Mesinologi, yg suka/ahli/hobi mesin yuk kita ngobrol disini
TS
Predator55
Mesinologi, yg suka/ahli/hobi mesin yuk kita ngobrol disini
Terinspirasi dari threadnya agan Jangkrik.. disinimendadak ane tergerak untuk iseng ikutan buat thread serupa tapi terbatas di lingkup mesin mobil/motor
Quote:
Berawal dari seringnya nongkrong dibengkel suka banyak pertanyaan yg ane denger seperti contoh:
"DOHC itu apa??"
"seher sama stroke itu apa?"
dsb.
nah tanpa maksud meng-gurui ane mau berbagi pengetahuan kecil ane.
Conventional Engine Section
1. Mesin 4 tak
Spoiler for 4t:
penjelasan dasar bisa dilihat di om wiki
Kelebihan :
- Konsumsi BBM irit
- Emisi rendah
- Torsi besar
Kekurangan :
- Butuh bensin beroktan tinggi (khusus mesin baru)
- Perawatan yg mahal
- Sensitif dengan kebocoran kompresi
2. Mesin 2 tak
Spoiler for 2t:
Kelebihan :
- Output (HP) yg dihasilkan besar
- Tergolong bandel
- Mudah dimodifikasi
- Tetap bisa beroperasi meski ada sedikit kebocoran kompresi (buat yg non radiator)
Kekurangan :
- Boros BBM
- Emisi tinggi
- Performanya sangat dipengaruhi suhu mesin
- Pembakarannya ga sesempurna 4t
Perbedaan mesin 4t dan 2t
perbedaan isi komponen mesin 4t dan 2t
Spoiler for 4t and 2t:
yg ini 4t
yg ini 2t
Quote:
Perbedaannya ada di proses kerja ruang bakar, pada ruang bakar 4t semua dibuat kedap udara dengan dijaga sama klep In-Ex (isap-buang),
sementara pada mesin 2t hanya dibatasi dengan membran/reed valve.
Piston sebagai penggebuk ruang bakarnya pun berbeda, pada mesin 4t piston dibuat sangat kompleks agar oli dari karter ga kesasar masuk ruang bakar.
bentuk kepala piston 4t juga dibuat menyerupai diameter klep, hal ini bertujuan agar piston memiliki clearance yg aman dengan klep
Spoiler for piston:
kanan 2t kiri 4t
FYI : Piston dan blok 2t dibuat berlubang buat pelumasan, lubang di blok disebut lubang transfer yg mengalirkan campuran bbm ke ruang bakar
Spoiler for transfer & piston:
kanan standar kiri portingan
transfer case
piston 2t SE
Quote:
Mesin 4t dan 2t punya perbedaan mencolok di knalpot, pada mesin 2t knalpot ada bagian yg membesar lalu mengecil ini disebut Expansion chamber.
Spoiler for Expansion Chamber diagram:
Expansion chamberbertugas untuk memberi dorongan balik agar campuran olsam/bahan bakar tidak ikut terbuang. setiap bagian EC yg ada di diagram diatas akan mempengaruhi proses feedback, bisa dibilang ini bagian vital mesin 2t yg mesti diperhtikan
FYI: ukuran dan bentuk Expansion chamber menyumbang +-40% tenaga buat mesin 2t
Power Output and RPM
Quote:
Power Output dipegang kuat sama mesin 2t, kenapa??
dilihat dari kinerjanya mesin 2t hanya perlu 2 kali naik turun buat mencapai proses pembakaran.
FYI : *pembakaran menghasilkan tenaga*
dan RPM range mesin 2t jauh diatas mesin 4t, kenapa juga begitu??
Pada mesin 2t tidak ada yg istilah Piston akan beradu karena ga ada apa2 di head mesin 2t kecuali busi
Pada mesin 4t ada klepsebagai pengunci ruang bakar agar tidak terjadi kebocoran. Klep ini diatur pegas agar bisa buka-tutup dan bisa beroperasi di rpm yg sudah ditentukan, apa bila dipaksa lewat batas RPM yg ditentukan maka akan terjadi Valve Floating lalu Engine Failure.
batas redline / RPM mesin 2t bisa mencapai +-16.000 RPM, sementara pada mesin 4t sekitar +-12.000 RPM untuk motor dan +-9000 RPM untuk mobil.
berikut penampakannya klep dkk.
Spoiler for head:
contoh diatas ini head DOHC. dari atas kebawah:
- Cam Lobe / noken as
- Valve lifter
- Valve spring / per klep
- Valve / klep
Intake
Quote:
Cara campuran bensin dan udara masuk keruang bakar mesin 4t bisa dilihat di gambar sebelumnya, dimana pada saat klep membuka piston turun dan menghisap campuran bensin dan udara untuk masuk keruang bakar sebelum dikompresikan.
Klep digerakin oleh Camshaft atau mekanik lokal menyebutnya noken as, noken as ini adalah jantungnya mesin 4t karena merupakan komponen vital yg mengatur proses isap dan buang yg sangat diperlukan mesin
Spoiler for camshaft:
Spoiler for 4t:
biru = port in
merah = port ex
Pada mesin 2t penguncian ruang bakar dilakukan oleh piston, gerakan piston inilah yg menghasilkan kompresi hisap dan dorong. pembatasan jumlah bahan bakar yg masuk dibatasi oleh Reed Valveorang Indonesia bilangnya membran. Reed Valve membuka dan menutup berdasarkan naik turunnya piston.
Spoiler for Reed Valve:
Penggunaan lain mesin 4t
Quote:
Diesel menggunakan prinsip kerja mesin 4t, tetapi tidak menggunakan busi untuk membakar campuran udara + BBM melainkan menggunakan kompresi yg dihasil kan piston. Posisi busi pada mesin diesel digantikan dengan injector.
Perbedaannya dengan mesin 4t bensin adalah material bahan komponen mesin, komponen mesin diesel jauh lebih kuat dan dirancang tahan tempratur tinggi
FYI : kompresi tertinggi bensin 1:13-1:14.5 dan kompresi terendah mesin diesel 1:18
Spoiler for Diesel:
Pistonless Engine
Wankel Rotary Engine
Spoiler for rotary:
Kelebihan :
- Minim gesekan
- Power output besar
- Mudah dimodifikasi
Kenapa disebut pistonless??
karena mesin ini ga menggunakan piston sebagai penggebuk ruang bakar melainkan kepingan rotor berbentuk segitiga, dan sering disebut juga camlesskarena hampir seperti mesin 2t penguncian ruang bakar dilakukan oleh rotor
bentukan rotor serta apex seal
Spoiler for rotor:
Cekungan di rotor sama halnya dengan domedi piston untuk menyesuaikan kompresi, dan Apex seals yg ada di sisi-sisi rotor sama halnya dengan ring piston, untuk mencegah kebocoran bukan untuk mencegah ada oli masuk ruang bakar.
FYI : tidak ada pelumasan sama sekali di ruang bakar mesin rotary, bagian yg dilumasi hanya eccentric shaft (mirip-mirip kruk as)
Dimensi Mesin Rotary sangat ringkas dibanding mesin biasa, karena jumlah komponennya yg jauh lebih sedikit dibanding mesin piston. Hanya membutuhkan 11 bagian untuk menjadikannya mesin utuh 1300cc siap pakai
Spoiler for rotary:
untuk menaikan cc mesin rotary tidak diperlukan cara bore up/ stroke up, cukup menambah Rotor housing dan naiklah langsung cc mesin
Intake
Quote:
Di istilah mesin yg normal lubang masuk dan buang / in-ex port berada diatas piston, di mesin RotaryIn-ex port berada disamping khusus tipe peripheral (Mesin rotary mazda generasi 1) atau bisa berada di sisi rotor housing untuk posisi lubang porting ini Mazda memberi nama RENESIS
FYI : Tipe Peripheral Port digunakan dari generasi mazda cosmo sampai RX-7, Renesis digunakan di generasi RX-8
Spoiler for renesis:
diagram RENESIS 13B
berikut perbedaan Peripheral dan RENESIS
Spoiler for bridge port design:
penasaran Rotary seganas apa?? cek disini aja
Diubah oleh Predator55 22-08-2013 06:44
0
5.1K
Kutip
15
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
923.1KThread•83.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru