museum Sejarah Kaskus ۩ - Kumpulan Trivia dan Sejarah Singkat
31-08-2013 19:07
originally posted by garudanyasar

Asap Kretek di Istana Buckingham

Suatu hari pada 1953, Agus Salim -- mewakili Pemerintah Indonesia --
menghadiri penobatan Elizabeth II sebagai Ratu Inggris. Acara penobatan
diselenggarakan di Istana Buckingham.

Dalam acara itu, Agus Salim melihat Pangeran Philip -- yang masih muda --
agak canggung menghadapi khalayak ramai yang hadir. Ia tampaknya belum
terbiasa menempatkan diri sekadar sebagai pasangan (suami) ratu. Begitu
canggungnya, sehingga ia lalai meladeni tamu-tamu asing yang datang dari
jauh menghormati peristiwa penobatan isterinya.

Untuk sekadar melepas ketegangan Pangeran Philip, Agus Salim menghampirinya seraya mengayun-ayunkan rokok kreteknya sekitar hidung sang pangeran. Kata Agus Salim kemudian, "Paduka (Your Highness), adakah Paduka mengenali aroma rokok ini?"

Setelah mencoba menghirup-hirup bau asap rokok kretek itu, sang pangeran
lalu mengakui tidak mengenal aroma rokok tersebut. Sambil tersenyum Agus
Salim lalu mengatakan, "Inilah sebabnya 300 atau 400 tahun yang lalu bangsa Paduka mengarungi lautan mendatangi (menjajah) negeri kami."

Sang pangeran pun tersenyum dan dengan lebih luwes bergerak dan meladeni
tamu-tamunya yang datang dari jauh.

REKAP

Quote:Original Posted By Super Surip


yupp. bener bgt.. Blondie.. emoticon-Cool
pernah ada satu waktu, sang fuehrer ngelatih blondie,
tp blondie nya lg gak mood. hilter ngambek.. emoticon-Ngakak

--------------------------------------------------------

Poster Propaganda. :
indonesia pernah memiliki poster propaganda yg begitu heroik.. emoticon-Cool

۩ Museum Sejarah Kaskus ۩ - Kumpulan Trivia dan Sejarah Singkat
sang pelukis affandi meminta sobat karibnya chairil anwar untuk memberikan kata dalam poster tersebut..
Chairil anwar langsung berkata. Boeng ajo boeng.!
kata itu diambil dari pelacur-pelacur di Jakarta yang menawarkan dagangannya pada zaman itu. emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By paraparadox
Poster yang sangat terkenal di internet saaat ini, dibuat pada masa perang dunia 2 sebagai propaganda dan membesarkan hati raknya britania
۩ Museum Sejarah Kaskus ۩ - Kumpulan Trivia dan Sejarah Singkat


Diubah oleh paradox.spiral
0 0
0
۩ Museum Sejarah Kaskus ۩ - Kumpulan Trivia dan Sejarah Singkat
03-09-2013 11:37
Quote:Hatta hanya mengenal seorang wanita selama hidupnya. Dialah Rachmi Rahim yang biasa dipanggil Yuke. Usia Hatta dan Yuke terpaut 24 tahun. Saat menikah Yuke baru berusia 19 tahun. Maklum, Hatta pernah berjanji tidak akan menikah selama Indonesia belum merdeka.

Di sebuah Vila di Megamendung Bogor tanggal 18 November 1945, keduanya menikah. Yang unik, Hatta memberi Yuke mas kimpoi berupa buku karangannya yang berjudul Alam pikiran Yunani. Keluarga Hatta sempat protes. Masa iya menikah memberikan mas kimpoi berupa buku? Bukankah seharusnya emas atau harta yang berharga? Tapi itulah Hatta. Baginya buku dan ilmu pengetahuan adalah hal yang paling berharga.

Bahkan beredar guyonan sebenarnya Yuke adalah istri ketiga Hatta. Istri pertama Hatta adalah buku, istri keduanya buku, baru istri ketiganya Yuke. Hatta memang tidak pernah bisa dipisahkan dari buku.

Tapi rumah tangga keduanya berjalan harmonis puluhan tahun. Yuke mendampingi Hatta sebagai wakil presiden, mendampingi Hatta hijrah dari Jakarta ke Yogya. Yuke juga ikut menjadi tahanan rumah saat Belanda menduduki Yogyakarta 19 Desember 1945. Dia menyaksikan suaminya ditangkap dan dibuang ke Bangka.

http://m.merdeka.com/peristiwa/6-tel...sin-jahit.html
Diubah oleh Jokiez
0 0
0
۩ Museum Sejarah Kaskus ۩ - Kumpulan Trivia dan Sejarah Singkat
08-09-2013 14:43
guling atau kalo orang londo bilang dutch wife .. itu jaman dulu berfungsi sebagai pembatas antara 2 kaki, sehingga ada rongga udara biar sejuk waktu tidur

0 0
0
۩ Museum Sejarah Kaskus ۩ - Kumpulan Trivia dan Sejarah Singkat
08-09-2013 17:04
Kalau tak salah Maklumat no.X (eks) yang melegenda itu sebenernya bukan huruf romawi yang dibaca 10. tapi itu cuma penanda doank karena buku yang berisi daftar maklumat yang telah dikeluarkan tidak dibawa pada saat rapat KNIP.....jadi untuk sementara ditulis X, tapi ujung-ujungnya tidak pernah ada revisi lagi, dan jadilah maklumat no.x itu. emoticon-Ngakak


Bung Hatta adalah orang yang sungguh on-time alias tepat waktu, bahkan suatu ketika pernah beliau sedang berkunjung ke suatu kota dengan menggunakan pesawat. Nah, karena pesawat tiba terlalu cepat dari waktu yang dijadwalkan, maka bung hatta menyuruh pilot untuk berputar-putar diatas kota terlebih dahulu agar pesawat mendarat tepat pada waktunya di kota itu emoticon-Ngakak
Diubah oleh von_braun
0 0
0
۩ Museum Sejarah Kaskus ۩ - Kumpulan Trivia dan Sejarah Singkat
08-09-2013 19:43
lanjut gan

jendral sudirman saat memimpin gerilya paru2nya tgl setengah,, kena tbc kronis
cmiiw
profile-picture
damar7 memberi reputasi
1 0
1
۩ Museum Sejarah Kaskus ۩ - Kumpulan Trivia dan Sejarah Singkat
09-09-2013 13:48
Quote:Original Posted By paradox.spiral
originally posted by garudanyasar

Asap Kretek di Istana Buckingham

Suatu hari pada 1953, Agus Salim -- mewakili Pemerintah Indonesia --
menghadiri penobatan Elizabeth II sebagai Ratu Inggris. Acara penobatan
diselenggarakan di Istana Buckingham.

Dalam acara itu, Agus Salim melihat Pangeran Philip -- yang masih muda --
agak canggung menghadapi khalayak ramai yang hadir. Ia tampaknya belum
terbiasa menempatkan diri sekadar sebagai pasangan (suami) ratu. Begitu
canggungnya, sehingga ia lalai meladeni tamu-tamu asing yang datang dari
jauh menghormati peristiwa penobatan isterinya.

Untuk sekadar melepas ketegangan Pangeran Philip, Agus Salim menghampirinya seraya mengayun-ayunkan rokok kreteknya sekitar hidung sang pangeran. Kata Agus Salim kemudian, "Paduka (Your Highness), adakah Paduka mengenali aroma rokok ini?"

Setelah mencoba menghirup-hirup bau asap rokok kretek itu, sang pangeran
lalu mengakui tidak mengenal aroma rokok tersebut. Sambil tersenyum Agus
Salim lalu mengatakan, "Inilah sebabnya 300 atau 400 tahun yang lalu bangsa Paduka mengarungi lautan mendatangi (menjajah) negeri kami."

Sang pangeran pun tersenyum dan dengan lebih luwes bergerak dan meladeni
tamu-tamunya yang datang dari jauh.


Kalo versi yang lain ... Agus Salim datang ke suatu konferensi tapi gak dianggep oleh para undangan dari Eropa. Lalu dia mengeluarkan rokok kreteknya dan mulai menghamburkan asap kian kemari. Para undangan dari Eropa jadi jengkel, "Rokok apaan itu, kok asapnya banyak banget." Lantas dijawab, "Rokok kretek. Bahan dari asap inilah yang membuat nenek moyang tuan-tuan datang dan menjajah negeri kami."

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Pupilsxone dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
۩ Museum Sejarah Kaskus ۩ - Kumpulan Trivia dan Sejarah Singkat
09-09-2013 16:18
Quote:Original Posted By peyotpetot


Kalo versi yang lain ... Agus Salim datang ke suatu konferensi tapi gak dianggep oleh para undangan dari Eropa. Lalu dia mengeluarkan rokok kreteknya dan mulai menghamburkan asap kian kemari. Para undangan dari Eropa jadi jengkel, "Rokok apaan itu, kok asapnya banyak banget." Lantas dijawab, "Rokok kretek. Bahan dari asap inilah yang membuat nenek moyang tuan-tuan datang dan menjajah negeri kami."



nice info
hal kek gini memang susah ngeceknya



ini cerita dari pembunuhan franz ferdinan yang memulai perang dunia 1

sebenarnya banyak usaha pembunuhan yang dilakukan. renana awal adalah pake pil sianida, tapi gagal. terus dilempar ke sungai, gagal juga. nah si gravilo princip putus asa (karena gagal mbunuh terus) lagi enak enak nongkrong di kafe. nah tak terduga.......saat dia lagi makan lewatlah si franz ferdinand lewat didepannya, dan mobilnya mogok. Dengan sante si princip berjalan ke mobil Bam, huzaaaaah World War I

Quote:Original Posted By laziss
alexander the great itu maho suka sesama pria


Quote:Original Posted By paraparadox


another trivia. Dulu kata "Tuan" dalam arti raja, sultan atau atasan ditulis "Tuhan" dalam perjalanan waktu h-nya hilang seperti sahaja yang berubah jd saja, atau sahaya berubah jd saya. Sementara kata untuk Yang Maha Kuasa biasanya pakai istilah arab Allah atau istilah sanskrit Dewata.


Quote:Original Posted By Super Surip
Hitler sangat membenci Tembakau.
iya pernah membentak dengan keras seorang jendral Nazi
ketika rapat militer dan sang jendral kedapatan membakar cerutunya.. emoticon-Smilie

Blondi adalah anjing kesayangan sang Fuehrer.
pernah ada sebuah anekdot kalo hitler lebih mendengarkan anjingnya,
daripada usul2 dari jendral2nya.. emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By rules.not.exist


ijin nyambung, minuman favorite nih emoticon-Embarrassment

-----
Pada abad ke-15, kopi sempat diharamkan oleh beberapa kerajaan Islam yang konservatif. Karena menurut imam yang berkuasa pada saat itu, kopi mengandung zat yang memberikan efek penenang, seperti candu. Tapi kemudian, dilegalkan kembali ketika Sultan Selim dari Turki Ottoman berkuasa.

Quote:Original Posted By Jokiez
nyambung tentang kopi, dalam salah satu versinya :

kopi ditemukan oleh penggembala kambing yg melihat kambingnya menjadi lebih aktif dari biasanya setelah makan biji2an. Karena gembala tsb penasaran akhirnya membawa biji2an tsb kepada pemuka, namun pemuka tsb kurang setuju bila dikonsumsi. Lantas pemuka tsb membakar biji2an tsb dan tercium aroma wangi. kemudian pemuka tsb menyedunya dg air dan meminumnya.

Quote:Original Posted By rules.not.exist


--------------------------------------------
yaudah lanjut deh gan, lengkapin cerita emoticon-coffee

5 Negara yang pernah melarang mengkonsumsi kopi

1. Mekah

Kopi pernah dilarang di Mekah pada tahun 1511, karena dipercaya merangsang pemikiran dan pergaulan radikal, pemerintah berpikir itu bisa menyatukan lawannya. Kopi juga mendapat tanggapan buruk atas kegunannya sebagai perangsang. Sejumlah aliran Sufi membagikan semangkuk kopi pada acara pemakaman agar tetap terjaga selama berdoa.

2. Italia

Ketika kopi tiba di Eropa pada abad ke-16, pendeta menekan agar kopi dilarang dan disebut Satanik. Namun Paus Clement VIII mencicipi, dan mengatakan bahwa itu lezat, dan bahkan bercanda bahwa kopi harus dibaptis. Sejak itu, kedai-kedai kopi menyebar dengan cepat di seantero Eropa.

3. Konstantinopel

Setelah Murad IV mengklaim tahta Ottoman pada tahun 1623, ia langsung mengumumkan pelarangan kopi dan memasang sistem hukuman. Hukuman tingkat pertama adalah dipukul. Siapapaun yang tertangkap dengan kopi untuk kedua kalinya dijahit di tas kulit dan dilempar ke perairan Bosporus.

4. Swedia

Swedia melarang peredaran kopi pada tahun 1746. pemerintah juga melarang peralatan minum kopi. Polisi menyita cangkir dan piring alas. Raja Gustav III bahkan memerintahkan narapidana pembunuhan untuk minum kopi sementara para dokter mengawasi berapa lama waktu bagi kopi hingga membunuh seseorang. Menyenangkan bagi narapidana, membosankan bagi para dokter.

5. Prussia

Pada tahun 1777, Frederick Agung dari Prussia menerbitkan manifesto yang mengklaim superioritas bir atas kopi. Dia berargumen bahwa kopi mencampuri konsumsi bir negara, berharap pernyataan kerajaan bisa membuat orang-orang Prussia minum bir di pagi hari. Pernyataan Frederick mengatakan, "Yang Mulia bangun pagi dengan minum bir," menjelaskan bahwa ia berpikir minum bir untuk sarapan adalah ide yang bagus.

sumber


Quote:Original Posted By merkapa
Perang di front timur antara Jerman dan sekutunya (Cekoslowakia, Austria, Spanyol, Italia, Hungaria, Bulgaria, Kroasia dan Finlandia) melawan uni Sovyet yang dibantu AS dan inggris merupakan perang terbesar di abad 20 sekitar 35 juta prajurit terlibat (25 juta dari Sovyet) dan sekitar 6-10 juta dari Jerman dan sekutunya.

Perang ini bisa dibilang melibatkan selutuh bangsa yang ada di Eropa. namun dunia jelas lebih mengenal Normandia sebagai pertempuran terdashyat dan bukan Fron Timur atau ost front.

Mengapa bisa demikina ini tak lain karena perang dingin dimana kubu komunis menjadi bad guy selama 5 dekade. pasca runtuhnya komunisme barulah sejarah perang ini terungkap

Bahkan dunia lebih mengenal serangan Banzai Jepang di pasifik atau human wave Tiongkok di perang Korea, padahal human wave sovyet jauh lebih gila dan beradarah


Diubah oleh paradox.spiral
profile-picture
damar7 memberi reputasi
1 0
1
۩ Museum Sejarah Kaskus ۩ - Kumpulan Trivia dan Sejarah Singkat
15-09-2013 20:27
Waaahh... Ayo agan2 teruskan lagi ditambah inpoh2 lainnya...
Sangat menambah pengetahuan nihhh... Ane ijin nyimak yaaa
0 0
0
۩ Museum Sejarah Kaskus ۩ - Kumpulan Trivia dan Sejarah Singkat
16-09-2013 09:38
Gol kedua Maradona di Piala Dunia 1986 merupakan gol yang terbaik sepanjang masa karena diciptakan Maradona dengan memperlihatkan kemampuan skill-nya yang luar biasa. Dengan dribelnya yang menawan, ia berlari sambil menggiring bola dari tengah lapangan, melewati 6 pemain Inggris (Glenn Hoddle, Peter Reid, Kenny Sansom, Terry Butcher, dan Terry Fenwick) dan sekaligus kiper Inggris Peter Shilton sebelum melesakkan bola ke gawang. Pada tahun 2002 berdasarkan voting yang dilakukan FIFA gol ini dijadikan gol terbaik abad ke-20.
0 0
0
Halaman 1 dari 22
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia